Logo Bee Web

Hak Kekayaan Intelektual dalam Bisnis

HKI atau Hak Kekayaan Intelektual adalah kebijakan hukum yang digagas untuk menjaga dan mendorong inovasi serta kreativitas.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 19 September 2023

HKI atau Hak Kekayaan Intelektual adalah kebijakan hukum yang digagas untuk menjaga dan mendorong inovasi serta kreativitas dalam masyarakat. HKI melindungi beragam aset intelektual, seperti paten, hak cipta, merek dagang, dan rahasia dagang, yang merupakan elemen-elemen kunci dalam ekonomi pengetahuan modern.

Di Indonesia sendiri dasar hukum HKI diatur dalam Undang-Undang No.7 Tahun 1994 tentang Pengesahan Agreement Establishing the World Trade Organization dan Undang-Undang No.10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan. Simak dan kenali lebih dalam apa itu HKI pada artikel berikut ini:

Apa itu Hak Kekayaan Intelektual?

Copyright

dasar hukum HKI diatur dalam Undang-Undang No.7 Tahun 1994 tentang Pengesahan Agreement Establishing the World Trade Organization (Credit: Freepik.com)

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah kategori hukum yang mencakup berbagai jenis hak legal yang diberikan kepada individu atau entitas untuk melindungi karya intelektual dan inovasi mereka.

Tujuan utama dari HKI adalah memberikan insentif kepada individu dan perusahaan untuk menciptakan dan berinovasi dengan memberikan perlindungan hukum terhadap penggunaan dan penyalahgunaan karya-karya mereka.

Ini mendorong investasi dalam penelitian, pengembangan, seni, dan teknologi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memajukan masyarakat dengan cara yang berkelanjutan.

Selain itu, HKI juga mengatur hak dan kewajiban yang terkait dengan penggunaan karya-karya intelektual dalam masyarakat, menciptakan kerangka kerja hukum yang memungkinkan pemanfaatan yang adil dan berkelanjutan dari karya-karya tersebut.

Baca Juga: Pengertian Kewajiban dalam Akuntansi

Alasan Hak Kekayaan Intelektual Penting dalam Bisnis

HKI memiliki peran yang penting dalam berjalannya sebuah bisnis, berikut 5 poin utamanya:

1. Perlindungan Inovasi

Hak Kekayaan Intelektual memberikan perlindungan hukum kepada pemilik inovasi, mendorong investasi dalam penelitian dan pengembangan, serta memungkinkan perusahaan untuk mengamankan hasil inovasi mereka.

2. Keunggulan Bersaing

Dengan melindungi merek dagang dan paten, perusahaan dapat menjaga identitas merek mereka dan mencegah pesaing menyalin produk atau teknologi, yang dapat memberikan keunggulan kompetitif.

3. Peningkatan Nilai Perusahaan

Dengan memiliki HKI maka bisnis dapat meningkatkan nilai perusahaan dimata investor dan pemegang saham, mendukung pertumbuhan bisnis, dan menghasilkan keuntungan finansial.

4. Perdagangan Internasional

Peran penting perlindungan HKI selanjutnya adalah memungkinkan perusahaan untuk memasarkan produk mereka di pasar global tanpa risiko produk palsu atau pelanggaran HKI oleh pesaing.

5. Investasi, Kemitraan, dan Lisensi

Terakhir dengan HKI pebisnis dapat memudahkan perusahaan dalam mendapatkan investasi, menjalin kemitraan, serta mengizinkan pihak lain menggunakan teknologi atau merek dagang mereka melalui perjanjian lisensi, menghasilkan pendapatan tambahan.

Jenis Hak Kekayaan Intelektual

HKI mencakup berbagai bentuk hak yang meliputi:

1. Hak Cipta

Hak cipta memberikan pemiliknya hak eksklusif untuk mengontrol penggunaan dan distribusi karya-karya seperti tulisan, musik, seni, dan karya-karya kreatif lainnya yang telah diciptakan.

Jenis HKI ini dibedakan menjadi 2 jenis, pertama adalah hak moral dan hak ekonomi, berikut penjelasannya:

  • Hak Moral, yakni hak yang melekat secara abadi kepada pencipta dan tidak bisa dialihkan selama pemilik hak masih hidup.
  • Sedangkan Hak Ekonomi adalah hak eksklusif yang diberikan kepada seorang pemiliknya untuk mendapatkan manfaat ekonomi, contohnya lisensi dan royalti.

Lisensi adalah izin tertulis yang diberikan oleh pemegang hak cipta atau pemilik hak terkait kepada pihak lain untuk kreasi mereka, sedangkan royalti adalah kompensasi untuk menggunakan kreasi atau produk hak terkait tersebut.

2. Hak Paten

HKI

hak paten menjadi salah satu jenis dari hak kekayaan intelektual (Credit: Freepik.com)

Jenis HKI berikutnya ada Hak Paten, yakni hak yang memberikan pemiliknya hak eksklusif untuk membuat, menjual, dan menggunakan suatu penemuan atau inovasi tertentu selama periode waktu tertentu.

Sama seperti hak cipta, hak peten juga dibedakan menjadi 2, yakni:

  • Paten adalah bentuk hak kekayaan intelektual yang memberikan pemiliknya hak eksklusif untuk membuat, menggunakan, menjual, dan mengizinkan orang lain untuk menggunakan sebuah penemuan atau inovasi tertentu.
  • Kemudian untuk paten sederhana adalah perlindungan penemuan dapat diperoleh melalui produk atau perangkat baru yang memiliki kegunaan praktis, berdasarkan bentuk, konfigurasi, konstruksi, atau komponennya.

Baca Juga: Pengertian, Jenis dan Contoh Hak Paten dalam Bisnis

3. Merek Dagang

Berikutnya ada merek dagang, yakni sebuah perlindungan hukum atas nama, logo, dan simbol yang digunakan untuk mengidentifikasi produk atau layanan tertentu, memberikan pemiliknya hak eksklusif untuk menggunakan merek tersebut dalam konteks bisnisnya.

Dengan memiliki perlindungan hak merek dagang pebisnis akan diuntungkan dalam beberapa hal, yakni:

  • Bukti yang sah atas kepemilikan sebuah merek
  • Menghindari klaim nama merek yang sama dengan pemohon lain.
  • Hak penuh untuk menggunakan merek dan hal terkait untuk kepentingan bisnis.

4. Desain Industri

Berikutnya ada hak desain industri, yakni hak  yang diberikan untuk melindungi aspek estetika dan desain produk, seperti tampilan luar dan fitur desain tertentu. Baik dalam bentuk pola, dua dimensi, tiga dimensi dan lain sebagainya.

Ada dua syarat umum yang harus dipenuhi seorang yang ingin mendaftarkan desain industri mereka, yaitu:

  • Memiliki Pembaruan, artinya karya yang diajukan untuk pendaftaran pada tanggal penerimaan tidak sama dengan yang telah ada sebelumnya.
  • Mematuhi peraturan dan undang-undang yang berlaku, artinya karya yang diajukan juga tidak melanggar ketertiban umum, norma agama dan asusila.

5. Rahasia Dagang

Berikutnya adalah rahasia dagang, hal ini mengarah kepemilikan atas informasi yang tidak diketahui oleh umum pada sebuah bisnis, baik itu teknologi, resep, dan sejenisnya yang memiliki nilai ekonomi.

Selain itu, hak atas perlindungan dagang ini mencakup kegiatan dalam hal metode produksi, pengelolaan, penjualan, informasi lainnya yang memiliki nilai ekonomi.

6. Indikasi Geografis

Indikasi geografis adalah salah satu bentuk Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang melindungi produk yang memiliki asal usul geografis tertentu.

Ini berarti bahwa produk-produk tersebut memiliki karakteristik, reputasi, atau kualitas yang khas yang berasal dari daerah geografis tertentu, seperti negara, wilayah, atau tempat tertentu.

Perlindungan indikasi geografis memungkinkan produsen dari daerah tersebut untuk melindungi reputasi dan kualitas produk mereka serta mencegah penggunaan ilegal atau peniruan produk dengan label yang salah.

7. DTLST

Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST) merujuk pada proses perencanaan dan pengaturan fisik komponen-komponen sirkuit terpadu (IC) pada sebuah substrat, seperti wafer silikon atau chip IC.

DTLST merupakan bagian penting dalam desain sirkuit terpadu yang kompleks, di mana ratusan bahkan ribuan transistor dan komponen lainnya harus diatur dengan presisi.

Kesimpulan

Hak Kekayaan Intelektual (HKI) adalah fondasi bagi bisnis modern. Perlindungan legal ini mendorong inovasi, memastikan investasi dalam penelitian, dan memberikan keunggulan bersaing. HKI melindungi merek dagang, paten, dan karya intelektual lainnya, yang berkontribusi pada nilai perusahaan.

Pengelolaan yang bijak memungkinkan perusahaan memaksimalkan manfaat dari aset HKI dan menjaga keberlanjutan bisnis. Selain itu, HKI memainkan peran penting dalam perdagangan internasional dan membuka peluang investasi.

Kunci sukses bisnis lainnya selain HKI adalah dengan manajemen keuangan, memahami nilai aset HKI, dan mengambil keputusan keuangan yang cerdas, memungkinkan bisnis untuk tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan. Anda bisa menggunakan software akuntansi online, bisa lihat buat laporan keuangan bisnis realtime dimana saja kapan saja, cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini!

Beecloud Bisa Kelola Manajemen Bisnis Tidak Asal Asalan Berdasarkan Laporan Keuangan

Manfaat Program Membership untuk Bisnis Anda
Artikel ini membahas tentang definisi membership dan keuntungan menjadi keanggotaan dalam hal menjaring data konsumen, meningkatkan loyalitas pelanggan, menarik daya
Baca Juga
15 Faktor Kegagalan Wirausaha dan Cara Mengidentifikasi
Ada cukup banyak faktor kegagalan wirausaha karena menjalankan bisnis merupakan tantangan yang penuh risiko dan tidak semua usaha berakhir dengan
Baca Juga
Lengkap! 10 Ide Bisnis Makanan Ringan, Logo, Stiker & Tipsnya
Anda pasti pernah merasakan kelezatan makanan ringan, bukan? Snack adalah teman setia saat Anda ingin menikmati camilan ringan di antara
Baca Juga
Contoh Barang Inferior, Pengertian, Jenis dan Karakteristiknya
Barang inferior adalah jenis produk atau barang yang mengalami penurunan permintaan ketika pendapatan konsumen meningkat. Dalam konteks ekonomi, barang ini
Baca Juga
Contoh Desain Produk Kreatif Memperkuat Identitas Brand Anda
Memiliki desain kemasan produk makanan dan minuman yang menarik merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam dunia bisnis. Contoh desain produk
Baca Juga
13 Contoh UMKM Bisa Dicoba untuk Kalangan Pemula
UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah, salah satu jenis usaha yang digaungkan pemerintah untuk menjadi penggerak roda
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu