Logo Bee Web

10 Contoh Firma di Indonesia dan Penjelasannya

Berikut ini beberapa contoh firma di Indonesia berdasarkan jenis-jenisnya, lengkap dengan penjelasannya. Baca Selengkapnya di artikel ini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 23 November 2023

Di Indonesia, terdapat beragam firma yang mencerminkan dinamika dan perkembangan ekonomi negara ini. Salah satu contoh firma yang menonjol adalah PT Astra International Tbk, sebuah perusahaan konglomerat yang bergerak di berbagai sektor, mulai dari otomotif, agribisnis, hingga infrastruktur.

Selain itu masih banyak lagi beberapa firma di Indonesia yang cukup populer di indonesia, dalam artikel ini kita akan menyebutkan beberapa contoh lainnya lengkap dengan penjelasan apa itu perusahaan firma, ciri dan jenisnya.

Apa itu Firma?

Kata "firma" berasal dari bahasa Belanda dan dalam konteks bisnis sering digunakan sebagai sinonim untuk kata "perusahaan."

Bisa disimpulkan jika perusahaan firma adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada suatu entitas bisnis atau badan usaha yang melakukan kegiatan ekonomi dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Firma dapat beroperasi dalam berbagai sektor, seperti manufaktur, jasa, perdagangan, atau kombinasi dari beberapa sektor tersebut.

Menurut berbagai ahli seperti Willem Molengraaff, Wery, dan Slagter, firma melibatkan perjanjian kerjasama di antara anggotanya untuk menjalankan aktivitas perusahaan dengan menggunakan nama bersama.

Selain itu, Undang-Undang Hukum Dagang RI menyebutkan bahwa firma adalah tiap-tiap perusahaan yang dibawahi oleh satu nama bersama. Meskipun firma memenuhi syarat secara materiil untuk menjadi badan usaha.

Namun firma tidak dianggap sebagai badan hukum karena belum mendapatkan pengesahan atau pengakuan formal dari negara dalam bentuk perundang-undangan.

Oleh karena itu, anggotanya bertanggung jawab secara pribadi untuk keseluruhan dan keberlangsungan perusahaan, dan firma tidak mengenal pemisahan harta kekayaan antara anggota-anggotanya.

Baca Juga: Firma Adalah: Ciri, Jenis, Cara Kerja, Keuntungannya

Karakteristik Firma

Berikut adalah lima ciri-ciri firma di Indonesia:

  • Keakraban dan Kepercayaan Antara Anggota: Bisanya antar anggota firma sudah saling akrab dan mempercayai satu sama lain.
  • Penggunaan Satu Nama Bersama: Dimana pada umumnya firma menggunakan satu nama bersama dalam kegiatan usahanya.
  • Tanggung Jawab dan Resiko Tidak Terbatas: Anggota firma memiliki tanggung jawab dan resiko kerugian tidak terbatas.
  • Persetujuan untuk Memasukkan Anggota Baru: Tidak boleh memasukkan anggota baru tanpa persetujuan anggota lainnya.
  • Tanggung Jawab Pemilik dalam Menyelesaikan Hutang: Pemilik wajib melunasi hutang dengan harta pribadi jika terjadi kewajiban perusahaan.

Jenis-Jenis Firma

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai berbagai jenis perusahaan atau firma di Indonesia, mari kita kenali beberapa kategori utamanya. Dalam dunia bisnis, terdapat beberapa jenis firma yang memiliki ciri khas dan tata cara beroperasi yang berbeda.

Salah satu jenis firma yang umum dijumpai adalah firma dagang. Firma dagang ini berfokus pada kegiatan perdagangan, di mana kegiatannya utamanya terkait dengan jual-beli produk.

Selanjutnya, kita juga memiliki firma non dagang atau firma jasa. Jenis firma ini melibatkan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan.

Selanjutnya, kita akan membahas jenis firma lainnya seperti firma umum dan firma terbatas. Masing-masing memiliki karakteristik yang unik dalam tanggung jawab dan struktur keanggotaannya. Mari kita bahas lebih lanjut untuk memahami perbedaan dan keistimewaan masing-masing jenis firma.

1. Firma Dagang (Trading Partnership)

Contoh Firma Dagang Atau Perusahaan Dagang

Ilustrasi Perusahaan Dagang

Jenis pertama ada firma dagang di Indonesia, hal ini mencakup perusahaan-perusahaan yang berfokus pada kegiatan perdagangan. Firma dagang merupakan jenis firma yang kegiatan utamanya terkait dengan jual-beli produk.

Perusahaan firma dagang ini seperti Nike, Diadora, dan Crocs adalah contoh firma dagang. Dalam konteks ini, anggota firma dagang berpartisipasi dalam aktivitas perdagangan dengan tujuan memperoleh keuntungan dari penjualan produk atau barang.

2. Firma Non Dagang (Firma Jasa)

Contoh Firma Jasa Atau Perusahaan Pelayanan Hukum

Contoh Firma Jasa Layanan Hukum (Credit: Freepik.com)

Kedua adalah Firma non dagang atau firma jasa di Indonesia melibatkan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan. Firma hukum dan firma akuntansi adalah contoh firma non dagang.

Firma hukum menyediakan pelayanan hukum kepada masyarakat, sedangkan firma akuntansi menyediakan jasa akuntansi untuk individu, badan hukum, dan perusahaan.

Dalam konteks ini, kegiatan utama firma non dagang fokus pada penjualan produk atau layanan yang mengandalkan keahlian tertentu.

Baca Juga: Karakteristik Perusahaan Jasa dan Siklus Akuntansi Jasa

3. Firma Umum (General Partnership)

Ketiga ada Firma umum di Indonesia adalah jenis firma di mana setiap anggota memiliki tanggung jawab dan kekuasaan yang tidak terbatas terhadap kelangsungan hidup perusahaan.

Firma umum melibatkan tanggung jawab penuh anggota terhadap hutang perusahaan, yang harus dilunasi dengan harta pribadi jika perusahaan tidak mampu.

Dalam konteks ini, firma umum menunjukkan bahwa setiap anggota memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas terhadap tindakan dan keputusan perusahaan.

4. Firma Terbatas (Limited Partnership)

Terakhir adalah Firma terbatas di Indonesia melibatkan pembatasan kekuasaan anggotanya. Firma terbatas, seperti Sumber Rejeki, Multi Marketing, dan Indo Eternity, membatasi kekuasaan anggotanya sesuai dengan perjanjian firma.

Dalam firma terbatas, tanggung jawab anggota tidak bersifat penuh seperti pada firma umum, dan setiap anggota hanya memiliki kewajiban terbatas sesuai dengan ketentuan perjanjian firma.

Dengan demikian, firma terbatas menawarkan struktur tanggung jawab yang lebih terbatas bagi anggotanya.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Badan Usaha di Indonesia

Beecloud Jadi Solusi Utama Pembukuan Wirausaha

10 Contoh Firma di Indonesia

Berikut beberapa contoh perusahaan firma di Indonesia:

1. PT Astra International Tbk

Astra International Contoh Perusahaan Manufaktur di Indonesia

Astra International (Foto: astra.co.id)

PT Astra International Tbk merupakan salah satu firma terkemuka di Indonesia yang memiliki keberagaman bisnis dalam sektor otomotif, agribisnis, dan infrastruktur.

Sebagai firma umum, PT Astra International Tbk menjalankan operasionalnya dengan tanggung jawab dan kekuasaan yang tidak terbatas. Keberhasilan dan diversifikasi bisnisnya mencerminkan peran pentingnya dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

2. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Telkom Indonesia Contoh Perusahaan Jasa

PT Telkom Indonesia (Foto: theiconomics.com)

Contoh firma kedua ada PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk adalah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi dan teknologi informasi.

Perusahaan, PT Telkom Indonesia Tbk termasuk dalam jenis firma umum memiliki tanggung jawab dan kekuasaan yang tidak terbatas dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Perannya dalam menyediakan layanan penting bagi masyarakat mencerminkan dampak positifnya dalam mendukung konektivitas dan perkembangan teknologi di Indonesia.

3. PT Unilever Indonesia Tbk

Pt Unilever Indonesia Firma Indonesia

PT Unilever Indonesia (Foto: dream.co.id)

Berikutnya ada PT Unilever Indonesia Tbk adalah perusahaan konsumen yang terkenal dengan produksi berbagai produk makanan, minuman, kecantikan, dan perawatan rumah tangga.

PT Unilever Indonesia Tbk memiliki tanggung jawab dan kekuasaan yang tidak terbatas dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Kontribusinya dalam menyediakan produk berkualitas bagi konsumen mencerminkan peranannya dalam industri konsumen di Indonesia.

4. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Pt Indofood Sukses Makmur Perusahaan Manufaktur di Indonesia

PT Indofood Sukses Makmur (Foto: beritasatu.com)

Keempat ada PT Indofood Sukses Makmur Tbk adalah perusahaan makanan terdiversifikasi yang terkenal di Indonesia. Perusahaan ini memiliki keterlibatan dalam produksi mie instan, biskuit, minuman, dan produk makanan lainnya mencerminkan keberagaman portofolio bisnisnya dalam industri makanan di Indonesia.

5. PT Jasa Marga (Persero) Tbk

Pt Jasa Marga Firma Jasa Di Indonesia

PT Jasa Marga (Foto: prosple.com)

Contoh firma kali ini masih dalam jenis firma umum, yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jalan tol, mengelola dan mengoperasikan sejumlah jalan tol di Indonesia.

Perusahaan ini tanggung jawab penuh anggotanya terhadap hutang perusahaan memainkan peran kunci dalam keberlanjutan dan pengembangan infrastruktur transportasi di Indonesia.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan

6. PT Matahari Department Store Tbk

Pt Matahari Department Store Usaha Dagang

PT Matahari Department Store (Foto: market.bisnis.com)

Berikutnya adalah contoh firma dagang yakni PT Matahari Department Store Tbk yang merupakan contoh firma dagang di Indonesia yang memiliki peran penting dalam industri ritel. Fokus utama perusahaan ini adalah pada penjualan produk pakaian, aksesori, dan produk gaya hidup.

Sebagai firma dagang, Matahari Department Store beroperasi dengan tujuan utama melakukan kegiatan jual-beli produk kepada konsumen. Kehadirannya di berbagai pusat perbelanjaan menunjukkan kontribusinya dalam memenuhi kebutuhan konsumen akan produk fashion dan gaya hidup.

7. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart)

Pt Sumber Alfaria Trijaya Firma Jasa

PT Sumber Alfaria Trijaya (Foto: optika.id)

Selanjutnya ada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, yang lebih dikenal dengan merek Alfamart, adalah contoh firma dagang di Indonesia yang bergerak dalam sektor minimarket dan toko kelontong.

Alfamart menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, dan barang kebutuhan rumah tangga. Sebagai firma dagang, Alfamart menjadi salah satu pilihan utama konsumen.

Khususnya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan menyediakan produk secara praktis dan mudah diakses melalui jaringan minimarketnya yang luas di seluruh Indonesia.

8. PT Jakarta Consulting Group

Selanjutnya ada PT Jakarta Consulting Group adalah contoh firma jasa di Indonesia yang memfokuskan diri pada penyediaan layanan konsultasi manajemen. Sebagai firma jasa, perusahaan ini menawarkan bantuan dalam berbagai aspek manajemen perusahaan kepada kliennya.

Layanan konsultasi yang disediakan mencakup pengembangan strategi bisnis, manajemen sumber daya manusia, dan peningkatan efisiensi operasional.

Jakarta Consulting Group berkomitmen untuk membantu perusahaan-perusahaan mencapai tujuan bisnis mereka dengan memberikan panduan dan solusi yang inovatif serta sesuai dengan kondisi pasar dan industri yang dinamis.

9. PT Legalis Indo

Berikutnya masih contoh firma jasa di Indonesia PT Legalis Indo yang spesifik, bergerak dalam bidang layanan hukum. Sebagai firma jasa hukum, Legalis Indo menyediakan konsultasi hukum, pembuatan dokumen legal, dan representasi hukum untuk berbagai klien, termasuk individu, perusahaan, dan lembaga.

Dengan tim ahli hukum yang berpengalaman, perusahaan ini berkomitmen untuk memberikan solusi hukum yang komprehensif dan tepat waktu. Legalis Indo tidak hanya memberikan layanan hukum.

Tetapi juga berusaha untuk menjadi mitra yang dapat diandalkan bagi klien-kliennya, membantu mereka navigasi melalui kompleksitas peraturan hukum dengan pemahaman mendalam dan pelayanan yang personal.

Sekian informasi tentang contoh firma di Indonesia dan penjelasannya dari pengertian , karakteristik hingga jenis-jenisnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Contoh Kemasan Primer, Pengertian, Fungsi dan Jenisnya
Pada dasarnya setiap pelaku usaha wajib memahami apa itu kemasan primer?. Dimana elemen ini berperan sebagai pelindung pertama produk dari
Baca Juga
Working Capital: Komponen, Cara Menghitung dan Strateginya
Keberhasilan suatu bisnis tidak hanya ditentukan oleh seberapa baik produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga seberapa kuat fondasi keuangannya.
Baca Juga
17 Inspirasi Ide Jualan Makanan Unik yang Laris Setiap Hari
Langkah awal dalam menjalankan bisnis adalah menemukan ide. Nah jualan apa yang cepat laku? Salah satunya adalah ide jualan makanan
Baca Juga
Fast Fashion Adalah: Dampak Positif dan Negatif di Baliknya
Fast fashion adalah sebuah fenomena yang telah merevolusi industri pakaian secara global, menghadirkan perubahan cepat dalam gaya busana dengan harga
Baca Juga
5 Contoh Surat Penerimaan Barang dan Cara Membuatnya
Apakah Anda sedang mencari contoh surat penerimaan barang yang lengkap dan ingin mempelajari cara membuatnya? Surat penerimaan barang, juga dikenal
Baca Juga
Tangible Asset atau Aset Berwujud, ini Contoh dan Jenis-Jenisnya
Tangible asset adalah nama lain dari aset berwujud dalam sebuah bisnis yang berperan dalam dalam mendukung operasional bisnis, aset ini
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu