🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Ide Bisnis Kuliner Pinggir Jalan dan Tips Suksesnya

Indonesia terkenal aneka ragam kuliner yang tersedia di berbagai tempat. Tak heran, di pinggir jalan pun banyak. ikuti Tips Bisnis Kuliner di Pinggir jalan
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 29 July 2019

Mencari tempat sewa untuk membuka bisnis memang terbilang sulit. Belum lagi keterbatasan modal yang dimiliki, sehingga tak heran jika saat ini banyak orang yang memutuskan untuk membuka bisnis kuliner pinggir jalan.

Karena membuka bisnis kuliner di pinggir jalan ini hanya membutuhkan modal yang minim serta sangat potensial. Dengan modal yang minim usaha di pinggir jalan ini juga bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Nah, bagi Anda yang ingin membuka bisnis kuliner di pinggir jalan, tentu saja ada beberapa pertimbangan yang harus anda ketahui. Langsung saja berikut ini 5 rekomendasi ide bisnis dan tips suksesnya.

Ide Bisnis Kuliner Pinggir Jalan

Es Kul Kul Makanan Viral 2023

Potret Es Kul Kul, Makanan viral populer di TikTok 2023 (Credit: tuturpedia.com)

Berikut ini beberapa ide bisnis kuliner pinggir jalan, seperti jajanan SD dan lain-lainnya:

1. Telur Gulung

Ide bisnis kuliner pinggir jalan yang pertama adalah jualan jajanan telur gulung, bisnis telur gulung menawarkan kemudahan dan kelezatan dalam satu gigitan.

Dengan membuka gerai di pinggir jalan, pelanggan dapat menikmati telur dadar yang diisi dengan berbagai bahan lezat seperti mie dan daun bawang.

Potensi bisnis ini terletak pada kepraktisan sebagai makanan ringan, jajan khas dengan harga yang terjangkau. Tantangannya adalah menjaga kebersihan dan kualitas telur, sambil bersaing dengan penjual sejenis di pasar.

2. Es Kul-Kul

Berikutnya ada es kul-kul, jenis makanan viral 2023 ini, dengan irisan buah beku dengan baluran coklat akan sangat menyegarkan dengan iklim panas di Indonesia. Bisnis ini bisa berpindah-pindah di lokasi strategis dapat menarik perhatian pelanggan.

Potensi es kul-kul terletak pada variasi rasa buah dan kepopulerannya di kalangan masyarakat Indonesia. Tantangan utama adalah menjaga ketersediaan bahan baku segar dan memastikan kebersihan proses pembuatannya.

Baca Juga: 7 Ide Jualan Makanan yang Lagi Viral 2023

3. Roti Goreng dan Cakwe

Selanjutnya adalah jualan roti goreng dan cakwe, makanan ini juga menjadi bisnis camilan yang populer dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. D

engan variasi toping dan saus, bisnis ini dapat menarik pelanggan setia. Potensi bisnis terletak pada kelezatan camilan yang bisa disantap kapan saja.

Tantangannya adalah persaingan tinggi dengan penjual sejenis, sehingga pemilihan lokasi yang strategis menjadi kunci kesuksesan.

4. Bubur Ayam

Bubur ayam menjadi opsi sarapan atau makanan ringan yang sangat diminati, terutama jika disajikan dengan topping beragam. Bisnis ini dapat beroperasi di pagi atau malam hari, menawarkan kenyamanan dan kelezatan bagi pelanggan.

Potensi bubur ayam terletak pada daya tariknya sebagai makanan yang menyenangkan dan beragam. Tantangannya adalah menjaga kecepatan pelayanan dan konsistensi rasa bubur.

5. Jajanan Pasar

Menyediakan jajanan pasar tradisional di pinggir jalan membawa cita rasa klasik kepada pelanggan. Kue klepon, onde-onde, dan lopis menjadi daya tarik bisnis ini.

Potensi terbesarnya adalah menarik pelanggan yang mencari pengalaman makanan tradisional, terutama pada acara khusus atau perayaan. Tantangannya adalah menjaga kualitas bahan baku dan bersaing dengan produk serupa di pasar tradisional.

6. Gorengan

Selanjutnya ide bisnis kuliner pinggir jalan yang bisa dicoba adalah dengan jualan gorengan seperti pisang goreng, tahu isi, dan tempe goreng di pinggir jalan menawarkan camilan yang populer dan terjangkau.

Cocok dijadikan teman minum teh atau kopi, bisnis ini memiliki potensi besar. Tantangannya adalah menjaga kebersihan proses penggorengan dan beradaptasi dengan variasi cuaca yang bisa mempengaruhi penjualan.

7. Es Teh Jumbo

Bisnis es teh jumbo menawarkan minuman menyegarkan cocok untuk bisnis kulier pinggir jalan. Dengan variasi rasa dan tambahan topping, pelanggan dapat menikmati es teh dalam ukuran jumbo. Potensi bisnis ini terletak pada kesegaran minuman dan keunikan sajian. Tantangannya adalah menciptakan variasi rasa yang menarik dan menjaga ketersediaan bahan baku agar pelanggan selalu puas.

Tips Sukses Bisnis Kuliner Pinggir Jalan

Bisnis kuliner pinggir jalan

Contoh bisnis kuliner pinggir jalan (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisnis kuliner pinggir jalan Anda sukses:

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Faktor utama yang menunjang kesuksesan dalam menjalankan usaha kuliner di pinggir jalan yaitu lokasi usaha yang strategis. Dalam memilih lokasi untuk usaha pinggir jalan ini.

Alangkah baiknya jika anda memilih lokasi yang mudah dijangkau konsumen dan terlihat jelas oleh kendaraan yang berlalu Lalang. Dengan pemilihan lokasi yang strategis ini, bisa membantu bisnis Anda dikenal banyak orang dan semakin ramai pengunjung.

2. Tempat Usaha yang Bersih dan Nyaman

Tips yang selanjutnya yaitu memilih tempat usaha yang bersih dan nyaman. Sehingga dalam pemilihan lokasi bisnis pinggir jalan ini tidak hanya sebatas lokasi makan saja. Kebanyakan konsumen memilih kuliner pinggir jalan yang memberikan pemandangan indah dan kenyamanan.

Karena dengan kriteria tempat tersebut bisa memberikan kenyamanan kepada konsumen dan berinisiatif untuk membeli makanan kembali. Keuntungan lain yang bisa anda dapatkan dengan memilih lokasi kuliner di pinggir jalan yg nyaman dan bersih.

Yaitu pelanggan yang awalnya datang sendiri nantinya akan berbondong-bondong mengajak saudara atau teman untuk rekomendasi makanan enak. Selain itu, desain tempat usaha secantik dan sekreatif mungkin agar bisa tampil lebih unik.

3. Memberi Pelayanan yang Terbaik Bagi Konsumen

Setelah Anda memilih lokasi usaha yang nyaman dan bersih, tips yang selanjutnya yaitu berikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen. Seperti peribahasa yang telah kita ketahui bahwa pembeli adalah raja. Sehingga pelayanan menjadi hal yang wajib diberikan kepada setiap konsumennya. Konsumen akan merasa senang dan puas jika pelayanan yang diberikan cepat dan baik.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi kasir android Beepos, aplikasir portable yang mudah di bawa kemana-mana cocok untuk usaha kuliner bisnis kulier pinggir jalan. Dengan Beepos, Anda bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada konsumen, menerapkan program promo dan tentunya memudahkan proses pencatatan penjualan. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Software Kasir Android Beepos, Atasi Customer Menumpuk Dengan Perlayanan Praktis Dan Cepat

4. Menyajikan Menu yang Enak dan Beragam

Tips yang selanjutnya agar bisnis kuliner di pinggir jalan semakin banyak diminati orang yaitu menyajikan menu yang enak dan beragam. Pasalnya konsumen sering merasa bosan jika menu yang Anda tawarkan hanya itu-itu saja dan banyak juga yang menjualnya.

Agar semakin banyak konsumen yang berminat, sajikan beragam menu varian yang berupa menu yang enak. Meski Anda dituntut untuk menyediakan berbagai menu makanan, tapi anda tetap harus mempertahankan ciri khas sajian makanan yang anda miliki. Sehingga konsumen akan tetap tertarik dengan makanan khas tersebut.

Baca Juga: Bisnis Modal Minim, Inilah Tips Bisnis Kuliner Kecil-kecilan

5. Harga yang Pas di Kantong

Tips yang terakhir yaitu berikan harga yang murah, karena kuliner di pinggir jalan memang terkenal sebagai jajanan dengan harga murah. Sehingga tak heran jika banyak orang menyukai kuliner pinggir jalan ini. Meski rata-rata harga jajanan pinggir jalan ini murah, namun anda tetap harus mempertahankan kualitas rasa dan penyajian.

Itulah ulasan mengenai tips jualan kuliner makanan di pinggir jalan. Saat ini banyak orang yang lebih berminat membeli makanan di pinggir jalan karena harganya lebih murah dan rasanya yang enak. Jika berminat membuka usaha ini, perhatikan tips-tips tersebut. Semoga bermanfaat.

13 Jenis Kopi Laris Cocok untuk Bisnis Kedai Kopi Kekinian
Kebiasaan meminum kopi sebelum beraktivitas memang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Membangun bisnis kedai kopi laris bisa Anda lakukan jika
Baca Juga
12 Franchise Makanan untuk Pemula Modal Kecil
Ada Franchise makanan kekinian dapat menjadi pilihan yang menarik bagi seseorang yang ingin memulai bisnis makanan namun tidak memiliki pengalaman
Baca Juga
8 Cara Memulai Bisnis Kuliner Untuk Pemula
Memulai Bisnis Kuliner - Saat ini memang banyak sekali jenis bisnis yang bisa dilakukan. Salah satu bisnis yang sampai saat
Baca Juga
Cari Aplikasi Rumah Makan, Bisa Terima Pembayaran GoPay?
Aplikasi Rumah Makan - Sudah menjadi sangat ramai dibicarakan saat ini terkait beberapa usaha baru yang memanfaatkan fasilitas ojek online.
Baca Juga
11 Kunci Sukses Bisnis Rumah Makan Sederhana, Dijamin Cuan!
Rumah makan sederhana adalah salah satu bisnis kuliner yang dibutuhkan banyak kalangan. Logikanya, setiap manusia membutuhkan makan dan bisnis kuliner
Baca Juga
8 Kelebihan Software Kasir Minimarket untuk Kepentingan Bisnis
Software kasir minimarket - Kasir merupakan pekerjaan yang bertugas untuk melayani transaksi pembelian di sebuah toko. Profesi kasir untuk toko
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu