Logo Bee Web

Jenis Jenis Komunikasi Serta Penjelasan Lengkapnya

Jenis jenis komunikasi memiliki peranan dan cara penyampaian yang berbeda-beda. Ketahui penjelasannya di sini.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 28 April 2023

Dalam bidang marketing atau pemasaran, terdapat beberapa jenis jenis komunikasi yang umumnya diterapkan. Hal ini mengacu pada strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk dapat mencapai target pasar dengan membangun hubungan dengan calon pelanggan.

Komunikasi merupakan hal penting dalam menyampaikan informasi atau pesan ke pelanggan yang merupakan target pasar. Dengan melakukan komunikasi, maka perusahaan dapat membangun branding, mengenalkan produk, dan menyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian.

Apa itu Komunikasi?

Secara sederhana, komunikasi diartikan sebagai pembicaraan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang. Atau bisa didefinisikan sebagai proses yang digunakan oleh seseorang maupun kelompok dengan menggunakan informasi untuk dapat saling terhubung dengan pihak lain atau lingkungan sekitar.

Apa Itu Jenis Jenis Komunikasi

komunikasi diartikan sebagai media yang digunakan perusahaan (Credit: Freepik)

Bentuknya sangat beragam, diantaranya seperti pemasaran langsung, iklan, branding, dan lain sebagainya. Jika cara pemasaran menggunakan sistem komunikasi yang tepat, maka pelanggan bisa memahami nilai perusahaan sehingga tertarik untuk membeli produk yang dipasarkan.

Cara ini akan membuat produk laris terjual dan mampu membuat pelanggan melakukan pembelian ulang. Memilih jenis komunikasi yang tepat merupakan bagian dari strategi pemasaran jangka panjang yang harus dipertimbangkan dengan baik agar bisa memberikan hasil yang memuaskan.

15 Jenis Jenis Komunikasi

Setiap jenis komunikasi menerapkan cara yang berbeda dalam penyampaiannya. Namun tujuan utamanya tetap sama yaitu memberikan informasi yang dapat dipahami secara mudah oleh pihak lain.

Melalui komunikasi yang dibangun, pihak perusahaan dapat mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian ulang, membangun brand perception agar bisa lebih dikenal oleh target pasar, membangun brand awareness, dan lain sebagainya.

Pentingnya komunikasi membuat Anda harus mempertimbangkan dengan baik saat menerapkannya. Berikut macam macam komunikasi yang perlu dipahami.

1. Komunikasi Formal

Jenis komunikasi ini umumnya terjadi antara perusahaan atau organisasi dengan menggunakan tata cara yang sudah diatur sebelumnya. Pada komunikasi formal, umumnya pihak terkait akan menggunakan tempat serta tata bahasa yang terlihat resmi dan baku.

Contohnya ketika seminar, maka pembicara akan menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami oleh audience. Tempat yang digunakan juga menerapkan ruang lingkup formal mulai dari penataan tempat duduk dan lainnya.

2. Komunikasi Verbal

Tidak hanya berupa lisan, komunikasi verbal juga bisa dilakukan secara tertulis dengan menggunakan simbol atau kata dari satu atau lebih bahasa. Contoh komunikasi verbal dengan lisan adalah berinteraksi langsung.

Pihak pemberi dan penerima pesan bertatapan secara langsung. Selain itu interaksi juga bisa dilakukan dengan menggunakan media perantara seperti komunikasi seluler dan lainnya.

Sedangkan komunikasi verbal melalui tulisan dapat dilakukan dengan saling mengirim pesan melalui media diantaranya seperti melalui aplikasi chat, email, dan lainnya.

3. Komunikasi Non Formal

Bahasa yang digunakan dalam komunikasi ini umumnya lebih luwes dan santai. Umumnya diterapkan untuk kegiatan yang sifatnya berada di antara formal dengan informal.

Komunikasi tersebut umumnya akan berhubungan dengan pelaksanaan tugas atau pekerjaan dari perusahaan yang sifatnya pribadi. Contohnya ulang tahun perusahaan, dan lain sebagainya.

4. Komunikasi Nonverbal

Komunikasi ini dilakukan tanpa mengeluarkan kalimat dari mulut atau menggunakan kata. Namun lebih kepada melakukan suatu tindakan untuk dapat menyampaikan sebuah informasi tertentu.

Diantaranya melalui ekspresi wajah, bahasa tubuh, penampilan, dan sentuhan. Contohnya adalah menunjukan ekspresi wajah senang untuk memberikan informasi dan lainnya.

5. Komunikasi Informal

Komunikasi ini terbentuk dari seorang atau lebih yang interaksinya tidak ditentukan terlebih dahulu sebelumnya dan tidak mendapatkan kesaksian resmi.

Gosip Komunikasi Informal

ilustrasi gosip sebagai komunikasi jenis informal (Credit: Freepik)

Umumnya apabila komunikasi informal terjadi, maka tidak akan memberikan pengaruh terhadap kepentingan suatu perusahaan atau organisasi. Contohnya adalah seperti gosip, desas-desus, dan lainnya.

6. Komunikasi Tidak Langsung

Kegiatan komunikasi dapat terjadi dengan adanya bantuan pihak ketiga atau alat yang berperan sebagai medianya. Contohnya komunikasi yang dilakukan melalui telepon seluler, media sosial, dan lainnya.

7. Komunikasi Langsung

Komunikasi ini terjadi tanpa adanya bantuan dari pihak perantara dan tidak dibatasi dengan jarak. Sehingga bisa dikatakan penerima dan pemberi pesan berhadapan secara langsung.

Contohnya ketika mengobrol dan bertatapan langsung dengan pihak lain. Komunikasi langsung memiliki banyak keunggulan karena bisa secara langsung melihat lawan bicara sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

8. Komunikasi Internal

Ini merupakan jenis komunikasi yang dilakukan oleh anggota maupun manajemen dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Ruang lingkupnya hanya sebatas pihak yang berada dalam perusahaan tersebut. Jenis komunikasi internal terbagi atas 3 bentuk diantaranya sebagai berikut.

a. Komunikasi Horizontal

Komunikasi dalam ruang lingkup organisasi atau perusahaan yang terjadi pada pihak dengan kedudukan sejajar. Misalnya komunikasi antar karyawan, guru, dan lainnya.

b. Komunikasi Diagonal

Komunikasi antara pihak yang ada pada perusahaan atau organisasi dengan kedudukan berbeda dan posisi yang tidak sejalur. Contohnya komunikasi antara karyawan divisi teknik dengan divisi kreatif.

c. Komunikasi Vertikal

Komunikasi yang terjadi antara pemimpin dengan anggota yang berupa perintah, pujian, teguran, dan lain sebagainya.

9. Berdasarkan Maksudnya

Jika dikategorikan berdasarkan maksudnya, ada empat jenis komunikasi diantaranya seperti pidato, ceramah, memberikan perintah, dan wawancara. Dalam komunikasi ini, inisiatif dari komunikator akan menjadi sebuah penentu.

Selain itu, kemampuan yang dimiliki oleh komunikator juga akan berperan penting dalam kelancaran komunikasi.

10. Komunikasi Visual

Proses terjadinya komunikasi ini menggunakan visual dalam penyampaian informasi maupun pesan. Diantaranya seperti gaya makeup, gaya rambut, gaya berpakaian, dan lainnya.

11. Komunikasi Eksternal

Komunikasi eksternal terjadi di antara sebuah perusahaan atau organisasi dengan pihak lain yang berada di luar lingkup perusahaan atau organisasi.

Tujuan utama komunikasi dilakukan adalah untuk membangun kerja sama, mendapatkan bantuan, maupun menjalin kerjasama dengan pihak lain. Bentuk komunikasi ini dapat berupa bakti sosial, pameran, dan promosi.

Untuk memudahkan evaluasi terhadap program promo yang sudah Anda lakukan, Anda bisa gunakan aplikasi kasir satu ini, namanya Beepos Mobile. Dengan aplikasi kasir android ini, Anda bisa memonitor performa promosi yang sudah Anda jalankan.

Bikin Promo Pakai Beepos Mobile

Dengan aplikasi kasir android ini, Anda bisa membuat program promo seperti promo minimal belanja, promo khusus member dan beberapa program promo berupa diskon yang kreatif dengan syarat seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll.

13. Berdasarkan Peranan Individu

Dalam sebuah komunikasi, peranan individu sangatlah penting dalam menentukan alur pemberian informasi.

Untuk itu, berdasarkan peranan individu, komunikasi dibagi menjadi tiga jenis, diantaranya adalah komunikasi antar individu, individu dengan lingkungan, dan individu dengan suatu kelompok atau lebih.

Komunikasi yang dilakukan dapat memberikan pengaruh terhadap pihak lainnya yang melakukan interaksi.

14. Komunikasi Ajaran Informasi

Komunikasi ini dibedakan atas beberapa bentuk, seperti inilah penjelasannya.

a. Satu Arah

Komunikasi berjalan hanya dalam satu arah saja sehingga salah satu pihak jadi pemberi dan yang lainnya sebagai penerima.

b. Dua Arah

Sifat komunikasi ini adalah timbal balik antara pemberi informasi dan penerimanya.

c. Ke Arah Samping

Jenis interaksi berupa komunikasi yang terjadi di antara pihak yang memiliki kedudukan sejajar. Seperti komunikasi karyawan, guru, murid, dan lainnya.

d. Ke Arah Atas

Komunikasi jenis ini terjadi antara atasan dengan bawahan yang terdapat dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang sama.

15. Berdasarkan Jumlah Komunikan atau Komunikator

Jika dibedakan dari jumlah pihak yang terkait, komunikasi terbagi atas dua jenis yaitu perorangan dan kelompok.

Umumnya komunikasi perseorangan bersifat pribadi dan biasanya dilakukan bersama dengan pihak yang sudah dikenal dengan baik. Sedangkan komunikasi kelompok bersifat lebih umum dan berkaitan dengan kepentingan kelompok secara lebih luas.

Komunikasi Massa Adalah Pidato

ilustrasi komunikasi yang baik saat berpidato (Credit: Freepik)

Memahami jenis jenis komunikasi secara mendetail dapat membantu dalam pemilihan metode yang tepat agar hubungan antara pihak dapat terjalin secara lebih efektif. Komunikasi yang tepat dapat meningkatkan pemahaman pihak lain sehingga mampu mencapai tujuan yang diinginkan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Brainstorming Adalah: Cara Efektif Menghasilkan Ide Baru
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, inovasi dan kreativitas menjadi kunci sukses bagi para pebisnis. Salah satu cara yang efektif untuk
Baca Juga
Contoh Surat Niaga Penawaran, Permintaan Penawaran, dan Pemesanan
Surat niaga sering digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Ada beberapa jenis surat niaga, di mana penulisannya
Baca Juga
Syarat dan Cara Mendapatkan Sertifikat Halal MUI, Lengkap!
Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau Indonesian Ulema Council menciptakan sertifikat halal sebagai bagian dari upaya untuk memastikan bahwa produk atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu