Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Tips Jualan di Tokopedia Banjir Ratusan Pesanan Tiap Hari

Dipublish Tgl: Wednesday, 22 June 2022

Ingin jualan di Tokopedia, tapi khawatir banyak saingan di dalamnya sangat wajar bagi Anda? Anda butuh tips jualan agar tidak takut produk jualan tidak laku. Lantas, bagaimana caranya agar produk Anda dilirik oleh calon pembeli?

Tokopedia memberikan berbagai program promosi bagi penjual pemula. Selain itu ada tips yang dapat Anda ikuti agar produk menarik minat pembeli.

Mengenal Apa Itu Tokopedia

Tokopedia adalah perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara. Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia.

Kantor Tokopedia

Suasa Kantor Tokopedia (Sumber: Liputan6.com)

Saat ini Tokopedia telah mencapai 135,1 juta pada tahun 2021. Jumlah yang terbilang cukup besar dengan jutaan pengguna aktif didalamnya. Jumlah ini juga menunjukkan persaingan ketat antar penjual. Namun, sebanding dengan banyaknya pengguna yang merupakan calon pembeli, tidak menutup kemungkinan produk jualan Anda tetap mendapatkan pembeli. Agar jualan Anda laris manis, simak tips berikut ini.

10 Tips Jualan di Tokopedia Agar Cepat Banyak Pesanan

  • Ketahui Tren Produk

Menjadi seorang pebisnis artinya Anda harus selalu up to date dan mengikuti tren yang ada. Anda harus bisa fleksibel dalam menggunakan beragam media sosial yang saat ini sedang banyak digunakan oleh masyarakat.

Anda harus memiliki pola pikir yang tidak kaku dan terus mengikuti tren yang ada. Apalagi mengingat penggunaan media sosial sangatlah penting dalam bisnis. Jadi, pahami tren yang ada dan ambil keuntungan untuk membuat strategi pemasaran bisnis online Anda semakin baik.

  • Upload Produk dan Tonjolkan Produk Unggulan

Saat ini Anda tidak perlu ribet untuk upload produk satu persatu. Anda dapat menambahkan banyak produk sekaligus atau dalam jumlah banyak melalui fitur “Tambah Produk” di Halaman Daftar Produk.

Contoh Upload Foto Menarik Untuk Jualan

Contoh Foto Produk Menarik untuk Posting Jualan (Sumber: Pexels.com)

Sebelum menambahkan produk, ada baiknya Anda mempersiapkan 4 hal dibawah ini agar dapat ditemukan pembeli dengan mudah.

  1. Foto produk yang bisa menarik perhatian pembeli
  2. Nama produk dengan rumus: Jenis/kategori + Merek + Keterangan agar lebih mudah ditemukan pembeli
  3. Deskripsi produk yang jelas
  4. Harga kompetitif dan bersaing 

Aspek yang tidak kalah penting adalah foto produk yang Anda gunakan hendaknya jelas, tajam dan bersih. Berikut tips foto produk jualan di Tokopedia agar mampu bersaing dengan penjual lainnya.

  1. Gunakan latar belakang putih/polos agar produkmu terlihat menonjol.
  2. Gunakan pencahayaan yang baik.
  3. Ambil foto produk dari berbagai sisi. Tampak depan, tampak belakang, tampak samping kanan dan kiri, serta tampak atas.
  4. Pastikan foto terlihat jelas dan tajam, tidak buram atau beresolusi rendah.
  5. Untuk kategori tertentu, seperti fashion, gunakan model agar produkmu terlihat menawan.
  6. Bisa juga tambahkan video tentang produk tersebut agar pembeli paham keunggulan produkmu.

Tonjolkan produk yang menjadi andalan toko Anda. Anda juga dapat memanfaatkan fitur promosi melalui Tokopedia Ads, agar produk andalan Anda diiklankan oleh Tokopedia pada hasil pencarian utama.

  • Optimalkan Deskripsi Produk dengan Teknik PAA SEO

Deskripsi produk akan memudahkan pembeli dalam memahami produk Anda. Deskripsi produk dapat Anda gunakan untuk menjelaskan produk secara rinci. Mulai dari keunggulan, sepesifikasi/fitur, variasi produk, bahan material yang digunakan, kelengkapan produk, garansi produk, warna yang tersedia. Gunakan bahasa yang jelas dan selengkap mungkin. Nantinya deskripsi produk yang Anda tulis tidak hanya akan dibaca oleh calon pembeli, tetapi juga mesin pencari atau search engine (Google).

Lantas seperti apa deskripsi produk dengan Teknik PAA SEO. Sebelum mempelajarinya, kita pahami lebih dulu apa itu PAA dan SEO. 

PAA atau People Also Ask adalah sebuah daftar pertanyaan tentang suatu hal yang sering dicari oleh para pengguna internet. PAA dapat mengoptimalkan deskripsi produk yang bisa membantu rank toko Anda naik di hasil pencarian Google. Dengan membuat rank toko ada diperingkat atas, semakin besar kesempatan untuk toko Anda muncul di bagian atas hasil pencarian dan semakin besar juga kesempatan mendapatkan lebih banyak pesanan dan pengikut toko. 

Contohnya ketika Anda memasukkan kata kunci tertentu seperti misalnya ‘aloe vera’. Maka Google akan menampilkan berbagai hasil pencariaan. Seperti gambar, video, artikel dan juga daftar pertanyaan atau PAA. Berikut ini adalah contoh dari tampilan PAA di hasil pencarian ketika Anda mencari kata kunci ‘aloe vera’.

Aloe Vera

Hasil Pencarian People Also Ask 'Aloe Vera'

Dalam hasil pencarian PAA, biasanya Google (Search Engine) akan menampilkan 5-7 daftar pertanyaan. Nah, dari daftar pertanyaan yang ada di dalam kotak PAA ini, seller bisa memilih beberapa contoh pertanyaan dan memasukkannya pada deskripsi box.

Namun, pastikan pertanyaan yang Anda pilih masih berkaitan dengan produk yang Anda jual ya. Jangan memasukkan pertanyaan yang terlalu melenceng dari tujuan utama Anda yaitu untuk menjual produk.

SEO adalah cara untuk mengoptimalkan situs web agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian, khususnya pada organic research. Yang mana, pencarian organik tersebut dilakukan oleh user atau saat memasukkan kata kunci pencarian (keyword) pada browser dan search engine Google.

  • Buat Branding Toko yang Pas

Brand atau merek adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan, semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Untuk mempertahankannya, kita perlu memiliki brand identity yang merupakan komponen visual yang ada membentuk sebuah merek. Brand identity ini mencakup logo, tipografi, warna, dan juga kemasan. Ini sangat diperlukan di bisnis online agar toko Anda selalu melekat di pikiran para calon pembeli.

  • Maksimalkan Pengiriman dan Aktifkan Bebas Ongkir

Maksmialkan Fitur Gratis Ongkir Di Toko Online

Tips Jualan, Maksimalkan Pengiriman & Gratis Ongkir (Sumber: Freepik.com)

Bebas Ongkir adalah fitur bebas biaya pengiriman yang diberikan oleh Tokopedia kepada pembeli yang melakukan transaksi pada aplikasi dengan menggunakan layanan pengiriman yang disediakan oleh mitra.

Seluruh pembeli yang berbelanja di toko Power Merchant dan Official Store bisa mendapatkan Bebas Ongkir hingga Rp 20.000 untuk pengiriman dalam pulau yang sama dan hingga Rp 40.000 untuk pengirman antar pulau menggunakan layanan regular dari SiCepat.

  • Buat Halaman Toko Menarik dengan Fitur Dekorasi Toko

Tokopedia memiliki fitur Dekorasi toko untuk memperindah tampilan halaman beranda toko Anda dengan menggunakan banner, promo, produk unggulan, dan video. Fitur ini bisa diakses di Halaman Tokopedia Seller pada menu “Dekorasi Toko”. Pembeli akan diarahkan ke halaman Beranda toko. Jadi calon pembeli akan langsung dapat melihat konten-konten terbaru toko Anda. Fitur dekorasi ini dapat digunakan oleh seluruh penjual.

Fitur Dekorasi Toko Di Tokopedia

Fitur Dekorasi Toko di Tokopedia (Sumber: seller.tokopedia.com)

Pada halaman Dekorasi Toko, Anda dapat menampilkan banner/gambar promosi toko, video, dan voucher promo. Selain tampil beda, Anda juga bisa menarik lebih banyak pembeli dengan konten-konten menarik yang akan meningkatkan branding dan penjualan untuk toko Anda. Anda juga bisa menampilkan etalase beserta gambar produknya di halaman Dekorasi Toko.

  • Aktifkan Voucher Toko

Voucher Toko adalah fitur dari Tokopedia untuk membuat voucher promo di toko Anda. Anda bebas menentukan periode, budget, dan jenis promo yang Anda inginkan. Ada dua sifat voucher yang tersedia, yaitu publik dan terbatas. Publik voucher akan ditampilkan di Halaman Toko dan dapat digunakan oleh semua pembeli.

  • Pakai Fitur Etalase Toko Supaya Produk Mudah Dicari Pembeli

Etalase adalah salah satu fitur Tokopedia berguna untuk mengelompokkan produk yang ada di toko sesuai dengan kategori yang dapat di buat sendiri. Berikut hal-hal yang harus diketahui terkait fungsi Etalase Toko :

  1. Mengelompokan produk sejenis sesuai kategori agar lebih teratur dan mudah ditemukan.
  2. Memudahkan pembeli dalam memilih produk berdasarkan jenisnya.
  3. Membuat grup khusus untuk produk-produk promo.
  4. Adanya fitur etalase unggulan dan gambar pada etalase untuk lebih menarik minat pembeli.
  • Pelajari Strategi Marketing E-commerce

Jika berbicara soal bisnis, hal yang wajib untuk dipelajari adalah Strategi Marketing. Strategi marketing atau strategi pemasaran memiliki andil yang cukup besar pada usaha Anda. 

pebisnis memilik waktu untuk merancang strategi bisnis

Pelajari Strategi E-commerce (Sumber: Freepik.com)

Strategi Marketing E-commerce dapat ditempuh melalui beberapa cara. Anda dapat memanfaatkan sosial media, konten marketing, dan SEO. Anda dapat menerapkan ketiganya sekaligus, atau uji coba dengan salah satu lebih dulu. 

  • Berikan Layanan yang Ramah dan Baik Kepada Calon Pembeli

Salah satu cara menciptakan kepuasan pelanggan yaitu dengan memberikan pelayanan yang prima. Itulah yang menjadi alasan pelayanan prima penting bagi pelanggan. Adanya pelayanan yang terbaik kepada pelanggan menjadi tolak ukur kesuksesan dalam menciptakan loyalitas dan kepuasan pelanggan.

Dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, Anda akan ikut mendapatkan keuntungan yang luar biasa bagi bisnis Anda. Karena pelanggan tidak hanya melihat kualitas dari produk yang Anda tawarkan, namun mereka juga melihat cara Anda bersikap kepada mereka, baik atau buruk.

aplikasi persediaan stok beecloud

Faktor Penting Dalam Penulisan Nama Produk

Agar produk Anda mudah ditemukan pembeli, Anda wajib memperhatikan cara penulisan nama produk yang direkomendasikan oleh Tokopedia. Cek faktor penting dalam penulisan nama produk sebagai berikut.

  1. Beri nama produk dengan kata kunci yang sering diketik calon pembeli pada kolom pencarian.
  2. Hindari penamaan produk dengan kode-kode tertentu, di mana hanya kamu atau karyawanmu yang mengetahuinya.
  3. Gunakan sinonim nama produk untuk menambah peluang kemunculannya di halaman pencarian. Contoh produk: Flashdisk > Flash Disk / Flash Drive / USB (Merek Produk) 128 GB.
  4. Maksimalkan 70 karakter yang diberikan oleh Tokopedia untuk nama produk.
  5. Gunakan rumus dasar penamaan produk

    Rumus Penamaan Produk

    Rumus Penamaan Produk

Tips Membuat Deskripsi Produk yang Baik

Peran utama deskripsi produk adalah untuk memberikan solusi atas persoalan yang dihadapi calon pembeli. Sebagian besar transaksi terjadi karena pembeli merasa yakin produk yang dibeli bisa mengatasi persoalan yang sedang dihadapi. Pembeli terbantu, toko Anda pun terbantu karena penjualannya meningkat.

Berikut hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan penulisan deskripsi produk, agar pembeli terbantu dan tertarik membeli produk Anda.

  1. Deskripsi produk jelas dan lengkap meliputi spesifikasi/fitur, keunggulan produk, kelengkapan produk, garansi produk, dan warna yang tersedia.
  2. Lengkapi deskripsi produk dengan pertanyaan yang mungkin ditanyakan pembeli
  3. Gunakan kata-kata yang mudah dimengerti pembeli

Contoh Deskripsi Produk yang Baik

Contoh Deskripsi Produk

Tips Jualan, Menulis Deskripsi Produk yang Sesuai dengan Produk yang Dijual

Rekap ribuan transaksi dari Toko Online ke Pembukuan lebih gampang kalau pakai Beecloud. Gunakan fitur E-commerce di Beecloud untuk import ratusan transaksi tiap hari dari Tokopedia ke aplikasi Pembukuan. Tidak lagi capek dan pusing rekap ribuan transaksi manual satu per satu. Gratis Trial!

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online web

Kesimpulan

Itu tadi tips jualan di tokopedia banjir ratusan pesanan tiap hari. Anda dapat mengikuti setiap langkah-langkahnya agar mampu bersaing dengan penjual lainnya meskipun Anda seorang pemula. Dalam setiap perjalanan bisnis, peluang pembeli pasti akan selalu ada. Maka dari itu, Anda dapat meniti bisnis dengan sabar dan tekun.

Cara Membuat Laporan Penjualan Harian Sederhana dan Contohnya
Buat Anda pelaku bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan laporan penjualan harian. Laporan penjualan ini memiliki peranan penting untuk […]
Baca Juga
Apa itu Kwitansi Kosong? Cek Selengkapnya Disini!
Apabila pernah menjadi bendahara dari suatu acara, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kwitansi kosong. Lantas, apa perbedaan kwitansi […]
Baca Juga
5 Hal yang Dapat Dilakukan dengan Laporan Keuangan
Dalam menjalankan usaha, banyak sekali yang harus dilakukan. Salah satunya, adalah membuat laporan keuangan. Bisnis yang besar maupun bisnis kecil […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu