Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Contoh Bill Hotel Manual dan Simpel

Dipublish Tgl: Tuesday, 7 June 2022

Contoh bill hotel manual diperlukan untuk setiap hotel untuk proses pembayaran. Saat Anda ingin check-in, hotel biasanya akan membuat faktur sebagai bukti pemesanan hotel yang terjadi. Setelah proses pembayaran selesai, hotel akan memberikan tanda terima kepada pelanggan untuk menunjukkan bahwa pembayaran sudah berakhir.

Tanda terima ini digunakan sebagai bukti transaksi antara pemilik hotel dengan pelanggan yang jika ada masalah di masa mendatang maka bukti transaksi tersebut dapat dijadikan alat untuk melakukan investigasi.

Ini juga telah dilakukan oleh hotel yang ada untuk memfasilitasi proses pencatatan transaksi. bill hotel biasanya mudah dibuat dan siapa pun dapat membuatnya.

Pada artikel kali ini akan dibahas lengkap mengenai bill hotel hingga contoh bill hotel manual yang bisa Anda pakai untuk dijadikan bukti transaksi bisnis hotel Anda.

Apa yang Dimaksid Bill Hotel?

Bill Hotel Adalah

Ilustrasi Bill Hotel (Sumber: Freepik.com)

Bill hotel atau faktur atau invoice adalah dokumen tertulis yang bertujuan untuk melakukan penagihan pembayaran. Dalam bill bisnis perdagangan atau jasa, bill ini diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai pihak yang diberikan hutang.

Komponen atau isinya terdiri dari nama produk, harga yang perlu dibayar, dan tanggal pembelian. Sedangkan dalam bill hotel, format atau informasi yang ada lebih sedikit dari bill perdagangan. Untuk detail lebih lanjut, Anda dapat memahami dalam komponen bill hotel berikut.

Komponen dalam Bill Hotel

Dalam pembuatan sebuah dokumen, atau yang lebih jelasnya membuat invoice atau bill, Anda perlu mengetahui komponen apa saja yang harus ada pada laporan bill tersebut. Karena Anda tidak akan bisa membuatnya tanpa mengetahui komponen-komponennya.

Berikut adalah komponen yang harus ada di bill hotel:

  • Identitas perusahaan
  • Nomor faktur
  • Identitas dari pelanggan
  • Informasi tentang pemesanan hotel
  • Informasi tambahan

Kelima komponen tersebut adalah informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk mengetahui jumlah yang harus dibayar. Pada tahap awal, pelanggan hotel akan check -in melalui resepsionis dan resepsionis akan memberikan faktur sebagai tanda transaksi.

Contoh Bill Hotel Manual yang Simpel

Contoh bill hotel ada beragam dan model disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut gambar bill hotel yang dapat Anda lihat.

Contoh Bill Hotel Manual

Contoh Bill Hotel Manual

Di atas, ada beberapa poin yang ditemukan dalam bill seperti:

  • Identitas Perusahaan (Alamat dan Nama Perusahaan)
  • Nomor faktur
  • Identitas Pelanggan
  • Informasi tentang pemesanan hotel yang digunakan
  • Informasi tambahan

Lima poin di atas berisi informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan dari jumlah pembayaran yang harus dilakukan. Pada awalnya, pelanggan akan melakukan proses cek in ke resepsionis. Setelah itu, resepsionis akan memberikan faktur sebagai tanda transaksi mengenai informasi.

Tips agar Pembayaran Bill Hotel Lancar

Sebagai pemilik bisnis atau bagian dari bisnis, pasti Anda ingin pelanggan segera melakukan pembayaran terhadap bill. Dengan pembayaran bill yang lancar, bisnis yang Anda dikelola juga dapat berjalan dengan lancar.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sehingga bill hotel dibayar dengan cepat oleh pelanggan:

1. Kirim Invoice Secepatnya

Hotel harus mengirim bill sesegera mungkin kepada pelanggan sehingga pelanggan dapat segera menyelesaikan pembayaran untuk tagihan mereka.

2. Berikan Denda Jika Terjadi Keterlambatan Pembayaran

Tidak semua pelanggan akan segera menyelesaikan pembayaran ketika mereka mendapatkan penerimaan bill. Beberapa lupa atau bahkan berpura -pura lupa untuk melakukan pembayaran.

Karena alasan ini, Anda harus memberikan denda bagi pelanggan yang terlambat membayar. Ini adalah kebijakan yang akan membuat pelanggan nakal mempertimbangkan tindakan mereka yang terlambat membayar faktur.

3. Berikan Metode Pembayaran yang Lebih Fleksibel

Di era semua canggihg seperti saat ini, ada banyak metode pembayaran yang dapat digunakan, mulai dari cash, menggunakan kartu, atau e-money. Orang-orang modern yang tinggal di daerah perkotaan, mereka lebih suka menggunakan pembayaran kartu atau e-money.

Untuk itu jika Anda memberikan pembayaran yang lebih beragam tentu akan memfasilitasi pembayaran untuk pelanggan.

4. Kirimkan Invoice Reminder

Anda juga dapat mengirim pengingat bill kepada pelanggan sehingga pelanggan dapat segera menyelesaikan pembayaran. Tapi Anda masih harus memperhatikan kenyamanan pelanggan sehingga pelanggan tidak terganggu oleh pengingat faktur yang dikirim oleh pihak bisnis Anda.

Untuk membuatnya lebih mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi Beecloud. Aplikasi perhotelan Beecloud adalah platform bisnis dengan fitur faktur, akuntansi, dan inventaris untuk bisnis Anda. Ada fitur faktur yang dapat dibuat dengan mudah dan cepat dan dikirim langsung secara online melalui email.

3 Keuntungan Menggunakan Bill Hotel Online

Keuntungan Menggunakan Bill Hotel Online

Ilustrasi Menggunakan Bill Hotel Online (Sumber: Freepik.com)

Mengapa bisnis hotel sekarang menggunakan sistem bill hotel online? Ini karena jangkauan klien bisnis perhotelan sangat luas. Sehingga pebisnis perhotelan dapat memberikan penagihan online dengan berbagai metode pembayaran online.

Dengan sistem bill hotel online ini, Anda dapat menerima pembayaran dari seluruh penjuru dunia. Keuntungan menggunakan bill pembayaran untuk bisnis hotel adalah sebagai berikut.

1. Bill Hotel untuk Pembayaran Instan

Salah satu keuntungan utama dari bill online adalah proses pembayaran atau penagihan yang lebih cepat dan lebih instan. Anda dapat mengumpulkan pembayaran kepada klien kapan saja dan di mana saja.

Klien juga dapat melakukan pembayaran fleksibel dengan berbagai metode yang diinginkan oleh klien sendiri. Dengan pemberitahuan pembayaran online, itu akan membuat bisnis perhotelan Anda jauh lebih tepercaya.

2. Bisnis Jadi Lebih Terpercaya

Bill online ini mungkin terlihat sepele, tetapi efek menggunakan bill hotel ini dapat membuat bisnis perhotelan Anda terlihat jauh lebih profesional dan andal. Metode ini membuat klien lebih tertarik untuk tinggal di hotel Anda atau melakukan kerja sama bisnis dengan hotel Anda.

Kirim nill online, Anda secara tidak langsung menawarkan perlindungan kepada klien yang mencegah mereka dari penipuan.

3. Penagihan Secara Terjadwal

Ucapkan selamat tinggal dengan cara manual yang merepotkan. Kirim Faktur Online dapat memfasilitasi proses penagihan Anda karena sistem penagihan yang dijadwalkan. Anda bisa menggunakan Beecloud untuk melakukan pengiriman bill melalui email.

Ini memberikan keuntungan berupa hemat waktu dan tenaga karena sistem dapat melakukannya secara otomatis tanpa bantuan tenaga Anda.

Kesimpulan

Untuk bisnis yang bergerak di bidang perhotelan, bill memiliki fungsi sebagai bukti pemesanan kamar hotel saat melakukan check-in. Setelah pelanggan menyelesaikan pembayaran, faktur atau bill ini akan diganti dengan tanda terima. Anda dapat menggunakan contoh di atas jika Anda ingin membuat bill untuk bisnis hotel.

Selain contoh-contoh di atas, ada cara lain yang lebih mudah untuk membuat contoh bill hotel manual, yaitu Software akuntansi dari Beecloud. Aplikasi Beecloud adalah perangkat lunak akuntansi yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan memudahkan pengguna untuk mengelola keuangan.

Salah satu fitur yang dimiliki Beecloud adalah kemudahan membuat faktur yang akan dikirim ke pelanggan. Selain itu, Beecloud memberikan Anda kemudahan dengan perhitungan faktur yang serba otomatis sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk menghitung.

Selain itu, laporan keuangan juga sudah memiliki sistem otomatis yang terbuat secara otomatis, kapanpun dibutuhkan Anda bisa mengakses secara langsung.

Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit
Contoh rekap orderan olshop agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merekap orderan online […]
Baca Juga
3+ Software Minimarket Seperti Indomaret & Alfamart
Software Minimarket – Banyak usaha dibidang retail atau toko swalayan perorangan yang bermunculan dan masih belum menggunakan software kasir untuk […]
Baca Juga
5 Trik Promosi Terbaru Di Facebook
Trik Promosi di Facebook - Salah satu bisnis yang paling banyak digandrungi yaitu bisnis online. Hal ini dikarenakan bisnis online […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu