Logo Bee Web

Jenis Usaha Perseorangan serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis usaha perseorangan dapat diterapkan secara mudah dan cocok untuk para pemula yang sedang merintis. Ketahui contohnya sebagai berikut.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 25 April 2023

Jenis usaha perseorangan menjadi bentuk usaha yang paling tepat untuk dipilih dalam bisnis skala mikro atau kecil. Cocok sekali untuk pengusaha yang baru merintis dan tidak memiliki modal yang besar. Model usaha satu ini sangat fleksibel mulai dari waktu, tempat, hingga produk.

Cara memulainya pun cenderung mudah dan bidang pekerjaannya cukup beragam. Sehingga bisa secara mudah disesuaikan dengan keinginan. Usaha bisa dimulai melalui kreativitas dan keahlian diri. Jenis bisnis ini dikelola oleh perseorangan sehingga penyesuaian bisa dilakukan dengan lebih simpel.

Apa itu Usaha Perseorangan?

Jenis jenis usaha perseorangan

Usaha perseorangan adalah bisnis yang dijalankan secara individu dan bersifat bebas (Credit: Freepik.com)

Seperti namanya, badan usaha ini dimiliki oleh individu atau perorangan. Sistem manajemen usaha ini bersifat bebas dan tidak ada campur tangan dari pihak lain. Contoh usaha perseorangan berskala kecil adalah agen, pedagang, dan lainnya. 

Untuk dapat menjalankan usaha perseorangan, tidak dibutuhkan teknologi. Cukup cara yang sederhana dengan modal yang kecil dan tenaga kerja sedikit sudah bisa mendukung operasional jalannya usaha. 

Meskipun begitu, namun jenis usaha ini juga mampu menghasilkan keuntungan yang besar apabila dikelola dengan baik. 

Usaha perseorangan dikelola serta diawasi oleh pemilik sehingga semua keuntungan yang didapatkan menjadi milik pribadi dan tidak dibagi ke pihak lainnya. Namun apabila muncul resiko, maka sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pemilik.

Jenis-Jenis Usaha Perseorangan

Agar lebih memahami apa itu usaha perseorangan, Anda tentu perlu menyimak beberapa contohnya. Hal ini bisa saja memberikan sebuah ide untuk dapat memulai usaha yang menguntungkan. Terdapat beberapa jenis usaha yang bisa dijalankan seorang diri. Diantaranya sebagai berikut.

1. Franchise atau Waralaba

Jenis usaha satu ini dimulai dengan membangun kerjasama dengan pihak tertentu atau brand yang sudah terkenal. Kerjasama dilakukan dengan membeli loyalty brand serta paket usaha lengkap yang bisa langsung dijalankan. 

Pada usaha ini, semua produk, tata cara, hingga perlengkapan sudah disediakan sehingga hanya perlu menjalankannya saja. 

Jika ingin menjalankan bisnis ini, pencarian lokasi yang tepat harus dilakukan dengan baik untuk bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal. Modal yang dibutuhkan tergantung dari franchise yang dipilih.

Baca Juga: 12 Franchise Makanan untuk Pemula Modal Kecil 

2. Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan termasuk dalam skala kecil sehingga bisa dijalan oleh perorangan. Terdapat banyak sekali produk yang bisa dijual, mulai dari makanan, peralatan sekolah, minuman, dan lainnya. 

Modal yang dibutuhkan cenderung kecil dan bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Contoh jenis usaha perseorangan dalam bidang perdagangan diantaranya seperti warung kelontong, pedagang pasar, pedagang kaki lima, dan lain sebagainya.

3. Usaha Jasa

Jika memiliki keterampilan dibidang tertentu, Anda bisa memulai usaha jasa. Keahlian yang dimiliki bisa dimanfaatkan dan ditawarkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar. Diantaranya seperti jasa laundry, salon, isi ulang air minum, dan lainnya.

4. Dropship

Usaha perseorangan ini banyak diminati karena memiliki sistem kerja yang simpel. Biaya modal yang dibutuhkan kecil. Bahkan bisa dilakukan tanpa modal. 

Anda hanya perlu mencari supplier untuk mendapatkan produk, memasarkannya dengan metode yang diinginkan (offline atau online), dan meraih keuntungan. 

Semua proses yang berkaitan dengan penyediaan produk hingga pengiriman akan langsung dilakukan oleh pihak supplier sehingga tidak merepotkan. Bisa dikatakan peranan dropshipper adalah sebagai perantara.

5. Usaha Pertanian

Jika memiliki hasil pertanian, maka hal tersebut bisa dijadikan sebagai sumber usaha dengan menjualnya ke pasar secara luas. Anda bisa menawarkan hasil panen ke toko yang menjual bahan makanan atau menjangkau konsumen secara langsung.

Kelebihan dari Usaha Perseorangan

Jenis Jenis Usaha perseorangan

Salah satu keunggulan dari usaha perseorangan adalah bebas dan fleksibel (Credit: Freepik.com)

Mengetahui jenis jenis usaha perorangan dapat memberikan rekomendasi bagi Anda untuk memilih ide bisnis yang tepat. 

Hal tersebut tentu perlu disesuaikan dengan minat dan selera agar bisnis dapat berjalan baik sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Selain cocok untuk para pemula, berikut beberapa kelebihan lain dari usaha perseorangan.

1. Pemilik Sebagai Bagian Manajemen Usaha

Pemilik akan terlibat secara langsung dalam operasional bisnis, mulai dari mengurus hal kecil hingga hal besar. Dalam jenis usaha ini, pemilik berperan penting sebagai manajemen usaha.

2. Laba Tidak Dibagi Kepada Pihak Lain

Keseluruhan jumlah laba yang bisa didapatkan sepenuhnya akan diterima oleh pemilik usaha. Keuntungan yang didapatkan tidak akan dibagi dengan pihak yang lainnya.

3. Bebas Pajak

Tidak seperti perusahaan besar, usaha perseorangan tidak dikenakan pajak. Hal tersebut terjadi karena umumnya bisnis perseorangan dikelola dengan omset yang tidak besar.

4. Bebas Mengambil Keputusan

Pemilik usaha mempunyai kendali penuh terhadap bisnis yang dikelola. Dengan begitu proses pengambilan keputusan bisa dilakukan secara fleksibel sesuai dengan pemikiran pemilik. 

Keputusan bisa diambil secara bebas sesuai dengan pemikiran pemilik usaha tanpa adanya intervensi dari pihak lain.

5. Proses Administrasi Mudah

Pengurusan administrasi bisnis perseorangan lebih mudah dan tidak repot. Umumnya hanya perlu mengurus akta notaris dan surat keterangan domisili yang diberikan dari kelurahan saja.

6. Dapat Didirikan Secara Cepat

Usaha perseorangan tidak membutuhkan banyak hal yang harus dipersiapkan sehingga bisa dilakukan secara lebih mudah. 

Dengan begitu proses pendiriannya pun bisa dilakukan secara lebih cepat. Hanya perlu menentukan produk yang dijual, melakukan promosi, dan menarik minat pelanggan.

7. Biaya Manajemen Rendah

Usaha perseorangan tidak membutuhkan sistem pengelolaan manajemen yang kompleks sehingga biayanya cukup rendah. Sistem operasional bisa ditangani oleh pemilik secara langsung dibantu dengan beberapa tenaga kerja.

Baca Juga: Manajemen Bisnis: Pengetian, Fungsi da Komponennya

Kekurangan dari Usaha Perseorangan

Setiap jenis usaha tentu tidak hanya memiliki kelebihan, namun ada juga beberapa kekurangannya. Hal tersebut perlu diketahui dengan baik agar bisa menjadi bahan pertimbangan memulai usaha. 

Dengan memahami resikonya, maka Anda bisa sejak dini mencari solusinya dan mempersiapkan perencanaan dengan baik agar bisnis bisa bertahan lama dan terus berkembang. 

Meskipun sederhana dan mudah dijalankan, namun terdapat resiko dalam setiap bisnis. Untuk itu ketahui beberapa kekurangan usaha perseorangan melalui informasi berikut ini.

1. Modal Terbatas

Usaha perseorangan mendapatkan modal hanya dari satu orang saja yaitu pemiliknya. Sehingga sumber pendanaannya cukup terbatas. Hal inilah yang membuat bisnis agak lama untuk dapat berkembang.

2. Resiko Jadi Tanggung Jawab Sendiri

Jika terjadi masalah yang menimbulkan kerugian pada bisnis, maka sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pemilik sendiri.

3. Keberlangsungan Usaha Tidak Terjamin

Sistem administrasi yang cukup sederhana membuat operasional usaha tidak berjalan secara optimal sehingga keberlangsungannya tidak dapat terjamin. Bisa saja tiba-tiba tutup. Namun apabila dikelola secara baik, maka bisa bertahan lama.

4. Sistem Manajemen Mudah Terganggu

Banyaknya aspek yang harus ditangani pemilik sendiri memungkinkan sistem pengelolaan tidak berjalan baik. Beberapa hal bisa membuat sistem menjadi terganggu sehingga bisa berdampak pada terhambatnya kinerja usaha.

Setiap jenis usaha membutuhkan laporan keuangan untuk memantau, mengontrol dan melakukan manajemen bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting, buat laporan keuangan langsung jadi mudahkan jalankan bisnis dan manajemennya.

Dengan sistem bayar sekali dan bisa diakses secara offline jadikan bisnis lebih menguntungkan, mudah dan akurat. Sumak informasi selengkapnya tentang Beeaccounting pada banner di bawah ini:

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Kesimpuannya, dengan memahami jenis usaha perseorangan beserta dengan kelebihan dan kekurangannya, perencanaan bisnis yang dibuat bisa lebih matang sehingga bisnis bisa dikelola dengan baik. Jenis bisnis ini dimiliki oleh perorangan sehingga lebih fleksibel dan mudah dijalankan.

 

Artikel Terkait

WIP Adalah: Fungsi, Rumus dan Contoh Laporannya
Dalam dunia manufaktur dan akuntansi, pemahaman yang kuat tentang WIP adalah kunci utama dalam mengelola proses produksi yang efisien dan
Baca Juga
COA Adalah: Mengenal Kode Akun Akuntansi dalam Keuangan
COA adalah salah satu aspek penting dalam manajemen keuangan perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu Chart of
Baca Juga
Fungsi Penting Struk Belanja Sebagai Tanda Bukti Pembayaran
Membahas struk belanja dari sudut pandang pemilik usaha tentunya sangat menarik. Selain bermanfaat bagi pembeli, memberikan tanda bukti transaksi ini
Baca Juga
14 Jenis Industri Kreatif dengan Potensi dan Tantangannya
Bidang industri kreatif saat ini sedang menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam pengambangan ekonomi pemerintah, sehingga banyak keuntungan yang
Baca Juga
Fungsi dan Komponen Wajib dalam Kartu Nama Perusahaan
Kartu nama perusahaan atau yang disebut sebagai kartu bisnis adalah alat komunikasi bisnis yang penting. Kartu ini berfungsi sebagai representasi
Baca Juga
Apple to Apple Artinya Perbandingan, Ini Penjelasannya
Mungkin Anda pernah mendengar istilah apple to apple dan bertanya-tanya apa sebenarnya maknanya. Istilah apple to apple artinya sendiri sering
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu