Logo Bee Web

Contoh Deskripsi Produk dan Bagaimana Cara Membuatnya

Memperhatikan detail dan memahami audiens target, Anda bisa membuat contoh deskripsi produk dengan menggambarkan berbagai keunikan
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 15 July 2023

Mengetahui contoh deskripsi produk yang baik bisa membantu Anda untuk menjalankan pemasaran secara efektif dan efisien.

Ketika calon pembeli melihat deskripsi produk yang dan memikat, mereka akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut hingga akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian.

Namun, menghasilkan deskripsi yang menarik bukanlah tugas yang mudah. Oleh karena itu, artikel ini akan menyajikan beberapa contoh deskripsi yang baik dan juga berbagi beberapa tips tentang bagaimana cara membuat deskripsi produk menarik. Yuk simak!

Apa itu Deskripsi Produk?

Deskripsi produk adalah informasi yang diberikan tentang suatu produk dengan tujuan untuk menjelaskan secara detail tentang fitur, fungsi, keunggulan, dan manfaat yang dimiliki oleh produk tersebut kepada calon pembeli atau pengguna potensial.

Biasanya, deskripsi produk mencakup informasi, seperti spesifikasi, bahan atau komponen yang digunakan, ukuran, warna, desain, dan segala hal tentang karakteristik fisik produk.

Selain itu, deskripsi ini juga bisa mencakup informasi tentang cara penggunaan, instruksi perawatan, garansi, hingga kebijakan pengembalian.

deskripsi Produk

Deskripsi yang terbaik mampu membuat calon pelanggan tertarik (Credit: Freepik)

Deskripsi produk penting dalam proses pemasaran karena membantu calon pembeli untuk memahami dengan lebih baik produk yang ditawarkan.

Melalui deskripsi yang jelas, maka calon pembeli bisa mendapatkan gambaran akurat tentang produk tersebut sehingga mereka terbantu dalam membuat keputusan pembelian sesuai kebutuhan.

Contoh deskripsi produk yang baik haruslah informatif, menarik, dan relevan dengan target pasar. Selain itu, deskripsi juga sebaiknya menggambarkan keunikan dan nilai tambah yang dimiliki untuk membedakan produk tersebut dari pesaing.

Dalam era digital, deskripsi produk dirasa sangat penting dalam konteks e-commerce. Ini karena ketika membeli secara online, calon pembeli hanya bisa melihat gambar dan membaca deskripsi produk untuk membuat keputusan pembelian.

Fungsi Penting Deskripsi Produk

Deskripsi produk memiliki beberapa fungsi penting dalam konteks pemasaran dan penjualan. Berikut adalah poin terkait fungsi-fungsinya sebelum Anda mengetahui bagaimana contoh deskripsi produk yang baik, yaitu :

1. Memberikan Informasi Produk Secara Detail

Deskripsi produk memberikan informasi yang lengkap dan detail kepada calon pembeli. Hal ini memungkinkan mereka untuk memahami karakteristik, spesifikasi, fitur, dan manfaat yang dimiliki oleh produk tersebut.

2. Membantu Mengenalkan Produk Secara Rinci

Menyediakan informasi secara jelas dan terperinci, berarti deskripsi produk memungkinkan calon pembeli untuk memiliki gambaran akurat tentang bagaimana produk bisa memenuhi kebutuhan atau masalah yang mereka hadapi.

3. Membangun Kepercayaan dan Keyakinan Konsumen

Contoh deskripsi produk yang baik dan informatif mampu membantu membangun kepercayaan dan keyakinan calon pembeli terhadap produk tersebut maupun brand.

Menyajikan informasi yang jujur dan transparan tentang fitur, kualitas, dan manfaat produk, deskripsi produk bisa membantu mengatasi keraguan serta kekhawatiran yang mungkin dimiliki oleh calon pembeli.

4. Membedakan Produk Anda dari Pesaing

Deskripsi yang terperinci dan menarik juga membantu membedakan produk dari pesaing di pasar.

Dengan menggambarkan keunikan, keunggulan, dan nilai tambah yang dimiliki oleh produk, deskripsi produk bisa membantu menciptakan citra positif dan membedakan produk tersebut dari opsi lain di pasar.

5. Meningkatkan Keputusan Pembelian Calon Pembeli

Deskripsi barang yang informatif dan menarik dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon pembeli. Dengan memberikan informasi yang relevan dan membujuk tentang fitur dan manfaat produk, deskripsi produk dapat membantu meyakinkan calon pembeli untuk melakukan pembelian.

6. Mendukung dan Memudahkan Pemasaran Online

deskripsi produk untuk pemasaran online

dengan deskripsi yang menarik akan membuat calon pembeli tidak berpikir dua kali

Dalam konteks e-commerce, ini menjadi sangat penting karena calon pembeli hanya bisa melihat gambar dan membaca deskripsi untuk membuat keputusan pembelian. Oleh karena itu, Anda wajib membuat tulisan semenarik mungkin untuk meningkatkan penjualan.

Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik dan Baik

Membuat deskripsi produk yang baik dan menarik adalah kunci untuk menarik perhatian calon pembeli dan menginspirasi mereka untuk melakukan pembelian. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat deskripsi yang efektif, yaitu:

1. Pahami Target Pasar Anda

Ketahui siapa target pasar Anda dan pahami kebutuhan, preferensi, dan masalah yang mereka hadapi. Cara ini akan memudahkan Anda agar bisa menyusun deskripsi produk yang relevan dan menarik bagi konsumen.

2. Identifikasi Keunggulan dan Manfaat Produk

Cara membuat contoh deskripsi produk yang menarik bisa dengan meninjau fitur dan manfaat produk Anda. Tentukan keunggulan yang membedakan produk Anda dari pesaing.

Apa yang membuat produk Anda unik? Hingga apa manfaat khusus yang bisa diperoleh calon pembeli dari penggunaan produk Anda?

3. Gunakan Bahasa yang Menarik

Selanjutnya, gunakan bahasa yang menggugah minat dan menarik perhatian. Sebaiknya, jangan gunakan kalimat yang terlalu formal atau kaku.

Namun, sebaiknya gunakan kata-kata yang menjelaskan produk dengan jelas dan menarik, seperti "inovatif," "mudah digunakan," "efisien," atau "berkualitas tinggi." Namun, ini ditentukan oleh jenis produk hingga kesan brand yang telah Anda bangun.

4. Fokus Pada Manfaat dan Solusi

Buat contoh deskripsi produk dengan mendeskripsikan manfaat langsung yang didapatkan oleh calon pembeli saat menggunakan produk Anda.

Jelaskan bagaimana produk bisa memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan mereka serta sampaikanlah nilai tambah yang diberikan oleh produk Anda dengan baik dan jelas.

5. Berikan Contoh Penggunaan

Gambarkan situasi nyata di mana produk bisa digunakan dan memberikan manfaat. Berikan contoh penggunaan produk yang relevan dan jelaskan bagaimana produk tersebut akan meningkatkan pengalaman atau hasil bagi calon pembeli.

6. Gunakan Testimoni atau Ulasan

Sertakan testimoni atau ulasan dari pengguna yang puas untuk memperkuat kepercayaan calon pembeli. Contoh deskripsi produk dengan ulasan positif akan memberikan bukti sosial dan meningkatkan kepercayaan terhadap produk Anda.

7. Gunakan Pemformatan yang Baik

Buat deskripsi produk mudah dibaca dengan menggunakan paragraf yang singkat dan teratur. Gunakan sub judul dan poin-poin untuk memisahkan informasi yang relevan, juga perhatikan penggunaan tanda baca dan ejaan yang benar.

8. Ciptakan Deskripsi yang Spesifik

Hindari deskripsi yang terlalu umum atau samar dan berikan detail tentang fitur, spesifikasi, ukuran, warna, serta komponen produk secara lengkap. Jelaskan di contoh deskripsi produk dengan jelas apa yang membuat produk Anda istimewa dan berbeda dari produk sejenis.

9. Buat Tulisan yang Emosional

pebisnis menulis deskripsi produk

Ilustrasi pebisnis menulis deskripsi produk (Credit: Freepik.com)

Buat deskripsi yang membangkitkan hasrat dan minat mereka. Misalnya, sampaikan bagaimana produk Anda bisa meningkatkan kehidupan mereka atau memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

10. Edit dan Revisi

Setelah menulis deskripsi yang baik, lakukan pengeditan dan revisi untuk memastikan kejelasan, kesesuaian, dan ketepatan kata-kata yang digunakan. Singkirkan kata-kata yang berlebihan serta pastikan deskripsi tetap terfokus dan padat.

Contoh Deskripsi Produk Brand

Setelah mengetahui pengertian, fungsi penting, hingga cara membuat, masih terasa kurang jika Anda belum membaca contoh deskripsi produk makanan di bawah ini, yaitu:

Nama produk: ChocoDelight Cake

Spesifikasi:

  • Menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, termasuk tepung terigu, gula, cokelat pilihan, telur segar, mentega, dan bahan tambahan lainnya.
  • Ukuran: Diameter kue 25 cm dan tinggi 5 cm.
  • Warna: Permukaan cokelat dengan hiasan krim putih di pinggirannya.
  • Desain: Tampilan mewah dan menggoda dengan lapisan cokelat yang halus dan hiasan yang elegan.
  • Berat: Sekitar 1 kg.

Karakteristik Fisik Produk

ChocoDelight Cake adalah kue cokelat premium yang lezat dan menggoda. Dengan permukaan cokelat yang lembut dan lapisan krim putih yang menarik, kue ini adalah kombinasi sempurna antara kelembutan dan kekayaan rasa cokelat yang autentik.

Setiap potongan ChocoDelight Cake memberikan kepuasan tak tergantikan dengan tekstur yang lembut dan cita rasa cokelat yang lezat.

Cara Penggunaan:

  • Buka kemasan dengan hati-hati.
  • Potong kue sesuai dengan jumlah porsi yang diinginkan.
  • Nikmati ChocoDelight Cake bersama kopi atau susu hangat.

Instruksi Perawatan

  • Setelah memotong kue, simpan sisa kue dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik cling wrap untuk menjaga kelembutan dan kelezatannya.
  • Simpan ChocoDelight Cake di tempat yang kering dan sejuk.
  • Hindari paparan langsung terhadap sinar matahari atau panas berlebih.
  • Jika ingin menjaga ketahanan yang lebih lama, kue bisa disimpan dalam freezer.

Garansi: Kami menjamin bahwa setiap yang Anda beli terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan diproses dengan standar keamanan serta kebersihan yang tinggi.

Jika Anda menemukan ada masalah dengan produk yang dibeli, harap hubungi kami dalam waktu 24 jam setelah pembelian untuk penggantian atau pengembalian dana.

Kebijakan Pengembalian

Jika Anda ingin mengembalikan ChocoDelight Cake yang telah dibeli, harap hubungi kami dalam waktu 24 jam setelah pembelian.

Produk harus dalam kondisi yang sama, seperti saat diterima dan tidak rusak atau digunakan.
Biaya pengiriman pengembalian ditanggung oleh pembeli kecuali ada kesalahan dalam pengiriman atau produk cacat.

Kesimpulan

Membuat deskripsi produk yang menarik adalah keterampilan berharga dalam dunia pemasaran. Memperhatikan detail dan memahami audiens target, Anda bisa membuat contoh deskripsi produk yang menggambarkan berbagai keunikan dengan cara memikat.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kualitas bisnis dan mencapai kesuksesan yang lebih baik di pasar.

Selain itu, penting juga suatu perusahaan memiliki software pembukuan, agar laporan keuangan lebih rapi dan terlihat profesional. Software akuntansi membantu perusahaan dalam memantau arus kas, mengelola catatan keuangan, dan membuat laporan keuangan yang akurat.

Dengan menggunakan software akuntansi, perusahaan dapat meminimalkan kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi proses pembukuan mereka. Selain itu, laporan keuangan yang rapi dan akurat juga memberikan kesan yang baik bagi para pemangku kepentingan seperti investor, karyawan, dan pelanggan.

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Dengan demikian, penggunaan software akuntansi menjadi sangat penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa mereka memiliki reputasi yang profesional dan kredibel di mata publik.

Konsolidasi Adalah: Tujuan, Ciri dan Contohnya dalam Bisnis
Dalam bisnis konsolidasi adalah sebuah strategi yang dilakukan perusahaan untuk menghadapi era persaingan bisnis yang semakin ketat. Konsolidasi sendiri adalah
Baca Juga
Value Chain Penting untuk Bisnis? Ini Penjelasannya
Dalam dunia bisnis, memenangkan pasar dan mengalahkan kompetitor adalah cara agar bisnis dapat terus berkembang. Value chain yang berarti rantai
Baca Juga
Pahami! 8 Dampak Positif Globalisasi di Dalam Bisnis
Sebagai sebuah fenomena yang telah mempengaruhi semua bidang, globalisasi tidak hanya memiliki dampak negatif tetapi dampak positif globalisasi juga ada.
Baca Juga
Contoh Surat Pesanan Barang, Jenis, Komponen dan Cara Buatnya
Dalam dunia bisnis, surat pesanan barang menjadi salah satu dokumen yang penting dalam proses pemesanan dan pengiriman barang. Dalam artikel
Baca Juga
Apa itu Produk White Label? Ini Cara Kerja dan Contohnya
Perkembangan bisnis semakin beragam, para pengusaha dan perusahaan sering mencari cara untuk memperluas penawaran produk dan layanan mereka tanpa perlu
Baca Juga
Konglomerasi Adalah: Pengertian, Konsep, dan Contohnya
Dalam bisnis Konglomerasi adalah sebuah fenomena yang melibatkan penggabungan dan akuisisi perusahaan untuk membentuk entitas yang lebih besar dan beragam,
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu