Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

3 Aplikasi untuk Membuat Purchase Order Lebih Mudah

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 29 April 2022

Seiring dengan meningkatnya permintaan produk, maka proses purchase order menjadi semakin berkembang sekaligus kompleks tanpa adanya aplikasi purchase order. Jika dahulu Anda memesan material dari supplier melalui telepon dan email, kini penyuplaian persediaan barang mulai sulit untuk dikelola.

Karenanya, dalam pembuatan purchase order atau PO, akan sangat membantu dan memudahkan aktivitas bisnis Anda jika menggunakan aplikasi.

Berikut Tiga Aplikasi untuk Membuat Purchase Order dengan Mudah

cara dan contoh purchase order barang image

Ilustrasi Purchase Order (Sumber: Freepik.com)

  • Beecloud

Karena PO bertindak sebagai surat kesepakatan antara pembeli dan supplier maka harus detail dan rinci. Mulai dari harga barang, nama barang serta tipenya, qty, garansi, termin pembayaran, metode pembayaran dll.

Jika barang yang ingin order item dan qty nya sedikit ini tidak akan menjadi masalah bagi Anda. Namun jika total itemnya sudah puluhan bahkan sampai ribuan ini akan sangat menyita waktu jika masih menggunakan word maupun excel.

Namun tidak semua software akuntansi memiliki form purchase order. Dan salah satu software akuntansi yang dilengkapi dengan form pembelian (PO) adalah Beecloud.

  • RedERP

Dengan menggunakan software RedERP, sistem pengadaan perusahaan menjadi lebih sederhana dan singkat, termasuk penerimaan faktur, tanda terima, penawaran, pembayaran, dan pengembalian. Selain itu, aplikasi purchase order-nya memiliki pelaporan terintegrasi yang dapat membantu Anda dengan mudah untuk membandingkan setiap pemasok dan menegosiasikan kesepakatan.

Dengan mengandalkan sistem pengadaan barang pada RedERP, perusahaan Anda dapat melakukan efisiensi biaya dan menghemat waktu dalam proses operasional dengan maksimal. Terdapat beberapa fitur, yaitu otomatisasi tanda terima, manajemen faktur, manajemen Request for Quotation atau RFQ, otomatisasi purchase, laporan dan analisa.

  • Simple Inventory Purchase Sale Order System

Merupakan sebuah aplikasi pencatatan stok barang pembelian dan penjualan. Selain dapat digunakan untuk mencatat stok barang, aplikasi ini juga berfungsi untuk mencari, menambahkan, hingga mengurangi inventaris yang Anda miliki.

Aplikasi ini cocok untuk digunakan oleh para pelaku bisnis usaha kecil menengah atau UKM. Keunggulan utamanya, yaitu memberikan laporan perhitungan stok barang yang sederhana namun tetap informatif.

Beberapa fiturnya, diantaranya form data master, input product, transaction, report, dan daftar account.

Kekurangan dari Aplikasi Pembuat Purchase Order

Namun, dari kemudahan yang ditawarkan oleh beberapa aplikasi pembuat purchase order tersebut terdapat kekurangan, diantaranya:

  • Menghabiskan banyak waktu untuk mengurus semua akun.
  • Tidak praktis, karena ada banyak akun yang harus sering dicek, seperti stok, penjualan, kas, piutang, dan biaya.
  • Akibat jarang dicek, maka biaya membengkak, kehabisan stok, dan sebagainya.
  • Terdapat dua versi data yang berbeda, yaitu cabang dengan pusat.
  • Tidak semua cabang dapat menguntungkan, akibat biaya membengkak, subsidi silang, dan lain-lain.

Solusi untuk Aplikasi Pembuat Purchase Order

Adalah Beecloud, software akuntasi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari satu tempat.

Berikut keunggulan dari Beecloud:

  1. Analisa bisnis berdasarkan angka.
  2. Buka lebih banyak cabang.
  3. Aman dari manipulasi dan kebocoran.
  4. Menekan piutang macet tak tertagih.
  5. Semua aktivitas tercatat.
  6. Bisa diakses dari HP, Tablet, dan Laptop.
  7. Hak akses bisa diatur.
  8. Mudah dicetak dalam bentuk invoice dan laporan.
  9. Portable, dapat mengirim invoice via email.

Kesimpulan

Dalam membuat purchase order untuk bisnis Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar dapat membantu dalam penyediaan barang, dan utamanya agar tercapai kemajuan pada bisnis Anda.

Menggunakan ketiga aplikasi pembuat purchase order di atas, cukup baik jika diaplikasikan dalam bisnis kelas menengah.Tetapi, Anda memerlukan software akuntansi lain seperti Beecloud, yang dapat membantu dalam aktivitas bisnis yang lebih besar.

Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan software akuntansi online dalam mencatat keuangan secara gratis, silakan klik di sini.

Selamat mencoba!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Cara Membuat Laporan Penjualan Harian Sederhana dan Contohnya
Buat Anda pelaku bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan laporan penjualan harian. Laporan penjualan ini memiliki peranan penting untuk […]
Baca Juga
EFIN Pajak: Pengertian, Cara Aktivasi dan Solusi Lupa EFIN
Dalam era digital sekarang semua dapat dilakukan serba online termasuk pajak. Tapi untuk melakukan aktifitas pajak online memerlukan EFIN. EFIN […]
Baca Juga
Software Akuntansi RM Padang dan Inovasi Inventaris Kasir
  Software akuntansi padang belakangan menjadi obrolan ramai di jagat dunia maya. Tidak lain tidak bukan adalah andil para pengusaha […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu