Logo Bee Web

11 Jenis Teh Indonesia yang Bisa Jadi Peluang Usaha

Bisnis teh menjadi hal cukup menguntungkan, jenis teh indonesia sendiri cukup beragam, kenali dan pelajari pada artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 6 September 2023

Indonesia jadi salah satu negara yang menjadikan teh menjadi minuman harian, hampir disetiap cafe, rumah makan, resto, kedai menyajikan menu teh Indonesia didalamnya. Dengan berbagai variasi rasa.

Mulai dari teh original, hingga paduan teh dengan rasa buah yang menjadikan rasanya semakin unik dan menarik. Tingginya minat minuman teh di masyarakat Indonesia menjadikannya sebagai celah peluang usaha yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Yuk kenali ada berapa dan apa saja jenis teh Indonesia yang bisa Anda kreasikan sebagai potensi usaha berikut ini:

Baca Juga: 11 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian Paling Laris 2023

Kenali Jenis-Jenis Teh Indonesia, Langkah Awal Membangun Usaha

Jenis Teh Hitam

Ilustrasi jenis teh hitam yang populer di indonesia (Credit: Freepik.com)

Berikut ini beberapa produk unggulan teh yang biasa ditemukan di Indonesia dan ciri khasnya:

1. Teh Hitam

Pertama ada teh hitam, jenis teh ini paling umum dan paling sering ditemukan dan paling banyak beredar dipasaran. Teh hitam berasal dari tanaman daun teh dengan nama latin Camellia sinensis yang diikeringkan dan difermentasi, sehingga menghasilkan warna, aroma, dan rasa yang khas.

Seperti namanya, ciri khas teh hitam adalah warnanya yang gelap, cita rasanya yang kuat dan tajam, serta aroma yang khas. Biasanya, teh hitam diminum dengan tambahan susu atau gula. Dalam hal khasiat, teh hitam mengandung kafein dan antioksidan.

Teh ini juga kerap disebut dengan teh Oloong. Beberapa penelitian menghubungkan konsumsi teh hitam dengan manfaat untuk kesehatan jantung, peningkatan energi, dan peningkatan fokus mental.

Untuk menambah cita rasa dan kreasinya, teh ini bisa dicampurkan dengan aneka ragam tambahan seperti buah, jahe dan sejenisnya, sehingga menimbulkan rasa baru yang lebih menarik.

2. Teh Hijau

Berikutnya adal teh Hijau, teh Hijau berasal dari tanaman yang sama dengan teh hitam sebelumnya, yakni Camellia sinensis. Namun, daun yang digunakan tidak mengalami oksidasi sempurna seperti teh hitam karena tidak dilakukan fragmentasi. Sehingga warnanya tetap hijau.

Daun ini diolah dengan cepat untuk mencegah proses oksidasi. Ciri khas teh hijau adalah warnanya yang lebih terang, cita rasanya yang segar dan rumput, serta aroma yang ringan. Jika geh hijau diolah lebih lanjut akan menghasilkan serbuk yang biasa disebut matcha, dengan warna lebih hijau karena memiliki kandungan klorofil yang lebih tinggi.

Biasanya, teh hijau diminum tanpa tambahan susu atau gula. Kasiat teh hijau terletak pada kandungan kafein dan katekin, jenis antioksidan yang diyakini memiliki berbagai manfaat kesehatan. Ini termasuk meningkatkan metabolisme, membantu menjaga berat badan, dan mendukung kesehatan jantung.

3. Teh Bunga Telang

Teh Bunga Telang

Teh bunga telang atau butterfly flower tea (Credit: Freepik.com)

Berikutnya ada teh bunga Telang, teh kali ini tidak diolah dari daun tanaman melainkan dari bunganya. Berasal dari tumbuhan bernama Telang dengan nama ilmiah Clitoria ternatea yang dikeringkan. Dengan kelopak bunganya yang berwarna biru memberikan warna biru alami pada minuman teh ini. Sehingga memberikan kesan unik dan menarik sekaligus.

Ciri khas teh bunga telang adalah warna biru uniknya yang berasal dari pigmen alami dalam bunga telang. Saat diolah dengan bahan ber-asam (seperti perasan lemon), warnanya bisa berubah menjadi ungu atau merah muda.

Namun, meskipun dikenal memiliki sifat antioksidan dan potensi manfaat bagi kesehatan, penelitian tentang manfaat teh bunga telang masih terbatas dan diperlukan lebih banyak bukti ilmiah untuk mengkonfirmasi klaim ini.

4. Teh Gurah

Selanjutnya ada teh gurah. Teh Indonesia asli yang pada umumnya terdiri dari aneka campuran rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dan bahan alami lainnya. Sehingga menciptakan cita rasa yang khas dan dengan aroma yang 'sehat'.

Ciri khas teh gurah adalah aroma harum dan khas, teh ini juga memiliki rasa yang hangat. Dibeberapa penelitian teh ini diyakini memiliki manfaat membersihkan saluran pernapasan dan membantu meredakan gejala pilek atau masalah pernapasan lainnya.

Buat Anda yang tertarik untuk membuka usaha ini, pastikan pilih rempah yang berkualitas dengan takaran yang pas, agar produk minuman Anda menyehatkan dan bermanfaat bagi yang mengkonsumsinya.

5. Teh Daun Binahong

Jenis teh berikutnya ada teh daun binahong. Tanaman binahong merupakan tanaman epifit dengan nama latin Anredera cordifolia, yang umumnya ditemukan di daerah tropis. Daun binahong memiliki bentuk daun seperti hati, dengan ukuran yang tidak besar. Untuk diolah menjadi teh daun binahon dibersikah dan dikeringkan.

Ciri khasnya adalah rasa ringan dan aroma daun yang segar.dan menyehatkan. Konon katanya, Teh  memiliki khasiat yang tinggi sebagai antioksidan alami dan bisa membantu menjaga kesehatan kulit serta sistem pencernaan.

6. Teh Bunga Rosella

Berikutnya ada teh bunga Rosela, dengan cita rasa asam amnus bewarna merah cerah yang cukup cantik dan menarik. Seperti namanya teh bunga Rosela berasal dari tanaham Rosella dengan nama latin Hibiscus sabdariffa.

Tanaman ini berasal dari wilayah tropis, dan teh rosella memiliki ciri khas warna merah cerah, rasa asam yang segar, dan aroma yang menyegarkan.

Teh rosella umumnya dikenal karena potensinya dalam menurunkan tekanan darah dan mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh.

Bentuk dan warnanya yang cantik, teh ini bisa dijadikan sebagai menu kekinian yang menyehatkan untuk bisnis teh Anda.

7. Teh Kamomil

Chamomile Tea

Potret teh bunga Chamomile (Credit Freepik.com)

Masih membahas tentang teh bunga, selanjutnya adalah teh kamomil. Teh ini berasal dari bunga kamomil. Cukup populer di Indonesia maupun luar negeri. Dengan ciri khas aroma bunga yang manis dan rasa yang lembut.

Selain itu, teh Kamomil terkenal karena efek menenangkan dan dapat membantu tidur yang baik. Cocok untuk bisnis minuman tidur dan minuman penyegar dengan fokus pada kesehatan dan relaksasi.

8. Teh Putih

Jika sebelumnya ada teh hitam dan teh hijau, kali ini ada teh putih. Jenis teh ini berasal dari China, terbuat dari kuncup daun muda teh  yang belum mekar sepenuhnya. Seperti namanya, teh ini memiliki ciri khas warna daun yang putih keperakan dan rasa yang lembut dengan aroma ringan.

Selain itu, teh Putih dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh. Peluang bisnis selain menjadi menu teh, ini juga bisa dijual dalam pasar makanan dan minuman sehat, dengan permintaan yang terus meningkat karena lebih banyak orang mencari pilihan gaya hidup yang sehat.

9. Teh Merah

Si Putih tidak akan lengkap tanpa si Merah, yakni teh merah disebut juga Pu-erh berasal dari Provinsi Yunnan, China. Memiliki ciri khas daun yang difermentasi dan penuh rasa dengan warna yang merah kehitaman.

Teh Merah dipercaya dapat membantu pencernaan dan menurunkan kolesterol. Dalam pasar minuman fungsional dan perdagangan teh ini cukup memiliki peluang yang tinggi karena popularitasnya yang tumbuh baik di dalam maupun di luar China.

10. Teh Kayu Aro

Jenis teh selanjutnya asli Teh Idonesia bernama Teh Kayu Aro, atau disebut juga Kawa Daun, berasal dari Indonesia, khususnya Sumatra. Ciri khas dari teh ini adalah memiliki aroma khas yang mirip kayu cendana dan rasa yang lembut.

Teh ini memiliki nilai historis dan budaya yang penting bagi masyarakat Indonesia. Cocok dijadikan sebagai peluang usaha minuman eksotis dan kesehatan alami, menarik minat konsumen yang mencari pengalaman baru.

11. Teh Melati

Berikutnya, teh dari rumpun bunga-bungaan yakni teh melati. Di Indonesia sendiri keberadaan teh melati sudah menjadi hal yang tidak asing lagi.

Teh Melati ini berasal dari daun bunga melati yang dikeringkan dan dikenal karena aromanya yang harum.

Biasanya diminum tanpa tambahan gula atau susu. Teh Melati sering dikaitkan dengan relaksasi dan manfaat antistres. Cocok disajikan sebagai minuman herbal kekinian yang menyehatkan.

Tips Sukses Bisnis Kedai Minuman Teh Kekinian Banyak Pelanggan

gaji kasir cafe jakarta

Tips sukses bisnis teh Indonesia (Credit: Freepik.com)

Ada beberapa tips dan triks jualan minuman teh agar laku setiap hari:

1. Kenali Target Pasar

Tips yang pertama adalah mengenali target pasar, target pasar ini akan menentukan langkah awal bagaimana bisnis yang akan Anda buat nantinya. Apakah fokus pada produk, packaging, atau lokasi bisnisnya. Dimana setiap target pasar tentunya memiliki fokus yang berbeda-beda.

Contohnya, jika target pasar Anda mahasiswa yang butuh tempat nongkrong, bisnis minuman teh bisa dibangun dengan konsep cafe yang cozy, nyaman dan luas, sebaiknya jika target Anda adalah orang yang kehausan di jalan, sebaiknya buka kedai kecil sederhana dengan lokasi strategis dan produk yang menarik.

Baca Juga: 11 Ide Nama Minuman Unik untuk Brand Bisnis Anda

2. Sebaiknya Gunakan Kedai Kecil

Tips ini sebenarnya bersifat kondisional sesuai dengan target market yang disasar. Namun, pada umumnya penikmat teh adalah orang yang hanya ingin mnim.teh dengan harga yang miring untuk menghilangkan dahaganya saja. Sehingga, sebaiknya bisnis teh menggunakan kedai kecil untuk menarget konsumen dengan ekspektasi harga yang rendah.

Dimana jika kedai dibangun dengan besar dan rapi akan menimbulkan efek psikologis bahwa barang yang dijual berharga mahal, sehingga mereka merasa enggan apalagi produknya 'hanya' berupa teh saja.

3. Memiliki Banyak Cabang

Jika kedai yang dibentuk sederhana, maka bisa dibangun di beberapa cabang sekaligus.Anda bisa menyebar lokasi kedai dengan harapan semakin meningkatkan angka penjualan karena jangkauan pasar juga diperbesar. Lokasi pemilihan tempat juga akan sangat menentukan terjual atau tidaknya produk Anda. Oleh sebab itu, sebaiknya perhatikan dan kira-kira secara matang dalam menentukan lokasi berjualan.

4. Tonjolkan Ciri Khas Produk

Selanjutnya jangan lupa dan sangat aman penting diperhatikan, tonjolkan Ciri khas produk teh Indonesia Anda. Mengingat banyaknya pesaing yang menjual produk yang sama. Anda perlu membangun identitas diri untuk menunjukan ini loh produk A dengan warna C, rasa yang D dan lain sebagainya.

5. Catat Arus Keuangan Bisnis dengan Rapi

Jika bisnis berjalan lancar, banyak pembeli tapi tidak memiliki catatan keuangan akan sangat percuma. Anda tidak bisa mengetahui apakah bisnis Masa sedang rugi atau untung, segi mana saja yang menguntungkan dan merugikan, apa pedoman dalam evaluasi bisnis dan seterusnya.

Untuk itu, penting mencatat seluruh penjualan, pembelian, beban bisnis baik operasional atau non operasional agar tahu kondisi keuangan bisnis secara real time.

Coba gunakan software kasir online Beepos, program kasir terintegrasi akuntansi berikan keuntungan double bagi pebisnis seperti Anda. Dengan Beepos Anda bisa memberikan pelayanan lebih cepat sekaligus manajamen keuangan dengan praktis. Klik banner di bawah ini dan dapatkan gratis trial sekarang juga khusus untuk Anda penggguna pertama.

Beepos Software Kasir Online Integrasi Akunting

Sekian informasi tentang aneka ragam jenis Teh Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai menu tambahan peluang bisnis yang menjanjikan. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

13 Langkah Memulai Bisnis Rice Box Peluang Usaha Kekinian
Peluang usaha semakin kesini semakin bervariasi salah satunya adalah bisnis rice box, sebuah sajian nasi lengkap dengan aneka lauk yang
Baca Juga
Cara Membaca Barcode untuk Software Kasir Bisnis
Cara membaca barcode diperlukan untuk memudahkan penginputan barang pada aplikasi kasir saat melakukan transaksi di sebuah usaha. Biasanya, usaha yang
Baca Juga
28 Ide Bisnis Minuman Kekinian + Tipsnya
Minuman kekinian, fenomena yang tak bisa dihindari dalam dunia kuliner masa kini. Berbicara tentang minuman kekinian seakan membawa kita dalam
Baca Juga
9 Ide Bisnis Kreatif Kerajinan dari Rotan dan Tips Suksesnya
Anda mungkin pernah melihat berbagai produk menarik dan unik dari rotan seperti kursi, meja, lemari, hiasan dinding, hingga dompet dan
Baca Juga
Cara Membuat SIUP Online 2022
SIUP merupakan  sebuah perpanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Buat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka harus
Baca Juga
Tips Milih Program Kasir Toko Baju Mudahkan Bisnis Anda
Menjalankan bisnis saat ini perlu memperhatikan perkembangan teknologi yang ada. Termasuk penggunaan program kasir toko baju. Pasalnya, kini bisnis jualan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu