Logo Bee Web

Key Partners Adalah, Jenis dan Manfaatnya dalam Bisnis

key partners adalah mitra bisnis, salah satu pilar fundamental dalam strategi bisnis yang membantu perusahaan untuk mencapai kesuksesan
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 18 September 2023

Istilah key partners adalah mitra bisnis, salah satu komponen umum dalam bisnis, sekaligus pilar fundamental dalam strategi bisnis yang membantu perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Dengan menggandeng mitra yang tepat.

Sebuah perusahaan dapat menciptakan sinergi, meningkatkan daya saing, dan membuka pintu untuk peluang baru yang menguntungkan. Artikel ini akan membahas peran utama mitra kunci dalam ekosistem bisnis dan bagaimana perusahaan dapat memanfaatkannya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Key Partners Adalah ...

Key Partners

Key Partners juga bisa disebut mitra bisnis (Credit: Freepik.com)

Mitra Bisnis atau Key Partners adalah entitas atau organisasi yang bekerjasama dengan suatu perusahaan atau entitas bisnis lainnya untuk mencapai tujuan bersama atau memberikan nilai tambah dalam proses bisnis.

Mitra bisnis dapat berperan dalam berbagai aspek bisnis, termasuk produksi, distribusi, pemasaran, teknologi, sumber daya manusia, dan banyak lagi. Mereka berperan penting dalam membantu perusahaan mencapai kesuksesan dengan memberikan akses ke sumber daya, keterampilan, atau aset yang mungkin tidak dimiliki oleh perusahaan itu sendiri.

Baca Juga: Aset Adalah: Jenis, Sifat dan Manfaatnya, Lengkap!

Konsep Key Partners adalah salah satu elemen dari kerangka bisnis yang dikenal sebagai Business Model Canvas, yang membantu perusahaan merancang strategi bisnis mereka dengan lebih baik melalui identifikasi dan manajemen mitra-mitra yang kunci ini.

Jenis-Jenis Key Partners

Key partners dikelompokkan menjadi beberapa jenis, berikut:

1. Strategic Alliances (Aliansi Strategis)

Jenis yang pertama ada aliansi strategi, strategi ini dilakukan dengan menggandeng mitra bisnis non kompetitor. Bisa juga diartikan sebagai kemitraan yang dibentuk antara dua atau lebih perusahaan yang memiliki tujuan yang sejalan atau saling menguntungkan.

Tujuan utamanya adalah untuk mencapai tujuan bersama, seperti mengakses pasar baru, berbagi teknologi, atau mengurangi risiko. Contohnya adalah aliansi antara perusahaan manufaktur dengan perusahaan logistik untuk meningkatkan efisiensi rantai pasokan.

2. Co-opetition

Selanjutnya adalah Coopetition yakni kombinasi antara kerjasama (cooperation) dan kompetisi (competition). Dalam hubungan ini, perusahaan bersaing dalam beberapa aspek bisnis mereka, tetapi juga bekerjasama dalam hal-hal tertentu.

Seperti berbagi sumber daya, infrastruktur, atau penelitian dan pengembangan. Contohnya adalah perusahaan telekomunikasi yang berkompetisi dalam pasar, tetapi bekerjasama dalam menggunakan menara pemancar yang sama.

3. Joint Venture

Berikutnya adalah entitas bisnis yang dibentuk oleh dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Dalam Joint venture, perusahaan yang berpartisipasi biasanya memiliki kepemilikan dan kendali bersama atas entitas tersebut.

Ini adalah cara yang umum digunakan untuk menggabungkan sumber daya, keahlian, dan risiko bisnis. Contohnya adalah perusahaan minyak yang membentuk JV untuk mengeksplorasi dan mengembangkan lapangan minyak baru.

4. Supplier

Mitra kunci dalam bentuk pemasok adalah pihak yang menyediakan barang atau layanan yang penting bagi operasi bisnis suatu perusahaan. Hubungan yang baik dengan pemasok dapat meningkatkan efisiensi, kualitas, dan fleksibilitas dalam rantai pasokan. Perusahaan manufaktur, misalnya, sangat bergantung pada pemasok untuk mendapatkan bahan baku yang diperlukan.

Baca Juga: Supplier Adalah: Tugas, Jenis, Kriteria dan Cara Kerjanya

Manfaat Key Partners pada Bisnis

Pembagian Pasar Berdasarkan Kategori Stp

Salah satu manfaat memiliki key partners adalah memperluas jangkauan pasar (Credit: Freepik.com)

berikut beberapa manfaat dari key partners dalam bisnis:

1. Memperluas Jangkauan Pasar

Key Partners dapat membantu perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar mereka dengan membuka akses ke pasar yang mungkin sulit dijangkau tanpa bantuan mitra. Aliansi strategis atau kerja sama dengan mitra kunci dapat membantu perusahaan mengeksplorasi pasar baru, wilayah geografis yang berbeda, atau segmen pelanggan yang belum terjamah.

2.  Optimasi Ekspansi

Selanjutnya, dengan adanya mitra bisnis dapat membantu perusahaan mengoptimalkan proses ekspansi mereka. Misalnya, mitra kunci dalam logistik dapat membantu perusahaan mengatasi tantangan pengiriman barang ke lokasi yang lebih jauh atau secara lebih efisien. Ini dapat menghemat biaya dan waktu dalam usaha ekspansi.

3. Mengurangi Persaingan Bisnis

Melalui kemitraan strategis, perusahaan dapat mengurangi persaingan yang tidak perlu dengan pesaing mereka. Aliansi dengan pesaing atau perusahaan sejenis dapat menghasilkan sinergi, meningkatkan efisiensi, dan membantu perusahaan menciptakan keunggulan bersama dalam industri tertentu.

4. Mengurangi Resiko Bisnis

Mitra bisnis dapat membantu mengurangi risiko bisnis dengan membagi tanggung jawab dan risiko dalam suatu proyek atau operasi. Ini dapat membantu perusahaan menghadapi tantangan yang mungkin sulit diatasi sendiri. Misalnya, dalam proyek penelitian dan pengembangan bersama, risiko dan biaya dibagi antara mitra kunci.

5. Mendapatkan Sumber Daya Terbaik

Key Partners dapat menyediakan perusahaan dengan akses kepada sumber daya terbaik yang mungkin sulit atau mahal untuk diperoleh sendiri. Ini bisa berupa sumber daya finansial, teknologi, keahlian khusus, atau infrastruktur yang mendukung operasi bisnis.

Key partner dapat menjadi kunci suksesnya sebuah bisnis, sehingga menjaga hubungan kerja yang baik dengan mereka adalah suatu keharusan. Salah satu langkah penting dalam menjaga hubungan ini adalah dengan memiliki manajemen hutang yang jelas dan terorganisir.

Beeaccounting Memudahkan Kontrol Hutang Piutang Untuk Kelola Arus Kas

Untuk mempermudah proses manajemen hutang, perusahaan dapat memanfaatkan perangkat lunak akuntansi Beeaccounting, yang tidak hanya memungkinkan kelola hutang piutang dengan mudah tetapi juga memberikan solusi akuntansi lengkap. Dengan demikian, perusahaan dapat menjaga hubungan yang kuat dengan mitra kunci dan memastikan keberlanjutan kesuksesan bisnisnya.

Mengenal Passive Income, Jenis dan Tips Bisnisnya
Istilah Passive income jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti pendapatan pasif, artinya pendapatan yang diperoleh secara berkala tanpa harus bekerja.
Baca Juga
Contoh Perencanaan Usaha: Tips Membuat Usaha yang Sukses
Memulai usaha baru bisa menjadi tantangan yang menarik, tetapi tanpa rencana usaha yang matang, kesuksesan bisa sulit dicapai. Dalam artikel
Baca Juga
Contoh Value Proposition, Pengertian, Komponen dan Strukturnya
Proposisi nilai atau value proposition adalah rangkuman esensi dari apa yang membuat suatu produk atau layanan unik dan berharga bagi
Baca Juga
15 Faktor Kegagalan Wirausaha dan Cara Mengidentifikasi
Ada cukup banyak faktor kegagalan wirausaha karena menjalankan bisnis merupakan tantangan yang penuh risiko dan tidak semua usaha berakhir dengan
Baca Juga
Apa Perbedaan Expense dan Cost? Begini Penjelasannya
Expense adalah beban yang timbul atas berbagai faktor. Sehingga terbagi atas beberapa jenis. Dalam pembuatan laporan keuangan, tentu akan terdiri
Baca Juga
Mengenal Anggaran Dasar Perusahaan dan Fungsinya
Dalam menjalankan sebuah bisnis atau perusahaan pastinya memerlukan anggaran dasar perusahaan dalam menjalankan operasional kerjanya, baik itu perusahaan besar maupun
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu