🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pahami! 8 Dampak Positif Globalisasi di Dalam Bisnis

Ada banyak dampak positif globalisasi di dalam bisnis, 8 diantaranya akan dijelaskan dalam artikel berikut. simak di sini
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 8 June 2023

Sebagai sebuah fenomena yang telah mempengaruhi semua bidang, globalisasi tidak hanya memiliki dampak negatif tetapi dampak positif globalisasi juga ada. Pada artikel ini akan membahas dampak positif dari adanya globalisasi dalam bisnis.

Tidak hanya itu, artikel ini juga membahas tentang kaitan globalisasi dengan bisnis, bentuk globalisasi, serta dampak negatif globalisasi. Anda bisa memahami globalisasi dalam bisnis lebih dalam di artikel ini agar bisa sebagai referensi dalam bisnis.

Apa Kaitan Globalisasi dengan Bisnis?

Bisnis menjadi salah satu hal yang mengalami dampak dari globalisasi. Ada beberapa kaitan globalisasi dengan bisnis, seperti kondisi pasar yang lebih luas berdampak pada penjualan produk yang meningkat serta mendapat lebih banyak modal.

1. Pasar yang Lebih Luas

Arus globalisasi yang luas menciptakan pasar bisnis berskala internasional. Skala ini membentuk hubungan antara negara hingga membuat kondisi pasar yang semula sempit menjadi sangat luas.

apa saja dampak positif globalisasi

ilustrasi pasar internasional (Credit: Unsplash)

Keterkaitan arus globalisasi ini memicu penjualan produk menjadi meningkat. Tidak hanya lokal, masyarakat beda negara juga melakukan transaksi jual beli terhadap produk sehingga membuat perusahaan yang menjual produk tersebut mengalami peningkatan keuntungan.

2. Lebih Banyak Modal

Oleh karena sudah berskala internasional, modal yang didapat menjadi lebih banyak. Ada banyak jenis modal. Di antaranya, modal konkret serta abstrak.

Konkret ini seperti uang, gedung, mesin, bahan baku, kendaraan, gudang, dan lainnya. Sedangkan abstrak seperti kemampuan, merek, ilmu, koneksi, media sosial, hingga manajerial.

8 Dampak Positif Globalisasi dalam Bisnis

Ada 8 dampak positif dari munculnya globalisasi di dalam bisnis. Mulai dari mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas hingga dapat belajar budaya bisnis luar secara lebih mudah.

Baca juga: 8 Dampak Negatif Globalisasi yang Ada Dalam Bisnis

1. Tenaga Kerja Berkualitas

Adanya peluang belajar di luar negeri, membuat masyarakat meningkatkan kemampuan softskill dan hardskillnya dengan beragam orang di luar negeri. Masyarakat yang telah pulang dan menuju daerah asal berkesempatan masuk perusahaan lokal dan memajukannya.

Perusahaan lokal akan memiliki dampak positif globalisasi karena mereka telah dianggap memiliki kemampuan di atas rata-rata. Hal ini dikarenakan bisa memberikan keuntungan yang banyak bagi perusahaan yang merekrutnya.

Perusahaan tidak perlu lagi merekrut tenaga asing dan menyisihkan uang yang banyak untuk pelatihan. Selain itu, tenaga kerja ini juga bisa membuat perusahaan bersaing di skala internasional.

2. Pola Pikir serta Sikap Lebih Baik

Globalisasi membuat orang-orang mendapatkan budaya dari luar. Bisa negatif atau positif. Untuk positif, masyarakat bisa memiliki pola pikir yang lebih maju dan sikap yang disiplin sehingga jika diterapkan dalam bisnis bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

3. Teknologi Semakin Canggih

Teknologi yang dihasilkan dari arus globalisasi menjadi lebih canggih. Anda sebagai pembisnis bisa memanfaatkan teknologi ini agar mempermudah proses bisnis dan membuat karyawan nyaman dalam bekerja.

4. Taraf Hidup Karyawan Lebih Bagus

Karyawan pada umumnya merupakan seseorang yang memakai pikiran, tenaga, serta kemampuannya untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Tugas yang selesai bisa membuat karyawan mendapatkan balasan berupa uang atau lainnya.

Dampak positif dari adanya globalisasi adalah taraf hidup karyawan lebih bagus. Uang yang didapat bisa lebih banyak dari sebelumnya. Selain itu, karyawan bisa mendapatkan tempat tinggal atau layanan antar jemput mobil.

dampak globalisasi pada karyawan

Ilustrasi pebisnis bersama karyawannya

Ini dikarenakan perusahaan yang sudah mengarah ke skala internasional, keuntungan yang didapat bisa berkali lipat. Akibatnya, karyawan juga mendapatkan balasan baik atas kerja kerasnya.

5. Hukum yang Berpihak Rakyat

Fenomena globalisasi bisa mendukung kehidupan bangsa Indonesia. Hal ini bisa melalui penguatan tentang supremasi hukum, demokratisasi, hingga tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak tentang asasi manusi.

Dampak positif globalisasi juga dapat memberikan bantuan pada peningkatan peraturan hukum serta pembuatan terhadap aturan perundang-undangan yang memihak pihak yang lemah. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas.

Globalisasi juga berpengaruh dalam penguatan tuntutan. Oleh karena itu, jika ada bisnis lain yang berusaha bermain curang kepada perusahaan Anda, Anda tidak perlu khawatir lagi.

6. Pemasaran Produk Lebih Cepat dan Mudah

Media baik online serta offline sudah semakin maju berkat adanya pengaruh dari globalisasi. Pemasaran produk bisa Anda lakukan dimana saja, kapan saja, dengan biaya serta manfaat yang bervariasi.

Bisnis Anda akan mendapatkan dampak positif dari globalisasi ini. Untuk pemasaran produk yang lebih cepat serta tepat sasaran, Anda bisa menggunakan salah satu dari banyaknya jenis pemasaran digital.

Jenis-jenis ini antara lain email marketing, social media marketing, SEO, content marketing, dan lainnya. Setiap jenis memiliki kelemahan dan kelebihannya. Ada yang gratis, ada juga yang harus bayar terlebih dahulu.

7. Bisa Bersaing dengan Perusahaan Luar

Oleh karena skalanya sudah internasional, perusahaan Anda tidak lagi bersaing dengan perusahaan lokal tetapi perusahaan luar atau asing. Hal ini membuat produk Anda memiliki patokan standar internasional dan bisa berkembang lebih lagi.

8. Bisa Belajar Budaya Bisnis Luar Lebih Mudah

Dikarenakan bisa bersaing dengan perusahaan luar, Anda bisa belajar dan melakukan riset tentang budaya bisnis orang luar. Selain itu, Anda juga berkesempatan mendapatkan koneksi yang banyak.

Bentuk-Bentuk Globalisasi bagi Bisnis

Ada 5 bentuk dari globalisasi bagis bisnis. Di antaranya ialah tenaga kerja, jaringan informasi, bentuk perdagangan, produksi, serta pembiayaan.

1. Tenaga Kerja

Tenaga kerja ini bisa dari tenaga asing yang Anda datangkan dari negara lain. Para tenaga ini berharap bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari negara asalnya. Namun, sebelum menggunakan tenaganya, Anda perlu memperhatikan secara cermat keahliannya.

2. Jaringan Informasi

Jaringan informasi yang ada di era sekarang sudah semakin maju, cepat, lebih akurat, dan tepat sasaran. Penyebaran dari jaringan informasi bisa dilakukan melalui televisi, radio, handphone, atau internet.

3. Perdagangan

Bentuk perdagangan ditandai dengan adanya penyeragaman pada biaya. Anda juga bisa melihat melalui penurunan terhadap tarif impor beserta ekspor suatu negara. Efek lain dari perdagangan khususnya skala global ialan proses pengawasan lebih ketat dan cepat.

Dalam perdagangan, software akuntansi Beecloud dapat membantu pebisnis mengatur pengeluaran, memantau pembayaran tagihan, dan mempercepat proses pembayaran. Jadi secara keseluruhan, software akuntansi memberikan manfaat yang sangat penting bagi berbagai jenis kegiatan perdagangan

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi online ini sangat dianjurkan agar dapat meminimalisir kerugian finansial dan meningkatkan keuntungan secara efektif.

4. Produksi

Pada produksi, acuan secara umumnya yakni biaya. Hal ini disebabkan biaya dipakai oleh perusahaan Anda dalam melaksanakan proses kegiatan produksi barang. Proses produksi ini dilaksanakan ke beragam negara dengan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu.

5. Pembiayaan

Pembiayaan berpedoman terhadap keahlian usaha Anda dalam melaksanakan pinjaman atau investasi. Tujuannya ialah menambah modal dalam sebuah usaha supaya perusahaan Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal serta bertahan lama.

5 Dampak Negatif Globalisasi dalam Bisnis

Selain penjelasan tentang dampak positif dari adanya globalisasi, di artikel ini juga membahas tentang 5 dampak negatifnya. Mulai dari penurunan standar lingkungan, produk lokal kalah, dituntut banyak kemampuan, jam kerja tidak teratur, hingga bisa bangkrut.

1. Penurunan untuk Standar Lingkungan

Penerapan standar lingkungan yang ada dalam sebuah bisnis wajib ditaati dan dilakukan. Hal ini untuk mengurangi dampak negatif yang ada di masyarakat atau perusahaan di masa mendatang.

Setelah membahas tentang bentuk globalisasi, serta apa saja dampak positif dari globalisasi, Anda juga perlu mempelajari 5 dampak negatifnya. Salah satu dampaknya ialah penurunan standar lingkungan.

Persaingan yang terjadi antara negara berkembang agar bisa menarik investor asing memiliki akibat buruk. Adanya pengabaian atas syarat standar lingkungan seperti tidak mempertimbangkan faktor lingkungan, keselamatan, serta kesehatan.

2. Produk Lokal Bisa Kalah

Adanya arus globalisasi yang masuk ke dalam negeri membuat produk luar juga ikut masuk. Semakin banyak produk luar yang masuk, semakin sempit juga skala tersebarnya produk lokal. Anda perlu memanfaatkan pemasaran dengan baik agar bisa meminimalisir kerugian.

3. Dituntut Memiliki Kemampuan Banyak

Perusahaan yang sudah mengarahkan targetnya ke internasional membuat tenaga kerjanya dituntut memiliki kemampuan dengan spesifikasi tertentu. Tenaga kerja yang tidak bisa memenuhi, diwajibkan belajar dengan waktu sedikit agar bisa mengejar ketertinggalan.

4. Jam Kerja Tidak Teratur

jam kerja dampak globalisasi

Ilustrasi bekerja lembur

Akibat banyaknya tuntutan kemampuan, tugas yang diberikan menjadi bertambah. Akibatnya jam kerja karyawan tidak teratur. Hal ini bisa berakibat fatal bagi perusahaan Anda jika tidak ditangani dengan baik karena karyawan bisa bekerja kurang maksimal.

5. Bangkrut

Adanya globalisasi, membuat Anda harus bisa membaca tren dan melakukan riset yang ada di dunia bisnis. Selain mengalahkan pesaing, bisnis Anda juga tidak akan mengalami kebangkrutan yang lebih cepat.

Kesimpulan

Globalisasi memiliki pengaruh yang kuat, khususnya di dunia bisnis. Fenomena ini perlu Anda pahami seksama agar bisa memenfaatkannya semaksimal mungkin agar perusahaan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Contoh dari dampak positif globalisasi adalah mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas, pola pikir lebih baik, teknologi canggih, dan taraf hidup meningkat. Selain itu, hukum yang berpihak rakyat, pemasaran lebih cepat, bisa bersaing, serta belajar budaya bisnis luar.

Oleh karena itu, Anda maksimalkan arus globalisasi ini dengan baik. Anda bisa memulainya dengan membuat laporan keuangan melalui Beecloud agar mendapatkan dampak positif globalisasi.

Artikel Terkait

12 Contoh Wirausaha Berbagai Bidang & Contoh Usahanya
Jika Anda seorang pebisnis yang tengah mencari inspirasi dan pandangan segar dalam dunia kewirausahaan, tak ada yang lebih bermanfaat daripada
Baca Juga
9 Manfaat Statistik dalam Bisnis dan Metodenya
Apakah Anda pernah mendengar tentang statistik bisnis? Jika belum, jangan khawatir. Artikel ini akan menjelaskan kepada Anda apa itu statistik
Baca Juga
Keuntungan dan Kerugian Segmentasi Pasar Demografis
Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang didasarkan pada usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, tingkat penghasilan,
Baca Juga
Cara Berbisnis Pemula dan Rekomendasi Usaha
Ingin tahu cara berbisnis pemula dan memulai bisnis dengan sukses? Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, tidak perlu khawatir.
Baca Juga
10 Contoh Perdagangan Internasional dan Dampaknya
Perdagangan internasional adalah salah satu pilar utama dalam perekonomian global, memfasilitasi pertukaran barang dan jasa antara negara-negara yang berbeda. Contoh
Baca Juga
Contoh Perencanaan Usaha: Tips Membuat Usaha yang Sukses
Memulai usaha baru bisa menjadi tantangan yang menarik, tetapi tanpa rencana usaha yang matang, kesuksesan bisa sulit dicapai. Dalam artikel
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu