Logo Bee Web

Intrapreneur Adalah: Mengenal Peran & Karakteristiknya

Artikel ini membahas perbedaan antara seorang intrapreneur dan entrepreneur serta peran pentingnya dalam inovasi dan pertumbuhan perusahaan.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 18 July 2023

Apakah Anda pernah mendengar istilah "intrapreneur"? Intrapreneur berbeda lho dengan Entrepreneur. Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, inovasi dan kreativitas menjadi faktor kunci untuk mencapai kesuksesan. Di sinilah peran seorang intrapreneur adalah sangat penting.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang apa itu intrapreneur, peran serta karakteristiknya yang membuat mereka berbeda dengan entrepreneur. Mari kita mulai!

Apa itu Intrapreneur?

Pada dasarnya, intrapreneur adalah individu yang bertindak seperti seorang entrepreneur di dalam perusahaan. Mereka adalah orang-orang yang memiliki semangat kewirausahaan dan berani mengambil risiko untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan perusahaan tempat mereka bekerja. Sederhananya, intrapreneur adalah pengusaha dalam wadah perusahaan.

Pentingnya intrapreneur dalam dunia bisnis modern tidak bisa diabaikan. Mereka mampu mendorong perubahan dan inovasi yang sangat dibutuhkan untuk bersaing di pasar yang terus berkembang pesat.

Dengan perubahan yang cepat, perusahaan perlu memiliki individu yang berani berpikir di luar kotak dan menciptakan peluang baru. Intrapreneur adalah orang-orang tersebut.

Perbedaan Intrapreneur dengan Entrepreneur

Secara sederhana, perbedaan antara intrapreneur dan entrepreneur terletak pada lingkup dan konteks di mana mereka beroperasi. Berikut adalah penjelasan ulang mengenai perbedaan antara keduanya:

1. Entrepreneur

  • Seorang entrepreneur adalah individu yang memulai bisnis sendiri atau mengembangkan ide bisnis baru dari awal.
  • Mereka memiliki kebebasan untuk mengatur visi, misi, dan strategi bisnis mereka tanpa batasan dari struktur organisasi yang sudah ada.
  • Entrepreneur mampu mengambil risiko dan bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan bisnis mereka sendiri.
  • Mereka berfokus pada menciptakan usaha baru, membangun merek, dan mencapai pertumbuhan dan keuntungan yang maksimal.

Baca Juga: Entrepreneur Adalah? Simak Arti, Ciri, dan Perbedaannya Dengan Pengusaha

2. Intrapreneur

  • Seorang intrapreneur adalah individu yang bekerja di dalam perusahaan dan menggunakan semangat kewirausahaan untuk menciptakan inovasi dan pertumbuhan di dalam organisasi tersebut.
  • Mereka beroperasi di dalam struktur dan batasan perusahaan yang sudah ada, memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mengembangkan ide-ide baru.
  • Intrapreneur bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan dan memperkuat posisi perusahaan di pasar dengan menghadirkan perubahan positif.
  • Mereka mengambil risiko, berinovasi, dan mencari peluang baru dalam konteks organisasi yang sudah ada.

Perbedaan utama antara intrapreneur dan entrepreneur adalah dalam hal lingkup dan tanggung jawab. Entrepreneur beroperasi di luar organisasi, memulai bisnis mereka sendiri, dan memiliki kebebasan penuh untuk mengambil keputusan strategis.

Di sisi lain, intrapreneur beroperasi di dalam perusahaan, menggunakan sumber daya yang ada, dan bekerja untuk mencapai tujuan dan pertumbuhan perusahaan yang sudah ada.

Meskipun demikian, baik intrapreneur maupun entrepreneur memiliki semangat kewirausahaan dan keinginan untuk menciptakan perubahan dan inovasi.

Keduanya memiliki peran penting dalam dunia bisnis, dengan fokus yang sedikit berbeda sesuai dengan konteks di mana mereka beroperasi.

Ciri-Ciri Karakteristik Intrapreneur

Apa yang membuat seseorang menjadi intrapreneur? Berikut adalah beberapa karakteristik yang umum ditemukan pada individu dengan semangat intrapreneurship:

1. Kreatif dan Inovatif

Intrapreneur memiliki kemampuan untuk melihat masalah dari sudut pandang baru dan menemukan solusi yang inovatif. Mereka berpikir kreatif dan selalu mencari cara baru untuk meningkatkan proses dan produk di perusahaan.

2. Berani Mengambil Risiko

Ketika orang lain ragu-ragu, intrapreneur bersedia mengambil risiko. Mereka percaya bahwa dengan mengambil langkah yang berani, mereka bisa mencapai hasil yang luar biasa. Intrapreneur siap menghadapi tantangan dan tidak takut mengambil langkah di luar zona nyaman mereka.

3. Memiliki Kemampuan Kepemimpinan

Seorang intrapreneur bukan hanya orang yang memiliki ide-ide brilian, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memimpin dan menginspirasi orang lain. Mereka mampu membawa orang-orang bersama-sama dan menciptakan tim yang produktif dan kolaboratif.

4. Fleksibel dan Adaptif terhadap Perubahan

Perubahan adalah bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis. Intrapreneur memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar dan lingkungan bisnis. Mereka siap mengubah arah strategi jika diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

5. Ingin Terus Belajar dan Berkembang

Seorang Intrapreneur Harus Punya Semangat Belajar

Seorang Intrapreneur Membaca Buku (Credit: freepik.com)

Intrapreneur adalah pembelajar seumur hidup. Mereka selalu haus akan pengetahuan baru dan mencari kesempatan untuk terus berkembang. Mereka mengikuti perkembangan terbaru dalam industri mereka dan terus meningkatkan keterampilan mereka untuk tetap relevan.

Peran Intrapreneur dalam Perusahaan

Peran intrapreneur tidak dapat diremehkan dalam dunia bisnis. Berikut adalah beberapa peran penting yang dimainkan oleh intrapreneur dalam perusahaan:

1. Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas di dalam Perusahaan

Intrapreneur membawa ide-ide segar dan pandangan baru ke dalam perusahaan. Mereka mendorong tim untuk berpikir kreatif dan menciptakan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan bisnis.

2. Menghadapi Tantangan Bisnis dengan Sikap Proaktif

Intrapreneur tidak menunggu perubahan terjadi, tetapi mereka aktif mencari peluang dan menghadapi tantangan. Mereka tidak takut mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan perusahaan.

3. Menemukan Peluang Baru untuk Pertumbuhan Perusahaan

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, intrapreneur mampu melihat peluang baru yang mungkin terlewatkan oleh orang lain. Mereka menciptakan peluang pertumbuhan baru dan membantu perusahaan berkembang di pasar yang semakin kompleks.

4. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Dengan semangat intrapreneurship, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas karyawan. Intrapreneur mendorong penggunaan teknologi dan inovasi untuk mengoptimalkan proses bisnis.

Selain karakteristik dan peran yang telah disebutkan sebelumnya, intrapreneur juga dapat memanfaatkan teknologi dan aplikasi bisnis untuk mendukung aktivitas mereka dalam mengontrol usaha secara realtime dan dari mana saja. Salah satu aplikasi yang dapat membantu intrapreneur dalam mengelola pembukuan dan mengontrol usaha adalah Beecloud.

Beecloud Aplikasi Dashboard Untuk Monitor Bisnis Real Time

 

Beecloud adalah sebuah aplikasi pembukuan yang dirancang khusus untuk membantu pebisnis mengelola keuangan dan memantau kinerja bisnis mereka secara efisien.

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur seperti pencatatan pengeluaran dan pemasukan, manajemen stok, pembuatan laporan keuangan, dan pemantauan performa bisnis secara realtime.

Dengan menggunakan Beecloud, seorang intrapreneur dapat dengan mudah mencatat transaksi keuangan, mengelola inventaris, dan memantau perkembangan bisnis mereka di waktu nyata.

Aplikasi ini memungkinkan akses dari berbagai perangkat seperti ponsel pintar, tablet, atau komputer, sehingga intrapreneur dapat mengontrol usaha mereka dari mana saja dan kapan saja.

Bagaimana Caranya Menjadi Intrapreneur yang Sukses?

Mungkin Anda bertanya-tanya, "Bagaimana saya bisa menjadi seorang intrapreneur?" Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

1. Memahami Visi dan Misi Perusahaan

Anda perlu memahami visi dan misi perusahaan dengan baik. Dengan memahami tujuan perusahaan, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk berinovasi dan menciptakan nilai tambah.

2. Berani Berbicara dan Berbagi Ide

Jangan takut untuk berbicara dan berbagi ide. Intrapreneur harus memiliki keberanian untuk menyampaikan ide-ide mereka kepada atasan dan rekan kerja. Jadilah proaktif dalam menyuarakan pandangan dan solusi yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

3. Mengembangkan Keterampilan Kewirausahaan

Perkuat keterampilan kewirausahaan Anda melalui pendidikan, pelatihan, dan membaca. Pahami konsep-konsep bisnis dan strategi yang dapat diterapkan di dalam perusahaan.

4. Mengatasi Rintangan dan Hambatan dalam Organisasi

Intrapreneur mungkin menghadapi rintangan dan hambatan dalam organisasi. Jangan menyerah! Jadilah tekun dan gigih dalam mencapai tujuan Anda. Carilah dukungan dari rekan kerja dan manajemen yang berbagi visi yang sama.

Berapa Besaran Gaji Seorang Intrapreneur?

Gaji Seorang Entrepreneur Dan Intrapreneur

Gaji Intrapreneur (Credit: freepik.com)

Gaji seorang intrapreneur dapat sangat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran perusahaan, industri, posisi, dan tingkat pengalaman individu tersebut.

Sebagai intrapreneur, gaji Anda mungkin tidak hanya terbatas pada gaji pokok tetapi juga bisa melibatkan komponen lain seperti bonus, insentif, atau bagian dari keuntungan yang dihasilkan oleh ide atau proyek yang Anda ciptakan.

Gaji rata-rata untuk intrapreneur adalah sekitar Rp 15-50 juta per bulan di Indonesia, tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, gaji intrapreneur juga dapat meningkat seiring dengan kesuksesan proyek atau kontribusi yang mereka berikan kepada perusahaan.

Apa saja Tantangan sebagai Intrapreneur?

Sebagai seorang intrapreneur, Anda mungkin menghadapi beberapa tantangan. Berikut adalah beberapa tantangan umum dan cara mengatasi mereka:

1. Dukungan Manajemen dalam Mengimplementasikan Ide-Ide Baru

Untuk mengimplementasikan ide-ide baru, Anda perlu mendapatkan dukungan dari manajemen. Artikulasikan visi Anda dengan jelas dan buktikan nilai-nilai dari ide-ide Anda melalui data dan fakta yang relevan.

2. Mengatasi Resistensi dan Skeptisisme dari Rekan Kerja

Tidak semua orang akan menerima ide-ide baru dengan antusiasme. Hadapi resistensi dan skeptisisme dengan pemahaman dan pendekatan persuasif. Jelaskan manfaat dan potensi hasil positif dari ide-ide Anda.

3. Menghadapi Kegagalan dan Belajar darinya

Kegagalan adalah bagian dari perjalanan menjadi seorang intrapreneur. Jangan takut untuk mencoba dan gagal. Pelajari dari kegagalan Anda, perbaiki dan terus maju. Justru dari kegagalan kita bisa mendapatkan pelajaran berharga.

Kesimpulan

Intrapreneur adalah kunci kesuksesan bisnis modern. Mereka membawa inovasi, kreativitas, dan semangat kewirausahaan ke dalam perusahaan. Dengan karakteristik yang unik, intrapreneur mampu menghadapi tantangan bisnis dan menciptakan peluang pertumbuhan baru.

Dalam dunia yang terus berubah, intrapreneurship menjadi faktor penting dalam mendorong inovasi dan kesuksesan perusahaan. Jadilah seorang intrapreneur, dan bersiaplah untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis yang kompetitif.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Pengertian Wirausaha, Karakteristik dan Tips Suksesnya
Apakan Anda sedang membutuhkan informasi tentang pengertian kewirausahaan? Istilah wirausaha mungkin sudah sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Dan tahukah
Baca Juga
10 Kerja Sampingan Online Mudah dan Bisa Lewat HP
Kerja sampingan online menjadi pilihan banyak orang untuk menambah penghasilan. Selain fleksibel, kerja sampingan online juga bisa dilakukan di mana
Baca Juga
Surat Jalan: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Komponen
Ketika mengirim suatu barang, terdapat dokumen bukti pengiriman yang bernama surat jalan. Surat ini sangat penting, bahkan tidak boleh hilang
Baca Juga
Fungsi Pengawasan, Pengertian dan Jenis dalam Lingkup Bisnis
Pengawasan dalam bisnis adalah elemen kunci yang memainkan peran penting dalam memastikan bahwa semua aspek bisnis berjalan sesuai rencana dan
Baca Juga
Manajemen Salesman: Pengertian, Aspek, dan Cara Melakukan
Salesman (manajemen) merupakan elemen penting dalam strategi penjualan suatu perusahaan. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki tim penjualan yang efektif
Baca Juga
8 Contoh CSR Perusahaan dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah konsep di mana perusahaan secara aktif berkontribusi terhadap pembangunan sosial, lingkungan, dan ekonomi di sekitarnya.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu