Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Cara Menggunakan Pemindai Barcode Online Pada Android

Dipublish Tgl: Wednesday, 1 June 2022

Hampir seluruh kemasan produk, jasa pembayaran, dan keperluan lain kini menggunakan pemindai barcode online untuk kemudahan transaksi. Selain karena kegunaannya yang mudah, barcode juga tergolong ekonomis, sehingga penggunaannya semakin menyebar luas. Alat untuk membaca barcode disebut dengan barcode scanner. 

Adanya scanning barcode secara online akan membuat Anda lebih mudah tanpa harus memiliki alatnya. Anda hanya perlu menggunakan smartphone sebagai medianya. Sebelum lebih jauh, Anda harus memahami terlebih dahulu mengenai pemindai barcode tersebut. 

Apa Itu Pemindai Barcode Online?

Pemindai Barcode Online Adalah

Ilustrasi Pemindai Barcode Online (Sumber: Freepik.com)

Sebelum mengetahui apa itu pemindai barcode, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian barcode. Barcode merupakan suatu kumpulan data optik yang dapat dibaca oleh mesin. Nah, barcode atau kode batang sendiri memiliki dua jenis simbolis yang berbeda, yaitu:

  • Barcode Linier atau 1D (Satu Dimensi)

Barcode linier atau 1D (satu dimensi) adalah kumpulan kode pertama yang menyimpan data dengan memanfaatkan garis putih dan hitam dengan ketebalan dan panjang yang berbeda.

Kode batang ini bisa berisi angka saja contohnya; UPC, EAN, ISBN atau berisi angka dan huruf contohnya; code 93, code 128, code 39 dan LOGMARS. Penggunaan barcode 1D ini umumnya untuk pelabelan produk, industri, laboratorium, warehouse hingga tanda pengenal.

  • Barcode Matriks atau 2D (Dua Dimensi)

Barcode 2D (dua dimensi) adalah barcode yang lebih canggih karena dapat memuat ratusan karakter. Umumnya, barcode 2D berbentuk persegi dan memiliki kapasitas untuk menyimpan lebih banyak informasi dibandingkan dengan kode satu dimensi. Contohnya adalah Data Matrix, kode Aztec, kode QR, dan kode AR. Anda dapat memecahkan kodenya dengan mudah menggunakan pemindai kode batang apapun secara online.

Lalu, apa itu alat scanning barcode online? Pemindai barcode merupakan sebuah alat yang bisa digunakan untuk memindai barcode, baik jenis yang satu dimensi (1D) maupun dua dimensi (2D) secara visual menggunakan alat khusus scanner atau smartphone.

Khusus untuk smartphone android, ada beberapa merek yang sudah memiliki pemindai bawaan. Namun, jika smartphone Anda belum memilikinya, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa menggunakan browser maupun aplikasi online untuk membantu memindai barcode. 

Cara Menggunakan Pemindai Barcode pada Android

Cara Memindai Barcode Pada Android

Ilustrasi Cara Menggunakan Pemindai Barcode Online oleh Customer (Sumber: Freepik.com)

Saat ini, hidup kita selalu berdampingan dengan smartphone. Smartphone merupakan sebuah alat elektronik yang dapat memudahkan kita dalam segala hal. Salah satunya untuk memindai barcode melalui visualisasi kamera. Anda bisa menggunakan 4 cara berikut untuk memindai barcode dengan mudah. 

Menggunakan Aplikasi Bawaan pada Android

Ada beberapa merek smartphone android yang memiliki aplikasi pemindai barcode bawaan. Umumnya aplikasi pemindai tersebut digunakan untuk QR Code. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi pemindai barcode pada smartphone Anda
  • Jika sudah dibuka, maka akan secara otomatis muncul kamera pemindai
  • Arahkan smartphone Anda tepat di barcode yang akan dipindai
  • Pastikan posisi sesuai dengan jarak kurang lebih 2-8 cm
  • Apabila sudah terbaca maka secara otomatis informasi barcode akan muncul

Menggunakan Aplikasi yang Dapat di Unduh pada Play Store

Cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi yang dapat Anda unduh di Play Store. Ada beberapa merk Android yang memang tidak memiliki aplikasi pemindai bawaan sehingga Anda perlu mengunduhnya sendiri.

Kalau Anda bertanya-tanya, apakah memerlukan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk mengunduh aplikasinya di Play Store? Jawabannya tentu saja tidak. Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi pemindai barcode tidak memakan banyak data memori HP Anda.

Lalu bagaimana cara menggunakanya? 

  • Pertama, buka play store Anda terlebih dahulu
  • Kemudian pilih aplikasi pemindai barcode yang memungkinkan untuk smartphone Anda.¬†
  • Download aplikasi tersebut dan pastikan berhasil
  • Buka aplikasi tersebut, lalu registrasi bisa menggunakan account google atau email.¬†
  • Pilih pemindai barcode atau QR Code lalu arahkan pada barcode yang Anda inginkan.
  • Jangan lupa izinkan aplikasi untuk mengakses kamera Smartphone
  • Tunggu hingga informasi atau link tujuan Anda muncul

Menggunakan Google Lens

Google Lands merupakan aplikasi google pintar dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dapat membantu mengenali konteks tempat objek itu diidentifikasi. Google lens memiliki banyak kegunaan salah satunya memindai barcode dengan mudah. Anda bisa memanfaatkan google lens ini sebagai alat pemindai dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi asisten google
  • Lalu klik ikon kompas di sisi kanan bawah untuk membuka menu "Explore"
  • Pilih ikon Google Lens yang berbentuk kamera kecil di sebelah kiri mikrofon untuk membuka layar jendela bidik lensa.
  • Apabila sudah muncul kamera, langsung diarahkan ke objek yang ingin diidentifikasi, lalu klik bagian atas
  • Secara otomatis Informasi barcode yang Anda inginkan akan segera muncul.

Menggunakan Browser

Cara memindai barcode yang terakhir yaitu dengan menggunakan browser. Selain untuk mencari berbagai informasi Anda juga dapat menggunakan browser sebagai pemindai barcode. Jika Anda masih belum mengetahui bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini: 

  • Pertama, buka browser pada Android Anda
  • Ketik link https://webqr.com/ pada browser
  • Berikan izin akses kamera untuk scan barcode dan QR code
  • Peletakan kamera pada barcode atau QR code yang Anda inginkan
  • Tunggu hingga Pop up berupa informasi atau link tujuan muncul.

Rekomendasi Alat Scan Barcode Online

Ilustrasi Karyawan Sedang Memindai Barcode (Sumber: Freepik.com)

Barcode merupakan sekumpulan kode yang dirancang untuk memudahkan Anda dalam mengakses berbagai informasi. Saat ini, hampir semua produk sudah ditempelkan barcode.

Anda butuh aplikasi kasir yang bisa membaca barcode dan tersimpan dalam database? Aplikasi kasir Beepos komplit! Barcode scanner, laci kasir, customer display, card reader, printer nota, dll. Beepos mendukung banyak merk & tipe peralatan POS untuk membantu kasir anda jualan lebih cepat dan aman.

Tipe pemindai barcode yang direkomendasikan dengan Beepos adalah tipe atau merk, Sato CG 408, Gprinter GP 1224T dan Zebra GT 820.

Coba gratis Beepos sekarang!

barcode-beepos

Cara Cepat Membuat Laporan Neraca Excel
Seperti diketahui bersama, excel sendiri memang banyak digunakan untuk membuat sebuah laporan, salah satunya adalah laporan keuangan, dalam hal ini […]
Baca Juga
Tips Memilih Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini teknologi sudah bisa membantu segala pekerjaan supaya lebih mudah untuk dilakukan. Seperti halnya menjalankan […]
Baca Juga
Akuntansi UKM: Aplikasi Pembukuan Sederhananya Usaha Kecil
Akuntansi UKM - Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu