🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Menghitung Variabel Cost Mudah dan Contohnya

Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha
Penulis: Dhea Forekha
Dipublish Tgl: Thursday, 23 June 2022

Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski terdengar sulit, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ini bukan hal yang sulit untuk dipelajari.

Karena itulah, kali ini  kami akan membahas tentang pengertian sampai bagaimana cara menghitung variabel cost.

Pengertian Variabel Cost

Variable cost merupakan sebuah istilah yang dipakai dalam dunia akuntansi untuk menghitung biaya produksi perusahaan. Bisa dikatakan kalau arti dari variabel cost adalah biaya yang akan berubah dengan masuk akal karena mengikuti perubahan yang terjadi pada barang atau jasa yang dibuat oleh perusahaan.

Apa Fungsi dari Variabel Cost

Seorang Karyawan Menghitung Variable Cost

Pengertian dan Fungsi dari Variable Cost (Sumber: Freepik.com)

Anda mungkin ingin tahu apa fungsi dari variabel cost setelah tahu pengertiannya. Fungsi pertama dari variabel cost adalah untuk membantu perusahaan dalam membuat perencanaan ketika hendak membuat suatu produk. Selain itu, variabel cost juga membantu perusahaan untuk mengendalikan sejumlah biaya perusahaan sampai memutuskan laba jangka pendek.

Fungsi selanjutnya adalah membantu Anda untuk mengambil keputusan jangka pendek. Fungsi lainnya adalah membantu mengendalikan biaya operasional dari produksi yang tengah berjalan. Perusahaan akan terbantu dengan adanya variabel cost karena bisa memberi batasan kontribusi dan juga memutuskan sebuah penilaian.

Apa Saja yang Termasuk dalam Variable Cost?

Sebelum membahas tentang cara menghitungnya, ada baiknya kita kenali dulu apa saja yang masuk dalam kategori variable cost. Berikut beberapa contohnya.

  • Bahan

Bahan yang dimaksud merupakan bahan langsung, yaitu  persediaan bahan baku yang perusahaan beli untuk membuat sebuah produk.

Yang dimaksud dengan biaya bahan langsung adalah semua biaya yang dipakai dalam proses pembuatan sebuah produk. Bahan langsung ini harus berwujud agar dapat diukur dan diidentifikasi. 

Sebagai informasi, bahan baku bisa saja berubah mengikuti target produksi. Apabila bahan bakunya berubah, otomatis biaya yang akan Anda keluarkan pun mengalami perubahan.

  • Tenaga Kerja

Variable cost yang berikutnya adalah tenaga kerja langsung. Artinya adalah upah yang diberikan kepada pekerja yang memiliki hubungan langsung dengan proses produksi yang tengah dikerjakan.

Perbedaan biaya ini dengan gaji adalah tidak dibayarkan per bulan melainkan setiap ada barang yang selesai dibuat atau berhasil dijual.

  • Distribusi Produk

Biaya yang Anda gunakan untuk melakukan distribusi produk juga termasuk ke dalam variable cost. Karena biaya ini jumlahnya akan berubah sesuai dengan jumlah produk yang perusahaan Anda telah distribusi.

Baca Juga: Tugas, Jenis dan Kunci Sukses Distributor

Contoh biaya yang termasuk dalam jenis ini adalah biaya driver, bensin dan lainnya.

  • Upah Lembur

Upah tenaga kerja yang lembur dimasukkan ke dalam variable cost karena tidak setiap hari tenaga kerja akan lembur. Umumnya, tenaga kerja akan diminta lembur jika perusahaan sedang mengejar suatu target.

  • Komisi Penjualan

Komisi dari penjualan suatu produk juga akan dimasukkan ke dalam variable cost. Karena komisi hanya akan diberikan ketika terjadi  penjualan atas jasa atau produk.

Jumlah dari komisi karyawan bisa sangat beragam, tergantung dari keuntungan yang telah diterima oleh perusahaan dan juga produktivitas karyawannya.

Bahkan selain bertambah, biaya ini bisa berkurang atau dipotong apabila perusahaan tidak berhasil memenuhi kuota keuntungan atau karyawan belum sanggup memenuhi kuota penjualan yang ditargetkan.

Thumbnail Youtube Minimarket email

Bagaimana Cara Menghitung Variable Cost?

Selanjutnya, kita akan bahas bagaimana cara menghitung variable cost. Cara untuk menghitung variable cost sebenarnya cukup sederhana. Anda cukup dengan mengalikan biaya yang dipakai untuk membuat sebuah produk dengan jumlah total produk yang Anda buat. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung biaya variabel:

1. Tentukan Biaya Variabel per Unit

Identifikasi semua biaya yang dapat diatribusikan langsung ke produksi atau penjualan produk atau jasa Anda. Contoh biaya variabel per unit bisa termasuk bahan baku, tenaga kerja langsung, biaya pengiriman, atau biaya perawatan. Jumlahkan semua biaya ini untuk mendapatkan biaya variabel total.

2. Hitung Jumlah Unit yang Diproduksi atau Dijual

Tentukan jumlah unit yang diproduksi atau dijual dalam periode yang ingin Anda analisis. Jika Anda menghitung biaya variabel untuk suatu produk tertentu, gunakan jumlah unit yang dihasilkan dari produksi produk tersebut. Jika Anda menghitung biaya variabel untuk suatu periode tertentu tanpa mempertimbangkan produk yang spesifik, gunakan jumlah unit yang terjual selama periode tersebut.

3. Kalikan Biaya Variabel per Unit dengan Jumlah Unit

Setelah Anda mengetahui biaya variabel per unit dan jumlah unit, kalikan biaya variabel per unit dengan jumlah unit yang diproduksi atau dijual. Misalnya, jika biaya variabel per unit adalah Rp.100.000 dan jumlah unit yang diproduksi adalah 100, biaya variabel total akan menjadi 100.000 x 100 = Rp10.000.000

Jadi, rumus untuk menghitung biaya variabel adalah:

Biaya Variabel = Biaya Variabel per Unit x Jumlah Unit

Perlu diingat bahwa biaya variabel hanya mencerminkan biaya yang berubah seiring perubahan tingkat produksi atau penjualan. Biaya tetap, seperti biaya overhead pabrik atau biaya administrasi, tidak termasuk dalam biaya variabel dan harus dianalisis secara terpisah.

Sebagai contoh, Anda membuat produk sebanyak 30 buah dengan biaya pembuatannya sebesar Rp 30.000, maka total variable costing perusahaan Anda adalah Rp 900.000.

Jika masih bingung, Anda bisa mencari software kasir minimarket yang akan mempermudah jalannya usaha Anda. Software ini bisa membantu menganalisa dan mengerjakan urusan keuangan dengan lebih cepat untuk Anda. Itulah informasi tentang variable costing termasuk bagaimana cara menghitung variable costi untuk Anda.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Financial Distress Adalah Indikasi Awal Kebangkrutan, Ini Cara Cegahnya
Istilah Financial Distress mungkin menjadi mimpi buruk bagi para pebisnis. Sebab, financial distress adalah indikator awal kebangkrutan, yang merupakan sebuah
Baca Juga
Aplikasi Integrasi Marketplace, Tidak Perlu Input Transaksi Manual
Aplikasi integrasi marketplace semakin dibutuhkan pebinsis di Indonesia karena banyak pebisnis mulai memasarkan produknya melalui berbagai marketplace. Semisal Anda sebagai
Baca Juga
Mesin Printer Kasir Portable, Kecil Tapi Canggih
Mesin printer kasir portable, benda kecil yang sering kita jumpai di berbagai sektor usaha, termasuk di bidang F&B. Tidak hanya
Baca Juga
10 Prinsip Akuntansi untuk Membuat Laporan Keuangan
Seorang pebisnis perlu membuat laporan keuangan secara rutin supaya keuangan perusahaan lebih terstruktur dan meminimalisir kerugian. Nah, pembuatan laporan keuangan
Baca Juga
Update! Biaya Admin Star Seller Shopee Disertai Ilustrasi Perhitungannya
Bagi setiap pelaku usaha star seller shopee pasti tidak asing dengan biaya admin star seller shopee. Biaya admin merupakan biaya
Baca Juga
Aplikasi Kasir Sederhana untuk Usaha Cafe
Saat ini banyak pilihan aplikasi penunjang bisnsi yang dapat digunakan. Salah satunya aplikasi kasir sederhana yang dapat digunakan untuk memudahkan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu