⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya

Michelin Star adalah penghargaan yang diberikan ke restoran yang dinilai punya kualitas masakan, begini sejarah dan faktanya.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 26 March 2023

Orang awam mungkin jarang mendengar Michelin Star, sebagian orang tahu Michelin adalah merk atau brand ban kendaraan. Yups, tidak salah. Michelin Star sendiri memang merupakan penghargaan yang diberikan oleh perusahaan ban Michelin.

Berikut akan dijelaskan sejarah, fakta dan juga restoran-restoran di Indonesia yang pernah mendapat penghargaan label ini. Yuk, simak dengan seksama.

Apa itu Michelin Star?

Jika Anda sebagai pebisnis kuliner mungkin sering mendengar tentang Michelin Star. Michelin Star adalah penghargaan yang diberikan oleh perusahaan ban Michelin kepada restoran-restoran yang dinilai memiliki kualitas masakan yang sangat baik dan layanan yang luar biasa.

Penghargaan ini dikenal sebagai tanda keunggulan dalam dunia kuliner, dan restoran-restoran yang mendapatkan Michelin Star dianggap sebagai tempat makan yang sangat prestisius.

Sebagai seorang pebisnis di bidang kuliner, mendapatkan Michelin Star dapat memberikan keuntungan besar dalam meningkatkan reputasi restoran Anda dan menarik lebih banyak pelanggan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengenal dan memahami arti dari Michelin Star dalam dunia kuliner.

Mengenal Sejarah Michelin Stars

Piring Makanan Dengan Dekorasi Yang Indah Dan Mewah Michelin Star

Piring Makanan dengan Dekorasi Mewah (Credit: Freepik.com)

Penghargaan ini pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan ban Michelin pada tahun 1926 sebagai cara untuk mempromosikan penggunaan mobil bagi orang-orang Prancis.

Pada awalnya, penghargaan restoran ini hanya diberikan kepada restoran-restoran yang terletak di sepanjang rute perjalanan wisata yang direkomendasikan oleh Michelin.

Namun, seiring waktu, penghargaan ini semakin terkenal dan diberikan kepada restoran-restoran di seluruh Prancis dan kemudian ke seluruh dunia.

Sejak diperkenalkan, Michelin Star telah menjadi salah satu penghargaan paling bergengsi dalam dunia kuliner, dan restoran-restoran yang mendapatkannya biasanya merasakan peningkatan popularitas dan pendapatan.

Meskipun ada kritik tentang cara pemilihan pemenang penghargaan ini, namun penghargaan ini tetap menjadi acuan utama dalam penilaian kualitas restoran oleh para kritikus makanan dan pecinta kuliner.

Fakta di Balik Penghargaan Tertinggi Michelin Star

Sebagai seorang pebisnis di bidang kuliner, Anda mungkin penasaran dengan fakta-fakta menarik di balik penghargaan tertinggi Michelin Star, antaranya:

1. Membuktikan Kualitas Dunia dalam Bidang Kuliner

Salah satu fakta menarik adalah bahwa Michelin Star dianggap sebagai bukti bahwa restoran yang terpilih memiliki kelas dunia dalam bidang kuliner.

Dalam dunia kuliner, Michelin Star dianggap sebagai penghargaan yang sangat bergengsi dan sulit untuk diraih.

2. Karya Dua Bersaudara dari Perancis

Fakta menarik lainnya adalah bahwa Michelin Star pertama kali dibuat oleh dua bersaudara asal Perancis bernama André dan Édouard Michelin pada tahun 1900-an.

Mereka membuat panduan wisata Michelin sebagai cara untuk mempromosikan mobil dan memberikan saran tentang tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi.

3. Faktor Penentu Kesuksesan Seorang Chef Terkenal

Koki Sedang Memasak Di Dapur Restoran

Cheff sedang Memasak (Credit: Freepik.com)

Tidak hanya itu, Michelin Star juga dianggap sebagai faktor penentu kesuksesan seorang Chef atau Koki terkenal. Restoran yang berhasil mendapatkan Michelin Star biasanya akan meningkatkan reputasi dan popularitas mereka di dunia kuliner.

Beberapa koki bahkan dianggap sebagai selebriti di bidang kuliner karena berhasil meraih Michelin Star.

Terdapat banyak koki yang pernah meraih penghargaan Michelin Star di seluruh dunia. Beberapa di antaranya terkenal dan diakui secara internasional, seperti Gordon Ramsay, Alain Ducasse, dan Heston Blumenthal.

4. Tim Ahli yang Menentukan Pemberian Bintang Restoran

Anda mungkin tidak tahu bahwa tim khusus yang terdiri dari para inspektur profesional memutuskan apakah restoran pantas mendapatkan Michelin Star.

Inspektur tersebut melakukan kunjungan anonim ke restoran-restoran di seluruh dunia untuk mengevaluasi kualitas masakan, layanan, serta kebersihan dan lingkungan restoran.

5. Restoran dengan Harga Terjangkau Mampu Meraih Penghargaan

Terakhir, fakta menarik lainnya adalah bahwa penghargaan restoran ini tidak hanya diberikan kepada restoran-restoran mewah atau mahal, namun restoran murah pun mampu meraih penghargaan ini.

Michelin Star diberikan berdasarkan kriteria tertentu, bukan hanya berdasarkan harga makanan di restoran tersebut.

Mengetahui fakta-fakta menarik di balik Michelin Star dapat membantu Anda sebagai pebisnis di bidang kuliner memahami betapa pentingnya penghargaan ini dan bagaimana cara meningkatkan kualitas restoran Anda untuk meraih Michelin Star.

7 Restoran dengan Penghargaan Michelin Star Di Indonesia

Anda pasti tahu bahwa penghargaan Michelin Star adalah salah satu penghargaan paling prestisius di dunia kuliner, dan Indonesia memiliki beberapa restoran yang berhasil meraih penghargaan tersebut.

Jika Anda adalah seorang pebisnis di bidang kuliner, tentu saja Anda ingin mengetahui restoran mana saja yang telah berhasil meraih Michelin Star Indonesia.

1. Merah Putih, Bali

Salah satu restoran dengan Michelin Star di Indonesia adalah Merah Putih di Bali.

Merah Putih tidak hanya menawarkan arsitektur mewah yang memukau, tapi juga suasana yang pas untuk makan malam bersama pasangan Anda. Pilihan menu di Merah Putih dibagi menjadi empat bagian: menu pembuka, menu makan siang, menu makan malam, dan menu cemilan.

Jadi, Anda bisa menikmati hidangan lezat ini kapan saja, sesuai dengan keinginan Anda. Tidak hanya itu, dengan pilihan menu yang beragam, Anda pasti akan menemukan hidangan favorit yang cocok dengan selera Anda.

2. Hakkasan, Jakarta

Hakkasan di Jakarta juga berhasil meraih penghargaan Michelin Star. Hakkasan dikenal sebagai restoran mewah yang menyajikan hidangan Kanton lezat. Yang menarik, restoran ini juga memiliki rooftop bar dan lounge yang dinamis.

Hakkasan Jakarta adalah restoran ke-12 dari grup Hakkasan dan merupakan restoran pertama di Indonesia. Jadi, jika Anda ingin mencoba hidangan Kanton yang otentik dan merasakan atmosfer yang mewah, maka Hakkasan Jakarta adalah pilihan yang tepat.

3. Teatro Gastroteque, Bali

Restoran Teatro Gastroteque Di Bali

Restoran Teatro Gastroteque di Bali (Credit: Nowbali.co.id)

Selain itu, Teatro Gastroteque di Bali juga berhasil meraih penghargaan Michelin Star.

Jika Anda ingin merasakan seni dalam sebuah masakan, Teatro Gastroteque adalah tempat yang tepat untuk Anda kunjungi di Kuta. Restoran ini dikenal karena kemampuannya menciptakan hidangan spesial dari bahan-bahan yang tidak umum.

Misalnya, foie gras yang dibuat dari perpaduan pir, brioche, pistachio, dan balsamic atau ikan tuna spesial yang memadukan bawang perai bakar, bawang putih bakar, saus landak laut, dan bok choy. Hidangan-hidangan spesial ini dijamin akan membuat lidah Anda bergoyang dan menggoda selera Anda.

4. Metis, Bali

Metis di Bali juga dikenal sebagai salah satu restoran mewah dengan masakan Prancis yang sangat istimewa.

Anda bisa menemukan restoran yang menawarkan hidangan klasik ala Mediterania Prancis di kawasan Kabupaten Badung. Sayangnya, untuk bisa menikmati masakan lezat dari Chef Nicolas "Doudou" Tourneville, Anda harus memesan jauh-jauh hari karena restoran ini seringkali penuh.

Meskipun tersedia kursi untuk 350 orang, namun popularitasnya yang tinggi membuat tempatnya selalu ramai pengunjung. Jadi, jika Anda ingin merasakan kelezatan hidangan khas Mediterania Prancis ini, pastikan untuk memesan tempat terlebih dahulu agar tidak kehabisan!

5. Locavore, Bali

Locavore di Bali juga berhasil meraih Michelin Star.Anda bisa menemukan restoran mewah di daerah Gianyar, Bali, yang mengusung konsep eco-friendly. Restoran ini bangga menggunakan lebih dari 95 persen bahan dapur asli Indonesia, yang diperoleh dari kerja sama dengan petani dan nelayan setempat.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami, restoran ini menjamin rasa makanan yang kamu nikmati benar-benar lezat dan spesial.

Jadi, jika Anda ingin merasakan makanan nikmat yang terbuat dari bahan-bahan alami Indonesia, Anda bisa mengunjungi restoran ini dan menikmati pengalaman makan yang tak terlupakan!

6. Mozaic, Bali

Terakhir adalah restoran Mozaic yang berada di Bali juga mendapat Michelin Star.

Anda pasti akan terkesima dengan konsep restoran Mozaic di Bali. Di sini, Anda bisa menikmati makanan khas Bali yang diolah dengan sentuhan khas ala Prancis.

Selain rasanya yang lezat, pemandangan alam yang memukau akan menambah pengalaman makan Anda menjadi lebih istimewa.

Cara Sebuah Restoran bisa Mendapatkan Michelin Star

Untuk mendapatkan Michelin star, restoran Anda harus memberikan pengalaman kuliner yang luar biasa dan menarik perhatian para kritikus makanan Michelin.

Dalam pandangan Michelin, kualitas makanan harus menjadi prioritas utama dan diikuti dengan faktor-faktor seperti kebersihan, kreativitas, dan kualitas layanan.

Dalam mengevaluasi restoran, Michelin mempertimbangkan segala sesuatu mulai dari bahan baku, teknik memasak, presentasi hidangan, hingga suasana restoran.

Jadi, jika ingin mendapatkan penghargaan restoran ini, pastikan Anda fokus pada kualitas dan detail dalam setiap aspek restoran Anda.

Kesimpulan

Sebagai seorang pebisnis restoran, Anda pasti ingin mengetahui performa bisnis Anda secara menyeluruh. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan software restoran yang dapat membantu Anda mengevaluasi bisnis Anda dengan lebih mudah dan efektif.

Dengan software restoran seperti Beepos Resto, Anda dapat memantau bisnis Anda dengan melihat laporan penjualan harian, stok bahan, biaya operasional, dan lainnya dengan cepat dan akurat.

Pakai Beepos Resto Bisa Bikin Pelayanan 2x Lebih Cepat Bahkan Saat Ramai

Dengan data dan laporan tersebut, Anda dapat mengevaluasi kinerja bisnis Anda secara berkala dan membuat keputusan yang lebih tepat untuk meningkatkan profitabilitas restoran.

Selain itu, Beepos Resto juga dapat membantu operasional kasir Anda seperti mengelola menu makanan, pesanan, dan reservasi, sehingga mengurangi kesalahan manusia dan meningkatkan efisiensi operasional.

Artikel Terkait

13 Langkah Memulai Bisnis Rice Box Peluang Usaha Kekinian
Peluang usaha semakin kesini semakin bervariasi salah satunya adalah bisnis rice box, sebuah sajian nasi lengkap dengan aneka lauk yang
Baca Juga
17 Inspirasi Ide Jualan Makanan Unik yang Laris Setiap Hari
Langkah awal dalam menjalankan bisnis adalah menemukan ide. Nah jualan apa yang cepat laku? Salah satunya adalah ide jualan makanan
Baca Juga
Aplikasi Kasir Bikin Kelola Kedai Kopi Semakin Mudah
Aplikasi kasir kedai kopi menjadi solusi mengembakan bisnis kedai kopi hingga pesat. Itu karena aplikasi kasir diciptakan untuk memudahkan para
Baca Juga
6 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis
Bisnis kuliner menjadi bisnis yang saat ini paling tepat untuk digeluti. Pasalnya bisnis kuliner menjadi bisnis yang tak pernah hilang
Baca Juga
Usaha Angkringan: Peluang Menjanjikan dengan Modal Kecil
Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang "Usaha Angkringan” yang sedang populer di kalangan para pengusaha pemula. Simak juga
Baca Juga
5+ Tips Branding Kedai Kopi Agar Mudah Terkenal
Di kota-kota besar, pastinya anda sangat mudah menemukan bisnis kedai kopi dengan ciri khas masing-masing. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu