Logo Bee Web

Ide Bisnis Fashion Wanita Belum Banyak Pesaing

Membuka bisnis fashion wanita di tengah sengitnya persaingan tidaklah mudah, cek ekomendasi jenisnya yang belum banyak pesaing berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 6 August 2023

Dunia fashion wanita terus berkembang begitu pesat, persaingan pasar juga semakin ketat. Sehingga pebisnis fashion perlu memutar ide untuk menciptakan diferensiasi agar bisa terus bertahan.

Begitu pula untuk para pemula, ada banyak sekali pilihan model hingga brand yang bisa digunakan untuk memulai usaha. Ditengah banyaknya pilihan mode ada beberapa peluang bisnis fashion yang belum banyak pesaing bisa Anda coba.

Peluang Usaha Fashion Wanita Belum Banyak Pesaing 2023

Berikut adalah beberapa peluang usaha fashion wanita yang mungkin belum banyak pesaingnya pada tahun 2023:

1. Fashion Berkelanjutan (Sustainable Fashion)

Sustainable Fashion

Ilustrasi Sustainable Fashion Jadi Ide Bisnis yang Menjanjikan (Credit: Freeepik.com)

Di era sadar lingkungan ini bisnis sustainable fashion menjadi bisnis yang menguntungkan. Peluang usaha ini didorong oleh peningkatan kesadaran masyarakat tentang isu-isu lingkungan dan dampak industri fashion terhadap bumi.

Dimana konsumen semakin menyadari pentingnya memilih produk yang ramah lingkungan, dan ini mencakup pilihan pakaian yang dibuat dengan bahan daur ulang, biji-bijian organik, atau teknologi produksi yang berkelanjutan.

Usaha fashion berkelanjutan menawarkan peluang untuk menciptakan label yang mengedepankan nilai-nilai keberlanjutan dan bertanggung jawab sosial, yang akan menarik konsumen yang peduli dengan dampak lingkungan dan sosial dari pakaian yang mereka beli.

Salah satu contoh dari sustainable fashion adalah model baju timeless, berbahan dasar berkualitas sehingga bisa digunakan dalam waktu lama dan lain sebagainya.

2. Fashion Wanita untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kehamilan dan masa menyusui merupakan tahap penting dalam kehidupan seorang wanita. Namun, seringkali, pakaian yang nyaman dan cocok untuk perut yang membesar dan kegiatan menyusui sulit ditemukan.

Berinvestasi dalam usaha fashion yang menawarkan koleksi khusus untuk ibu hamil dan menyusui akan menjadi solusi bagi para ibu yang ingin tetap modis dan nyaman selama masa ini. Koleksi yang praktis, fungsional, dan tetap gaya akan menarik pangsa pasar ini.

3. Pakaian Ukuran Besar (Plus Size Fashion)

Fashion Wanita Untuk Orang Gemuk

Ilustrasi fashion casual wanita gemuk (Credit: Freepik.com)

Berikutnya adalah fashion berukuran besar atau fashion wanita oversize. Jenis fashion ini lebih condong terhadap representasi tubuh yang lebih inklusif telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Wanita dengan ukuran besar sering kesulitan menemukan pakaian yang modis dan nyaman yang cocok untuk mereka. Memperkenalkan label atau toko yang mengkhususkan diri pada pakaian ukuran besar adalah kesempatan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi ini.

Dengan fokus pada desain yang menonjolkan keindahan tubuh di segala ukuran, Anda dapat menarik perhatian dan kepercayaan pelanggan potensial. Banyak sekali model fashion oversize kekinian dan cocok dipadu padankan dengan era sekarang.

5. Pakaian Olahraga Wanita (Women's Activewear)

Selanjutnya ada ide bisnis fashion wanita khusus pakaian olahraga. Hal ini didukung dengan  gaya hidup sehat dan aktif semakin populer di kalangan wanita, dan ini menciptakan permintaan yang terus berkembang untuk pakaian olahraga wanita yang modis dan fungsional.

Menghadirkan pilihan pakaian olahraga dengan desain menarik, teknologi kain canggih, dan kenyamanan tinggi adalah peluang untuk menarik perhatian wanita aktif. Pilihan warna, gaya, dan detail desain yang unik dapat menjadi daya tarik tambahan.

5. Fashion dengan Sentuhan Lokal (Local Touch)

Ilustrasi Fashion Wanita Dengan Sentuhan Lokal

Ilustrasi Fashion Wanita Dengan Sentuhan Lokal (Credit: Pinterest/ @Bahance)

Ide Usaha fashion berikutnya adalah dengan menonjolkan motif, corak, atau gaya khas dari daerah tertentu memiliki daya tarik tersendiri. Dalam era globalisasi ini, banyak konsumen yang mencari produk unik dan memiliki keterkaitan dengan budaya lokal.

Anda dapat menggali kekayaan seni, tradisi, atau kain khas dari suatu wilayah dan mengintegrasikannya ke dalam desain pakaian Anda. Ini bisa menjadi jalan bagi wanita untuk merayakan identitas dan kebanggaan budaya mereka melalui pilihan fashion.

Contohnya pakaian model kekinian dengan memadukan corak batik, kain songket dan beberapa motif khas Indonesia lainnya.

6. Fashion Eksekutif (Executive Wear)

Jika usaha Anda berada di dekat pusat bisnis atau area perkantoran, bisnis pakaian eksekutif wanita yang profesional dan modern bisa peluang bisnis yang menjanjikan.

Wanita karier sering mencari pakaian yang sesuai dengan kode berpakaian di tempat kerja mereka, namun tetap modis dan berkelas. Membawa produk-produk yang memenuhi kebutuhan profesional ini akan membantu Anda menonjolkan diri di pasar lokal.

7. Fashion untuk Acara Khusus (Special Occasion Wear)

Ide usaha fashion selanjutnya adalah fashion untuk acara-acara khusus, seperti pesta pernikahan, acara formal, atau pesta malam, selalu ada. Wanita seringkali mencari pakaian yang elegan, unik, dan berbeda untuk momen-momen spesial dalam hidup mereka.

Dengan menyediakan koleksi pakaian yang menawarkan desain yang istimewa, bahan berkualitas, dan perhatian terhadap detail, Anda dapat menarik pelanggan yang ingin tampil istimewa dalam acara khusus mereka.

Bisnis ini tidak akan ada matinya, meskipun dari jumlah penjualan tidak bisa bandingkan dengan nilai penjualan pakaian biasa, namun dari segi omset bisa berpeluang sama karena dinilai dari model dan kerumitan dari proses pembuatannya.

Tips Sukses Bisnis Fashion Wanita Laris Manis

Aplikasi Kasir Toko Baju

Salah satu kunci sukses jalankan bisnis fashion wanita adalah dengan memberikan pelayanan yang prima (Credit: Freepik.com)

Dalam menjalankan usaha fashion ada beberapa hal yang perlu dipahami dan diikuti perkembangannya agar bisa terus bertahan di pasaran. Mulai dari trend hingga teknologi produksi. Untuk lebih jelasnya simak tips sukses jalankan bisnis fashion wanita:

1. Kenali Target Pasar Anda dengan Baik

Tips pertama adalah mengetahui siapa target pasar Anda adalah langkah pertama yang penting. Pelajari preferensi dan kebutuhan fashion dari wanita yang ingin Anda jangkau.

Apakah Anda menargetkan wanita muda dengan gaya kasual, profesional muda yang membutuhkan pakaian formal, atau mungkin ibu-ibu dengan pilihan pakaian hamil dan menyusui yang nyaman?

Dengan memahami target pasar Anda, Anda dapat menyusun koleksi yang tepat dan memenuhi ekspektasi konsumen.

2. Kreativitas dalam Desain dan Branding

Berikutnya di industri fashion sangatlah kompetitif, maka kreativitas adalah kunci untuk menonjolkan merek Anda. Buatlah desain pakaian yang unik, berbeda, dan mencerminkan visi merek Anda.

Pastikan branding Anda mencerminkan nilai dan gaya yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan. Identitas merek yang kuat akan membantu Anda membangun hubungan emosional dengan konsumen dan membedakan bisnis Anda dari pesaing.

3. Kualitas dan Keandalan Produk

Hal yang harus diperhatikan adalah kualitas produk, ini harus jadi prioritas utama. Pastikan bahan yang Anda gunakan berkualitas, proses produksi yang baik, dan detail desain yang cermat.

Pelanggan akan menghargai produk yang tahan lama dan nyaman digunakan. Selain itu, pastikan juga ketersediaan produk dengan mengelola rantai pasokan dengan baik untuk memastikan ketersediaan stok dan menghindari kekecewaan konsumen karena produk yang tidak tersedia.

4. Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial

Diera sekarang media sosial adalah alat yang kuat untuk mempromosikan bisnis fashion Anda dan berinteraksi dengan pelanggan. Gunakan platform-platform seperti Instagram, Facebook, dan Pinterest untuk memamerkan koleksi Anda.

Sekaligus menjangkau calon pelanggan, dan membangun komunitas online yang bersemangat tentang merek Anda. Pastikan konten yang Anda bagikan menarik, konsisten, dan relevan dengan target pasar Anda.

Baca Juga: Software Toko Pakaian Rekomendasi untuk Catat Transaksi Lebih Akurat

5. Berikan Pelayanan Pelanggan yang Prima

Pelayanan pelanggan yang baik adalah elemen kritis dalam bisnis fashion. Tanggapi pertanyaan dan masukan dari pelanggan dengan cepat dan ramah. Berikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan personal.

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menawarkan layanan pengukuran atau penyesuaian pakaian agar pelanggan merasa dihargai dan mendapatkan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh mereka.

Terlibatlah dalam pameran atau acara fashion untuk meningkatkan jaringan dan memperkenalkan merek Anda kepada audiens yang lebih luas. Jaga juga keuangan bisnis Anda dengan cermat dan evaluasi kinerja bisnis secara berkala untuk mengetahui area yang perlu ditingkatkan.

Selain itu, teruslah belajar dan beradaptasi dengan perkembangan tren fashion, kebutuhan pasar, dan perubahan teknologi. Untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan prima kepada konsume Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, Mudahkan proses transaksi hingga pembukuan keuangan bisnis karena terintegrasi langsung dengan software akuntansi. Dapatkan gratis uji coba sekarang juga dengan klik banner di bawah ini. TERBATAS hanya untuk Anda pengguna pertama!

Software Kasir Toko Baju Integrasi dengan Akunting Beepos

Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya
Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai
Baca Juga
3 Contoh Marketing Plan dan Cara Penyusunannya
Bisnis perlu mengenalkan produk kepada masyarakat supaya bisa menghasilkan penjualan, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Namun menyusun rencana pemasaran
Baca Juga
Cara Mudah Menghitung HPP Perusahaan Dagang
Dalam berbisnis Anda dituntut untuk bisa belajar mengenai berbagai bidang, hal ini demi kelangsungan bisnis Anda sendiri. Tidak hanya harus
Baca Juga
13 Contoh & Cara Promosi Produk Paling Efektif Dijamin Laris
Dalam dunia bisnis, promosi merupakan salah satu kunci sukses dalam memperkenalkan produk atau jasa kepada pelanggan potensial. Tanpa promosi yang
Baca Juga
Tak Cuma Hobi, Ini Peluang Usaha Penggemar Drakor & KPOP
Peluang Usaha Penggemar Drakor  - Efek dari hallyu Korea Selatan memang luar biasa, mulai dari film, musik, fashion, sampai makanan
Baca Juga
Contoh Inovasi Produk, Pengertian, Manfaat dan Strateginya
Inovasi produk adalah sebuah cara untuk mengembangkan perusahaan untuk menciptakan peluang baru sekaligus usaha dalam pemenuhan keinginan dan kebutuhan konsumen.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu