🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

9+ Ide Bisnis Online 2023 Untuk Pemula Modal Kecil

Sedang mencari ide bisnis online untuk pemula? ide bisnis untuk mahasiswa, pelajar ibu rumah tangga dengan modal kecil. Cek gratis di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 8 February 2023

Mencari ide bisnis online untuk pemula, pelajar, mahasiswa dengan modal kecil untung besar dan masih banyak lagi. Silahkan simak artikel di bawah ini:

Mengingat kebutuhan semakin meningkat, semua orang membutuhkan biaya tambahan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

9+ Ide Bisnis Online 2023 Untuk Pemula

Ide Bisnis Rumahan

Ilustrasi Seseorang Melakukan Bisnis Online dari Rumah (Sumber: Freepik.com)

Berikut rekomendasi ide bisnis online yang bisa Anda coba:

1. Freelance Content Writer & Copywriter

Pertama adalah ide bisnis online dengan modal kecil dengan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki. Seperti menjadi content writer dan copywriter yang kini menjadi tren dan dibutuhkan banyak pihak.

Untuk menjalankan ide bisnis ini Anda hanya perlu menyiapkan laptop, internet dan kemampuan Anda, sehingga bisnis ini bisa menjadi rekomendasi untuk memulai bisnis.

2. Bisnis Konten Kreator

Masih sejenis dengan rekomendasi ide bisnis online pertama, hal ini juga menjadi primadona zaman sekarang, apalagi Anda yang suka tampil di depan layar ini bisa dicoba.

Anda bisa menjadi konten kreator Youtube, Tik Tok, Instagram dan beberapa media sosial lainnya. Jika konten Anda baik dan disukai banyak orang kemungkinan Anda bisa mendapatkan iklan dan sejenisnya.

3. Menjual Foto Online

Ide bisnis online selanjutnya adalah dengan menjual foto secara online, Ini cocok untuk Anda yang suka dengan dunia fotografi, dari pada menjadi koleksi ide ini bisa menjadi solusi.

Caranya dengan menjual di platform yang tepat, seperti iStockphoto.com dan masih banyak lagi website yang memfasilitasi fotografer untuk menjual foto mereka.

4. Menjual Kerajinan Tangan

Ide bisnis keempat adalah adalah dengan menjual kerajinan tangan. Bisnis kerajinan tangan terbilang menguntungkan namun membutuhkan kreativitas yang tinggi dalam membuatnya.

Kerajinan ini bisa berupa hampers snack, karangan bunga, atau kerajinan lain yang memiliki nilai guna.Jika hasil produk kerajinan Anda berkualitas dan mampu bersaing.

Maka ada kemungkinan jika bisnis bisa dikembangkan lebih luas, bahkan bisa diekspor. Mengingat kerajinan tangan termasuk salah satu komoditas yang diminati dalam dunia ekspor.

Baca juga: Komoditas Adalah: Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Contohnya

5. Membuka Toko Online

Bisnis online shop

Bisnis Online Shop Bisa Jadi Ide dan Alternatif Pemula yang Ingin Memulai Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Berikutnya, adalah membuka toko online. Bisnis toko online ini cukup memiliki jangkauan yang luas. Bisa menjual produk dari hasil produksi sendiri atau menjual produk orang lain, seperti bisnis reseller.

Sebab, toko online bisa menjadi solusi dan tempat orang untuk menjual sekaligus memasarkan produknya dalam satu waktu. Apalagi dengan jangkauannya yang luas semakin membuka potensi produk yang ditawarkan terjual.

6. Reseller

Rekomendasi ide bisnis online berikutnya adalah dengan menjadi reseller. Menjadi reseller artinya Anda menjual kembali produk dari dropshipper dengan membeli barangnya terlebih dahulu.

Menjadi reseller bisa dikatakan gampang namun juga susah, gampangnya adalah Anda menjual produk yang yang sudah memiliki nama sebelumnya. Susahnya Anda perlu melakukan promosi secara maksimal agar tidak kalah saing dengan reseller lainnya.

7. Jualan Kue dan Gorengan

Ide bisnis online ini cocok untuk ibu rumah tangga dengan menjual kue atau gorengan. Jajanan ini sudah menjadi jajanan yang akrab di lidah masyarakat Indonesia bahkan cenderung tidak ada matinya.

Anda suka masak dan ingin mencoba memulai bisnis online atau bisnis rumahan menjual gorengan bisa menjadi solusi dan rekomendasi.

Baca juga: 8 Cara Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula

8. Membuka Kursus

Selanjutnya adalah ide bisnis untuk mahasiswa atau pelajar. Anda bisa membuka bisnis kursus. Bisa dilakukan secara online dan offline.

Kurus online bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial atau zoom dan sejenisnya. Sedangkan secara offline Anda bisa mencoba untuk mengajak anak-anak disekitar rumah untuk ikut belajar bersama.

9. Jasa Titip

Berikutnya bisa mencoba membuka jasa titip, jasa titip ini biasanya dilakukan oleh seorang yang berada di kota atau di luar negeri yang memiliki akses luas dan banyak untuk bisa membeli sebuah produk tertentu.

Jika Anda berada di daerah perkotaan atau di luar negeri bisnis jasa titip ini bisa dicoba.

10. Jualan Pulsa, Kartu Perdana dan Sejenisnya

Ide selanjutnya adalah jualan pulsa, kuota dan kartu perdana. Meskipun saat ini bisa menggunakan wifi semua orang masih membutuhkan pulsa, meskipun hanya untuk memperpanjang masa aktif kartu perdana mereka.

Bisnis jualan pulsa juga termasuk bisnis yang tidak ada matinya, dimana hampir semua orang membutuhkannya dan tidak sedikit orang sukses hasil dari jualan pulsa.

Software Kasir Terbaik Untuk Toko HP Konter HP

Untuk memudahkan Anda mengelola mengatur bisnis pulsa Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos yang akan memudahkan Anda dalam melayani pelanggan juga mencatat setiap PID, IMEI produk dan transaksinya lengkap.

Cara kerjanya terintegrasi dengan cloud memudahkan Anda dalam mengelola data tanpa takut menghabiskan memori. Selain itu, fitur Beepos juga memudahkan Anda dalam mencari item secara terperinci, mengecek data, harga, mencetak nota sampai laporan keuangan lengkap sampai akuntansi.

Tips Memulai Bisnis Online Agar Laku Keras

Apa Fungsi Iklan.

Melakukan Promosi/ Iklan Jadi Cara Mensukseskan Bisnis Online (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui ide bisnis apa saja, berikutnya adalah tips bagaimana memulai bisnis online agar laku keras dipasaran dan bisa bertahan lama.

1. Memulai dari Hal yang Disukai

Hal pertama penting dan seharusnya dilakukan sebelum memulai bisnis adalah pastikan jika apa yang akan Anda geluti nantinya sesuai dengan apa yang Anda minati.

Sebab, bisnis yang Anda bentuk nantinya akan Anda kelola dalam jangka waktu yang panjang. Jangan sampai, Anda berhenti dan menyerah ditengah jalan karena bisnis yang Anda jalankan bukan hal yang Anda sukai.

2. Analisa Peluang

Selanjutnya adalah melakukan analisis peluang, peluang ini nantinya akan berpengaruh pada berhasil atau tidaknya bisnis yang Anda jalankan. Sebab, belum tentu apa yang kita suka disukai banyak orang dan memiliki peluang bisnis.

Selain tidak hanya fokus dengan apa yang disuka, bisnis juga tidak bisa dimulai melalui apa yang sedang viral saja. Karena sebagian hal yang viral memiliki sifat sementara dan tidak cocok untuk skala yang lebih panjang.

3. Riset Pasar

Berikutnya adalah analisa pasar, proses ini tidak hanya dilakukan ketika akan memulai berbisnis saja. Namun, seterusnya.

Gunanya untuk mengetahui bagaimana pergerakan pasar, siapa target pasar yang akan disasar juga analisa kepada kompetitor yang nantinya akan memudahkan Anda mengambil langkah dalam pengembangan bisnis.

Prinsip Ekonomi adalah

Riset pasar dilakukan guna menemukan siapa target market bisnis dan bagaimana pengembangannya di masa depan (Sumber: Pixels.com)

4. Mengatur Manajemen Bisnis

Jika sudah memulai melakukan analisa, hal yang harus dilakukan berikutnya adalah mulai melakukan manajemen bisnis. Temukan cara bagaimana nantinya bisnis dijalankan. Bagaimana nantinya jika bisnis sudah mulai besar. dan seterusnya.

5. Siap Mental

Terakhir adalah, sebagai pebisnis Anda harus siap mental untuk gagal dan berhasil. Keduanya memiliki peluang yang sama dan hasilnya ditentukan oleh bagaimana cara Anda menjalankannya.

Sekian pembahasan tentang rekomendasi ide bisnis online baik untuk pemula, mahasiswa, pelajar ibu rumah tangga dan lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu masalah Anda. Dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana
Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting untuk
Baca Juga
5 Rahasia Sukses Bisnis ala Warung Madura
Siapa saat ini yang tidak tahu apa itu warung Madura, toko kelontong yang dimiliki dan dikelola oleh orang Madura yang
Baca Juga
Shopee Affiliate Adalah: Pengertian, Syarat dan Cara Mendaftarnya
Shopee affiliate adalah program terbaru dari Shopee yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut syarat shopee affiliate dan cara
Baca Juga
[DOWNLOAD] Cara Meningkatkan Omset dengan Customer Magnet
Apakah ada cara meningkatkan omset? Bagaimana cara mudah meingkatkan omset serta menarik pelanggan baru dengan customer magnet? Setiap bisnis pasti
Baca Juga
Memahami Psikologi Warna Sebelum Membangun Brand
Penggunaan warna bukan hanya tentang estetika semata, tetapi juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap persepsi, emosi, dan tindakan kita. Dalam
Baca Juga
11 Ide Bisnis Musim Konser Dijamin Menguntungkan
Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu