Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Definisi Bisnis Model Canvas Makanan dan Elemennya

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 24 August 2022

Bisnis kuliner menjadi yang paling banyak diminati oleh para pebisnis saat ini. Hal tersebut dikarenakan peminat dari kuliner tidak pernah padam. Akan tetapi, sebelum membuat usaha bisnis akan lebih baik jika Anda membuat bisnis model canvas makanan.

Bisnis model canvas sendiri sangat berguna bagi seorang pebisnis untuk menjalankan usahanya. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bisnis model canvas khususnya untuk bisnis makanan.

Pengertian Bisnis Model Canvas Makanan

Bisnis Model Canvas Makanan

Ilustrasi Bisnis Model Canvas Popcorn (Sumber: Pexels.com)

Bisnis model canvas sendiri adalah konsep atau rancangan berupa gambaran-gambaran ide bisnis agar lebih mudah untuk merealisasikannya. Dengan adanya bisnis model canvas tersebut, ide bisnis Anda akan lebih tertata.

Dari pengertian tersebut dapat diartikan juga bahwa bisnis model canvas makanan adalah konsep bisnis yang dapat diterapkan untuk produk makanan atau kuliner. Anda dapat membuat bisnis model canvas untuk produk makanan dengan menggunakan beberapa elemen bisnis model canvas pada umumnya.

Baca Juga: Bisnis Model Canvas Adalah, Keuntungan, dan Fundamental

Elemen Bisnis Model Canvas Makanan

Ada beberapa elemen yang bisa Anda masukkan dalam bisnis model canvas yang akan dirancang. Elemen tersebut nantinya dapat membantu Anda untuk mengembangkan manajemen kerja yang bagus dalam usaha. Berikut ini adalah elemen bisnis model canvas untuk produk makanan:

  • Customer Segments

Yang kedua adalah customer segments. Elemen ini bertujuan untuk menentukan target pasar yang tepat untuk usaha kuliner yang Anda jalankan. Anda dapat mengelompokkan target pasar tersebut berdasarkan usia, minat, kebiasaan, perilaku, jenis kelamin dan lain sebagainya.

Anda juga dapat membuat customer personas terlebih dahulu agar lebih mudah. Customer personas adalah persona pelanggan yang ditargetkan, baru setelahnya Anda dapat lebih mudah untuk mengenali pelanggan mana yang tepat untuk ditargetkan.

  • Value Proposition

Value Preposition Bisnis Makanan

Ilustrasi Value Preposition Snack (Sumber: Freepik.com)

Elemen yang pertama ini adalah dasar bisnis untuk suatu produk. Anda dapat membuat keunikan dari makanan yang akan dijual dari sisi nilai konsumen. Dengan adanya keunikan tersebut, Anda dapat menarik konsumen dan membuat produk lebih berbeda dari lainnya.

  • Channels

Selanjutnya, Anda juga harus memasukkan elemen channels dalam bisnis model canvas makanan dan minuman yang ingin dibuat. 

Channels yang dimaksud adalah media yang digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, seperti media sosial, blog, content marketing, email marketing, SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing) dan lain sebagainya.

  • Key Resource

Yang keempat ada elemen key resource. Elemen ini adalah sumber daya yang mendukung jalannya bisnis Anda. Yang terdiri dari elemen tersebut adalah tempat atau bangunan, listrik, kendaraan, internet, peralatan makanan, peralatan dapur dan lain sebagainya.

  • Revenue Streams

Revenue Bisnis Makanan Lokal

Ilustrasi Bisnis Makanan Sate (Sumber: Freepik.com)

Elemen satu sangat penting untuk dikembangkan dengan sebaik mungkin. Pasalnya, elemen ini adalah yang menentukan seberapa besar keuntungan yang akan Anda dapatkan dalam menjual produk makanan atau kuliner. Pastikan Anda untuk merancang elemen ini dengan maksimal agar tidak rugi nantinya.

  • Customer Relationship

Dalam bisnis makanan atau minuman, kepuasan pelanggan adalah salah satu hal yang penting. Anda harus memberikan pelayanan yang maksimal agar pelanggan merasa senang dan nyaman. Oleh karena itu, rancanglah elemen ini agar hubungan Anda dengan pelanggan bisa berjalan dengan baik.

  • Key Activities

Selanjutnya, ada juga elemen yang bertujuan untuk menghasilkan nilai baik untuk produk makanan yang Anda jalankan. Elemen ini merancang bagaimana produk makanan dibuat sehingga Anda harus merancang elemen satu ini dengan sebaik mungkin agar tidak ada kesalahan nantinya.

  • Key Partnership

Key Partnership

Ilsutrasi Key Partnership (Sumber: Freepik.com)

Dalam membangun sebuah bisnis pasti dibutuhkan partner yang bisa bekerja sama dengan baik. Anda bisa membuat kerjasama dengan perusahaan atau pemasok lain agar bisnis kuliner berjalan dengan lancar. Pastikan untuk melakukan kerja sama dengan perusahaan atau pemasok yang jelas dan terpercaya.

  • Cost Structure

Yang terakhir adalah cost structure. Dalam elemen ini, Anda harus mengetahui biaya yang akan dikeluarkan dalam proses produksi serta biaya lainnya. Anda juga harus pintar dalam mengatur elemen ini agar mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Baca Juga: 9 Elemen Penyusun Bisnis Model Canvas

Kesimpulan

Itu tadi adalah beberapa informasi mengenai bisnis model canvas makanan. Anda dapat membuat poin-poin penting dalam setiap elemen akan tetapi gambarkan ide tersebut dengan jelas agar bisa mudah untuk dipahami.

Jika Anda mau punya bisnis distributor yang berkembang dan benar-benar menguntungkan maka sangat penting untuk membuat database outlet dan sales kanvas. Masalah yang sering dikeluhkan adalah bagaimana memantau kinerja sales kanvas agar terhindar dari sales nakal yang suka mark-up harga, buat nota dobel, sales kanvas yang males jarang visit ke outlet sehingga pelanggan kabur.

Untuk Anda disttibutor yang memiliki masalah-masalah tsb, sekarang ada apliksi SO (Sales Order) Mobile Beecloud untuk sales kanvas yang memiliki fitur, lokasi GPS, bagikan foto tampan depan dan dalam outlet, foto owner toko, nama toko dan owner, dan kontak.

Coba gratis SO (Sales Order) Mobile Beecloud sekarang!

Sales Order (so) Mobile Beecloud

Contoh Pembukuan Sederhana Online Shop, Mudah dan Akurat!
Contoh pembukuan sederhana online shop membantu Anda untuk dapat memantau perkembangan bisnis serta kondisi keuangan yang dimiliki. Bisnis online shop […]
Baca Juga
Bagaimana Cara Melakukan Pembukuan Bengkel Motor Mobil?
Untuk bertahan hidup di industri ini, banyak poin harus dipertimbangkan, termasuk pembukuan bengkel motor mobil hingga pengawasannya. Tidak dapat dipungkiri, […]
Baca Juga
7+ Inspirasi Desain Meja Kasir Bikin Pelanggan Makin Betah Mampir
Desain meja kasir adalah kesan pertama saat seseorang memasuki cafe. Sehingga kita harus berusaha menciptakan kesan pertama yang baik dengan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu