Logo Bee Web

Blue Ocean Strategy Adalah Strategi marketing, Ini Penjelasannya

Blue Ocean Strategy adalah salah satu strategi pemasaran yang saat ini sangat inovatif dan kreatif. Simak informasinya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 5 April 2023

Blue Ocean Strategy adalah salah satu strategi pemasaran yang saat ini sangat inovatif dan kreatif. Strategi bisnis memang menjadi bagian penting untuk membuka peluang usaha yang lebih besar.

Anda bisa langsung mencoba berbagai macam inovasi yang bahkan belum terpikirkan oleh pesaing. Untuk lebih jelasnya simak informasi dibawah ini tentang blue ocean strategy.

Pengertian dari Blue Ocean Strategy Adalah

Strategi Blue Ocean Strategy lebih menekankan perusahaan untuk bisa menghindari persaingan sepihak dengan para kompetitor. Strategi ini sebenarnya pertama kali dikembangkan oleh ilmuwan Renee Mauborgne dan W. Chan Kim.

Jadi dapat dikatakan bahwa Blue Ocean Strategy merupakan suatu strategi untuk membebaskan diri dari Red Ocean State. Dimana strategi tersebut memiliki persaingan sangat ketat untuk mendapatkan pasar yang sama dengan pesaing lain.

Strategi tersebut sangat melelahkan dan bisa membuat Anda dengan kompetitor saling menjatuhkan. Oleh karena itu, Blue Ocean Strategy menjadi strategi yang paling tepat diterapkan.

Hal ini karena akan langsung menciptakan lebih banyak permintaan terhadap produk Anda. Jadi Anda juga harus tahu bahwa Blue Ocean Strategy adalah strategi yang membutuhkan manajemen sendiri.

Baca Juga: Strategi Adalah: Pengertian, Jenis & Fungsinya Pada Bisnis

Konsep Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy ini memiliki beberapa konsep pemasaran untuk produk dalam suatu bisnis. Berikut ini adalah konsep-konsep dari blue ocean strategi, antara lain:

1. Fokus terhadap gambaran dan jangan terpaku pada angka

Dengan menggunakan konsep ini, Anda akan mengurangi risiko perencanaan investasi perusahaan yang mengarah pada strategi red ocean. Anda juga bisa menghindari desain yang hanya terbatas pada dokumen saja.

Jadi lebih baik fokus pada strategi untuk melakukan bisnis. Contohnya saja, Anda bisa mengembangkan rencana strategis dengan memunculkan inovasi, serta terobosan terbaru dalam produk.

2. Menciptakan Jangkauan Lebih Luas

Anda tidak boleh merasa puas, apalagi terhadap pencapaian perusahaan. Jadi harus tetap melayani berapapun permintaan atau kebutuhan konsumen. Blue Ocean Strategy adalah salah satu strategi yang perlu melakukan sebuah inovasi.

Anda harus bisa memperbaharui nilai produk karena agar bisa melampaui apa yang diminta oleh konsumen. Jadi tetap fokus pada pelanggan dan menciptakan insentif untuk segmentasi pasar.

3. Mengembangkan strategi yang lebih tepat

Blue Ocean Strategy juga perlu perencanaan yang strategis. Dengan melakukan perencanaan, akan lebih tahu target market usaha Anda untuk siapa saja.

4 Tindakan Strategi Blue Ocean

Tindakan Blue ocean strategy

Dalam Menerapkan Blue Ocean Strategy Dibutuhkan Beberapa Tindakan (Credit: cdn2.hubspot.net)

Menerapkan strategi blue ocean merupakan salah satu tindakan yang harus dilakukan dengan hati-hati. Setidaknya sudah ada 4 tindakan pada strategi blue ocean yang perlu diketahui:

1. Eliminate (Hapus)

Apa saja yang tidak berharga harus disingkirkan dari produk. Hal ini memungkinkan produk Anda lebih memaksimalkan fitur yang telah tersedia.

2. Reduce (Kurangi)

Kurangilah barang-barang yang tidak berharga namun masih diperlukan. Hal ini akan membuat pengeluaran menjadi lebih efisien.

Namun, ingatlah meskipun fitur tersebut tidak memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi Audiens. Maka Anda tetap perlu menghilangkannya agar bisnis lebih fokus serta menguntungkan.

3. Raise (Meningkat)

Apabila Anda memiliki fitur kurang bermanfaat, maka juga perlu menambahkan standar serta fitur yang mempunyai kelebihan. Hal ini tentunya untuk bisa menerapkan inovasi atau membedakan produk dari pesaing.

4. Create (Menciptakan)

Anda harus lebih inovatif dengan menciptakan hal-hal baru yang bisa memenangkan hati konsumen. Anda perlu mengembangkan fitur atau produk yang bisa memberikan nilai dan manfaat lebih bagi konsumen.

Langkah-Langkah Menerapkan Blue Ocean Strategy

Ada beberapa tips tentang bagaimana menerapkan strategi blue ocean yang mudah dan praktis. Berikut ini adalah penjelasan terkait strategi blue ocean, antara lain:

1. Fokus pada Dasar Pasar

Anda harus bisa membuat produk baru yang tidak pernah terpikirkan oleh pesaing. Contohnya saja, jika Anda memiliki hobi kedai kopi, maka dapat menghadirkan konsep yang unik.

Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi konsumen. Tanpa promosi, kafe Anda akan ramai karena menyajikan konsep yang menarik banyak orang.

2. Menciptakan Inovasi

Saat menerapkan strategi ocean blue ini, Anda perlu menciptakan produk yang lebih inovatif. Produk inovatif akan memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh kompetitor lain.

3. Slogan yang unik

Slogan bukan hanya sekedar pesan saja namun harus memiliki tujuan. Hal ini agar bisa menarik hati pelanggan dan memperkuat brand.

Baca Juga: 7 Digital Marketing Strategy Tokcer yang Bisa Anda Coba

Contoh dari Penerapan Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy (1)

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Blue Ocean Strategy (Credit: marketingeggspert.com)

Ada beberapa strategi Blue Ocean yang perlu dipahami dengan jelas bagi para pebisnis. Berikut ini adalah penjelasan tentang contoh blue ocean strategy, antara lain:

1. Uber

Uber merupakan suatu gagasan dari Blue Ocean Strategy yang akan mengubah industri transportasi. Hal ini merupakan layanan ride-hailing yang akan memungkinkan pelanggan memesan perjalanan dengan mudah menggunakan Smartphone.

2. iTunes

Saat ini setiap produk Apple yang tersedia memiliki iTunes untuk mengunduh musik, dan sebagian besar mendominasi pasar selama beberapa dekade. Contoh dari Blue Ocean Strategy ini bisa melaksanakan perencanaan strategis dan berhasil menghadapi permintaan baru.

Kelebihan Blue Ocean Strategy Pada Bisnis

Ada beberapa kelebihan Blue Ocean Strategi yang perlu diketahui. Berikut ini penjelasan terkait Blue Ocean Strategy adalah.

  • Dapat menghindari pasar yang bersaing dan jenuh.
  • Mampu membantu menghadapi hambatan dalam industri dan struktur biaya yang ada secara bertahap. Misalnya saja, beralih dari model tradisional dengan meningkatkan profit dan permintaan industri.
  • Dapat menciptakan nilai/permintaan baru bagi konsumen, sehingga akan memperluas peluang pertumbuhan potensial.
  • Strategi ini turut membantu mengidentifikasi peluang.
  • Strategi Blue Ocean didasari pada data yang telah terbukti terhadap pendekatan praktis. Jadi tidak akan membuat konsumen memilih antara nilai maupun keterjangkauan.

Kekurangan Blue Ocean Strategy Pada Bisnis

Ada beberapa kekurangan yang paling umum dari strategi ocean blue. Berikut ini penjelasan terkait kekurangan Blue Ocean Strategy adalah.

  • Lumayan sulit untuk memunculkan ide futuristik dan mengidentifikasi pasar yang besar atau belum dimanfaatkan.
  • Strategi ocean blue yang diartikulasikan merupakan hasil dari proses penelitian dengan mendukung analisis yang komprehensif. Ingatlah bahwa tidak ada formula ajaib yang pada akhirnya akan membuat bisnis Anda semakin sukses.
  • Memasuki pasar pada fase awal akan melibatkan risiko. Ada kemungkinan besar bahwa pelanggan tidak akan bisa memahami produk serta layanan dasar tanpa teknologi yang matang.
  • Tidak dapat menghasilkan pasar baru karena perusahaan harus cerdas dan jelas dalam mengetahui basis pelanggan dan kemampuan untuk memberikan pelatihan tentang ide baru. Hal ini juga membutuhkan kejelasan tentang trade-off, serta tenaga kerja.
  • Ocean Blue juga membutuhkan banyak kesabaran, tekad, keyakinan, persiapan . Jadi sangat penting untuk bisa melihat indikator utama dalam memastikan fakta yang terjadi di lapangan.

Jadi dengan adanya kelebihan dan kekurangan di atas Anda bisa lebih mudah memutuskan apakah ingin menggunakan strategi ini untuk bisnis atau tidak. Hal ini karena kesuksesan bisnis biasanya ditentukan dengan seberapa besar usaha Anda.

Kesimpulan

Menciptakan pasar yang baru dan mendukung pengembangan strategi Blue Ocean sebenarnya tidaklah mudah. Hal ini membutuhkan kerja keras, data yang akurat, setta modal signifikan.

Akan tetapi, sangat berharga apabila strategi ini berhasil. Hal ini karena layanan, produk, serta perusahaan akan menciptakan produk baru dan nilai pengembalian sangat tinggi.

Oleh karena itu, gunakan strategi ini dengan sebaik-baiknya agar bisa berkembang dengan baik. Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan ketika membangun Blue Ocean Strategy adalah keuangan perusahaan.

Yuk. scale up bisnis bersama menggunakan software akuntansi online Beecloud, mudah akurat dan untung. Dengan fitur laporan keuangan akurat, stok dan kelola aset dan stok klop jadikan berbisnis semakin lebih menyenangkan. Cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini.

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Artikel Terkait

Iklan Penawaran: Tujuan, Cara, dan Contohnya
Iklan penawaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup populer untuk iklan promosi produk atau jasa. Iklan penawaran biasanya digunakan
Baca Juga
Cara Membuat Iklan Advertorial, Jenis, dan Konsepnya (Lengkap)
Iklan advertorial atau jurnalistik saat ini dapat digunakan untuk menarik pasar dengan mudah. Oleh karena itu, ada banyak sekali periklanan
Baca Juga
Personal Selling Adalah: Tahapan, Strategi, Contoh Lengkap
Personal selling adalah sebuah perbincangan lisan yang hampir mirip dengan proses interaksi antara penjual dan konsumen dengan tujuan meyakinkan calon
Baca Juga
5 Cara Promosi Produk yang Mudah dan Murah
Promosi produk merupakan strategi penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Dalam era digital seperti saat ini,
Baca Juga
Apa Itu Brand Positioning? Begini Penjelasan Lengkapnya
Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan brand positioning. Kegiatan ini berkaitan dengan upaya menempatkan brand, agar memiliki tempat
Baca Juga
9 Strategi Market Penetration, Pengertian & Manfaatnya
Dalam lanskap bisnis yang kompetitif saat ini, Market Penetration adalah strategi yang penting bagi perusahaan yang ingin memperluas pangsa pasar
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu