Logo Bee Web

21 Macam Frozen Food Paling Laris dan Tips Suksesnya

Makanan Frozen food adalah makanan yang telah diolah, kemudian dibekukan untuk menjaga kebersihan, dan memperpanjang masa simpan, ini jenisnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Friday, 9 February 2024

Makanan frozen food adalah makanan yang telah diolah atau dimasak, kemudian dibekukan untuk menjaga kebersihan, mempermudah pengolahan dan memperpanjang masa simpan. Selain itu, dewasa ini juga banyak masyarakat yang menginginkan kepraktisan termasuk dalam pembuatan makanan.

Oleh sebab itu, permintaan akan makanan beku juga semakin meningkat, sehingga potensi menjadi peluang usaha juga semakin tinggi dan menarik untuk dicoba. Berikut informasi selengkapnya!

Keuntungan Bisnis Frozen Food

Macam Macam Frozen Food

Modl lebih kecil tanpa perlu produksi sendiri adalah keuntungan bisnis frozen food (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa keuntungan membuka usaha makanan frozen food:

  • Permintaan pasar yang tinggi, seiring dengan meningkatnya perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung praktis dan efisien.
  • Dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil jika dibandingkan dengan usaha makanan lainnya.
  • Operasional bisnis frozen food cenderung lebih sederhana dibandingkan dengan bisnis makanan yang memerlukan pengolahan langsung.
  • Memberikan fleksibilitas dalam mengatur waktu produksi dan pemasaran.
  • Dengan memanfaatkan skala produksi dan distribusi yang lebih besar, bisnis frozen food memiliki potensi keuntungan yang besar.

Baca Juga: Cara Menghitung Food Cost Bisnis Kuliner dan Contohnya

Persiapan Bisnis Frozen Food

Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam memulai bisnis makanan frozen food? Berikut diantaranya:

1. Melakukan Riset Pasar

Sebelum memulai bisnis frozen food, sangat penting untuk melakukan riset pasar. Analisis ini membantu Anda memahami tren konsumen, preferensi makanan, dan saingan di pasar. Identifikasi segmen pasar yang potensial.

Tentukan juga kebutuhan pelanggan, dan pelajari apakah ada kekosongan di pasar yang bisa Anda isi. Riset pasar akan membantu Anda merancang produk yang sesuai dengan permintaan dan meningkatkan peluang kesuksesan bisnis.

2. Menyiapkan Peralatan

Selanjutnya, siapkan peralatan bisnis, seperti reezer atau cold storage yang cukup besar untuk menyimpan bahan baku dan produk jadi. Pastikan peralatan bekerja dengan baik dan sesuai dengan standar keamanan makanan.

Investasikan juga dalam peralatan pengemasan yang efisien untuk mempertahankan kualitas produk selama penyimpanan dan aplikasi pembukuan keuangan untuk mencatat transaksi bisnis dan pengelolaan keuangannya. Seperti aplikasi pembukuan keuangan Beecloud.

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

3. Pertimbangkan Kemasan Frozen Food

Berikutnya pertimbangkan juga desain kemasan yang menarik dan fungsional dapat menjadi elemen kunci dalam memasarkan produk makanan frozen food. Pertimbangkan jenis kemasan yang sesuai dengan jenis produk Anda dan memberikan perlindungan yang cukup selama penyimpanan.

Informasi yang jelas tentang cara penggunaan, tanggal kedaluwarsa, dan nilai gizi juga penting untuk disertakan pada kemasan. Pilih bahan kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk Anda dan ramah lingkungan jika memungkinkan.

4. Media Promosi

Terakhir adalah menyiapkan media promosi yang mumpuni. Gunakan media sosial, situs web, dan platform online lainnya untuk membangun kehadiran online dan mengkomunikasikan nilai unik produk Anda kepada pelanggan.

Selain itu, pertimbangkan strategi promosi offline, seperti bekerjasama dengan toko kelontong atau supermarket lokal, serta menghadiri pameran atau acara kuliner. Dengan memanfaatkan media promosi yang tepat, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek dan menarik pelanggan potensial.

Macam-macam Frozen Food Paling Dicari Konsumen

Berikut adalah beberapa rekomendasi macam macam frozen food yang paling dicari konsumen:

1. Sosis Sapi/Ayam

Produk Frozen Food

Sosis Jadi Salah Satu Jenis Frozen Food Paling Dicari (Credit: Freepik.com)

Rekomendasi pertama jenis makanan frozen food yang paling dicari konsumen adalah sosis, baik rasa ayam atau sapi. Selain itu, makanan ini juga menjadi makanan populer yang hadir di setiap event masyarakat Indonesia, salah satunya acara bakar-bakar tahun baru.

Selain di bakar, sosis juga bisa digoreng, rebus dan dijadikan sebagai campuran dalam makanan sehari-hari sehingga potensi terjual juga akan sangat tinggi, karena tidak bersifat musiman.

2. Otak-Otak

Makanan frozen food berikutnya ada otak-otak, makanan dengan bahan dasar ikan, tepung dan rempah ini juga tak kalah populer dibanding dengan sosis. Otak-otak frozen bisa menjadi pilihan yang menarik, dengan rasa kaya rempah dan daging ikan berkualitas.

Dari segi penyajian, otak-otak juga sangat fleksibel dalam penyajiannya; dapat dipanggang, dikukus, atau dibakar, sehingga cocok untuk berbagai acara dan kesempatan. Keunggulan ini membuat otak-otak menjadi opsi yang menarik bagi konsumen yang mencari variasi rasa dalam makanan frozen.

3. Cireng Salju

Kemudian ada cireng saldo, berbahan dasar tepung aci dengan cita rasa guring cocok sebagai cemilan  sehari-hari. Camilan dengan cita rasa gurih ini memberikan pengalaman rasa yang berbeda. Kemudahan dalam penyajian makanan frozen food ini, yakni digoreng membuat cireng salju dapat dinikmati kapan saja. Kelebihan ini menjadikannya sebagai camilan favorit untuk acara santai atau hiburan di rumah.

4. Sosis Scallop

Sejenis sosis berbahan dasar daging ayam, wortel, pati jagung dan beberapa bahan lainnya yang memberikan cita rasa manis dan guring secara bersamaan. Camilan makanan frozen food ini cocok digoreng dan menjadi sajian untuk cemilan sehari-hari atau acara kumpul keluarga.

5. Bakso Ikan/Sapi/Ayam

Berikutnya, Bakso frozen food, bisa dari ikan, sapi, atau ayam, memberikan pilihan variasi rasa dan kandungan protein. Bakso ikan cocok untuk yang ingin menikmati hidangan yang lebih ringan.

Sementara bakso sapi atau ayam memberikan cita rasa menarik. Keunggulan bakso frozen terletak pada kemudahan dalam persiapan, baik dimasak langsung atau diolah menjadi berbagai hidangan.

6. Steamboat

Keenam ada steamboat frozen food, memudahkan penggemar hidangan ini untuk menikmati sensasi makanan ala hot pot di rumah tanpa repot mengumpulkan berbagai bahan. Dengan berbagai macam daging, seafood, dan sayuran yang sudah dipersiapkan.

Steamboat frozen memberikan kemudahan dalam menyajikan hidangan yang lezat dan menyehatkan. Ini menjadi opsi yang populer untuk acara keluarga atau pertemuan teman-teman.

7. Siomay

Kemudian ada siomay frozen food, pilihan praktis bagi penggemar dimsum yang ingin menikmati kelezatan siomay kapan saja. Dengan bahan dasar ikan, ayam, atau udang yang berkualitas, siomay ini mudah disajikan dengan proses steam atau direbus. Tambahkan juga saus kacang sebagai varian toping menarik untuk menambah cita rasa siomay.

8. Dimsum

makanan frozen food

Ilustrasi Dimsum Siap Disajikan (Credit: Frepik.com)

Masih sejenis dengan siomay,  hidangan tradisional Asia ini dapat dinikmati dengan mudah di rumah. Dengan berbagai rasa dan jenis, dimsum menjadi pilihan favorit untuk keluarga atau acara santai. Kemudahan penyajian, baik dengan dikukus atau direbus, menjadikan dimsum frozen sebagai alternatif yang praktis dan lezat.

9. Kentang Goreng

Makanan frozen food selanjutnya ada kentang goreng, camilan yang renyah dan gurih tanpa harus repot memotong dan membumbui bisa langsung digoreng dan dinikmati untuk cemilan atau acara keluarga. Selain itu, kentang goreng juga dapat menjadi pilihan yang disukai untuk pelengkap makanan atau sebagai camilan ringan. Kepraktisan dalam penyajian membuatnya menjadi favorit di berbagai kesempatan.

10. Nugget

Dengan berbagai pilihan bahan dasar seperti ayam, sapi, atau ikan, nugget frozen food memberikan variasi rasa yang menarik. Nugget ini dapat diolah dengan berbagai cara, seperti digoreng, dipanggang, atau dikukus, sehingga cocok untuk berbagai selera dan preferensi konsumen.

11. Daging Sapi/Ayam Slice

Daging slice frozen, baik sapi maupun ayam, menawarkan kemudahan dalam menyajikan hidangan berprotein tinggi. Potongan daging yang tipis memudahkan dalam penggunaan sebagai topping pizza, mie goreng, atau dalam hidangan tumis. Kualitas daging yang dipilih dan teknik pemotongan yang tepat sangat penting untuk memastikan tekstur dan rasa yang optimal dalam setiap sajian.

12. Burger Patty

Berikutnya, burger patty frozen food menjadi solusi praktis untuk menyajikan burger lezat di rumah atau restoran. Dengan bahan dasar daging sapi atau ayam yang berkualitas, burger patty ini memberikan rasa dan tekstur yang autentik.

13. Pizza Mini

Pizza Mini

Contoh Pizza Mini Bentuk Kotak (Credit: Freepik.com)

Berikutnya ada pizza mini, pilihan yang praktis untuk menikmati hidangan pizza dalam porsi kecil. Dengan berbagai pilihan topping dan saus yang lezat, pizza mini ini cocok sebagai camilan atau hidangan pembuka dalam berbagai acara. Kemudahan dalam proses persiapan dan variasi rasa menjadi daya tarik utama bagi konsumen yang mencari alternatif makanan siap saji.

14. Pancake

Opsi sarapan atau camilan yang cepat dan praktis pancake frozen food bisa jadi pilihan, dengan tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, pancake ini cocok disajikan dengan berbagai topping seperti maple syrup, buah-buahan, atau selai. Kemudahan dalam penyajian dan variasi rasa membuat pancake frozen menjadi favorit di berbagai kalangan, terutama bagi mereka yang menghargai kenyamanan dan waktu.

15. Croffle

Croffle, kombinasi antara croissant dan waffle, menawarkan pengalaman rasa yang unik dan menggugah selera. Dengan lapisan yang renyah dan rasa yang lezat, truffle dapat dinikmati sebagai sarapan atau camilan kapan saja. Kemudahan dalam penyajian dan variasi topping membuat croffle menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari alternatif makanan yang inovatif dan mengasyikkan.

Baca Juga: 5+ Contoh Ide dan Peluang Usaha Paling Menjanjikan 2023

16. Fish Stick

Dengan rasa ikan yang segar dan tekstur yang renyah, fish stick cocok disajikan dengan saus atau dip. Kemudahan dalam pengolahan dan variasi rasa menjadi faktor utama dalam kepopuleran fish stick di pasar makanan beku.

17. Lumpia Spring Roll

Selanjutnya, lumpia spring roll frozen menawarkan hidangan pembuka yang lezat dan praktis. Dengan bahan dasar sayuran, daging, atau seafood yang dibungkus dalam kulit lumpia, lumpia spring roll ini mudah disiapkan dengan cara digoreng atau dipanggang. Kelezatan isi dan kulit lumpia menjadi daya tarik utama dalam bisnis ini.

18. Risol Mayo

Risol Mayo

Ilustrasi Penyajian Risol Mayo (Credit: Freepik.com)

Risol mayo frozen memberikan sentuhan unik pada camilan favorit dengan isian yang gurih dan lezat. Dengan kulit lumpia yang renyah dan isian mayo yang lembut, risol mayo cocok disajikan sebagai hidangan ringan atau pendamping makanan.

19. Pempek

Hidangan tradisional yang kaya akan cita rasa dan tekstur. Dengan bahan dasar ikan yang berkualitas dan saus cuko yang khas, pempek ini menjadi favorit banyak orang. Kemudahan dalam penyajian dan keaslian rasa membuat pempek frozen menjadi opsi yang menarik bagi mereka yang menginginkan pengalaman kuliner yang autentik.

20. Eggroll

Camilan yang lezat dan praktis untuk dinikmati kapan saja. Dengan kombinasi telur dan berbagai isian yang kaya rasa, eggroll ini menjadi favorit di berbagai acara atau sebagai makanan ringan. Konsistensi dalam pembuatan dan penyimpanan produk memastikan kelezatan dan kualitas eggroll yang tetap terjaga.

21. Mix Vegetable

Terakhir ada mix vegetable frozen memberikan kemudahan dalam menyajikan hidangan sayuran yang sehat dan bergizi. Dengan campuran berbagai jenis sayuran yang sudah dipotong dan dibekukan, mix vegetable menjadi pilihan yang praktis untuk berbagai menu masakan.

Kemudahan dalam penyimpanan dan ketersediaan sayuran segar sepanjang tahun membuat mix vegetable menjadi favorit di dapur rumah tangga modern.

Tips Sukses Bisnis Makanan Frozen Food

Bisnis Kuliner Pinggir Jalan

Kunci sukses bisnis kuliner adalah rasa dan kualitas bahan (Credit: Freepik.com)

Berikut adalah beberapa rahasia sukses jalankan bisnis frozen food:

1. Pemilihan Produk Berkualitas

Rahasia sukses utama dalam menjalankan bisnis frozen food adalah pemilihan produk berkualitas. Kualitas bahan baku yang digunakan, baik dalam hal segar dan kebersihan, akan mempengaruhi rasa dan citra merek Anda.

Pastikan untuk bekerja sama dengan pemasok yang dapat diandalkan dan selalu memilih bahan berkualitas tinggi untuk memenuhi standar kualitas yang diharapkan oleh pelanggan.

2. Manajemen Stok Frozen Food

Selain itu, bisnis frozen food juga sangat tergantung pada manajemen stok yang efektif. Pahami tren permintaan pasar, lakukan perhitungan persediaan secara teratur, dan pertahankan ketersediaan produk yang stabil.

Dengan manajemen stok yang baik, Anda dapat menghindari kelebihan stok yang berpotensi menyebabkan pemborosan atau kekurangan stok yang dapat merugikan hubungan dengan pelanggan.

3. Harga Kompetitif

Berikutnya, menetapkan harga yang kompetitif adalah langkah kunci untuk memenangkan persaingan di pasar frozen food. Riset pasar dan pemahaman terhadap harga pesaing.

Perhatikan juga kualitas produk yang Anda tawarkan agar harga yang ditetapkan dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen

4. Layanan Prima

Selanjutnya, Layanan pelanggan yang baik adalah kunci sukses dalam menjaga loyalitas konsumen. Pastikan untuk memberikan pelayanan prima, mulai dari proses pemesanan hingga pengiriman produk.

Responsif terhadap pertanyaan atau keluhan pelanggan dan memberikan pengalaman berbelanja yang positif dapat membantu membangun reputasi bisnis yang baik dan mendukung pertumbuhan jangka panjang.Layanan pelanggan yang baik adalah kunci sukses dalam menjaga loyalitas konsumen.

5. Punya Manajemen Keuangan yang Baik

Terakhir adalah manajemen keuangan yang baik, pantau pendapatan, pengeluaran, dan laba-rugi secara berkala. Perencanaan keuangan yang matang akan membantu Anda mengelola modal dengan efisien.

Kemudian mengidentifikasi potensi risiko keuangan, dan membuat keputusan yang bijak dalam investasi atau ekspansi bisnis. Dengan manajemen keuangan yang baik, bisnis Anda dapat tumbuh secara berkelanjutan dan mengatasi tantangan finansial yang mungkin muncul. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud. Semoga bermanfaat!

7 Tips Strategi Penjualan Efektif Tingkatkan Omset 2x Lipat
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, strategi penjualan yang tepat menjadi faktor penting dalam mencapai kesuksesan. Setiap perusahaan perlu mengembangkan pendekatan
Baca Juga
5+ Tips Branding Kedai Kopi Agar Mudah Terkenal
Di kota-kota besar, pastinya anda sangat mudah menemukan bisnis kedai kopi dengan ciri khas masing-masing. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang
Baca Juga
Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif
Kebanyakan bisnis kecil dan menengah atau startup memiliki biaya operasional yang terbatas. Maka dari itu, tentunya selalu diperlukan cara yang
Baca Juga
Software Antrian Bengkel Ubah Antrian Semrawut Jadi Sistematis
Software antrian bengkel sangat dibutuhkan para pemilik usaha bengkel karena kemudahan mengelola antrian yang terjadi dalam usaha bengkel. Seperti yang
Baca Juga
Tips Mengelola Keuangan dengan Software Bengkel Mobil Bagus
Ketika Anda mencari software bengkel mobil bagus, maka akan bermunculan banyak sekali pilihan software. Tetapi dari semua software itu, sudahkah
Baca Juga
[DOWNLOAD] Format Dokumen MoU dan Pengertianya Lengkap
Salah satu instrumen penting yang harus Anda buat ketika melakukan sebuah kerja sama ialah MoU (Memorandum of Understanding) atau nota
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu