Logo Bee Web

Kuliner di Bandung: Nikmati Lezatnya Makanan di Kota Kembang

Cari kuliner di Bandung? Mulai dari kuliner bandung legendaris hingga kuliner bandung malam hari yang menggoda selera di artikel ini!
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 27 June 2023

Cari kuliner di Bandung? Mulai dari kuliner bandung legendaris hingga kuliner bandung malam hari yang menggoda selera di artikel ini!

Pengenalan Bandung sebagai Kota Wisata Kuliner

Bandung, kota terbesar di Jawa Barat, telah lama menjadi tujuan favorit bagi para pecinta kuliner. Dengan berbagai keindahan alamnya dan keberagaman budaya, Bandung juga dikenal sebagai surga bagi para penikmat makanan.

Kota ini menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan, mulai dari makanan khas lokal hingga kuliner legendaris yang melegenda. Selain itu, Bandung juga menyajikan kehidupan malam yang memikat dengan berbagai pilihan makanan malam yang lezat.

Mari kita menjelajahi kekayaan kuliner di Bandung yang akan memanjakan lidah Anda.

Makanan Khas Bandung

Jika Anda berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khasnya yang terkenal lezat. Berikut adalah enam makanan khas Bandung yang harus Anda coba:

1. Batagor

Batagor, singkatan dari "baso tahu goreng," adalah hidangan yang terdiri dari baso ikan yang digoreng, tahu, dan disajikan dengan saus kacang yang khas. Rasanya yang gurih dan tekstur yang kenyal membuat batagor menjadi favorit di kalangan pengunjung.

2. Cireng

Cireng adalah singkatan dari "aci digoreng," yaitu makanan ringan yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng dengan minyak panas. Cireng biasanya disajikan dengan saus kacang atau sambal khas Bandung.

3. Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah makanan khas Sunda yang terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, ikan bakar, tahu, tempe, dan sambal.

4. Surabi

Surabi adalah sejenis pancake yang terbuat dari campuran tepung beras, gula kelapa, dan air daun pandan. Surabi memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, cocok dinikmati sebagai camilan di sore hari.

5. Soto Bandung

Soto Bandung adalah hidangan sup daging sapi dengan kuah bening yang kaya rempah-rempah. Soto Bandung biasanya disajikan dengan potongan daging sapi, kentang, tauge, dan bawang goreng.

6. Siomay

Siomay Khas Kuliner Bandung

Siomay (Sumber img: Kompas.com)

Siomay adalah hidangan dim sum yang terdiri dari berbagai macam bahan seperti ikan tenggiri, udang, tahu, telur, dan dikukus. Siomay Bandung disajikan dengan saus kacang yang kental dan bumbu khas.

Baca Juga: Kuliner Surabaya: 20+ Makanan & Minuman Khas yang Legend

10 Tempat Kuliner di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Bandung juga terkenal dengan tempat-tempat makan yang menawarkan cita rasa yang menggugah selera. Berikut adalah sepuluh tempat kuliner di Bandung yang wajib Anda kunjungi:

1. Warung Nasi Ampera

Warung Nasi Ampera terkenal dengan nasi liwetnya yang lezat dan lauk-pauk khas Sunda. Tempat ini menjadi favorit bagi pengunjung yang ingin merasakan makanan tradisional dengan harga terjangkau.

2. Sate Maulana Yusuf

Sate Maulana Yusuf Kuliner Khas Bandung

Sate Maulana Yusuf (Source img: sharontravelogue.com)

Sate Maulana Yusuf adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta sate. Dengan daging yang empuk dan bumbu yang khas, sate ini menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati makanan lezat di Bandung.

3. Batagor Kingsley

Batagor Kingsley adalah tempat yang legendaris untuk menikmati batagor di Bandung. Kelezatan batagor mereka sudah terkenal sejak lama dan tetap menjadi favorit hingga saat ini.

4. Bebek Van Java

Bebek Van Java adalah restoran yang menghidangkan bebek dengan berbagai variasi menu. Dari bebek goreng hingga bebek bakar, Anda bisa menikmati hidangan bebek yang lezat dengan cita rasa yang istimewa.

5. Mie Rica Kejaksaan

Mie Rica Kejakasaan Khas Bandung

Mie rica Kejaksaan (Sumber img: anakjajan.com)

Mie Rica Kejaksaan terkenal dengan mie khas Manado yang pedas dan nikmat. Bagi pecinta makanan pedas, tempat ini merupakan pilihan yang tepat untuk memuaskan selera Anda.

6. Baso Tahu Sukabumi

Baso Tahu Sukabumi adalah tempat yang menyajikan baso tahu dengan kuah bening yang kaya rasa. Baso tahu mereka terkenal karena ukurannya yang besar dan kenyal.

7. Lontong Kari Kebon Karet

Lontong Kari Kebon Karet adalah tempat yang menyajikan lontong kari dengan cita rasa yang autentik. Nikmati lontong dengan kuah kari yang gurih dan daging ayam yang lembut.

8. Mie Kocok Mang Dadeng

Mih Kocok Mang Dadeng Kuliner Di Bandung

Mih Kocok Mang Dadeng termasuk Kuliner Legendaris Bandung (Sumber img: serbabandung.com)

Mie Kocok Mang Dadeng adalah tempat yang menyajikan mie kocok dengan kuah kaldu sapi yang kaya rempah. Mie kocok mereka terkenal dengan kuah kaldu yang kental dan daging sapi yang lembut.

9. Bakso Suisan

Bakso Suisan adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta bakso. Bakso mereka terkenal dengan ukuran yang besar dan daging yang kenyal, disajikan dengan kuah yang lezat.

10. Bubur Ayam Mang Toha

Bubur Ayam Mang Toha adalah tempat yang menyajikan bubur ayam dengan cita rasa yang khas. Bubur ayam mereka terkenal dengan rasa yang gurih dan bumbu yang menggugah selera.

Wow! 10 Wisata Kuliner Bandung Legendaris

Bandung juga memiliki kuliner legendaris yang sudah melegenda di lidah para penggemar makanan. Berikut adalah sepuluh kuliner legendaris di Bandung yang harus Anda coba:

Berikut adalah list kuliner legendaris di Bandung yang dapat ditambahkan ke artikel Anda:

1. Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Di Bandung Sejak 1930

Kuliner Legendaris, Warung Kopi Purnama (Sumber img: kelananusantara.com)

Warung Kopi Purnama telah berdiri sejak tahun 1930-an. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mencari menu sarapan dan camilan ringan. Salah satu hidangan khas dari Warung Kopi Purnama adalah roti srikaya, yang merupakan hidangan favorit.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati kopi hitam panas dengan bubuk kopi Aroma. Warung Kopi Purnama berlokasi dekat dengan Alun-alun Bandung, dan menawarkan nuansa bangunan klasik dengan arsitektur dan interior bergaya Belanda.

2. Sate DJ

Warung sate "Di Jalan" ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman, dekat dengan Alun-alun Bandung. Sate DJ disajikan tanpa bumbu kacang, tetapi dengan bumbu kering yang khas. Anda dapat memilih rasa asin pedas atau asin sedang. Sate ini memiliki daging yang lembut dengan potongan tipis. Selain itu, tersedia juga varian daging seperti sate ayam, sate sapi, dan sate kambing.

Jika Anda menginginkan bumbu kacang tambahan, Anda juga dapat meminta itu. Sate DJ juga menawarkan berbagai varian susu segar. Harga sate di sini berkisar antara Rp 18.000 hingga Rp 20.000.

3. Wedang Ronde Alkateri

Di suasana sejuk Bandung, minuman hangat seperti wedang ronde sangat nikmat. Wedang Ronde Alkateri telah berdiri sejak tahun 1984 dan terletak di Jalan Alkateri No.01, Braga. Anda dapat menikmati ronde dengan berbagai ukuran dan memilih kuah gula putih atau gula merah. Gula merah memberikan sensasi gurih yang berbeda. Harga wedang ronde ini mulai dari Rp 17.000.

4. Sumber Hidangan

Sumber Hidangan, yang terletak di Jalan Braga No. 20-22, menawarkan es krim Black and White dan Cafe Glace. Es krim jenis noga menjadi hidangan favorit di tempat ini. Es krim ini memiliki rasa manis yang tidak terlalu kuat, ditambah dengan tekstur renyah dari noga yang memberikan sensasi yang berbeda.

Selain itu, Anda juga dapat mencicipi berbagai roti dan kue kering di sini. Harga hidangan di Sumber Hidangan berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 30.000-an.

5. Toko Roti Sidodadi

Toko Roti Sidodadi Kuliner Bandung

Toko Roti Sidodadi Kuliner Legendaris di kota Bandung (Sumber img: kompas.com/Reni Susanti)

Toko Roti Sidodadi, yang berlokasi di Jalan Oto Iskandardinata No. 255, Bandung, merupakan toko roti dan kue yang telah berdiri sejak tahun 1950-an, termasuk kuliner legendaris di Bandung. Toko sederhana ini menawarkan berbagai jenis roti dan kue dengan cita rasa klasik. Dengan gaya bangunan dan interior yang kental dengan nuansa tempo dulu, toko ini menjadi tempat yang tepat untuk menikmati roti kuno dengan selai yang lezat.

Salah satu roti yang sangat populer di sini adalah roti horn yang berbentuk seperti kerucut dan berisi vla. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

6. Rasa Bakery and Café

Rasa Bakery and Café, sebuah kafe legendaris di Kota Bandung, terletak di sekitar Alun-alun Kota Bandung, di Jalan Tamblong Dalam No. 15, Braga. Kafe ini menawarkan berbagai hidangan jadul yang dipengaruhi oleh budaya Eropa, seperti bitterballen dan poffertjes. Namun, makanan yang paling terkenal dan legendaris di sini adalah es krimnya.

Salah satu varian es krim yang populer adalah Coconut Royale, yang terdiri dari es krim stroberi, cokelat, dan vanila yang disajikan dalam mangkuk kelapa muda dengan tambahan koktail buah. Kafe ini telah berdiri sejak tahun 1910-an dengan nama Hazes, namun kemudian pada tahun 1960-an berubah menjadi Rasa Bakery and Café. Harga hidangan di kafe ini berkisar antara Rp 12.500 hingga Rp 50.000.

7. Bakmi Parahyangan

Bakmi Parahyangan merupakan salah satu hidangan bakmi yang wajib dicicipi jika Anda berkunjung ke Alun-alun Bandung. Bakmi ini telah berdiri sejak tahun 1975 dan memiliki rasa mi khas ala Bandung. Salah satu varian yang paling populer adalah mi yamin.

Mi yamin Bandung memiliki ciri khas penggunaan kecap cap anggur yang memiliki rasa manis yang pas, disajikan dengan kuah, bakso, dan pangsit yang dipisah. Anda juga dapat mencoba varian mi yamin dengan tambahan topping babat, bakso, dan pangsit. Baksonya empuk, babatnya kenyal dan gurih, serta pangsitnya lembut. Harga hidangannya berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 55.000.

8. Cuanki dan Batagor Serayu

Cuanki adalah hidangan bakso khas Bandung yang mirip dengan bakso Malang. Cuanki dan Batagor Serayu, yang terletak di Jalan Serayu, telah ada sejak tahun 1990-an dan merupakan salah satu tempat cuanki legendaris di Bandung. Cuanki ini digemari karena memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta tidak terlalu keras seperti cuanki pada umumnya.

Cuanki ini sudah nikmat tanpa perlu menambahkan banyak bumbu tambahan untuk memperkuat rasanya. Cuanki dan Batagor Serayu memiliki harga mulai dari Rp 17.000.

9. Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol Makanan Legendaris

Kupat Tahu Gempol Kuliner Legendaris Bandung (Sumber img: myeatandtravelstory.wordpress.com)

Kupat Tahu Gempol menjadi salah satu pilihan utama bagi pecinta kupat tahu di Bandung. Usaha ini telah dijalankan oleh tiga generasi berturut-turut dan terletak di Jalan Gempol, hanya berjarak lima menit berjalan kaki dari Gedung Sate.

Kupat tahu yang disajikan terdiri dari ketupat, tahu goreng asal, tauge rebus, dan disiram dengan saus kacang yang halus. Rasa bumbunya cukup manis, sedikit lebih manis daripada kupat tahu lainnya. Kupat Tahu Gempol buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 12.00 dan dijual seharga Rp 22.000 per porsi.

10. Roti Gempol

Roti Gempol, yang berdiri sejak tahun 1950-an, merupakan salah satu penganan roti legendaris khas Bandung. Terletak di Jalan Gempol Wetan No. 14, roti ini dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar lima menit dari Gedung Sate. Terdapat dua varian roti yang menjadi andalan, yaitu roti tawar putih dan roti tawar gandum.

Roti gandum menjadi favorit di sini. Rotinya tebal dan lembut dengan kandungan serat yang tinggi. Anda dapat memilih berbagai isian untuk roti panggang Anda, mulai dari selai stroberi, cokelat, kacang, susu, hingga srikaya. Harga roti bervariasi, tergantung pada rasa dan ukuran, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 47.000.

Lezat! 10 Tempat Kuliner Bandung Malam

Bandung tidak hanya menawarkan kuliner lezat di siang hari, tetapi juga menyajikan kelezatan di malam hari. Berikut adalah sepuluh kuliner malam di Bandung yang patut Anda coba:

1. Sudirman Street Day and Night Market

Kuliner Malam Bandung Sudirman Street

Sudirman Street Termasuk Kuliner Malam di Kota Bandung (Sumber img: tripadvisor.co.id)

Sudirman Street Day and Night Market terletak di Jalan Jendral Sudirman Nomor 107, Karanganyar, Kecamatan Astanaanyar.

Market ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.00 dan pada Sabtu pukul 11.00 hingga 23.30 WIB.

Anda dapat menemukan beragam pilihan menu dari berbagai kedai makanan di Sudirman Street Day and Night Market, seperti ayam geprek, nasi goreng, seafood, makanan Korea, dan bakso. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati makan malam bersama keluarga besar.

2. RM Megawati

RM Megawati terletak di Jalan Jendral Sudirman, Nomor 518, Sukahaji, Kecamatan Andir. RM Megawati buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 22.00 WIB, dan pada akhir pekan buka hingga pukul 09.00 malam.

Menu di RM Megawati mencakup Semur Jengkol, Oseng Kangkung, Sop Iga, dan Paket Nasi Timbel. Untuk minuman, tersedia Kopi Hitam, Aneka Jus, dan Es Teh.

Harga makanan dan minuman di RM Megawati berkisar antara Rp 4.000 hingga Rp 40.000.

3. Warung Nasi Ibu Imas

Adalah tempat yang terletak di Jalan Pungkur, Nomor 81, Regol, Kota Bandung. Di sini, kamu dapat menikmati sajian khas Sunda yang otentik. Menu-menu yang tersedia di warung ini sangat beragam, mulai dari aneka pepes, ayam bakar, ayam goreng, telur dadar, karedok leunca, sate cumi, tahu dan tempe goreng, ikan mas goreng, sate jeroan dan sambal, serta lalapan.

Harganya cukup terjangkau, biasanya di bawah Rp 50.000 per orang.

4. Warung Jagung Bakar Doel

Warung Jadoel di Dago Kuliner Malam Bandung

Warung Jagung Bakar Doel jadi Kuliner Malam di Bandung (Sumber img: TribunJabar/ Cipta Permana)

Warung Jagung Bakar Doel menawarkan pisang bakar, colenak, jagung bakar, minuman dingin, dan minuman hangat. Harga satu porsi makanan di sini sebesar Rp 12.000.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 17.30-21.00 WIB dan berlokasi di Jalan Ir. H. Djuanda Nomor 25, depan Bank BJB Dago.

5. Jalan Lengkong Kecil

Jalan Lengkong Kecil menjadi salah satu alternatif tempat kuliner malam di Bandung. Terdapat banyak stan makanan yang buka di malam hari sepanjang Jalan Lengkong Kecil.

Anda dapat menemukan beragam makanan, camilan, dan minuman di stan-stan makanan di Jalan Lengkong Kecil, seperti dimsum, suki and grill, steak, angkringan, susu murni dan roti bakar, serta ronde jahe.

Suasana di stan-stan ini dirancang sedemikian rupa dengan lampu-lampu yang menerangi Jalan Lengkong Kecil, sehingga menciptakan suasana festival kuliner malam yang menarik.

Selain makanan, kuliner di Jalan Lengkong Kecil juga menampilkan pertunjukan musik langsung untuk menghibur para pengunjung yang sedang menikmati makanan.

6. Bober Café

Bober Café adalahsalah satu kafe yang telah lama populer di kalangan warga Bandung. Lokasinya berada di Jalan LLRE Martadinata, Nomor 123. Kafe ini menawarkan suasana yang nyaman untuk bersantai. Menu makanan yang disajikan di Bober Café sangat beragam, dan secara umum harganya terjangkau. Beberapa pilihan yang cocok untuk menu sahur antara lain nasi goreng, chicken teriyaki, chicken katsu, nasi telor scramble, spageti bolognaise, dan masih banyak lagi. Kisaran harga menu di kafe ini berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 65.000.

7. Nasi Goreng Aep's

Terletak di Jalan Dr. Setiabudi Nomor 143, Bandung, dan buka 24 jam setiap hari. Lokasinya yang sejuk di daerah Setiabudi membuat nasi goreng hangat di sini menjadi favorit banyak orang. Selain nasi goreng, warung ini juga menyajikan aneka penyetan, sup, dan hidangan seafood. Nama AEP's sendiri merupakan singkatan dari Asyik Enak Pas Seleraku, yang menunjukkan betapa lezatnya hidangan yang disajikan di sini.

8. Nasi Goreng Solo

Yang terletak di Jalan Cikutra Barat Nomor 87, menyajikan nasi goreng dengan cita rasa khas Solo, Jawa Tengah. Proses memasaknya menggunakan arang, memberikan rasa asap yang khas pada hidangannya. Selain nasi goreng, mie rebus juga menjadi andalan dari warung ini. Nasi Goreng Solo buka setiap hari mulai pukul 16.00 hingga 01.30 WIB, sehingga cocok untuk menjadi pilihan kuliner malam di Bandung.

9. Kobe Teppanyaki

Kobe Teppanyaki Buka Malam Makanan Bandung

Kobe Teppanyaki (Sumber img: serbabandung.com)

Kobe Teppanyaki adalah tempat makan malam yang menawarkan hidangan kenyang dan terjangkau di pusat kota Bandung. Terletak di Jalan Cibadak yang tidak jauh dari Alun-alun Kota Bandung, Kobe Teppanyaki menyajikan aneka makanan khas Jepang dan China. Menu-menu yang bisa kamu nikmati di sini antara lain yakiniku, teriyaki, sushi, sukiyaki, dan masih banyak lagi.

Menu steam boat-nya menjadi favorit banyak pengunjung, dengan isian berlimpah seperti sayuran, tahu, telur, bakso, dan lain-lain. Porsi besar menjadi keunggulan Kobe Teppanyaki, sehingga cocok untuk sharing bersama keluarga. Harga menu di sini juga sangat terjangkau, mulai dari Rp 20.000 saja.

10. Bubur Ayam Bejo Special Kosambi

Bubur Ayam Bejo Special Kosambiadalah tempat makan bubur yang buka 24 jam di Bandung. Terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Nomor 150, tepatnya di Pasar Kosambi. Di sini, kamu bisa menikmati bubur ayam yang hangat dengan tambahan topping ayam, cakue, ati ampela, dan telur.

Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 10.000 tergantung dengan topping yang kamu pilih. Bubur Ayam Bejo Special Kosambi menjadi pilihan yang nikmat untuk sahur di Bandung.

Baca Juga: 8 Cara Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula

Keuntungan Berwisata Kuliner di Bandung yang Harus Anda Ketahui

Selain menikmati ragam kuliner lezat, berwisata kuliner di Bandung juga memiliki banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang harus Anda ketahui:

1. Keberagaman Kuliner

Bandung memiliki keberagaman kuliner yang sangat kaya. Anda dapat menemukan berbagai jenis masakan mulai dari makanan tradisional, makanan khas daerah, hingga makanan internasional. Keberagaman ini membuat Anda dapat mengeksplorasi dan menikmati berbagai cita rasa yang berbeda.

2. Tempat Makan yang Menarik

Tempat-tempat makan di Bandung tidak hanya menyajikan hidangan yang lezat, tetapi juga memiliki desain interior yang menarik. Banyak restoran dan warung makan di Bandung yang didesain dengan konsep yang unik dan Instagramable. Anda dapat menikmati makanan sambil menikmati atmosfer yang nyaman dan estetik.

3. Harga Terjangkau

Salah satu keuntungan berwisata kuliner di Bandung adalah harga yang terjangkau. Meskipun menawarkan kuliner yang lezat, harga makanan di Bandung cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya. Anda dapat menikmati hidangan yang enak tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam.

4. Pengalaman Budaya

Berwisata kuliner di Bandung juga memberikan Anda pengalaman budaya yang unik. Anda dapat menjelajahi kebudayaan Sunda melalui makanan khas seperti nasi liwet, sate, dan baso tahu. Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan masyarakat lokal dan memahami lebih dalam mengenai tradisi kuliner mereka.

5. Destinasi Wisata Lainnya

Bandung tidak hanya terkenal dengan kuliner, tetapi juga memiliki berbagai destinasi wisata menarik lainnya. Setelah menikmati makanan lezat, Anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Kawah Putih, atau Jalan Braga yang terkenal dengan bangunan bersejarahnya.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, tidak heran jika Bandung menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang populer di Indonesia.

Kesimpulan

Bandung merupakan kota yang kaya akan kuliner lezat dan memiliki berbagai tempat makan yang wajib dikunjungi. Dari makanan khas Bandung, tempat kuliner yang terkenal, hingga kuliner malam yang menggugah selera, Bandung menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Keberagaman kuliner, tempat makan yang menarik, harga terjangkau, pengalaman budaya, dan destinasi wisata lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengeksplorasi kuliner di Bandung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai kuliner di Bandung saat Anda berkunjung ke kota ini.

Selamat menikmati kuliner di Bandung yang menggoyang lidah dan menjelajahi kelezatan yang ditawarkan oleh kota ini!

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

11 Ide Nama Minuman Unik untuk Brand Bisnis Anda
Pemilihan nama brand menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika pertama kali akan membangun bisnis. Nama sendiri tidak bisa dibuat
Baca Juga
11 Ide Bisnis Makanan Kekinian dan Paling Laris 2023
Ingin memulai bisnis dan bingung mau cari ide bisnis makanan apa, simak beberapa rekomendasi di bawah ini. Lengkap dari mulai
Baca Juga
7 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba
Secara bahasa, waralaba diambil dari bahasa prancis, yaitu franchise yang berarti hak atau kebebasan. Berdasarkan arti tersebut. Waralaba bisa diartikan
Baca Juga
29 Ide Jualan Makanan Online yang Laris Manis
Dalam dunia digital yang terus berkembang, ide jualan makanan online telah menjadi tren yang sangat menarik dan relevan. Masyarakat kini
Baca Juga
8 Kelebihan Software Kasir Minimarket untuk Kepentingan Bisnis
Software kasir minimarket - Kasir merupakan pekerjaan yang bertugas untuk melayani transaksi pembelian di sebuah toko. Profesi kasir untuk toko
Baca Juga
7+ Ide Jualan Makanan yang Lagi Viral 2023
Setiap tahunya trend makanan yang lagi viral beragam, mulai dari makanan manis, asin, pedas hingga bercita rasa aneh pun viral.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu