📅 Sisa 2 Hari Lagi, Diskon 15% Berakhir!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya

Clickbait adalah teknik pemasaran yang menggunakan judul kontroversional untuk menarik perhatian, ini dia tips amannya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Monday, 29 May 2023

Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai dengan isi artikel yang sebenarnya.

Teknik ini seringkali digunakan untuk meningkatkan jumlah klik dan pengunjung pada sebuah situs web atau blog. Namun, teknik ini sering memicu pro dan kontra karena beberapa alasan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini

Apa itu Clickbait?

Apa Itu Clickbait

Clickbait adalah teknik pemasaran yang menggunakan judul kontroversional untuk menarik perhatian (Credit: Freepik.com)

Clickbait adalah taktik yang digunakan dalam media digital untuk menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk mengklik suatu tautan atau membuka suatu konten.

Istilah ini merujuk pada judul atau deskripsi yang dibuat dengan cara yang sangat menarik atau menggoda, tetapi seringkali tidak sesuai dengan isi sebenarnya.

Menurut para ahli, clickbait adalah praktik yang menggunakan judul atau deskripsi yang menarik secara emosional atau kontroversial dengan tujuan untuk menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk mengklik tautan.

Meskipun isi sebenarnya mungkin tidak sesuai dengan ekspektasi yang dihasilkan oleh judul tersebut. Clickbait seringkali mengandalkan sensasi, kejutan, atau keingintahuan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak klik, tampilan halaman, dan interaksi.

Tujuan utama clickbait adalah meningkatkan jumlah klik, lalu lintas, dan tampilan halaman untuk memperoleh keuntungan dari iklan atau pengunjung.

Baca Juga: Ciri Ciri Iklan hingga Jenisnya untuk Promosi

Jenis-Jenis Clickbait

Clickbait dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya:

1. Sensasionalisme

Jenis pertama adalah sensasionalisme, menggunakan judul atau deskripsi yang berlebihan, dramatis, atau berlebihan untuk menarik perhatian pengguna. Konten yang disajikan seringkali tidak sejalan dengan tingkat sensasional yang dijanjikan.

2. Provokatif

Selanjutnya adalah provokatif, clickbait, jenis ini menggunakan pernyataan kontroversial atau menantang untuk memancing emosi atau perdebatan. Tujuannya adalah untuk menciptakan ketegangan dan memancing reaksi dari pengguna.

3. Isu Kontroversial

Jenis ini mengaitkan konten dengan isu-isu yang sedang hangat atau kontroversial saat itu. Meskipun mungkin ada keterkaitan, judul atau deskripsi seringkali dibuat untuk terlihat lebih dramatis daripada yang sebenarnya.

4. Tebakan

Berikutnya adalah menggunakan judul atau deskripsi yang ambigu atau misterius untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan keingintahuan pengguna. Konten sebenarnya mungkin tidak sehebat yang dijanjikan.

5. Curiosity Gap

Selanjutnya adalah curiosity gap, dimana judul atau deskripsinya memberikan sebagian informasi tetapi dengan sengaja menyisakan celah pengetahuan untuk menarik pengguna agar mengklik dan mengetahui lebih banyak.

6. Konten Klise

Terakhir ada konten klise, ini menggunakan judul atau deskripsi yang memanfaatkan tren populer, meme, atau frasa yang sedang viral untuk menarik perhatian pengguna.

Alasan Clickbait Pro dan Kontra

Clickbait Adalah

Penggunaan clikbait yang tidak tepat dapat mengakibatkan pro dan kontra (Credit: Freepik.com)

Clickbait sering kali dianggap sebagai taktik yang tidak etis dalam media digital, karena dapat menyesatkan pengguna dan memberikan pengalaman yang mengecewakan. Praktik clickbait sering kali bertentangan dengan prinsip integritas jurnalisme dan kepercayaan pengguna terhadap sumber berita.

Namun, disisi lain Clickbait juga bermanfaat untuk menarik perhatian audiance, dimana dengan kata-kata klik bait ini mereka marketer akan lebih. Mudah dalam menjangkau customernya.

Berikut ini beberapa alasan pro dan kontra dari penggunaan Clickbait:

# Tanggapan atau Argumen Pro Clickbait:

  • Meningkatkan lalu lintas: Clickbait dapat efektif dalam meningkatkan jumlah klik dan tampilan halaman, sehingga menghasilkan lalu lintas yang lebih tinggi bagi situs atau konten tertentu. Ini bisa menguntungkan bagi pengiklan dan pemilik konten yang menghasilkan pendapatan dari iklan.
  • Memperluas jangkauan: Clickbait dapat membantu konten atau pesan yang sebenarnya berharga atau informatif untuk mencapai audiens yang lebih luas. Judul yang menarik dapat menarik perhatian orang yang mungkin tidak akan mengklik tautan jika judulnya lebih sederhana atau tidak menarik.

# Tanggapan atau Argumen Kontra Clickbait

  • Menyesatkan pengguna: Clickbait seringkali memberikan ekspektasi yang tidak sesuai dengan isi sebenarnya. Ini dapat menyesatkan pengguna dan menciptakan pengalaman yang mengecewakan. Hal ini dapat merusak kepercayaan pengguna terhadap sumber berita atau konten online.
  • Mengorbankan kualitas dan integritas: Praktik clickbait seringkali mengorbankan kualitas dan integritas informasi. Konten yang dibuat hanya untuk menarik klik seringkali tidak memiliki substansi atau kedalaman yang sebenarnya. Ini dapat merugikan jurnalisme yang berfokus pada keakuratan dan keberimbangan informasi.
  • Memperpetuasi sensasionalisme: Clickbait seringkali memanfaatkan sensasi, kejutan, atau kontroversi untuk menarik perhatian. Hal ini dapat memperpetuasi budaya sensasionalisme di media digital dan mengabaikan kepentingan informasi yang bermanfaat dan berbobot.

Tips Menggunakan Clickbait yang Tepat

Meskipun penggunaan clickbait menuai pro dan kontra, seorang marketer atau penulis tidak ada salahnya menggunakan unsur ini, namun tidak boleh secara berlebihan.

Salah satunya, mengubah penggunaan nada mengancam menjadi lebih santai dan informatif. Sebagai gantinya, berikut beberapa tips dan saran bagi para pemasar untuk menggunakan clickbait dengan bijak dan efektif.

1. Tidak Berlebihan dan Sesuai dengan Isi

Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa clickbait yang berlebihan dan tidak sesuai dengan isi artikel sebenarnya dapat merugikan reputasi dan kredibilitas sebuah situs web atau blog.

Oleh karena itu, pastikan judul yang digunakan sesuai dengan isi artikel yang sebenarnya. Jangan hanya fokus pada jumlah klik, tetapi juga pada kualitas konten yang disajikan.

2. Bijak dan Sesuai Target Audience

Kedua, gunakan clickbait dengan bijak dan sesuai dengan target audiens. Jangan menggunakan judul yang terlalu kontroversial atau provokatif jika tidak sesuai dengan nilai dan tujuan bisnis Anda. Sebaliknya, gunakan judul yang menarik dan informatif untuk menarik perhatian pembaca yang tepat.

3. Jangan Terlalu Sering

Ketiga, jangan terlalu sering menggunakan clickbait. Meskipun teknik ini dapat meningkatkan jumlah klik dan pengunjung, penggunaan yang berlebihan dapat membuat pembaca merasa terganggu dan kehilangan kepercayaan pada situs web atau blog Anda. Gunakan clickbait dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

4. Konten Berkualitas

Keempat, jangan lupa untuk menyajikan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Meskipun clickbait dapat menarik perhatian pembaca, konten yang disajikan harus tetap berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Jangan hanya fokus pada judul yang menarik, tetapi juga pada isi artikel yang disajikan.

Baca Juga: Cara Membuat Content Marketing Menarik dan Unik

5. Memperhatikan Etika Pemasaran

Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan etika dalam pemasaran. Jangan menggunakan clickbait yang menyesatkan atau merugikan pembaca. Sebaliknya, gunakan teknik pemasaran yang etis dan sesuai dengan nilai dan tujuan bisnis Anda.

Kesimpulannya

Dalam kesimpulannya, clickbait dapat menjadi teknik pemasaran yang efektif jika digunakan dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pastikan judul yang digunakan sesuai dengan isi artikel yang sebenarnya, gunakan clickbait dengan bijak dan sesuai dengan target audiens.

Jangan terlalu sering menggunakan clickbait, dan jangan lupa untuk menyajikan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Terakhir, jangan lupa untuk memperhatikan etika dalam pemasaran.

Sebab, judul yang sangat menyesatkan atau menipu dapat melanggar kebijakan dan etika platform digital tertentu, dan dalam beberapa kasus dapat mengakibatkan sanksi terhadap konten atau pengiklan yang terlibat dalam praktik tersebut.

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Yuk, gunakan software akuntansi online Beecloud untuk kelola keuangan bisnis agar penganggaran budget promosi dan operasional perusahaan bisa optimal. Hanya perlu memasukkan transaksi data jual beli laporan keuangan langsung jadi.

Artikel Terkait

21+ Contoh Kerajinan Tangan Berpeluang Cuan!
Dalam era modern ini, banyak orang yang mencari peluang bisnis yang menjanjikan. Salah satu bidang yang dapat dijadikan peluang bisnis
Baca Juga
5 Strategi Pengembangan Produk, Tahapan dan Contohnya
Pengembangan produk adalah kunci sukses dari keberlanjutan dan kesuksesan sebuah perusahaan. Dimana keinginan  pengembangan ini dilakukan untuk terus memenuhi tuntutan
Baca Juga
10 Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Pemasaran online adalah salah satu teknik marketing yang dijalankan dengan cara memanfaatkan jaringan internet. Contohnya saja media sosial, website, iklan
Baca Juga
Kegiatan Distribusi: Cara Produk Sampai di Tangan Konsumen
Dalam setiap kisah ekonomi, peran penting yang dimainkan oleh kegiatan distribusi tidak bisa diabaikan begitu saja. Anda mungkin pernah mengamati
Baca Juga
Apa itu Telemarketing? Tugas dan Strateginya dalam Pemasaran
Telemarketing adalah sebuah strategi pemasaran yang telah lama ada, dan terus mengalami evolusi yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi.
Baca Juga
7+ Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Membuatnya
Contoh surat perjanjian kerjasama dalam artikel ini bisa dijadikan referensi para pengusaha dalam penyusunanya. Mengingat memiliki surat kerjasama sangat penting
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu