Logo Bee Web

Agribisnis Adalah Usaha Sektor Pertanian, Begini Sistemnya

Agribisnis adalah sistem usaha yang luas dan kompleks dalam bidang pertanian, apa saja ruang lingkupnya? bagaimana sistemnya?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 7 April 2024

Agribisnis saat ini telah menjadi salah satu pilar utama dalam perekonomian global, dimana secara pengertian agribisnis adalah sektor yang menyatukan usaha hulu hingga hilir dalam bidang pertanian.

Dimana agribisnis tidak lagi hanya tentang bercocok tanam di ladang atau memelihara ternak, tetapi juga melibatkan teknologi canggih, riset inovatif, dan strategi pemasaran yang efektif.

Dalam hal ini Indonesia memiliki peluang emas untuk menjadi kekuatan agribisnis nasional maupun global. Mari kita bahas lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan agribisnis, ruang lingkup, sistem dan lainnya.

Sejarah Singkat Perkembangan Agribisnis

agribisnis adalah

Merangkum dari penjelasan dalam satu sub bab buku pengantar agribisnis (2017) karya Arifin dan Arsyad Biba, jika perkembangan agribisnis sejalan dengan perkembangan perekonomian indonesia yang

1. Era 1970-an

Pada era ini, Indonesia berhasil membangun fondasi atau basis pertumbuhan ekonomi yang baik, dengan sistem agribisnis yang terintegrasi ke dalam kebijakan ekonomi makro.

Keberhasilan ini tercermin dalam swasembada pangan yang tercapai pada pertengahan 1980-an, dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang kuat, ditandai dengan pertumbuhan lebih dari 7% per tahun.

Kesempatan kerja meningkat pesat, dan sektor pertanian menjadi tulang punggung perekonomian.

2. Akhir 1980-an dan Awal 1990-an

Namun, pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, ekonomi pertanian dan agribisnis mengalami tekanan serius.

Sektor pertanian mengalami pertumbuhan yang rendah, sekitar 3%, akibat proteksi besar-besaran pada sektor industri yang merugikan agribisnis.

Ini mengarah pada dekonstruksi sektor pertanian dan meruntuhkan sistem agribisnis serta fondasi ekonomi Indonesia secara umum.

3. Krisis Ekonomi

Kemudian, ketika krisis ekonomi melanda, sektor pertanian dan agribisnis mengalami beban ekonomi politik yang berat. Pengangguran meningkat, dan pertumbuhan ekonomi terhambat. Pergerakan tenaga kerja dari pedesaan ke perkotaan tidak lagi berjalan lancar, menyebabkan biaya sosial yang tinggi.

4. Rekonstruksi Agribisnis

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan upaya rekonstruksi agribisnis secara menyeluruh. Agribisnis adalah rangkaian sistem usaha yang mencakup berbagai aspek dari hulu hingga hilir.

Membangun agribisnis membutuhkan pendekatan yang rasional dan berkelanjutan, dengan memperhatikan semua pelaku ekonomi dari petani hingga konsumen.

5. Perspektif Masa Depan

Perjalanan pengembangan agribisnis memberikan pelajaran berharga bagi rekonstruksi sistem agribisnis dan pembangunan pertanian di masa depan. Indonesia perlu memperkuat basis sumber daya alam dan ekonomi domestik dengan investasi yang menguntungkan.

Analisis terhadap kondisi dan pelajaran dari setiap fase pengembangan agribisnis dapat menjadi panduan dalam menghadapi tantangan ekonomi di masa mendatang.

Pengertian Agribisnis Pertanian Menurut Para Ahli

Hidroponik adalah salah satu contoh dari praktek agribisnis (Credit: Freepik.com)

Menurut Gunakan (2013) dalam buku pengantar agribisnis (2017) karya Arifin dan Arsyad Biba menjelaskan dalam artian sempitnya agribisnis adalah pemasaran hasil pertanian yang berusaha untuk mengoptimalkan keuntungan.

Masih dalam buku yang sama Downey dan Erickson (1997) juga menjelaskan jika agribisnis adalah kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi pertanian dalam artian luas, mencakup keseluruhan mata rantai produksi, pengelolaan masukan dan pengeluaran, pemasaran pemasukan-pengeluaran hingga kelembagaan yang menunjang kegiatan.

Dari penjelasan di atas dapat disederhanakan apa itu agribisnis? Agribisnis adalah sistem usaha yang luas dan kompleks dalam bidang pertanian mulai dari produksi, distribusi, hingga pemasaran hasil pertanian.

Baca Juga: 10 Contoh Kegiatan Produksi Distribusi dan Konsumsi

Ruang Lingkup Agribisnis

Melanjutkan dari penjelasan di atas, maka kita bisa simpulkan jika ruang lingkup agribisnis mencakup seluruh kegiatan pertanian, mulai dari pengadaan sarana produksi (the manufacture and distribution of farm supplies), produksi usaha tani (production on the farm) dan pemasaran produk tani baik mentah maupun sudah olahan.

Dengan kata lain, ruang lingkup agribisnis mulai dari penyediaan input usaha tani - usaha tani - usaha pasca panen - usaha sortasi, penyimpanan dan pengemasan produk tani - usaha pengelolaan produk tani - usaha distribusi - terakhir kegiatan penunjang.

Faktor Keberhasilan Agribisnis

Ada 4 faktor yang dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya agrobisnis industri menurut Soekartawi (2001), yakni:

  • ketersediaan bahan baku
  • Perubahan preferensi konsumen
  • Karakter pesaing
  • Kualitas sumber daya manusia.

Sistem Agribisnis Pertanian

Mengutip dari buku Seri Memahani Agribisnis: Pengertian Agribisnis (2020) karya Bayu Krisnamukti, sistem agribisnis pertanian terdiri atas beberapa sub-sistem, yakni:

1. Subsistem Agribisnis Hulu (Upstream Agribusiness)

Subsistem ini bertanggung jawab untuk menghasilkan dan memperdagangkan sarana produksi pertanian primer, seperti pupuk, obat-obatan, bibit/benih, peralatan pertanian dan sejenisnya.

Bisa disimpulkan jika sub-sistem ini fokus pada penyediaan input atau sarana produksi yang dibutuhkan oleh petani.

2. Subsistem Usaha Tani (On Farm Agribusiness)

Berikutnya adalah subsistem usaha tani yang disebut juga dengan sektor pertanian primer.

Dimana merupakan inti dari agribisnis, di mana petani melakukan kegiatan budidaya tanaman untuk menghasilkan produk pertanian.

Seperti melakukan pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan, panen dan pasca panen.

3. Subsistem Agribisnis Hilir (Downstream Agribusiness)

Selanjutnya adalah kegiatan usaha yang dilakukan pasca panen, yakni mengelola hasil pertanian primer menjadi produk olahan baik olahan siap dimasak (ready to cook) atau siap konsumsi (ready to eat), lalu kemudian didagangkan di pasar lokal dan internasional.

Dapat disimpulkan jika subsistem hilir bertanggung jawab atas mengubah hasil pertanian mentah menjadi produk yang siap dikonsumsi oleh konsumen akhir.

4. Subsistem Jasa Layanan Pendukung

Terakhir adalah substansi jasa layanan pendukung, meliputi lembaga keuangan dan pembiayaan, transportasi, layanan informasi, penelitian, pengembangan, penyuluhan, asuransi hingga kebijakan pemerintah.

Subsistem ini mendukung berbagai aspek agribisnis dengan menyediakan infrastruktur dan layanan yang diperlukan untuk keberhasilan operasional seluruh sistem agribisnis.

Contoh Usaha Agribisnis

Contoh Usaha agribisnis

Ilustrasi toko bibit tanaman (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa contoh usaha agribisnis yang menguntungkan dan bisa Anda coba:

1. Budidaya Tanaman Hias

Usaha agribisnis pertama adalah budidaya tanaman hias, fokus pada pembibitan, penanaman, dan perawatan tanaman hias untuk dijual.

Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa dikembangkan, dari aglaonema yang menawan hingga monstera yang unik, siap untuk dipasarkan kepada para pencinta tanaman.

2. Ternak Hewan

Berikutnya adalah ternak hewan, seperti pemeliharaan hewan ternak seperti sapi, kambing, ayam, dan ikan untuk menghasilkan produk seperti daging, susu, telur, dan lainnya.

3. Pembibitan Tanaman

Kemudian ada pembibitan tanaman, fokus pada produksi bibit tanaman berkualitas tinggi untuk dijual kepada petani. Bibit dapat berupa benih, cangkokan, stek, atau kultur jaringan.

4. Usaha dari Pengelolaan Hasil Panen

Usaha agribisnis berikutnya ada aneka bisnis yang berhubungan dengan pengelolaan hasil panen, seperti padi, jagung, dan buah-buahan menjadi produk yang lebih bernilai jual, seperti beras, tepung, jus, dan olahan lainnya.

5. Toko Alat Kebutuhan Pertanian

Berikutnya, membuka usaha alat kebutuhan pertanian seperti seperti pupuk, pestisida, benih, traktor, dan peralatan lainnya.

6. Jasa Konsultan Agribisnis

Selanjutnya ada jasa yang membantu petani dalam berbagai aspek agribisnis, seperti perencanaan usaha, budidaya tanaman, pengelolaan hama penyakit, dan pemasaran produk.

7. Sewa Peralatan Pertanian

Contoh usaha agribisnis terakhir menyediakan jasa sewa peralatan pertanian seperti traktor, mesin panen, dan lainnya kepada petani yang membutuhkan.

Baca Juga: 7 Usaha yang Berhubungan dengan Pertanian dan Tipsnya

Kesimpulan

Dari seluruh penjelasan di atas dapat disimpulkan jika agribisnis adalah bidang usaha yang luas dan beragam, dan jenis usahanya tidak terbatas pada daftar diatas.

Dengan potensi yang besar dan peluang pasar yang terbuka lebar, agribisnis menjadi pilihan usaha yang menarik bagi banyak orang.

Pakai Beeaccounting Kelola Bisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Artikel Terkait

Ciri-Ciri Perusahaan Jasa, Jenis dan Contohnya
Perusahaan jasa adalah jenis perusahaan yang bergerak dalam sektor jasa, Salah satu ciri-ciri perusahaan jasa paling umum adalah menyediakan layanan
Baca Juga
Manfaat Program Membership untuk Bisnis Anda
Artikel ini membahas tentang definisi membership dan keuntungan menjadi keanggotaan dalam hal menjaring data konsumen, meningkatkan loyalitas pelanggan, menarik daya
Baca Juga
11 Komponen, Fungsi dan Contoh Perencanaan Bisnis
Perencanaan sebuah usaha merupakan langkah yang penting sebelum Anda menjalankan bisnis apapun dan mencari contoh perencanaan bisnis menjadi solusi jika
Baca Juga
CVP Adalah: Pengertian, Komponen dan Cara Menghitungnya
Kepanjangan dari CVP adalah Cost Volume Profit, salah satu alat analisis keuangan yang penting untuk membantu perusahaan memahami hubungan antara
Baca Juga
VUCA Adalah: Jenis, Langkah dan Dampaknya bagi Bisnis
VUCA adalah singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity, mencerminkan sebuah kondisi lingkungan bisnis yang tengah mengalami ‘kesulitan’. Terutama pasca pandemi
Baca Juga
5 Contoh Usaha Perdagangan, Pengertian, Ciri dan Jenisnya
Usaha perdagangan telah menjadi pilar utama dalam menggerakkan roda ekonomi dunia. Perdagangan tidak hanya sekedar pertukaran barang dan jasa, tetapi
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu