⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba

waralaba diambil dari bahasa prancis, yaitu franchise yang berarti hak atau kebebasan. Pahami tips suksesnya pada artikel berikut ini
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Thursday, 29 August 2019

Secara bahasa, waralaba diambil dari bahasa prancis, yaitu franchise yang berarti hak atau kebebasan. Berdasarkan arti tersebut. Waralaba bisa diartikan sebagai hak atau kebebasan untuk menjual, baik berupa produk, jasa maupun sebuah layanan. Secara umum orang mengartikan bisnis waralaba sering diartikan sebuah bisnis yang cepat menguntungkan dan mudah untuk dilakukan.

Di Indonesia sendiri bisnis waralaba diartikan sebuah perikatan yang dimana salah satu pihaknya diberikan hak untuk memanfaatkan kekayaan intelektual yang dimiliki oleh pihak lain. Tentunya dengan sebuah persyaratan yang disetujui oleh kedua belah pihak dalam rangka penyediaan dan penjualan produk maupun jasa. Konsep seperti ini lebih disukai, karena mudah dan sangat praktis.

Konsep Bisnis Warabala/ Franchise

Secara garis besar, bisnis waralaba atau franchise memiliki konsep kerja sama yang melibatkan pemilik brand atau marek dagang (lengkap dari produk, nama hingga operasional) dengan pihak kedua yang mengajukan kerja sama tersebut.

Sehingga, pihak kedua berhak dan mendapatkan izin untuk membuka bisnis dengan memakai keseluruhan dari merek yang dimiliki pihak pertama, dari nama, warna, produk dan beberapa lainnya sesuai dengan kesepatakan yang telah ditentukan sebelumnya.

Konsep yang ditawarkan oleh bisnis waralaba terbilang sangat mudah dan bisa saja sangat menguntungkan. Anda hanya perlu menyiapkan modal saja, dan membeli sistem bisnis yang sudah berjalan. Dengan menjalankan bisnis yang sudah berjalan, kemungkinan Anda untuk sukses akan sangat besar.  Akan tetapi tidak semua bisnis waralaba dapat berkembang pada suatu daerah.

Oleh sebab itulah diperlukan sebuah riset terlebih dahulu untuk menjalankan bisnis waralaba di tempat Anda berada. Dengan adanya riset, kemungkinan untuk sukses akan lebih besar. Sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan dengan membuka bisnis tersebut di daerah yang Anda inginkan. Untuk dapat sukses dalam bisnis warala ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Tips Sukses Jalankan Bisnis Warabala

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Waralaba (Credit: Freepik.com)

1. Memahami Peluang

Peluang bisnis yang sangat besar akan rugi jika tidak Anda manfaatkan. Gunakan trend sebagai acuan Anda untuk membuat bisnis waralaba. Trend yang berkembang saat ini maupun yang akan berkembang, akan membuat produk yang Anda jual akan disukai oleh banyak orang. Selain melihat trend, Anda juga harus mempunyai data tentang usaha waralaba yang berkembang saat ini.

2. Passion

Bekerja sesuai dengan passion merupakan suatu keuntungan tersendiri buat Anda. walaupun sebenarnya Anda bebas untuk memilih suatu jenis usaha. Akan tetapi dengan Anda bekerja di bidang yang Anda sukai, akan membuat Anda lebih bersemangat dan tidak mudah menyerah dalam usaha tersebut. Contohnya saja, jika Anda pencinta kopi, Anda bisa membuka usaha minuman kopi.

3. Memilih Bisnis Waralaba yang Tepat

Banyaknya pilihan usaha waralaba yang bisa Anda pilih, akan memudahkan Anda untuk memilih bisnis yang tepat. Pemilihan bisnis waralaba bisa berdasarkan trend yang ada ataupun kredibilitas dari pemberi layanan bisnis waralaba tersebut. Usahakan memilih bisnis waralaba yang sudah mempunyai izin usaha dan juga melengkapi semua perizinan untuk usaha jenis makanan dan minuman.

4. Pilih Lokasi Strategis

Pemilihan lokasi menjadi faktor penting yang akan menentukan penjualan produk Anda. Dengan memilih lokasi yang strategis, akan memudahkan konsumen untuk menemukan lokasi penjualan Anda. Selain itu Anda akan mudah untuk menjaring banyak konsumen. dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil penjualan yang besar. Anda bisa memilih tempat yang ramai untuk memulai bisnis.

5. Berikan Pelayanan yang Baik

Produk yang berkualitas tidak akan berkembang jika pelayanan yang diberikan untuk konsumen buruk. Seperti istilah yang di gunakan “ Pembeli adalah Raja”. Kepuasan konsumen menjadi prioritas yang harus Anda utamakan. Sapa konsumen dengan senyuman. Itulah yang harus Anda lakukan pertama kali ketika ada konsumen. Berikan pelayanan yang terbaik untuk setiap konsumen yang datang.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnis adalah dengan menggunakan aplikasi kasir cafe Beepos yang akan memudahkan anda melakukan transaksi bisnis hingga kelola keuangan.

Cta Beepos Mobile 110123

Seperti mengatur transaksi, pembelian bahan baku, penjualan produk, pembayaran dari pelanggan dan masih banyak lagi lainnya. GRATIS uji coba untuk pelanggan pertama dan panduan langsung dari tim profesional Bee.

6. Promosikan Bisnis

Mempromosikan bisnis menjadi hal penting yang harus Anda lakukan. Dengan melakukan promosi bisnis yang Anda jalankan akan mudah untuk di kenal. Untuk melakukan promosi Anda bisa memanfaatkan media sosial, agar lebih murah. Selain itu, untuk mengawali sebuah bisnis ada baiknya Anda memberikan promo untuk setiap pembelian produk yang Anda jual.

7. Miliki Manajemen Bisnis yang Baik

Tips sukses jalankan bisnis warabala selanjutnya adalah dengan memiliki manajemen bisnis yang baik. Dimana Semakin baik manajemen pengelolaannya maka semakin banyak juga keuntungan yang nantinya akan didapatkan.

Semakin besar peluang bisnis waralaba yang ada, akan memberikan peluang yang besar untuk Anda. Dengan memperhatikan tujuh hal di atas akan membuat bisnis yang Anda lakukan akan di sukai oleh konsumen. Jika menurut teman-teman ada hal lain yang bisa menjadikan bisnis waralaba sukses belum tercantum di atas, ada baiknya kita saling tukar pendapat, untuk kebaikan kita bersama.

Artikel Terkait

Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Analisis pasar menjadi kunci utama bagi pelaku bisnis yang ingin bertahan dan berkembang. Pasar yang berubah dengan cepat memerlukan pengamatan
Baca Juga
Contoh Invoice Tagihan dan Cara Mudah Membuatnya
Contoh invoice tagihan adalah dokumen yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Karena, dokumen ini memiliki fungsi bisnis yang sangat signifikan.
Baca Juga
Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif
Kebanyakan bisnis kecil dan menengah atau startup memiliki biaya operasional yang terbatas. Maka dari itu, tentunya selalu diperlukan cara yang
Baca Juga
Cara Meningkatkan Omset Penjualan 79% dengan Matematika SD
Saya ingin cerita bagaimana cara meningkatkan omset penjualan dengan matematika sd saat meng-handle usaha distributor.  Usaha ini awalnya hanya memiliki
Baca Juga
Daftar Harga Komputer Kasir Terjangkau (Update 2023)
Daftar Komputer Kasir - Perkembangan teknologi saat ini sudah merambah lebih canggih dari zaman ke zaman. Teruma saat ini teknologi
Baca Juga
5 Rekomendasi Software Cetak Struk Online Terbaik 2023
Software struk cetak online merupakan inovasi teknologi yang sangat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda, pasalnya software cetak struk ini sudah
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu