Logo Bee Web

Cara Memilih Aplikasi untuk Kasir Minimarket Gratis yang Terbaik

Ada kriteria apa saja nih yang mencerminkan aplikasi kasir minimarket yang bagus? Simak selengkapnya ada artikel di bawah ini
Penulis: Dhea Forekha
Dipublish Tgl: Thursday, 30 June 2022

Aplikasi untuk kasir minimarket atau lebih dikenal dengan istilah Point of Sale (POS) merupakan salah satu inovasi dari teknologi yang dapat menjawab kebutuhan operasional bisnis di era digital seperti sekarang ini. Tidak hanya ponsel yang semakin canggih, sistem pembayaran juga ikut mengalami pembaruan. 

Contohnya seperti dengan adanya layanan kasir gratis yang dapat membuat proses transaksi menjadi lebih efisien. Bukan jamannya lagi melakukan perhitungan satu-satu lewat kalkulator atau bahkan mengingat-ingat harga barang di luar kepala. Lewat aplikasi kasir ini, semua dapat Anda lakukan hanya dengan beberapa klik saja.

Kemudahan ini bisa Anda rasakan hanya dengan memakai sistem kasir secara gratis. Mulai dari melakukan perhitungan total harga, mempersiapkan struk, membuat laporan keuangan, sampai menyediakan berbagai metode pembayaran kepada para pembeli, semua bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi POS gratis. Akuntan publik dan catatan atas laporan keuangan menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah cara memilih aplikasi kasir minimarket yang terbaik.

1. Pilih Aplikasi Kasir yang Memberikan Layanan Customer Service 

Wanita Asia Melihat Produk Di Pusat Perbelanjaan

Layanan Customer Service untuk Pengguna Aplikasi Kasir (Sumber: Freepik.com)

Karena Anda memakai aplikasi untuk kasir minimarket, pasti ada kalanya Anda harus menghadapi sistem error atau trouble. Contohnya pada sistem kasir yang tiba-tiba berhenti mendadak, tidak dapat diakses, blank, lemot, atau ada beberapa fitur yang tidak dapat berjalan dengan baik. Bisa juga bila Anda membutuhkan informasi yang lebih lanjut terkait dengan penggunaan layanan tersebut.

Oleh sebab itu, pilih aplikasi kasir yang terbaik dengan dukungan customer service yang cepat dan juga responsif. Semakin cepat customer service dalam merespons, akan semakin cepat permasalahan Anda teratasi. Dengan begitu, kapan saja muncul kendala, Anda dapat segera melaporkannya dan bisa mendapatkan bantuan.

2. Menyesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Berbeda dengan tujuan riset pasar, sistem kasir gratis biasanya akan memberikan penawaran dengan berbagai fitur. Semuanya akan ditujukan untuk lebih memudahkan perhitungan belanja para pembelinya. Namun, tidak seluruh fitur pada aplikasi POS gratis itu dibutuhkan oleh para penjual.

Beberapa penjual hanya bisa membutuhkan program kalkulasi total dari harga atau mencetak struk pembayaran. Oleh sebab itu, sebelum Anda memilih pastikan terlebih dahulu apa saja kebutuhan dari usaha Anda. Kemudian cocokkan dengan fitur yang sudah disediakan oleh program kasir gratis yang berkaitan.

3. Memilih yang Mempunyai Berbagai Konten Edukasi

Pilihlah penyedia layanan aplikasi kasir gratis yang juga memberikan berbagai konten edukasi secara rutin kepada para penggunanya. Misalnya, tutorial pemakaian sistem kasir gratis, pemakai informasi akuntansi, bagaimana solusi apabila terdapat kendala pada software, laporan perubahan modal atau mungkin konten menarik seputar tips usaha.

Biasanya, penyedia dari layanan kasir ini akan mempublikasikan konten tersebut pada media sosial maupun blog. Oleh sebab itu, sebelum memilih, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu.

4. Mempunyai Reputasi dan Juga Review yang Bagus

Customer Melakukan Pembayaran Dengan Mobile Banking

Customer Sedang Melakukan Pembayaran (Sumber: Freepik.com)

Pilih sistem kasir gratis dengan review dan juga reputasi yang bagus. Caranya adalah dengan Anda bertanya ke sesama pemilik usaha, aplikasi kasir apa yang bagus dan terbaik yang sedang mereka pakai untuk membantu bisnis yang sedang dijalankan.

Berikutnya, cari tahu bagaimana pengalaman mereka selama memakai aplikasi kasir tersebut. Apakah fitur  yang dimilikinya sudah lengkap, mudah dilakukan akses, sederhana, dan minim dengan kendala?

Anda juga dapat melihat review dari program kasir sederhana gratis tersebut sebelum nanti pada akhirnya mengunduh. Tidak masalah jika Anda ingin membandingkan beberapa terlebih dulu sebelum akhirnya memutuskan menggunakan yang mana.

5. Aplikasi Kasir yang Mudah Digunakan

Sistem kasir gratis seharusnya memang memudahkan pekerjaan Anda, bukan sebaliknya. Oleh karenanya, akan ada beberapa kriteria yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih satu yang paling terbaik. Pertama, pastikan aplikasi kasir yang Anda pilih akan memudahkan Anda dalam mengakses seluruh fiturnya dengan mudah dan cepat. Pastikan, baik itu Anda sebagai pemilik usaha, manajer, karyawan, maupun kasir Anda dapat mengoperasikan sistem kasir gratis tersebut dengan baik dan tanpa kesulitan.

Jika pengoperasian atau penggunaannya cukup rumit, berarti program kasir gratis yang Anda pakai tersebut tidak user-friendly. Kedua, ketika Anda hendak lapor pajak secara online, maka program kasir tersebut harus responsif dalam merespon instruksi dari Anda. Jika lambat atau berjalan lambat, bisa jadi program tersebut memang tidak layak untuk Anda pakai.

Ketiga, carilah program kasir atau pemasaran digital sederhana yang memberikan informasi lengkap dan berkaitan dengan cara penggunaan seluruh fitur beserta layanannya. Dengan begitu, Anda sebagai pemilik usaha tidak akan merasakan kesulitan untuk lebih memaksimalkan penggunaannya.

Baca Juga: Harga Mesin Kasir Minimarket Paling Update

6. Terjamin Tingkat Keamanannya

Aplikasi kasir online akan menyimpan banyak sekali data transaksi dan stok barang. Karena itu, tidak seharusnya aplikasi kasir online ini dapat diakses oleh semua orang. Pastikan hanya Anda dan orang kepercayaan saja yang dapat memakai software penjualan satu ini.

Sebagai tambahan, tingkatkan dari keamanan tersebut dengan memakai software kasir online yang akan menawarkan contoh laporan audit stok barang dan juga membuat catatan penjualan terintegrasi dengan stok barang. Anda dapat mengontrol di antara jumlah barang yang laku dan juga jumlah stok yang ada di gudang.

7. Memiliki Berbagai Metode Pembayaran

Sama dengan ketika seorang PNS menerima gaji 13 adalah, orang-orang jauh lebih senang dengan melakukan pembayaran secara digital dibandingkan dengan tunai. Oleh sebab itu, agar lebih dapat meningkatkan kenyamanan seorang pembeli ketika berbelanja di toko Anda, pilihlah aplikasi kasir yang terbaik dan dapat mengakomodasi berbagai metode dalam pembayaran.

Sebagai contohnya, sediakan fasilitas pembayaran dengan menggunakan dompet digital, kartu debit, maupun kartu kredit. Semakin banyak metode pembayaran yang nantinya ditawarkan oleh aplikasi untuk kasir minimarket online tersebut, semakin praktis pelanggan akan melakukan pembayaran, semakin mudah juga mereka untuk mendapatkan produk Anda dan menentukan biaya tetap.

aplikasi kasir untuk minimarket

8. Hardware yang Tidak Memakan Tempat

Hardware¬†aplikasi kasir umumnya akan sangat bermacam-macam, ada yang berupa cash drawer, ponsel, tablet,¬† printer, mesin EDC, dan sebagainya. Umumnya,¬†hardware¬†ini dapat memenuhi meja kasir sehingga Anda harus lebih mempertimbangkan matang ‚Äď matang¬† bagaimana Anda nantinya akan menata meja kasir tersebut.

Namun tidak harus khawatir, Anda juga dapat memilih aplikasi kasir yang serba bisa dan dapat melakukan banyak hanya dengan satu perangkat saja. Misalnya, mulai dari melakukan pencatatan penjualan, menerima pembayaran, bahkan mencetak struk.

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi kasir gratis yang dapat ditemukan dan digunakan sehingga membuat kita kesulitan untuk memilih mana yang paling terbaik dan cocok untuk kita pakai. Salah satu software kasir yang bisa untuk Anda pakai dan sudah terjamin dengan kualitasnya adalah software kasir online Beepos. Software kasir ini nantinya akan membantu Anda lebih memudahkan dalam melakukan pencatatan dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Laporan kegiatan usaha menjadi salah satu landasan perusahaan dalam mengevaluasi kinerja. Melalui laporan ini, perusahaan dapat menggambarkan pencapaian, tantangan, dan
Baca Juga
Kegiatan Distribusi: Cara Produk Sampai di Tangan Konsumen
Dalam setiap kisah ekonomi, peran penting yang dimainkan oleh kegiatan distribusi tidak bisa diabaikan begitu saja. Anda mungkin pernah mengamati
Baca Juga
8 Macam Diskon, Cara Menghitung Diskon dan Contohnya
Setiap orang tentu sudah pernah mendapatkan diskon pada suatu pembelian, baik di toko offline maupun online. Akan tetapi, tidak banyak
Baca Juga
5 Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa & Cara Membuatnya
Pembukuan keuangan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap bisnis. Dimana dari pembukuan ini Anda memahami bagaimana kondisi keuangan bisnis terkini. Salah
Baca Juga
Aplikasi Kasir Rental dan Tips Bisnis Rental
Aplikasi kasir rental sering menjadi kebutuhan orang yang menjalankan bisnis penyewaan atau yang bisa disebut juga sebagai rental. Bisnis rental
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Costing dan Penjelasan Lainnya
Dalam dunia industri dan produksi, pemilik usaha harus dapat menentukan biaya produksi yang tepat agar tidak terjadi kerugian. Ada setidaknya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu