Logo Bee Web

5 Tips Copywriting Untuk Pemula dan Pengertiannya

Apa itu Copywriting? Bagaimana cara membuatnya tulisan agar menarik dan catchy? Simak selengkapnya disini.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 25 April 2023

Copywriting adalah ujung tombak dari pemasaran digital, dimana Copywriting ini berisi tentang kumpulan kata atau tulisan yang menarik dan catchy sehingga mampu menimbulkan rasa ketertarikan pembaca untuk mengikutinya.

Dengan adanya Copywriting ini konten yang dibuat akan lebih menarik dan biasanya digunakan untuk iklan, caption postingan media sosial, ajakan dan masih banyak lagi lainnya.

Apa Itu Copywriting?

Pengertian copywriting adalah sebuah kegiatan menulis teks pemasaran atau periklanan dengan tujuan membujuk atau membujuk konsumen agar bertindak sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Misalnya, pembelian produk, donasi, klik, unduhan, langganan, dll. Seseorang yang menulis salinan disebut copywriter.

Apa Itu Copywriting

Penulisan tidak bisa dilakukan sembarangan serta perlu proses panjang dan matang. (Credit: Freepik)

Pendapat hampir sama juga disampaikan oleh American Writers dan Artist Institute jika Copywriting adalah proses penulis teks atau konten persuasif untuk mempromosikan penjualan bagi berupa barang maupun jasa. Sehingga, kalimat di dalamnya harus mampu menimbulkan motivasi untuk membeli, mengklik, ajakan, dan hal hal lainnya yang mempengaruhi penjualan.

Kegiatan menulis teks konten persuasif ini dulu hanya dijalankan dan digunakan pada penulisan untuk promosi secara langsung saja, seperti iklan koran, televisi radio dan sejenisnya. Namun, kini terus berkembang ke ranah media online yang memiliki cakupan lebih luas, contohnya email marketing, caption postingan media sosial, ads, landing page dan sejenisnya.

Adapun materi dari kontennya dapat mencakup promosi tertulis yang dipublikasikan di media cetak atau online. Mereka juga dapat menyertakan materi lisan, seperti skrip untuk video atau iklan. Dan copywriter wajib memahami secara lebih mendalam mengenai produk yang akan dipromosikan guna menuliskan informasi yang sebenarnya.

Jenis-Jenis Copywriting

Copywriting ini dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya:

1. Direct Response Copywriting

Pertama ada direct response Copywriting, dimana tulisan yang bertujuan untuk mendapatkan tanggapan langsung dari pembacanya. Pada penerapan jenis ini biasanya ada pada CTA yang menyarankan para pembacanya mengklik banner tersebut.

Contohnya, ajakan untuk berlangganan, ajakan untuk mendownload ebook, ajakan untuk mendaftar dan lain sebagainya, yang disampaikan secara langsung. CTA ini sering dipasang pada landing page website, homepage, content marketing juga iklan berbayar dari google.

2. SEO Copywriting

Kedua ada SEO Copywriting, jenis konten yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan memposisikan konten berada di urutan pertama pada mesin pencari seperti google.

Oleh sebab itu, jenis konten ini wajib memenuhi kaidah SEO (Search engine optimization) dengan menargetkan keyword tertentu juga menggunakan heading yang tepat. Biasanya jenis konten ini digunakan pada landing page website, deskripsi produk, konten blog dan sejenisnya.

3. Brand Copywriting

Berikutnya ada brand Copywriting, jenis ini digunakan untuk konten yang tujuannya fokus pada penyampaian identitas atau citra dari sebuah brand. Copywriter yang menuliskan konten ini wajib memahami bagaimana produk dan identitas dari brand, sehingga mampu membuat konten yang informatif dan berbeda dari kompetitor lainnya. Contoh sederhana dari jenis ini adalah tagline produk.

4. Marketing Copywriting

Selanjutnya ada marketing Copywriting, dimana jenis konten yang disampaikan fokus pada promosi produk untuk memberikan pengetahuan mendasar terkait produk sekaligus mengajak mereka untuk menggunakannya.

Marketing Copywriting

Headline perlu dibuat sebaik mungkin untuk memikat mereka (Credit: Freepik)

Penerapan jenis ini biasanya ada pada home page, landing page, konten blog untuk promosi, email marketing dan lain sebagainya.

5. Technical Copywriting

Terakhir ada Technical Copywriting, jenis tulisan yang digunakan untuk memberikan pemahaman terkait bagaimana cara menggunakan sebuah produk, contoh penerapan dari jenis ini biasanya digunakan untuk produk kecantikan, kesehatan, teknologi, software dan beberapa produk lainnya yang membutuhkan panduan.

Langkah - Langkah Membuat Copywriting Promosi Produk

Setelah memahami pengertian sampai jenis-jenis Copywriting selanjutnya adalah memahami bagaimana langkah-langkah dalam membuat tulisan yang menarik.

1. Memahami Produk

Langkah awal dalam membuat Copywriting, seorang copywriter wajib memahami terlebih dahulu produk yang akan dipromosikan. Guna memberikan informasi secara detail dan sebenarnya serta memudahkan dalam menyusun kalimat promosinya.

Adapun informasi yang wajib diketahui oleh copywriter adalah bagaimana keunikan dari produk, fitur apa saja yang ditawarkan, bagaimana manfaat produk bagi pengguna dan beberapa informasi penting lainnya.

2. Memahami Kebutuhan Pembaca

Selanjutnya, tidak hanya dari segi produknya saja. Seorang copywriter juga harus memahami bagaimana kebutuhan pada pembacanya sehingga bisa menentukan kalimat yang menarik dan ‘relate’ dengan kebutuhan mereka.

Semakin paham apa yang dibutuhkan pembaca maka semakin mudah juga dalam menyusun kalimat persuasif yang akan menarik perhatian pembeli. Bagaimana cara memahami para pembaca ini?

Cara untuk memahami kebutuhan pembaca bisa dilakukan dengan melakukan survei baik secara langsung atau tidak langsung. Survey yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apa yang membuat produk ini menarik dari sudut pandang mereka, pengalaman menggunakan produk dan seterusnya.

3. Tentukan Headline Memikat

Jika produk sudah dipahami dan audience sudah dimengerti langkah selanjutnya adalah mulai menyusun headline yang menarik. Dimana sebagian besar pembaca hanya akan membaca headline dari iklan yang ada.

Sebab itu copywriter harus benar-benar bisa membuat headline semenarik mungkin yang menjadikan pembaca membaca kalimat seterusnya. Anda bisa membuat headline dari manfaat produk, promosi diskon atau persentase penilaian dan sejenisnya.

4. Berikan Kalimat Pendukung Menarik

Meskipun sebagian audience hanya membaca headlinenya saja tidak menjadikan copycriter meremehkan kalimat pendukung yang menyertai headlinenya. Sebab, headline hanya akan menjadi pengantar audience untuk membaca kalimat setelahnya.

Kalimat pendukung ini mencantumkan informasi yang lebih jelas, sebab itu perlu membuat kalimat pendukung yang menarik agar konsumen yakin untuk meneruskan pembelian produk. Kalimat pendukung bisa diawali dengan kalimat yang memberikan empati, mengawali dengan riset, juga kalimat yang membuat penasaran pembaca.

5. Mulai Menyusun Copywriter yang Berkualitas

Ada beberapa rumusan yang bisa digunakan dalam menulis Copywriting yang menarik, berikut diantaranya:

  • Menggunakan kalimat sederhana, dengan rumus kompleksitas – kesulitan, aspek – bagian, konvensional – biasa.
  • Buat tulisan terkesan personal, contoh dengan menggunakan kata sapaan Anda.
  • Jelaskan manfaat produk jangan hanya fiturnya.
  • Manfaatkan sub heading agar poin yang disampaikan bisa lebih jelas.

6. Akhiri dengan Call to Action (CTA)

Kelima akhiri tulisan dengan CTA atau call to action yang berisi tentang ajakan untuk klik tombol, banner dan sejenisnya. Kalimat yang digunakan juga tidak terlalu panjang dan disampaikan secara langsung. Contoh, coba sekarang, daftar sekarang dan sejenisnya.

7. Sering Membaca Referensi

Langkah terakhir agar bisa menulis Copywriting yang menarik adalah terus belajar dan sering-sering membaca, agar kosa kata dan referensi yang digunakan lebih banyak dan lebih mudah untuk berkembang.

Contoh Copywriting Menarik dari Brand Ternama

Berikut ini contoh tulisan Copywriting Menarik dari brand-brand ternama:

1.Menggunakan Rima Kata Ala GoJek

“Pengiriman Untung

Pengiriman Instan

Ongkirnya Gratisan”

2. Benefit Headline ala Netflix

“Unlimited Movie, TV Shows and more”

3. Question Headline ala Tiket.com

“Mau ke mana? Ke manapun, tiket.com aja”

Nah, sekian informasi tentang Copywriting dari pengertian, jenis, cara membuat sampai contohnya. Semoga bermanfaat.

Pemasaran merupakan hal penting, bahkan menjadi salah satu tombak sebuah bisnis. Jika pemasarannya bagus, besar kemungkinan perusahaan meraih laba besar. Produk atau jasa yang diproduksinya akan masuk ke dalam jajaran top brand.

Untuk itu Anda membutuhkan software akuntansi yang bisa menyajikan laporan stok sekaligus. Dan Beecloud merupakan salah satu software akuntansi online yang sangat lengkap plus harganya terjangkau jadi sangat cocok bagi Anda.

Beecloud Evaluasi Keuangan Lebih Mudah Efisien Dan Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Coba gratis Beecloud, klik gambar di atas

Artikel Terkait

Brand Ambassador Adalah Wajah Merek, Ini Jenis dan Tugasnya
Apa itu Brand Ambassador? Brand ambassador artinya individu atau tokoh terkenal yang bekerja untuk merepresentasikan merek tersebut di depan publik.
Baca Juga
Pemasaran Adalah: Jenis, Fungsi dan Tujuannya
Pemasaran adalah salah satu aspek penting dalam bisnis yang memainkan peran kunci dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Tanpa marketing yang efektif,
Baca Juga
Apa itu Telemarketing? Tugas dan Strateginya dalam Pemasaran
Telemarketing adalah sebuah strategi pemasaran yang telah lama ada, dan terus mengalami evolusi yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi.
Baca Juga
Customer Retention Adalah: Faktor dan Cara Meningkatkannya
Customer retention adalah aspek krusial dalam strategi pemasaran modern yang tidak bisa diabaikan. Sejauh mana suatu bisnis mampu mempertahankan pelanggan
Baca Juga
Pentingnya Tujuan Promosi dan Bentuk-bentuk Promosi
Dalam kegiatan berbisnis tidak akan jauh dari kata promosi. Dimana secara umum tujuan promosi adalah agar produk yang dihasilkan dari
Baca Juga
Testi Adalah: Manfaat dan Cara Mendapatkan Testimoni Positif
Apakah Anda seorang pebisnis yang ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperluas jangkauan pasar? Jika iya, maka testimoni atau disingkat testi
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu