Logo Bee Web

Kuliner Surabaya: 20+ Makanan & Minuman Khas yang Legend

Artikel ini akan membahas makanan dan minuman di kota Surabaya, pusat kuliner Surabaya yang terkenal. simak selengkapnya di sini!
Penulis: Al Faris
Dipublish Tgl: Wednesday, 12 April 2023

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, memiliki segudang daya tarik bagi para wisatawan, tak terkecuali dalam hal Kuliner makanan Surabaya, tidak cuma makanan, minuman khas kota Surabaya juga memiliki keaneka ragaman.

Dengan keberagaman budaya dan sejarah yang dimiliki, tidak mengherankan jika Surabaya memiliki banyak makanan dan minuman khas yang menggugah selera. Berbagai hidangan tradisional yang sudah menjadi ikonik, seperti rawon, soto, lontong balap, rujak cingur, dan masih banyak lagi, siap memanjakan lidah siapa saja yang berkunjung ke kota ini.

Mari kita jelajahi bersama kuliner khas Surabaya yang wajib dicoba!

Makanan khas Kuliner Surabaya yang Populer

1. Depot Bu Rudy

Harga: Mulai dari Rp 20.000

Lokasi: Jalan Dharmahusada no. 140, Surabaya

Jam Buka: 07.00-22.00 WIB

Depot Bu Rudy

Depot Bu Rudy (Credit: Jawapos)

Depot Bu Rudy di Surabaya menawarkan menu makanan yang beragam, tapi jangan lewatkan untuk mencoba nasi udang empal, andalan mereka. Nasi pulen yang disajikan dengan udang tepung goreng yang renyah, empal yang empuk dengan bumbu meresap, dan sambal bawang Bu Rudy yang terkenal.

Di samping makanan, Depot Bu Rudy juga menyediakan oleh-oleh khas Surabaya, seperti sambal bawang, sambal terasi, dan sambal ikan peda dalam kemasan.

2. Sate Klopo Ondomohen

Harga: Mulai dari Rp 20.000 untuk 10 tusuk sate

Lokasi: Jalan Walikota Mustajab Nomor 36, Surabaya

Jam Buka: 07.00-23.00 WIB

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih sudah ada sejak tahun 1945 dan menjadi salah satu kuliner favorit di Surabaya. Sate ini terbuat dari daging ayam dan sapi yang dibaluri dengan kelapa parut berbumbu, disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, dan cabai rawit.

Anda bisa memilih sate ayam, sapi, otot, usus, dan sumsum. Tambahkan lontong atau nasi agar lebih mengenyangkan.

3. Sego Sambel Mak Yeye

Harga : mulai Rp. 15.000

Lokasi : Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor 10, Jagir, Wonokromo, Surabaya

Jam Buka : mulai pukul 21.00 WIB hingga habis

Sego Sambel Mak Yeye

Sego sambel Mak Yeye

Ada satu kuliner khas Surabaya yang telah berdiri sejak tahun 1982 dan menyajikan hidangan penyetan yang sederhana dan lezat. Anda bisa memilih dari berbagai pilihan lauk, seperti tempe, tahu, telur, dan ikan pari.

Namun, siapkanlah kesabaran Anda untuk menghadapi antrian panjang jika ingin mencicipi hidangan pedas khas Surabaya ini. Jadi, jika Anda ingin menikmati hidangan lezat ini, jangan sampai melewatkan waktu buka restorannya ya!

4. Nasi Babat Pegirian

Harga : Rp 15.000 per porsi

Lokasi : Jalan Nyamplungan, Ampel, Semampir

Jam Buka : mulai pukul 17.00 WIB

Jika Anda termasuk penggemar jeroan sapi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Nasi Babat Pegirian! Restoran ini menyajikan hidangan pedas Surabaya yang terdiri dari babat dan paru sapi yang digoreng dengan cita rasa yang lezat.

Selain itu, menu spesial dari restoran ini adalah nasi jagung yang gurih yang disajikan bersama babat goreng. Jadi, jangan lupa untuk mencoba hidangan lezat ini ketika berkunjung ke Surabaya!

5. Tahu Telor Pak Jayen

Harga : Rp. 16.000 per porsi

Lokasi : Jalan Dharmahusada No.112, Mojo, Gubeng

Jam Buka : 17.00 - 23.00 WIB.

Tahu Telor Pak Jayen

Tahu Telor Pak Jayen

Anda bisa mencicipi Tahu Telor Pak Jayen yang berbumbu petis pedas dengan harga terjangkau. Menu ini terdiri dari tahu, telur, tauge pendek, kentang, dan kerupuk disajikan dengan bumbu petis yang lezat. Anda bisa menambahkan irisan lontong agar lebih kenyang dengan biaya tambahan Rp 2.000 saja.

6. Soto Ayam Lamongan Cak Har

Harga : Mulai Rp. 20.000

Lokasi : Jalan dr. Ir. H. Soekarno (Merr), Surabaya

Jam Buka : 06:00 hingga 02:00 WIB

Jika Anda mencari wisata kuliner Surabaya yang terkenal, tak perlu jauh-jauh dari ITS., Terdapat tempat yang ramai dikunjungi untuk menikmati soto ayam yang lezat. Anda bisa memesan daging ayam bagian dada tanpa kulit jika tidak menyukai bagian-bagian tertentu.

Kuah kuningnya segar dan menggoda indra penglihatan maupun indra pengecap dengan aroma kaldunya yang menyerbak dan kepulan uap yang hangat. Kamu juga bisa menambahkan koya sendiri sesuai selera tanpa biaya tambahan.

7. Lontong Kupang Pak H.Woko

Harga : Rp 15 ribu per porsi

Lokasi : Jalan Kalasan Nomor 30, Pacar Keling, Tambaksari

Jam Buka : pukul 09.30-17.00 WIB

Anda harus coba Lontong Kupang Pak H. Woko di Surabaya yang terkenal dengan kuah petisnya yang gurih. Jangan lupa pesan segelas es degan untuk menambah rasa segar saat makan.

8. Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan

Harga : mulai dari Rp 25.000 per porsi

Lokasi : Jalan Kalasan, Pacar Keling, Tambaksari

Jam Buka : 10.30-21.30 WIB

Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan sangat digemari oleh masyarakat Surabaya. Menu ini berisi daging sandung lamur, tahu, selada, dan mi kuning basah yang disiram dengan kuah yang nikmat. Tak lupa kerupuk melimpah untuk menambah rasa.

9. Rujak Cingur Genteng Durasim

Harga: Mulai Rp. 17.000 per porsi

Lokasi: Jalan Genteng Durasim Nomor 29, Genteng

Jam Buka: 10.30-18.30 WIB

Makanan Surabaya selanjutnya adalah Rujak Cingur Genteng Durasim yang telah buka sejak 1943, menawarkan olahan cingur sapi dengan buah dan sayur yang disiram dengan bumbu kacang dan petis. Rasanya empuk dan gurih, serta kamu dapat meminta tingkat kepedasan sesuai selera. Sajian rujak ini dapat disantap bersama dengan kerupuk.

10. Nasi Kuning Avon

Harga : sekitar Rp 18.000 - Rp 40.000

Lokasi : Jl. Lusi No. 7, Tegalsari, Surabaya

Jam Buka : Mulai pukul 06.00 WIB hingga siang hari

Anda harus mencoba Nasi Kuning Avon saat berkunjung ke Surabaya. Menu sarapan yang enak ini terdiri dari nasi kuning, telur balado, ikan tongkol, bakmi, dan serundeng yang dipadukan dengan sempurna. Rasanya yang istimewa akan membuat Anda ketagihan.

Bagi para pelaku bisnis di bidang F&B (food and beverage), mengelola keuangan dan stok barang merupakan hal yang sangat penting. Untuk memudahkan proses tersebut, kini telah hadir sebuah aplikasi kasir yang sangat bermanfaat bagi usaha F&B, yaitu Beepos Mobile.

Cta Beepos Software Kasir Khusus Usaha Makanan Dan Minuman

Aplikasi ini dapat membantu memantau stok barang, pemasukan, pengeluaran, dan laporan keuangan secara real-time. Selain itu, Beepos juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti manajemen menu, pesanan dan pelanggan yang memudahkan pengguna dalam mengelola bisnisnya.

Dengan Beepos, para pelaku bisnis F&B di Surabaya dapat lebih mudah dan efektif dalam mengelola usahanya dan menambah kesuksesan bisnisnya.

11. Warung Leko

Harga : Mulai dari Rp. 8.000 hingga Rp. 60.000

Lokasi : Jalan Manyar Kertoajo V/9 Gubeng, Surabaya

Jam Buka :

Saat mencari tempat makan enak di Surabaya, Warung Leko patut masuk dalam daftar pilihan Anda. Warung ini terkenal dengan olahan iga yang lezat dan empuk, seperti iga penyet, sop iga, dan iga goreng tepung.

Menyediakan menu alternatif seperti tempe penyet dan bandeng penyet. Pilihan sambalnya pun dapat disesuaikan selera Anda, mulai dari yang tidak pedas, sedang sampai ekstra pedas.

12. Warung Spesial Belut Bu Yuli

Harga : Mulai Rp. 24.000

Lokasi : Jalan Kertajaya No. 137A dan Jalan Dharmahusada No. 112

Jam Buka : 11.00 WIB hingga 24.00 WIB

Menu andalan di warung ini adalah penyetan belut goreng yang dijual seharga Rp 24 ribu. Selain itu, tersedia juga ayam goreng, lele goreng, tempe, tahu, dan telur goreng. Sambal yang disajikan memiliki rasa yang pedas dan nikmat. Warung Belut Bu Yuli di Jalan Kertajaya seringkali ramai sehingga harus siap mengantre.

13. Lontong Kupang Bu Wito

Harga : Rp. 19.000 per porsi

Lokasi : Jl. Raya Tenggilis No.128, Surabaya

Jam Buka : 10.00 - 16.00 WIB

Makanan khas Jawa Timur ini terdiri dari lontong, kupang, sate kerang, dan kuah petis yang enak dan sedap. Di Surabaya, Lontong Kupang Bu Wito menjadi salah satu tempat yang terkenal dengan makanan ini. Jangan lupa untuk mencoba es degannya yang menyegarkan!

14. Lontong Balap Asli Pak Gendut

Harga : Rp 15.000 per porsi

Lokasi : Jl. Embong Malang No.38, Genteng, Kec. Genteng

Jam Buka : pukul 09.00-21.00 WIB

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner Surabaya yang lezat dengan bumbu petis. Salah satunya bisa kamu temukan di Lontong Balap Asli Pak Gendut.

Menu andalannya adalah lontong balap yang disajikan dengan kuah berbumbu petis udang. Di dalamnya terdapat tahu, lentho, lontong, taoge, dan bawang goreng yang membuat cita rasanya semakin kaya. Kamu juga bisa menambahkan sate kerang sebagai pelengkap.

Minuman khas Kuliner Surabaya yang Populer

15. Ice Cream Zangrandi

Harga : Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000

Lokasi : Jalan Yos Sudarso No.15, Surabaya

Jam Buka : 10.00 - 22.00 WIB

Jika kamu mencari makanan penyejuk di siang hari yang terik di Surabaya, Ice Cream Zangrandi bisa menjadi pilihan yang manis. Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1933 ini menyajikan berbagai jenis ice cream yang terkenal di Surabaya.

16. Es Coklat Tambah Umur 1950

Harga: Es coklat Rp 8.000 dan roti sobek Rp 2.000

Lokasi: Jalan Simokerto Nomor 49, Simokerto

Jam Buka: 08.30-16.00 WIB

Es Coklat Tambah Umur

Es Coklat Tambah Umur (Credit: Nibble.id)

Saran dari saya, jika berkunjung ke Surabaya jangan lewatkan kedai minuman legendaris, yaitu Es Coklat Tambah Umur 1950. Di sini Anda bisa menikmati es cokelat dengan roti sobek yang sangat lezat.

Es coklat disajikan dalam gelas stainless steel sehingga tetap dingin lebih lama. Selain itu, mereka juga menjual aneka gorengan.

17. Es Teler Pacarkeling Pak No

Harga: Rp 18.000 per porsi

Lokasi: Jalan Penataran Nomor 2, Pacar Keling, Tambaksari

Jam Buka: 10.00-22.00 WIB

Menyajikan Es Mambo Es teler dengan buah segar dan melimpah, siraman susu kental manis dan kelapa muda serut. Pilihan tambahan sirup durian juga tersedia untuk para pencinta durian.

Bebek khas Kuliner Surabaya yang Populer

18. Bebek Goreng Sinjay

Harga: Rp. 18.000

Lokasi: Bangkalan, Pulau Madura dan beberapa cabang di Surabaya

Jam Buka: Setiap hari, 07.00 pagi sampai habis bahan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner Bebek Goreng yang terkenal akan rasa gurihnya, terutama Bebek Goreng Sinjay di Bangkalan, Pulau Madura. Dijamin akan membuat Anda datang kembali untuk menikmatinya karena terbukti dari antusias para pembeli yang rela mengantri panjang.

Satu porsi Bebek Sinjay terdiri dari nasi putih pulen, potongan mentimun, daun kemangi, sambel pencit yang pedas, dan daging bebek yang menyerap bumbu yang sempurna.

Beberapa cabang Bebek Sinjay juga telah dibuka di Surabaya untuk memudahkan para pecinta kuliner bebek goreng menikmatinya.

19. Bebek Goreng Purnama

Harga : Mulai dari Rp 12.000 per porsi

Lokasi : hanya berlokasi di Jalan Dinoyo Nomor 4, Keputran, Surabaya

Jam Buka : mulai pukul 16.00 WIB

Jika Anda ingin menikmati kuliner khas Surabaya yang istimewa, Bebek Goreng Purnama adalah pilihan yang tepat. Restoran yang sudah buka sejak 1992 ini tidak membuka cabang di tempat lain.

Salah satu keistimewaan dari restoran ini adalah serundeng kelapanya yang melimpah dan bisa dinikmati bersama bebek goreng, lalapan, sambal, serta nasi putih yang hangat. Pastinya rasanya sangat lezat dan menggugah selera.

Untuk menikmati kelezatan Bebek Goreng Purnama, Anda hanya perlu merogoh kocek. Selain bebek goreng, jeroan ayam goreng juga tersedia sebagai pelengkap makan yang tak kalah nikmat.

20. Bebek Tugu Pahlawan

Harga : Mulai Rp. 25.000

Lokasi : Jl. Tembaan No. 17F, Alun-alun Contong, Surabaya

Jam Buka : 18.00 hingga 22.00 WIB

Bebek Tugu Pahlawan

Bebek Tugu Pahlawan (Credit: GoTravelly)

Kuliner bebek yang satu ini memang punya cita rasa yang enak banget, sehingga sering menjadi incaran para wisatawan maupun warga lokal.

Setiap porsi Bebek Tugu Pahlawan disajikan bersama parutan kelapa berwarna kuning, nasi, sambal, dan potongan mentimun. Di sana, tersedia beberapa menu bebek, mulai dari paha super, paha biasa, dada, protolan, hingga jeroan.

21. Bebek Palupi

Harga : Mulai Rp. 30.000

Lokasi : Jalan Raya Rungkut Asri Tengah No. 10, Surabaya

Jam Buka : 09.00 - 22.00 WIB

Bebek goreng memang menjadi salah satu kuliner andalan Kota Pahlawan, dan di antara banyak penjual bebek goreng di Surabaya, Bebek Palupi menjadi salah satu tempat yang paling terkenal, sudah berdiri sejak tahun 1996.

Penyajian Bebek Palupi cukup sederhana dengan hanya dihidangkan bersama nasi, sambal tomat, dan beberapa lalapan. Bebek gorengnya terkenal sangat renyah, dengan sensasi bumbu rempah kuning gurih yang cukup tajam dan tekstur daging yang empuk.

Rawon khas Kuliner Surabaya yang Populer

22. Rawon Setan

Harga : Mulai Rp 28.000

Lokasi : Jalan Embong Malang Nomor 78, Genteng, Surabaya

Jam Buka : 24 jam

Menu kuliner yang satu ini mungkin terdengar menyeramkan karena namanya, yaitu Rawon Setan. Tapi jangan khawatir, sebenarnya ini adalah varian rawon yang terkenal di Surabaya.

Rawon Setan adalah salah satu tempat makan yang paling terkenal di Surabaya untuk menikmati hidangan ini. Potongan daging sapi yang disajikan di sini cukup besar dan sangat empuk. Jadi, jika kamu berkunjung ke Surabaya, jangan lupa mencoba kuliner yang satu ini!

23. Rawon Kalkulator

Harga : Rp. 25.000 per porsi

Lokasi : Sentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Surabaya

Jam Buka : 08.00 - 22.00 WIB

Kuliner Surabaya Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator Surabaya (Credit: Tribun travel)

Rawon Kalkulator adalah salah satu warung makanan di Surabaya yang menjual nasi rawon dengan potongan daging sapi yang besar dan empuk. Meskipun hanya berjualan menggunakan tenda kaki lima, namun rasanya sangat enak dan selalu ramai pengunjung.

Selain nasi rawon, tersedia juga lauk pendamping seperti tempe goreng, perkedel, dan telor asin. Nama "Kalkulator" disematkan karena pelayannya terkenal pandai menghitung dengan cepat harga makanan tanpa menggunakan alat.

24. Rawon Pak Pangat Wonokromo

Harga : Mulai Rp. 26.000

Lokasi : Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Gayungan, Surabaya

Jam Buka : 06.30 hingga 20.00 WIB

Ada tiga varian rawon yang disajikan di sini: nasi rawon suwir, nasi rawon krengsengan, dan nasi rawon campur. Selain itu, Anda juga bisa mencoba nasi krengsengan atau nasi campur, yang semuanya dibuat dengan bahan dasar empal suwir.

Artikel Terkait

Contoh Laporan Neraca dan Cara Membuatnya
Neraca dalam akuntansi merupakan salah satu laporan keuangan yang berperan penting dalam analisa keuangan sebuah bisnis, dengan menggambarkan aset, kewajiban,
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
11 Tips Cara Kelola Gudang yang Baik dan Praktis
Gudang adalah suatu tempat atau ruang fisik yang digunakan untuk menyimpan, mengatur, dan mengelola berbagai jenis barang atau barang-barang tertentu.
Baca Juga
10 Contoh Usaha Mikro Cocok Untuk Pengusaha Pemula
Usaha mikro adalah jenis usaha yang dijalankan dalam skala kecil. Contoh usaha mikro yang umum ditemukan pada pengrajin, toko kelontong
Baca Juga
Jualan Apa yang Laku di Kampung? 7 Ide Usaha Ini Pasti Laris
Jualan apa yang laku di kampung? Saat ini ada berbagai ide bisnis yang bisa dipilih bagi para pengusaha di kampung.
Baca Juga
7 Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian dan Tipsnya
Menjadi petani juga bisa pebisnis lho, ada banyak usaha yang berhubungan dengan pertanian berpeluang menjanjikan cocok untuk dicoba. Sebab, bisnis
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu