Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Aplikasi Nota Pembelian, Manfaat dan Langkah Pembuatannya

Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 5 April 2022

Aplikasi nota pembelian menjadi bagian penting dalam proses akuntansi usaha. Baik itu, bisnis kecil, menengah, hingga perusahaan berkembang, sudah umum menunjukkan nota pembelian kepada klien atau pelanggannya. Biasanya, aplikasi nota pembelian menawarkan sejumlah fitur pembuatan nota secara otomatis, rapi, dan sistematis. Di dalamnya, tercantum rincian transaksi pembelian yang dilakukan. Seperti harga barang, nama barang, total, dan lainnya. 

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang cara pembuatannya secara otomatis melalui aplikasi nota pembelian, mari kita simak dulu pengertian dari nota pembelian itu sendiri. 

Pengertian Nota Pembelian

pengertian-nota-pembelian

Memahami Apa itu Nota Pembelian (Sumber: Pexels.com)

Secara dasar, nota pembelian adalah catatan pembelian yang dibuat penjual untuk diserahkan kepada pembeli karena telah melakukan transaksi secara tunai. Nota pembelian bisa menjadi dokumentasi atau arsip penting dalam catatan pembukuan dan laporan keuangan. 

Manfaat Nota Pembelian

Sebenarnya ada banyak kegunaan nota pembelian dalam transaksi. Berikut ini di antaranya: 

1. Perlindungan Hukum. 

Seperti halnya nota lainnya, nota pembelian juga bisa menjadi bukti otentik untuk melindungi usaha dari tuntutan hukum. Sebab, di dalam nota terdapat rincian layanan atau barang yang dibeli, termasuk kapan waktu dan siapa yang bertanda tangan. 

Nota pembelian memberikan catatan berapa jumlah harga yang disetujui dan harus dibayar pelanggan. sedangkan, nota pembelian yang ditanda tangani dapat menjadi bukti adanya perjanjian atau kesepakatan antara penjual dan pembeli yang sah secara hukum. 

2. Pembukuan

Nota pembelian dapat mencatat transaksi pembelian dan sangat membantu untuk tujuan pembukuan. Nota pembelian menyediakan dokumentasi tentang riwayat transaksi keuangan usaha Anda.

Pemilik usaha dapat melacak dan menganalisis semua pendapatan yang masuk ke arus kas melalui nota pembelian. Sehingga, dapat teridentifikasi berapa besaran keuntungan serta arus kas usaha. 

Gambar Software Akuntansi Online Bukti Nota Pembelian

Software Akuntansi Beecloud Otomatis Membuat Nota Pembelian (Sumber: Bee.id)

3. Marketing. 

Manfaat nota pembelian lainnya adalah membantu pengembangan strategi untuk pemasaran bisnis. Sebab, dari nota pembelian bisa dianalisis beberapa aspek penting dalam bisnis. Contohnya, apa jenis jasa atau produk yang paling diminati? Kapan transaksi pembelian paling sering terjadi? Siapa pelanggan yang paling sering membeli? Dan, analisis trend dalam bisnis lainnya bisa Anda identifikasi sendiri. 

Setelah memahami dan mengidentifikasi trend yang ada dalam usaha Anda selanjutnya tinggal menyesuaikan dengan promo marketing yang lebih cerdas berdasarkan data trend tersebut. 

4. Melacak Persediaan Stok Barang. 

Kalau usaha Anda memiliki stok persediaan barang, nota pembelian bisa membantu melacak seberapa banyak jumlah stok yang ada dan memprediksi berapa banyak stok barang yang harus dipesan lagi untuk periode berikutnya, berdasarkan data sebelumnya. 

Ada aplikasi nota pembelian, aplikasi stok barang, maupun aplikasi akuntansi yang terintegrasi untuk melacak berbagai tugas inventaris berulang ini secara otomatis. 

Aplikasi Nota Pembelian Mempermudah Manajemen Pencatatan Transaksi

Di era digital saat ini, pelanggan ingin yang serba cepat, praktis, dan mudah. Karena itu, soal pencatatan transaksi, usaha Anda juga butuh meningkatkan sistem pencatatan nota yang lebih modern dan otomatis. Untungnya, sekarang sudah ada BEEACCOUNTING. Mau cek stok barang? Check! Mau bikin nota pembelian atau nota penjualan? Bisa banget! 

Menangani retur barang juga gampang dan cepat, karena Anda tinggal masukkan nomornya, dan selesai! Apalagi, BEEACCOUNTING dapat berfungsi sebagai aplikasi nota pembelian, sekaligus software akuntansi berbasis desktop dengan 47 plugin sesuai bidang usaha Anda. Nikmati kemudahan BEEACCOUNTING sekarang, yuk! Jangan salah pilih software akuntansi, yaa.. coba dulu GRATIS 30 hari, daftar di sini.

Aplikasi Pembukuan Kas, Kelola Finansial Bisnis Dimanapun Kapanpun
Pembukuan kas adalah komponen tak terpisahkan dalam aktivitas sehari-hari. Tanpa pembukuan kas berbasis cloud, pengelolaan keuangan bisa berantakan, bahkan berdampak […]
Baca Juga
3+ Software Minimarket Seperti Indomaret & Alfamart
Software Minimarket – Banyak usaha dibidang retail atau toko swalayan perorangan yang bermunculan dan masih belum menggunakan software kasir untuk […]
Baca Juga
Aplikasi Kasir Indomaret Gratis? Bagaimana Cara Kerjanya?
Bagiamana cara kerja aplikasi kasir gratis seperti di indomaret? Aplikasi kasir juga dikenal sebagai perangkat Point of Sale (POS). Jenis […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu