🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Fitur Penting Aplikasi Manajemen Keuangan untuk Perusahaan

Terdapat beberapa teknologi yang bisa membantu memudahkan pekerjaan sebuah bisnis. Salah satunya adalah aplikasi manajemen keuangan. Pekerjaan pengelola
Penulis: Farhan Anggara
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 3 May 2020

Sebagai seorang pengusaha ada kalanya mengikuti perkembangan jaman. Untuk saat ini dunia teknologi sudah jauh berkembang, dan tentunya terdapat beberapa teknologi yang bisa membantu memudahkan pekerjaan sebuah bisnis. Salah satunya adalah aplikasi manajemen keuangan.

Buat yang belum tau, pada artikel ini akan dijelaskan secara rinci mengenai apa itu manajemen keuangan sampai pembahasan tentang aplikasi manajemen keuangan. Salah satu yang terpenting adalah tentang tujuan dan fungsi dari manajemen keuangan itu sendiri.

Apa itu Manajemen Keuangan?

aplikasi manajemen keuangan

Ilustrasi Manajemen Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Bukan hanya orang akuntan yang harus mengetahui tentang manajemen keuangan, tetapi juga pelaku usaha karena berhubungan dengan kegiatan usaha. Pengertian dari Manajemen Keuangan itu sendiri merupakan kegiatan yang berkaitan dengan bagaimana cara mendapat pendanaan dalam modal usaha, menggunakan atau mengalokasikan keuangan, hingga mengelola aset yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan utama.

Menurut para ahli, definisi manajemen keuangan adalah salah satu alat yang digunakan oleh manajemen untuk mengatur aktivitas keuangan, mulai dari:

  • kegiatan perencanaan anggaran perusahaan,
  • analisis,
  • pengendalian kegiatan keuangan serta
  • pengambilan keputusan dari beberapa alternatif yang dihadapi.

Fungsi Manajemen Keuangan

Secara umum terdapat lima fungsi yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Planning, merupakan perencanaan keuangan mulai dari arus kas hingga laba rugi perusahaan
  • Budgeting, fungsi ini meliputi sebuah rencana hingga pengalokasian anggaran biaya agar lebih efisien dan efektif bagi perusahaan
  • Controlling, pengawasan juga perlu dilakukan dalam manajemen keuangan demi dapat mengevaluasi hingga perbaikan di masa yang akan datang.
  • Auditing, Audit internal mesti dilakukan supaya sesuai dengan standar akuntansi agar tidak terjadi penyimpangan.
  • Reporting, merupakan sebuah laporan mengenai kondisi keuangan serta analisa rasionya.

Tujuan Manajemen Keuangan

Dalam garis besar, pengusaha juga wajib mengetahui tujuan dari manajemen keuangan. Apa tujuan dari Manajemen Keuangan? Tujuan manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai perusahaan, atau bertujuan untuk memberi nilai tambah pada inventory asset yang dimiliki pemilik saham.

Tujuan seperti ini harus ditentukan agar manajer keuangan bisa mengambil keputusan-keputusan keuangan dengan benar. Lalu apa yang dimaksud dengan nilai perusahaan? Nilai perusahaan merupakan harga yang tersedia dibayar oleh calon pembeli bila perusahaan tersebut dijual.

Namun secara lebih rinci, tujuan dari manajemen keuangan adalah sebagai berikut:

  • Memaksimalkan pendapatan dengan keputusan yang lebih tepat
  • Menjaga arus kas agar sesuai untuk membayar semua kewajiban dan beban perusahaan
  • Menyiapkan struktur modal yang didapat dari internal maupun eksternal
  • Pemanfaatan uang dengan tepat dan optimal seupaya efisiensi terus terjaga
  • Memaksimalkan kekayaan supaya dividen kepada pemegang saham dan laba ditahan bisa terus optimal sepanjang waktu
  • Efisiensi supaya distribusi keuangan tepat dalam semua aspek di dalam perusahaan.

Mengenal Tentang Aplikasi Manajemen Keuangan

Pada awal artikel sudah disinggung mengenai sebuah teknologi yang memudahkan semua pengusaha dalam pengelolaan keuangan. Yaitu adalah aplikasi manajemen keuangan.

Jika Anda belum mengetahui, aplikasi manajemen keuangan adalah sistem yang dibuat untuk melakukan pencatatan, pengelolaan, hingga memberikan informasi seputar keuangan perusahaan untuk Anda.

Kenapa Harus Pakai Aplikasi Manajemen Keuangan?

Tahun 2020, merupakan tahun dimana teknologi sudah sangat juah berkembang. Teknologi seperti ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mobilitas atau memudahkan pekerjaan dalam sebuah perusahaan.

Salah satunya adalah manajemen keuangan. Terkadang kita sering menghadapi masalah terkait keuangan dalam sebuah perusahaan. Beberapa pengusaha kualahan hingga akhirnya usaha tidak terkontrol sampai mengalami gulung tikar.

Hal ini akan fatal jika terus dihiraukan. Maka dari itu, sudah saatnya Anda mulai melek teknologi. Keuntungannya, selain mengatasi masalah terkait kegiatan perusahaan, Anda akan merasa lebih mudah dalam menjalankan sebuah usaha.

Fitur Penting yang Harus Dimiliki Aplikasi Manajemen Keuangan

Perlu Anda ketahui, bahwa banyak aplikasi keuangan yang banyak memberikan keuntungan. Fitur yang dimiliki bukan hanya satu atau dua fitur yang dapat digunakan, namun ada banyak fitur yang tentunya untuk memudahkan perusahaan.

Berikut beberapa fitur penting yang dimiliki Aplikasi Manajemen Keuangan:

1. Manajemen Laporan Keuangan

Seperti yang sudah dibahas, manajemen laporan keuangan merupakan salah satu fitur utama yang paling penting dan paling banyak dicari oleh seluruh perusahaan. Laporan keuangan yang dibuat secara manual terkadang sangat rentan terhadap human error, akibatnya data yang dihasilkan kacau dan tidak akurat. Hal ini tentunya memiliki dampak negatif pada keuangan bisnis di masa mendatang.

Kini banyak perusahaan yang sudah menyadari bahwa menggunakan kertas untuk membuat sebuah laporan keuangan sangat tidak efisien dan memakan banyak waktu. Inilah yang menjadi alasan mengapa fitur manajemen keuangan menjadi salah satu kebutuhan pokok mereka.

Dengan adanya aplikasi keuangan, berbagai jenis laporan keuangan bisa dibuat secara instan. Aplikasi yang baik sudah dipastikan menyediakan data keuangan secara real-time dan sesuai dengan peraturan keuangan di Indonesia.

2. Manajemen Faktur & Transaksi

Manajemen faktur dan transaksi merupakan fitur penting terutama untuk perusahaan dagang dan manufaktur. Mengelola faktur dengan kertas sudah tidak efisien sehingga akan sangat merepotkan manajer keuangan ketika mencari riwayat transaksi. Selain itu, faktur kertas juga memiliki kelemahan yaitu mudah rusak dan hilang.

Manajemen faktur erat hubungannya dengan pengelolaan utang dan piutang, sehingga ini akan sangat berpengaruh terhadap arus kas perusahaan. Aplikasi akan dibutuhkan untuk membuat manajemen faktur dan transaksi agar lebih sederhana dan mudah.

3. Manajemen Laba/Rugi

Perusahaan yang biasa bertransaksi dengan supplier atau customer yang menggunakan mata uang asing biasanya merasa kesulitan untuk melihat laporan laba rugi yang mereka hasilkan dari setiap transaksi. Aplikasi keuangan membuat penghitungan laba dan rugi ini menjadi pekerjaan yang jauh lebih mudah.

Dengan adanya aplikasi keuangan, laba rugi yang sudah terealisasi dan yang belum terealisasi bisa terlacak dengan mudah. Laba rugi akan secara otomatis dihitung apabila ada selisih antara kurs yang dimasukkan ketika pembayaran faktur di periode yang sama. Sedangkan untuk laba rugi yang belum terealisasi dapat dihitung di setiap akhir bulan.

4. Cash Flow Forecasting

Cash flow forecasting (prakiraan arus kas) untuk saat ini adalah fitur aplikasi keuangan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Sayangnya, hanya beberapa aplikasi keuangan yang memiliki fitur berharga ini, salah satunya adalah aplikasi keuangan Beeaccounting.

Fitur cash flow forecasting membantu perusahaan dalam memprediksi pendapatan, keuntungan, biaya pengeluaran, sampai kerugian bisnis mereka di masa mendatang. Hal ini tentunya sangat membantu usaha dalam mengatur dan mengalokasikan anggarannya dengan tepat. Selain itu prediksi arus kas juga sangat membantu ketika perusahaan sedang mencari investor.

Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Perusahaan

Laporan Keuangan Akurat Untuk Laporan Pajak Pakai Beeaccounting 1x Klik Langsung Jadi

Jika Anda sudah menyimak segala fitur yang paling banyak dibutuhkan perusahaan, maka pertanyaannya mana aplikasi keuangan yang akan dipilih. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan aplikasi Beeaccounting dengan segala fitur lengkap seperti di atas.

Info Lengkap bisa Anda kunjungi halaman: Aplikasi Manajemen Keuangan Beeaccounting

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Cara Menghitung Variabel Cost Mudah dan Contohnya
Cara menghitung variabel cost merupakan hal yang perlu diketahui dan dipahami pemilik usaha sebab sangat penting bagi profitabilitas usaha. Meski
Baca Juga
Cara Menghitung Variabel Costing dan Penjelasan Lainnya
Dalam dunia industri dan produksi, pemilik usaha harus dapat menentukan biaya produksi yang tepat agar tidak terjadi kerugian. Ada setidaknya
Baca Juga
Contoh Laporan Cash Flow Sederhana Excel
Contoh laporan cash flow sederhana excel bisa membantu  Anda sebagai pemilik bisnis dalam proses pembukuan. Salah satu laporan keuangan yang
Baca Juga
Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Usaha Kecil
Pembukuan keuangan sederhana dibutuhkan oleh pengusaha untuk melihat progres bisnisnya melalui rekapan aktivitas keuangan di dalam perusahaan. Apakah keuntungan meningkat
Baca Juga
Tips Software Akuntansi Offline Terbaik 2021
Sejak kecanggihan teknologi dan sistem komputer semakin berkembang, software akuntansi offline bukan lagi perkara langka. Kini, tidak hanya perusahaan besar,
Baca Juga
Bagaimana Cara Menghitung Rumus Inflasi? Apa Penyebabnya?
Inflasi merupakan salah satu istilah yang sering muncul dalam dunia perekonomian. Akan tetapi, masih banyak yang belum mengetahui pengertian dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu