📅 Sisa 2 Hari Lagi, Diskon 15% Berakhir!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5+ Web Cek Barcode Untuk Memudahkan Pekerjaan Kasir Toko

Web cek barcode saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi pemilik bisnis ritel. Ketika ke supermarket dan akan membayar belanjaan ke kasir, ....
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Tuesday, 14 June 2022

Web cek barcode saat ini menjadi suatu kebutuhan bagi pemilik bisnis ritel. Ketika ke supermarket dan akan membayar belanjaan ke kasir, Anda akan melihat bagaimana kasir melakukan cek harga menggunakan barcode.

Banyak bisnis yang sudah bergerak menggunakan barcode untuk pengecekan produknya, biasanya sering kita temui saat berbelanja di supermarket, seperti Alfamart dan Indomaret. Ketika kita membawa barang belanjaan ke meja kasir. Maka, kasir akan mengecek barcode pada produk yang kita beli untuk melihat harganya.

Sebelum jauh, pernahkah Anda mengetahui apa itu barcode? Barcode merupakan tanda berupa garis hitam putih yang merepresentasikan data dalam bentuk visual. Apa saja manfaat penggunaan barcode dalam bisnis Anda?

Manfaat Menggunakan Barcode Bagi Bisnis Anda

kasir dan web cek barcode

Seorang Kasir Sedang Melakukan Scanning Barcode Pada Produk ( Sumber: Unsplash.com)

Bagi setiap pemilik bisnis seperti Anda, pasti efektivitas dan efisiensi merupakan hal yang sangat penting. Nah, dengan menggunakan barcode, Anda akan mendapatkan kedua hal tersebut. Lantas, apa sajakah manfaat menggunakan barcode?

  • Lebih Efisien

Adanya barcode akan membuat pekerjaan karyawan Anda semakin efisien. Hal itu dikarenakan sistem transfer dan pencatatan informasi yang menjadi lebih cepat dan akurat. Ketika Anda sudah melakukan pencatatan informasi, maka proses memindai bisa dilakukan dan akan berlangsung dengan cepat.

  • Akurat

Selain menghemat waktu, penggunaan barcode untuk memindai produk juga akan mengurangi kesalahan kesalahan manusia. Dengan kata lain, transaksi akan lebih akurat. Tidak bisa dimungkiri bahwa kesalahan administratif dan entri data akibat input data manual bisa membawa dampak kerusakan yang cukup fatal. Tentu saja hal itu akan berdampak pada adanya biaya yang lebih tinggi, berkurangnya kepuasan pelanggan, dan waktu yang lama untuk menganalisis kembali permasalahan.

  • Web Cek Barcode Lebih Hemat Biaya

Maksud dari hemat biaya di sini lebih kepada alokasi dana untuk pelatihan karyawan. Menggunakan barcode akan membuat Anda mengurangi waktu pelatihan karyawan. Karena, hanya butuh beberapa menit untuk seorang karyawan memahami dan menguasai cara memindai barcode suatu produk.

Selain itu, Anda juga tidak harus merekrut karyawan dengan basic pendidikan inventaris. Anda bisa merekrut karyawan tanpa harus spesifik seperti itu. Dengan begitu, dana yang Anda keluarkan untuk karyawan juga lebih sedikit.

  • Kontrol Inventaris Akan Lebih Baik

Jika menggunakan cara manual untuk melakukan inventarisasi data, kemungkinan masih ada kesalahan yang dilakukan manusia. Meskipun tidak ada kesalahan, tetapi waktu yang dibutuhkan untuk memproses inventaris tentu akan lebih lama.

Adanya barcode yang berfungsi untuk melacak inventaris ini tentu sangat tepat. Bahkan, Anda bisa mengontrol inventaris secara real-time dengan adanya barcode pada bisnis Anda.

  • Bisa Digunakan Sebagai Bahan Analisis

Jika Anda bisa mengontrol inventaris secara real-time, maka Anda akan tahu nih manakah produk yang lebih banyak peminatnya dan manakah yang kurang diminati. Hal ini bisa memengaruhi Anda dalam menganalisis bisnis. Kira-kira, ke depannya produk apa yang akan lebih banyak stoknya dan manakah produk yang stoknya akan dikurangi. Supaya apa? Tentu saja supaya mendapatkan keuntungan dan mengurangi kerugian akibat kelebihan stok.

Baca Juga: Aktifkan Scan Barcode (Barcode Scanner)

Rekomendasi Web Cek Barcode Untuk Memudahkan Bisnis Anda

Pemindai Barcode Online Adalah

Ilustrasi Web Cek Barcode

Anda mengetahui apa saja manfaat yang akan Anda peroleh dengan menggunakan web cek barcode. Selanjutnya, Anda perlu mengetahui juga web cek barcode apa saja yang cocok bagi bisnis Anda. Berikut beberapa pilihannya.

  • Web QR

Anda bisa menggunakan laman webqr.com. Kunjungi laman tersebut, kemudian klik izinkan atau allow untuk mengakses kamera yang akan digunakan untuk cek barcode. Jika berhasil, maka Anda akan mendapatkan hasil dari cek barcode tersebut. Simple kan?

  • QR Code Reader

TWMobile mengembangkan aplikasi yang satu ini untuk melakukan pemindaian berbagai jenis barcode. Mulai dari QR Code, Code123, Quick Mode, EAN8, Data Matrix bisa dicek menggunakan aplikasi ini. Salah satu alasan banyak orang tertarik menggunakan QR Code Reader adalah hemat ruang penyimpanan, sehingga tidak memerlukan ruang yang besar.

  • Beepos

barcode-beepos

Tampilan Software Cek Barcode Kasir POS Beepos

Beepos merupakan software jualan kasir dengan sistem POS (Point of Sale) yang bisa Anda akses secara online berbasis cloud. Tidak hanya tersedia dalam bentuk PC, melainkan juga ada untuk tablet dan hp android.

Software ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan akuntansi bisnis juga. Bukan hanya mencatat transaksi penjualan dengan cara scan barcode, melainkan juga mengontrol inventaris, dan analisis biaya operasional hingga laba rugi.

  • Inlite Barcode Reader

Web cek barcode yang satu ini juga bisa menjadi pilihan Anda. Caranya, masuk ke laman Inlite Barcode Reader. Kemudian, pilih jenis barcode yang akan Anda cek dan klik Choose File dengan ukuran file maksimal 12 Mb. Selanjutnya, klik Read untuk menampilkan hasil scan Anda.

  • ByteScout Barcode Reader

Masuk ke laman app.barcodescout.com, lalu berikan akses web tersebut ke kamera Anda. Selanjutnya, arahkan kamera ke barcode yang ingin Anda cek. Lalu, tunggu hasilnya muncul di bagian decoding history.

  • Scanlife Barcode & QR Reader

Kalau yang satu ini, Anda perlu menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memindai berbagai jenis barcode dan kode QR. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan informasi singkat mengenai produk yang dipindai, seperti harga dan ulasannya. Menarik, kan?

Baca Juga: Cara Menggunakan Pemindai Barcode Online Pada Android

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi dan web cek barcode yang bisa Anda gunakan untuk mendukung bisnis Anda. Setiap aplikasi dan web tentu memiliki keunggulan fitur masing-masing. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda ingin scan barcode sekaligus integrasi dengan sistem akuntansi Anda, maka Beepos bisa menjadi solusinya. Coba gratis Beepos sekarang dengan klik di sini.

Artikel Terkait

Faktur Motor Bukti Sah Pembelian Kendaraan dan Fungsinya
Membahas tentang faktur motor tentu tidak bisa lepas dari pembelian sepeda motor. Faktur kendaraan bermotor ini sangatlah penting karena ini
Baca Juga
4 Contoh Pembukuan Sederhana untuk UMKM, Dijamin Mudah!
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjalankan bisnis dengan lebih teratur dan efisien? Jawabannya mungkin terletak pada praktik sederhana yang dapat
Baca Juga
3 Contoh Marketing Plan dan Cara Penyusunannya
Bisnis perlu mengenalkan produk kepada masyarakat supaya bisa menghasilkan penjualan, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Namun menyusun rencana pemasaran
Baca Juga
7+ Tips Memberi Nama Toko yang Bagus dan Mudah Diingat
Anda sedang bingung mencari nama toko yang bagus buat bisnis? Nama apa yang cocok digunakan, bagaimana tips memilih nama, semuanya
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang, Lengkap!
Contoh laporan keuangan perusahaan dagang adalah sumber informasi utama yang paling penting bagi setiap pemilik usaha maupun investor individu. Untuk
Baca Juga
Diskon adalah Potongan Harga, Bagaimana Cara Menghitungnya?
Diskon adalah potongan harga dari sebuah produk dari harga biasanya, potongan harga ini bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu