Logo Bee Web

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran cukup dan beragam, apa saja? Mulai dari harga, selera, pendapatan dan lain sebagainya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Tuesday, 27 February 2024

Permintaan dan penawaran merupakan dua kekuatan utama yang membentuk dinamika pasar dalam ekonomi. Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran pun sangat kompleks dan beragam, seperti harga dan kuantitas suatu produk atau jasa.

Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan melibatkan perubahan preferensi konsumen, tingkat pendapatan, harga barang lain, dan faktor-faktor psikologis. Sementara itu, faktor-faktor seperti teknologi, biaya produksi, dan kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi penawaran.

Pemahaman mendalam terhadap interaksi dinamis antara faktor-faktor ini menjadi penting bagi pelaku pasar untuk membuat keputusan yang tepat dan menjawab perubahan dalam lingkungan ekonomi yang terus berubah.

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran

Harga barang menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi permintaan barang (Credit: Freepik.com)

Sebelum membahas mengenai apa saja faktor yang akan mempengaruhi permintaan dan penawaran, alangkah lebih baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari permintaan dan penawaran pada pembahasan di bawah ini!

# Apa itu Permintaan?

Dalam Buku Pengantar Ilmu Ekonomi (2008) karya Pratama Rahardja dan Mandala Manurung, permintaan adalah keinginan konsumen untuk membeli barang pada berbagai tingkat harga pada periode tertentu dalam suatu daerah.

Ia juga menjelaskan jika, fungsi permintaan adalah pengajuan permintaan yang dinyatakan dalam hubungan sistematis dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Dapat disimpulkan jika permintaan adalah seluruh jumlah barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen dan disertai dengan ketersediaan dan kemampuan untuk membeli, baik pada tingkat harga, waktu dan tempat.

# Apa itu Penawaran?

Sedangkan menurut Ahman (2009) pengertian penawaran adalah keseluruhan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan dalam, berbagai kemungkinan harga yang berlaku di pasar pada periode tertentu.

Dalam hal ini penawaran dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni:

  • Penawaran individu, penawaran dari penjual perorangan akan sebuah barang di pasar.
  • Penawaran pasar (kolektif), penawaran dari seluruh penjual yang ada di pasar barang.

Disimpulkan jika penawaran adalah kebalikan dari permintaan, yakni keseluruhan barang dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen dengan berbagai kemungkinan harga.

Baca Juga: Hukum Permintaan dan Penawaran, Bagaimana Bunyinya?

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Barang

faktor aktor yang mempengaruhi permintaan

Selain harga barang, distribusi pendapatan juga dapat mempengaruhi permintaan (Credit Freepik.com)

Masih mengutip dari laman lib.ui.ac.id, berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang:

1. Harga Barang

Faktor pertama yang mempengaruhi permintaan barang adalah harga barang, dimana faktor ini merupakan faktor paling signifikan yang mempengaruhi permintaan. Secara umum, ketika harga suatu barang naik, permintaan cenderung menurun, dan sebaliknya.

2. Harga Barang Berkaitan

Berikutnya adalah harga barang dari produk yang berkaitan, seperti barang pengganti, pelengkap dan sejenisnya. Jika harga barang pengganti meningkat, konsumen mungkin beralih ke produk yang lebih murah, sedangkan kenaikan harga barang pelengkap dapat mengurangi permintaan terhadap barang utama.

3. Tingkat Pendapatan Perkapita

Faktor berikutnya adalah tingkat pendapatan perkapita berhubungan langsung dengan kemampuan konsumen untuk membeli barang dan jasa. Peningkatan pendapatan cenderung meningkatkan kemampuan konsumen untuk membeli barang, yang dapat meningkatkan permintaan.

4. Selera/ Kebiasaan

Preferensi dan kebiasaan konsumen juga memainkan peran penting dalam membentuk permintaan. Perubahan tren, selera, atau gaya hidup dapat secara signifikan mempengaruhi permintaan terhadap suatu produk.

5. Jumlah Penduduk

Selanjutnya adalah jumlah penduduk, populasi yang besar cenderung menciptakan permintaan yang lebih besar untuk kebutuhan dasar dan barang konsumsi massal. Sebaliknya, semakin kecil jumlah penduduk maka umumnya jumlah permintaan juga akan kecil.

6. Perkiraan Harga Masa yang Akan Datang

Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi permintaan barang adalah perkiraan harga. Jika konsumen percaya bahwa harga suatu barang akan naik di masa depan.

Maka biasanya mereka cenderung membeli lebih banyak saat ini untuk menghindari biaya yang lebih tinggi di kemudian hari, dan sebaliknya.

7. Distribusi Pendapatan

Berikutnya adalah distribusi pendapatan, sebaran atau distribusi pendapatan dalam masyarakat dapat mempengaruhi permintaan. Ketidaksetaraan ekonomi dapat menyebabkan permintaan yang lebih rendah dari kalangan yang memiliki pendapatan lebih rendah.

8. Upaya Meningkatkan Penjualan Produsen

Terakhir adalah berkaitan dengan bagaimana upaya seorang produsen untuk meningkatkan upaya peningkatan penjualan, bagaimana mereka melakukan promosi, inovasi dan lainnya. Sebab, penawaran bonus, diskon, atau kampanye promosi dapat merangsang permintaan konsumen.

Baca Juga: Diskon adalah Potongan Harga, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Barang

faktor faktor yang mempengaruhi penawaran

Sama halnya dengan permintaan, harga barang ternyata juga dapat mempengaruhi penawaran (Credit: Freepik.com)

Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran barang:

1. Harga Barang

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi penawaran barang adalah harga barang. Sama seperti permintaan, ketika harga barang naik, produsen cenderung lebih bersedia untuk menyediakan lebih banyak barang ke pasar.

2. Harga Barang Berkaitan

Begitu juga dengan harga barang pengganti atau pelengkap, konsepnya sama seperti permintaan. Ketika terjadi kenaikan harga barang pengganti maka akan mendorong produsen untuk meningkatkan penawaran barang mereka, sementara kenaikan harga barang pelengkap dapat memiliki efek sebaliknya.

3. Teknologi Produksi

Selanjutnya, faktor kali ini berbeda dengan faktor yang mempengaruhi permintaan yakni dari faktor produksi. Mulai dari teknologi yang digunakan.

Semakin maju teknologi produksi yang digunakan maka akan dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi, yang dapat mendorong produsen untuk meningkatkan penawaran barang dan sebaliknya.

4. Biaya Produksi

Berikutnya adalah biaya produksi, termasuk biaya bahan baku, tenaga kerja, dan modal, memainkan peran penting dalam menentukan sejauh mana produsen bersedia untuk menawarkan barang. Biaya produksi yang lebih rendah cenderung meningkatkan penawaran.

5. Harga Faktor Produksi

Berikutnya harga dari faktor produksi, seperti upah tenaga kerja dan harga bahan baku juga mempengaruhi penawaran. Kenaikan harga faktor produksi dapat meningkatkan biaya produksi dan mengurangi daya saing produsen.

6. Perkiraan Keuntungan

Faktor berikutnya yang dapat mempengaruhi penawaran adalah harapan produsen mengenai potensi keuntungan yang didapatkan.

Jika produsen percaya bahwa mereka dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi dengan meningkatkan penawaran, mereka mungkin cenderung menambah produksi.

7. Persaingan

Tingkat persaingan di pasar dapat mempengaruhi keputusan produsen untuk menawarkan lebih banyak barang atau mengurangi penawaran mereka.

Persaingan yang ketat dapat mendorong produsen untuk menawarkan harga lebih rendah atau meningkatkan kualitas produk dan sebaliknya.

8. Jumlah Pedagang

Kemudian ada jumlah pedagang dalam pasar, semakin banyak produsen, cenderung semakin besar penawaran barang dalam pasar.

9. Harapan Produsen

Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi penawaran adalah harapan produsen mengenai bagaimana kondisi pasar di masa yang akan datang.

Termasuk perubahan harga atau permintaan, dapat mempengaruhi keputusan mereka dalam menentukan sejauh mana mereka ingin menawarkan barang.

10. Kebijakan Pemerintah

Terakhir adalah kebijakan pemerintah, kebijakan pemerintah mengenai regulasi pajak hingga subsidi juga dapat mempengaruhi biaya produksi yang akhirnya mempengaruhi penawaran barang.

Tidak hanya itu saja, kebijakan perdagangan atau kebijakan industri juga dapat memainkan peran dalam menentukan penawaran di pasar.

Kelola Permintaan Barang Lebih Sistematis dengan Beecloud

Beecloud Permintaan Dan Penjualan Barang Laporan Saling Terintegrasi

Dalam era dinamika pasar yang terus berkembang, kelola permintaan barang menjadi suatu keharusan bagi perusahaan untuk memastikan efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan.

Aplikasi pembukuan keuangan Beecloud hadir sebagai solusi yang memungkinkan perusahaan mengelola permintaan barang dengan lebih sistematis.

Beecloud menawarkan berbagai fitur yang memudahkan monitoring stok, mengoptimalkan rantai pasok, dan merespon dengan cepat terhadap perubahan permintaan.

Dengan Beecloud, perusahaan dapat mengintegrasikan data permintaan dari berbagai sumber, melakukan prediksi permintaan yang lebih akurat, dan mengatur inventaris dengan lebih efisien. Mau punya Beecloud? Klik banner di atas dan dapatkan gratis uji coba sekarang juga!

7 Contoh Persaingan dalam Bisnis dan Tips Menghadapinya
Persaingan dalam bisnis adalah sebuah hal biasa terjadi, ada banyak sekali contoh persaingan bisnis yang bisa Anda temukan sehari-hari. Seperti
Baca Juga
Konsep Ekonomi Kreatif dan Perannya Bagi Bisnis UMKM
Penerapan ekonomi kreatif telah menjadi pusat perhatian di berbagai negara. Konsep ekonomi kreatif adalah sebuah paradigma baru yang menggabungkan elemen
Baca Juga
Customer Retention Adalah: Faktor dan Cara Meningkatkannya
Customer retention adalah aspek krusial dalam strategi pemasaran modern yang tidak bisa diabaikan. Sejauh mana suatu bisnis mampu mempertahankan pelanggan
Baca Juga
Rincian Modal dan Persiapan Memulai Usaha Digital Printing
Digital printing merupakan bidang dengan lingkup yang sangat luas, serta membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebelum memulai usaha digital printing,
Baca Juga
Cara Membuat SIUP Online 2022
SIUP merupakan  sebuah perpanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Buat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka harus
Baca Juga
Peluang dan Kiat Sukses Usaha Toko Minimarket
Usaha toko minimarket seiring berjalannya waktu mengalami masa-masa sulit terutama saat pandemi melanda Indonesia. Bukan hanya itu, keberadaan usaha toko
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu