Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

11 Strategi Pemasaran Bengkel Motor Omset Hingga Ratusan Jutaan

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 13 July 2022

Membahas mengenai usaha tentu tidak lepas dengan strategi pemasaran. Hal ini sangat perlu dilakukan agar usaha Anda bisa berkembang dan mendapatkan omset hingga ratusan juta. Apakah Anda sudah mengenai apa saja cara agar bengkel motor ramai? Anda harus menyimak artikel ini karena terdapat 11 strategi jitu yang akan dibahas serta modal awal memulai usaha ini.

11 Strategi Pemasaran Bengkel Motor

Ada beberapa strategi pemasaran yang perlu Anda kenali dalam menjalani usaha bengkel motor diantaranya sebagai berikut:

1. Ketahui Target Pasar Bengkel Motor Anda

Membahas mengenai target pasar tentu sangat utama dalam mengawali membuka usaha bengkel motor. Untuk mencapai target pasar ini Anda bisa melakukan survei yang isinya bisa berupa ceklist maupun pilihan ganda. Dengan hal ini Anda akan mendapatkan sebuah data. Data inilah yang bisa menjadi acuan apakah target pasar Anda sudah tercapai atau belum.

Baca Juga: Cara Efektif Menentukan Segmentasi Pasar Berdasarkan Tipenya

2. Gunakan Media Sosial untuk Berkomunikasi

Social Media Untuk Promosi

Gunakan Social Media untuk Media Promosi (Sumber: Pexels.com)

Strategi pemasaran yang selanjutnya adalah menggunakan pemasaran secara online yaitu melalui media sosial. Anda bisa membuat akun mulai dari facebokk, Instagram maupun wa bisnis terkait nama bengkel motor Anda. Mengingat jangkauan media sosial ini sangatlah luas sehingga prosentase tercapai target lebih besar.

3. Berikan Insentif kepada Customer

Gift Pemberian Customer

Ilustrasi Pemberian Gift ke Customer (Sumber: Freepik.com)

Dalam mengembangkan usaha sangat utama mengutamakan kepuasan customer. Anda bisa memberikan insentif kepada customer baik yang pemula maupun yang sudah berlangganan di bengkel motor Anda. Hal ini akan membuat kesan positif  untuk Anda maupun customer.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan dalam membangun usaha adalah nomor utama. Artinya jika pelayanan di bengkel motor Anda sangat bagus maka customer juga tidak kecewa. Akhirnya customer akan terus berlangganan menggunakan jasa bengkel motor Anda. Akibatnya omset Anda bisa naik.

Baca Juga: Strategi Rahasia Membangun Customer Loyalty

5. Mempunyai Montir yang Profesional

Keuntungan Usaha Bengkel

Ilustrasi Mekanik yang Profesional (Sumber: Freepik.com)

Strategi pemasaran bengkel motor lainnya bisa Anda lakukan dengan mempunyai montir yang ahli dan professional. Hal ini dikarenakan montir sendiri mampu membuat customer lebih mempercayai bengkel dari skill montir. Jika montir yang Anda miliki memiliki skill bagus tentu customer akan sering berlangganan.

6. Cari Supplier Sparepart yang Tepat

Sparepart tentu Anda perlu mempertimbangkan pula karena Anda sendiri juga perlu stok beberapa sparepart. Tentunya Anda mencari supplier yang tepat.

7. Strategi Usaha Bengkel Berikutnya adalah Jadilah "Ahli"

Strategi selanjutnya adalah Anda harus menjadi ahli menguasai teknik mekanik. Dengan begitu, customer Anda akan lebih percaya dengan bengkel Anda karena kualitasnya bagus.

8. Punya Konsep Bengkel yang Menarik

Kopi Gratis Di Bengkel

Cara Promosi Bengkel Motor dengan Memberikan Kopi Gratis (Sumber: Freepik.com)

Dalam membangun usaha tentu tidak lepas dengan yang namanya konsep termasuk konsep bengkel. Anda bisa membuat konsep bengkel yang menarik agar customer juga senang, nyaman datang ke bengkel motor. Seperti menyediakan Kopi Gratis, atau tempat menunggu yang dilengkapi dengan TV dan Wifi Gratis.

9. Berikan After Service Terbaik

After service atau garansi tentu sangat dicari oleh para customer. Karena dengan adanya after service tentu jika masih ada kendala di komponen yang sama maka customer bisa kembali lagi.

10. Manfaatkan Komunitas

Terakhir, cara agar bengkel motor ramai adalah membangun komunitas. Tentu sangat penting pula dalam marketing. Hal ini dikarenakan dengan memiliki komunitas yang sama sama visi misi tentu akan lebih mudah berkembang dan Anda bisa share satu sama lain.

11. Pisah Pengelolaan Keuangan Pribadi dan Bengkel

Membahas mengenai manajemen tentu sangat penting juga artinya Anda perlu memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bengkel. Jangan sampai keuangan bengkel jadi satu dengan keuangan pribadi Anda. Anda perlu menyiapkan Bank terpisah, satu bank khusus Usaha satunya lagi untuk Pribadi.

Modal Awal Usaha Bengkel Motor

1. Sewa lahan dan renovasi

Modal awal pertama untuk membangun usaha bengkel motor adalah sewa lahan dan renovasi. Lahan disini jika Anda sudah memiliki lahan luas dekat rumah yang bisa digunakan maka Anda tidak perlu sewa. Tentunya ini menjadi point bagus yang artinya Anda lebih hemat dari segi budgeting. Sedangkan jika Anda belum ada lahan maka Anda bisa mencari lahan dan menyewanya.

Renovasi Bangunan Ala Kekinian

Renovasi Bangunan Ala Konsep Kekinian (Sumber: Freepik.com)

Setelah menemukan lahan yang cocok untuk usaha bengkel motor maka Anda harus melakukan renovasi. Renovasi ini pun sudah tentu mengeluarkan biaya juga. Renovasi ini tentu ada kaitannya dengan konsep.

2. Biaya peralatan

Modal kedua adalah biaya peralatan. Dalam membuka usaha bengkel motor sudah pasti membutuhkan peralatan bengkel lengkap yang nantinya digunakan untuk memperbaiki beberapa kendala maupun kerusakan. Anda pun perlu mencari peralatan yang benar teruji kualitasnya agar selain aman juga optimal. Peralatan mempunyai peranan yang penting oleh karena itu harus diperhatikan dengan saksama.

3. Parts dan Pelumas

Sparepart tentu harus ada jika Anda ingin membuka usaha bengkel motor. Hal ini sangat penting dilakukan karena mungkin ada beberapa customer yang ingin mengganti sparepart yang baru. Tentunya Anda harus menyediakan sparepart yang baru dan juga berkualitas. Selain itu, Anda juga perlu menyediakan pelumas seperti oli.

4. Biaya operasional

Modal terakhir yang Anda butuhkan untuk membangun usaha bengkel motor adalah biaya operasional. Biaya ini sangatlah penting untuk membangun sebuah usaha termasuk usaha bengkel motor. Biaya transportasi untuk membeli sparepart tentu akan berbeda dengan jika biaya online. Hal ini harus Anda pertimbangkan dengan betul agar usaha Anda tertata rapi.

Monitor Pendapatan Jasa vs Penjualan Sparepart dengan Software Bengkel Beeaccounting

Dalam membangun usaha bengkel tentunya ada pendapatan dari jasa dan pendapatan penjualan sparepart. Memang ada beberapa customer yang datang ke bengkel tidak untuk memperbaiki motornya namun untuk membeli sparepart. Maka dari itu Anda perlu memonitor income dari jasa maupun penjualan sparepart ini.

Beeaccounting Bengkel Cc Web

Jika Anda masih manual dalam rekapan maka Anda bisa menggunakan berbasis digital yaitu melalui software bengkel Beeaccounting. Dengan menggunakan software ini tentu pekerjaan juga menjadi lebih mudah dan praktis. Kelebihan dari software bengkel ini diantaranya Anda bisa mengetahui mana sumber income yang lebih besar karena laporan laba nya bisa dipisah antara pendapatan jasa dan penjualan sparepart. Kedua, mencegah kehabisan stok. Hal ini karena semuanya dimonitor dengan baik di dalam software.

Jika semuanya tersistem secara komputer tentu Anda juga lebih mudah mengontro kinerja bengkel dan waktu Anda juga menjadi jauh lebih produktif. Selain itu, dengan adanya monitor ini Anda juga bisa melakukan evaluasi setiap bulan mana sparepart yang tingkat penjualan sedikit. Anda bisa menggantinya atau melakuan strategi marketing lain.

12 Beeaccounting Software Bengkel Laba Rugi

Tampilan Laporan Laba Rugi Usaha Bengkel

Evaluasi yang lain bisa Anda lakukan dari segi jasa. Ketika pendapatan jasa menurun makaAnda bisa evaluasi apa yang menyebabkan menurun dan solusinya bagaimana. Dengan sering evaluasi seperti ini tentu usaha Anda akan jauh lebih berkembang kedepannya.

Dari penjelasan di atas tentunya Anda sudah mengenali 11 strategi pemasaran bengkel motor yang bisa Anda terapkan. Anda pun sudah memahami pula modal apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha bengkel motor ini. Mulai dari sewa lahan, biaya peralatan, parts dan pelumas hingga biaya operasional.

Buku Besar Pembantu: Kenapa Buku Ini Penting?
Untuk mencatat laporan keuangan usaha, dibutuhkan sebuah dokumen yang disebut buku besar. Di dalam buku tersebut akan berisikan data catatan […]
Baca Juga
Bisnis Waralaba: Sejarah Singkat, Kelebihan, dan Kelemahannya
Bisnis waralaba (franchise) adalah sebuah perjanjian mengenai metode pendistribusian barang dan jasa kepada konsumen. Berikut ini yang termasuk pihak dalam […]
Baca Juga
Pengertian Serta Cara Membuat Penawaran
Pernahkah Anda mendengar istilah tentang surat penawaran? Namun Anda tak perlu khawatir jika sama sekali belum pernah mendengar tentang surat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu