⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku dan Untung Besar

Mau coba bisnis kuliner? Yuk coba 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dan bisa dicoba untuk pengusaha pemula pada artikel berikut
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 25 September 2023

Industri kuliner terus berkembang pesat, dan para pengusaha makanan selalu mencari peluang dalam berbagai bidang kuliner yang paling laku. Pada artikel kali ini akan membahas tentang 10 jenis usaha kuliner yang paling laku.

Dari makanan jalanan yang autentik hingga restoran mewah dengan cita rasa khas, ada berbagai jenis usaha kuliner yang menggiurkan bagi para pemimpin bisnis yang berani lengkap dengan tips sukses. Cek informasi selengkapnya pada artikel di bawah ini.

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Buka Bisnis Kuliner di Pinggir Jalan Ini Tipsnya

Buka Bisnis Kuliner di Pinggir Jalan Ini Tipsnya (Credit: Freepik.com)

Berikut 10 jenis usaha kuliner yang paling laku lengkap dengan potensi dan kekurangannya:

1. Makanan Ringan

Rekomendasi 10 jenis usaha kuliner yang paling laku pertama adalah makanan ringan, bisnis ini memiliki potensi besar karena umumnya disukai oleh berbagai kalangan usia. Biaya produksi biasanya rendah, dan profit margin bisa tinggi.

Apalagi saat ini ada berbagai jenis makanan ringan yang menjadi favorit konsumen di berbagai platform e-commerce, seperti basreng, mie gulung, cireng goreng, aneka keripik dan masih banyak lagi lainnya.

Anda bisa mengkreasikan sendiri agar produk Anda berbeda dengan kompetitor lainnya. Mengingat, persaingan di pasar makanan ringan bisa sangat ketat, sehingga memerlukan strategi pemasaran yang baik.

2. Gorengan

Selanjutnya adalah usaha kuliner gorengan, makanan pendamping sekaligus cemilan yang populer di semua kalangan dengan produksi relatif murah, dan harga jual biasanya terjangkau. Meskipun demikian, kebutuhan akan penggantian minyak dan persyaratan kebersihan yang ketat menjadi tantangan.

Persaingan usaha kuliner gorengan juga mungkin tinggi. Oleh sebab itu. Anda perlu membuat produk Anda terlihat berbeda, contoh nya dengan memberikan packaging yang menarik dan memberikan citra eksklusif agar gorengan Anda bisa dijual dengan harga lebih tinggi dan terjaga kualitasnya.

3. Bisnis Nasi Goreng

Berikutnya adalah membuka usaha kuliner nasi goreng. Nasi goreng sendiri menawarkan peluang bisnis menarik karena popularitasnya yang luas dan kemampuan untuk berinovasi dalam menu. Selain itu, hidangan ini terjangkau dan dapat menarik berbagai lapisan pelanggan.

Namun, persaingan bisnis ini cukup sengit, kebutuhan akan koki berpengalaman, manajemen stok yang efisien, dan mematuhi peraturan kesehatan adalah beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Meskipun demikian bisnis ini memiliki potensi yang tinggi untuk dicoba.

5. Bisnis Kedai Kopi

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku

Usaha Kuliner Kedai Kopi Bisa di Coba untuk Pemula (Credit: Freepik.com)

Kelima adalah membuka bisnis kedai kopi, bisnis ini memiliki potensi yang signifikan karena minuman kopi adalah salah satu minuman yang diminati masyarakat Indonesia. Selain itu, kedai kopi juga sering menjadi tempat berkumpul yang populer.

Sehingga, menciptakan peluang untuk meningkatkan penjualan melalui layanan makanan dan minuman lainnya. Loyalitas pelanggan yang tinggi dapat menghasilkan pendapatan yang stabil jika Anda berhasil mempertahankan kualitas produk dan layanan yang baik.

Anda perlu menyiapkan biaya awal yang cukup tinggi, sebab bisnis kopi memerlukan perlengkapan yang banyak mulai dari lokasi, bahan baku dan sejenisnya. Selain itu, bisnis kedai kopi memerlukan manajemen yang baik dalam hal stok, kualitas kopi, dan pelayanan pelanggan yang konsisten.

6. Minuman Kekinian

Potensi Bisnis Minuman Kekinian seperti bubble tea, kopi khas, dan minuman boba menawarkan peluang bisnis menarik dengan daya tarik visual yang kuat, khususnya di kalangan pemuda. Inovasi dalam rasa dan presentasi bisa menarik pelanggan yang mencari pengalaman kuliner yang unik.

Jika Anda ingin memulai bisnis ini ada hal yang perlu diperhatikan yakni, tren cepat berubah, dan biaya awal untuk peralatan dan bahan baku berkualitas merupakan tantangan dalam bisnis minuman kekinian. Beberapa minuman kekinian yang bisa Anda coba seperti minuman matcha latte, minuman susu gula aren, dan minuman kefir probiotik.

Baca Juga: 11 Ide Bisnis Makanan Kekinian dan Paling Laris 2023

7. Usaha Kuliner Berbasis Franchise

Bisnis kuliner berbasis franchise menjanjikan potensi keuntungan dengan memanfaatkan merek yang dikenal dan sistem operasional yang teruji. Ini memungkinkan akses ke pasar yang luas dan dapat meminimalkan risiko bisnis.

Contoh franchise kuliner di Indonesia yang bisa dicoba termasuk Warung Tekko, Solaria, Kebab Baba Rafi, Mixue dan masih banyak lagi lainnya.

Tantangan utama dari bisnis ini adalah nominal biaya awal yang tinggi untuk membeli hak waralaba. Kontrol kreatif sering terbatas, dan persaingan antar-franchise di bawah merek yang sama dapat sulit.

8. Makanan Pedas

Berikutnya adalah bisnis makanan pedas memiliki potensi yang menarik karena makanan pedas seringkali memiliki penggemar yang fanatik. Khususnya masyarakat Indonesia dimana dalam beberapa tahun terakhir, peminat makanan pedas telah meningkat secara signifikan, menciptakan peluang bisnis yang menarik.

Makanan pedas seperti cemilan pedas, seblak, bakso pedas, pentol pedas, dan hidangan serupa dapat menarik pelanggan yang mencari sensasi rasa yang kuat. Makanan pedas juga sering dihubungkan dengan acara makan bersama teman atau hiburan, sehingga bisnis ini dapat menawarkan pengalaman sosial yang menarik.

Meskipun memiliki peluang, bisnis makanan pedas juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Tidak semua orang suka makanan pedas, sehingga target pasar bisa terbatas, persaingan juga bisa ketat, karena banyak pesaing yang mencoba menawarkan makanan pedas yang sama. Oleh karena itu, keunikan dan kualitas produk sangat penting dalam memenangkan persaingan di pasar makanan pedas.

9. Healthy Food

Ide Bisnis Makanan Untuk Diet

Ide bisnis makanan untuk diet bisa jadi usaha kuliner yang menguntungkan (Credit: Freepik.com)

Bisnis makanan sehat memiliki potensi yang kuat karena semakin banyak orang yang memperhatikan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik. Makanan sehat seperti salad, smoothie, makanan rendah kalori, dan pilihan diet tertentu semakin diminati.

Ini menciptakan peluang bisnis untuk menjual makanan yang mengutamakan kesehatan dan nutrisi. Selain itu, makanan sehat seringkali memiliki margin keuntungan yang lebih tinggi karena bahan-bahan berkualitas dan harga jual yang dapat ditingkatkan.

Meskipun potensial, bisnis makanan sehat juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Bahan baku sehat cenderung lebih mahal, yang dapat mempengaruhi biaya produksi dan harga jual produk. Persaingan di pasar makanan sehat juga semakin ketat, dengan banyak pesaing yang menawarkan produk serupa.

Seain itu, bisnis ini juga memerlukan pemahaman yang mendalam tentang nutrisi, persyaratan diet khusus, dan bahan baku sehat, yang dapat memerlukan waktu dan upaya ekstra dalam perencanaan dan penyediaan produk. Meskipun demikian, dengan pemahaman yang baik tentang pasar dan kreativitas dalam menyajikan makanan sehat yang lezat, bisnis makanan sehat masih memiliki peluang untuk sukses.

Baca Juga: Inspirasi Bisnis dari Tren Makanan Sehat

10. Usaha Kue Kering

Usaha kuliner kue kering menawarkan potensi bisnis yang menarik dengan fokus pada produksi dan penjualan kue kering. Kue kering memiliki daya tahan yang baik dan dapat dijual sepanjang tahun, terutama selama perayaan atau hari raya tertentu.

Dalam hal ini, potensi keuntungan musiman dapat ditingkatkan. Bisnis ini juga relatif cocok bagi pemula dengan biaya produksi yang terjangkau dan dapat dijalankan dari rumah. Dengan beragam resep dan kreativitas dalam penyajian, Anda dapat menarik pelanggan yang mencari kue kering berkualitas.

Tips Sukses Kelola Usaha Kuliner dengan Beepos

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis kuliner, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir online Beepos sebagai langkah cerdas. Dengan kemampuannya yang akurat dalam menghitung HPP (Harga Pokok Penjualan) dan Gross Profit.

Selain itu, Beepos membantu pemilik usaha menjaga profitabilitas mereka dengan lebih baik. Selain itu, fitur otomatis cetak kitchen work order ke masing-masing Kitchen Printer via Wifi menjadikan proses pengelolaan pesanan menjadi lebih efisien, meminimalkan kesalahan, dan memastikan kualitas layanan yang lebih baik.

Dengan kemampuan untuk mengendalikan banyak cabang usaha dan menyediakan laporan akuntansi yang lengkap, Beepos membantu pengusaha kuliner dalam mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif dan meningkatkan potensi kesuksesan dalam industri yang kompetitif ini. Yuk, dapatkan GRATIS TRIAL sekarang juga dengan klik banner di bawah ini!

Pakai Beepos Resto Bisa Bikin Pelayanan 2x Lebih Cepat Bahkan Saat Ramai

Artikel Terkait

11 Ide Nama Minuman Unik untuk Brand Bisnis Anda
Pemilihan nama brand menjadi hal penting yang perlu diperhatikan ketika pertama kali akan membangun bisnis. Nama sendiri tidak bisa dibuat
Baca Juga
5 Tips Memulai Bisnis F&B Untuk Pengusaha Pemula
Dari sekian banyak bisnis yang ada, bisnis kuliner merupakan bisnis yang paling banyak diminati orang. Sehingga tak heran jika saat
Baca Juga
Perbedaan Mesin Kasir Android dan Mesin Kasir Konvensional
Mesin kasir android mobile adalah salah satu alat yang paling penting untuk menjalankan operasional bisnis Anda. Alat tersebut sangat memudahkan
Baca Juga
10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023
Bisnis sukses, dikenal banyak orang sampai menjadi pilihan utama konsumen ketika akan membeli produk sejenis, salah satu caranya adalah paham
Baca Juga
Cara Menghitung Food Cost Bisnis Kuliner dan Contohnya
Food cost adalah aspek kritis dalam manajemen restoran, dengan menghitungnya Anda bisa mengetahui gambaran secara jelas mengenai efisiensi dan profitabilitas
Baca Juga
11 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian Paling Laris 2023
Pengen buka usaha waralaba/ franchise minuman kekinian tapi bingung mau pilih yang mana? Bee telah merangkum 11 rekomendasi franchise minuman
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu