Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba

Thursday, 29 August 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Secara bahasa, waralaba diambil dari bahasa prancis, yaitu franchise yang berarti hak atau kebebasan. Berdasarkan arti tersebut. Waralaba bisa diartikan sebagai hak atau kebebasan untuk menjual, baik berupa produk, jasa maupun sebuah layanan. Secara umum orang mengartikan bisnis waralaba sering diartikan sebuah bisnis yang cepat menguntungkan dan mudah untuk dilakukan.

Di Indonesia sendiri bisnis waralaba diartikan sebuah perikatan yang dimana salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan kekayaan intelektual yang dimiliki oleh pihak lain. Tentunya dengan sebuah persyaratan yang disetujui oleh kedua belah pihak dalam rangka penyediaan dan penjualan produk maupun jasa. Konsep seperti ini lebih disukai, karena mudah dan sangat praktis.

Baca Juga: Bisnis Modal Minim, Inilah Tips Bisnis Kuliner Kecil-kecilan

Bisnis Waralaba yang Sukses

Sukses bisnis waralaba
Gambar 1. Sukses Berbisnis Waralaba (Sumber: Freepik.com)

Konsep yang ditawarkan oleh bisnis waralaba memang sangat mudah dan bisa saja sangat menguntungkan. Anda hanya perlu menyiapkan modal saja, dan membeli sistem bisnis yang sudah berjalan. Dengan menjalankan bisnis yang sudah berjalan, kemungkinan Anda untuk sukses akan sangat besar.  Akan tetapi tidak semua bisnis waralaba dapat berkembang pada suatu daerah.

Oleh sebab itulah diperlukan sebuah riset terlebih dahulu untuk menjalankan bisnis waralaba di tempat Anda berada. Dengan adanya riset, kemungkinan untuk sukses akan lebih besar. Sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan dengan membuka bisnis tersebut di daerah yang Anda inginkan. Untuk dapat sukses dalam bisnis warala ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Peluang

Peluang bisnis yang sangat besar akan rugi jika tidak Anda manfaatkan. Gunakan trend sebagai acuan Anda untuk membuat bisnis waralaba. Trend yang berkembang saat ini maupun yang akan berkembang, akan membuat produk yang Anda jual akan disukai oleh banyak orang. Selain melihat trend, Anda juga harus mempunyai data tentang usaha waralaba yang berkembang saat ini.

2. Passion

Bekerja sesuai dengan passion merupakan suatu keuntungan tersendiri buat Anda. walaupun sebenarnya Anda bebas untuk memilih suatu jenis usaha. Akan tetapi dengan Anda bekerja di bidang yang Anda sukai, akan membuat Anda lebih bersemangat dan tidak mudah menyerah dalam usaha tersebut. Contohnya saja, jika Anda pencinta kopi, Anda bisa membuka usaha minuman kopi.

3. Bisnis Waralaba yang Tepat

Banyaknya pilihan usaha waralaba yang bisa Anda pilih, akan memudahkan Anda untuk memilih bisnis yang tepat. Pemilihan bisnis waralaba bisa berdasarkan trend yang ada ataupun kredibilitas dari pemberi layanan bisnis waralaba tersebut. Usahakan memilih bisnis waralaba yang sudah mempunyai izin usaha dan juga melengkapi semua perizinan untuk usaha jenis makanan dan minuman.

4. Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi menjadi faktor penting yang akan menentukan penjualan produk Anda. Dengan memilih lokasi yang strategis, akan memudahkan konsumen untuk menemukan lokasi penjualan Anda. Selain itu Anda akan mudah untuk menjaring banyak konsumen. dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil penjualan yang besar. Anda bisa memilih tempat yang ramai untuk memulai bisnis.

5. Pelayanan yang Baik

Produk yang berkualitas tidak akan berkembang jika pelayanan yang diberikan untuk konsumen buruk. Seperti istilah yang di gunakan “ Pembeli adalah Raja”. Kepuasan konsumen menjadi prioritas yang harus Anda utamakan. Sapa konsumen dengan senyuman. Itulah yang harus Anda lakukan pertama kali ketika ada konsumen. Berikan pelayanan yang terbaik untuk setiap konsumen yang datang.

6. Promosikan Binsis

Mempromosikan bisnis menjadi hal penting yang harus Anda lakukan. Dengan melakukan promosi bisnis yang Anda jalankan akan mudah untuk di kenal. Untuk melakukan promosi Anda bisa memanfaatkan media sosial, agar lebih murah. Selain itu, untuk mengawali sebuah bisnis ada baiknya Anda memberikan promo untuk setiap pembelian produk yang Anda jual.

Semakin besar peluang bisnis waralaba yang ada, akan memberikan peluang yang besar untuk Anda. Dengan memperhatikan enam hal di atas akan membuat bisnis yang Anda lakukan akan di sukai oleh konsumen. Jika menurut teman-teman ada hal lain yang bisa menjadikan bisnis waralaba sukses belum tercantum di atas, ada baiknya kita saling tukar pendapat, untuk kebaikan kita bersama.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :