Logo Bee Web

Mengenal Data Warehouse, Komponen dan Karakteristiknya

Data warehouse adalah sietem yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan dan mengelola data, pahami karakteristik dan komponennya di sini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 10 September 2023

Data warehouse merupakan suatu konsep yang penting dalam dunia teknologi informasi, yang memungkinkan perusahaan dan organisasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data secara efisien.

Selain itu, data warehouse memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber, membersihkan dan mentransformasikannya menjadi format yang dapat digunakan, serta menyediakan alat analisis yang kuat untuk membantu dalam pengambilan keputusan yang berdasarkan fakta.

Artikel ini akan membahas berbagai aspek penting dari data warehouse, mulai dari konsep dasar hingga manfaatnya dalam mendukung bisnis dan pengambilan keputusan.

Apa itu Data Warehouse?

data warehouse adalah

Pengertian data warehouse adalah sietem yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan dan mengelola data (Credit: Freepik.com)

Data Warehouse adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data dari berbagai sumber yang berbeda dengan tujuan untuk analisis bisnis dan pengambilan keputusan.

Dari sana data yang disimpan di dalamnya biasanya sudah melalui proses pengolahan yang disebut ETL (Extract, Transform, Load), yang mengambil data dari berbagai sumber, mengubahnya ke dalam format yang konsisten, dan memuatnya ke dalam basis data yang dirancang khusus untuk analisis.

Baca Juga: Warehouse Adalah: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Fungsi Data Warehouse bagi Pebisnis

Data Warehouse memiliki beberapa fungsi penting yang sangat berarti bagi pebisnis:

1. Mendukung Pengambilan Keputusan

Salah satu fungsi utamanya adalah memberikan data yang konsisten, terintegrasi, dan relevan kepada pemangku kepentingan bisnis. Ini memungkinkan pemilik bisnis, manajer, dan analis untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih terinformasi.

2. Analisis Data yang Mendalam

Data dalam warehouse dirancang untuk analisis yang mendalam. Dengan akses mudah ke data historis dan alat analisis seperti OLAP, pemangku kepentingan dapat menjalankan query yang kompleks dan membuat laporan yang mendalam untuk memahami tren bisnis, perilaku pelanggan, dan kinerja produk atau layanan.

3. Mengintegrasikan Data dari Sumber yang Berbeda

Data yang diberikan dapat menggabungkan data dari berbagai sumber yang berbeda, termasuk basis data transaksional, sistem eksternal, dan data yang dihasilkan oleh bisnis. Hal ini memberikan visibilitas yang holistik ke dalam operasi bisnis.

4. Mendukung Analisis Prediktif

Dengan akses ke data historis dan kemampuan analisis yang kuat, data tersebut memungkinkan organisasi untuk melakukan analisis prediktif. Ini berarti memprediksi tren masa depan berdasarkan data masa lalu, yang dapat digunakan untuk perencanaan strategis.

5. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Membantu meningkatkan efisiensi operasional dengan memberikan wawasan tentang proses bisnis yang sedang berlangsung. Hal ini dapat membantu dalam mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan atau otomatisasi.

6. Pengelolaan Hubungan Pelanggan

Bisnis dapat menganalisis data pelanggan secara mendalam, memahami preferensi dan perilaku pelanggan, serta merancang strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan retensi pelanggan dan pertumbuhan bisnis.

Komponen Data Warehouse

Strategi Sukses Toko Grosir

Ilustrasi Contoh Warehouse E-Commerce (Sumber: Freepik.com)

Berikut beberapa komponen yang wajib ada di dalam data warehouse:

1. Database

Database adalah komponen inti adalah tempat di mana data dari berbagai sumber disimpan dalam format yang terstruktur dan dioptimalkan untuk analisis. Basis data ini biasanya dirancang khusus untuk keperluan data dan memiliki skema yang memudahkan query dan analisis.

2. ETL

ETL adalah proses yang sangat penting dalam data. Ini mencakup tiga tahap utama: ekstraksi (extract) data dari berbagai sumber, transformasi (transform) data untuk membersihkan, mengubah format, dan menggabungkan data, dan kemudian memuat (load) data ke dalam database Data Warehouse. ETL memastikan bahwa data dalam Data Warehouse konsisten, relevan, dan siap untuk analisis.

3. Query Tools

Query Tools atau alat analisis adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan query dan analisis data dalam Data Warehouse. Ini bisa berupa alat OLAP (Online Analytical Processing), alat pemodelan data, atau bahkan bahasa SQL untuk mengambil data.

4. Meta Data

Meta Data adalah informasi yang mendeskripsikan data dalam Data Warehouse. Ini mencakup deskripsi tentang asal-usul data, struktur data, relasi antar tabel, dan bahkan informasi tentang bagaimana data ini digunakan dalam analisis bisnis. Meta Data memudahkan pemahaman dan pengelolaan data dalam Data Warehouse.

5. Data Layer/ Data Mart

Pengertian Data Layer atau Data Mart adalah subseksi ddata yang berfokus pada area atau departemen tertentu dalam organisasi. Data Mart adalah tempat di mana data yang relevan dengan kebutuhan spesifik pengguna atau kelompok pengguna disimpan. Ini dapat berupa subsistem warehouse yang terpisah atau bagian yang berbeda dari Data Warehouse utama.

Karakteristik Data Warehouse

Data warehouse memiliki beberapa karakteristik utama:

1. Integrasi Data

Data warehouse menggabungkan data dari berbagai sistem dan sumber yang berbeda menjadi satu tempat penyimpanan tunggal. Hal ini memungkinkan untuk melihat gambaran yang holistik tentang bisnis atau organisasi.

2. Penyimpanan Data Historis:

Biasanya menyimpan data historis, yang berarti data lama tidak dihapus ketika data baru ditambahkan. Ini memungkinkan analisis tren dan perubahan seiring waktu.

3. Optimasi untuk Analisis

Dirancang dan diatur sedemikian rupa sehingga query dan analisis data dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Ini berbeda dari sistem basis data transaksional yang dirancang untuk memproses operasi sehari-hari.

4. Akses Pengguna

Memungkinkan berbagai pengguna dalam organisasi untuk mengakses data sesuai dengan izin dan kebutuhan mereka. Ini termasuk pemilik bisnis, analis data, dan manajer yang memerlukan informasi untuk pengambilan keputusan.

5. Alat Analisis

Seringkali dilengkapi dengan alat analisis bisnis seperti OLAP (Online Analytical Processing) atau alat pemodelan data untuk membantu pengguna dalam menjalankan query kompleks dan menciptakan laporan.

Baca Juga: Tips Manajemen Gudang untuk Kontrol Stok Barang

Beecloud Kelola Stok Barang Di Gudang

Data warehouse berperan penting dalam mendukung proses pengambilan keputusan yang berdasarkan data yang akurat dan relevan. Ini memungkinkan organisasi untuk memahami kinerja mereka, mengidentifikasi peluang, dan mengatasi tantangan dengan lebih baik.

Persona Adalah: Komponen, dan Manfaatnya dalam Pemasaran
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, pemahaman mendalam tentang target audiens menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai kesuksesan.  Salah
Baca Juga
10 Contoh Perusahaan Perseorangan atau Usaha Kecil
Tanpa Anda sadari, perusahaan perseorangan sebenarnya sudah sering Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Biasa disebut usaha kecil atau disingkat UKM.
Baca Juga
8 Contoh Joint Venture di Indonesia yang Sukses
Dalam dinamika bisnis modern, strategi kolaborasi menjadi kunci penting bagi perusahaan untuk meraih kesuksesan dan menghadapi tantangan yang kompleks. Contoh
Baca Juga
Diversifikasi: Pengertian, fungsi, Jenis dan Strateginya
Dalam dunia bisnis istilah diversifikasi adalah bukan hal asing lagi, yang mana merupakan sebuah strategi optimasi yang digunakan untuk menekan
Baca Juga
Mengenal Bisnis FMCG, Produk dan Perusahaannya
FMCG atau Fast Moving Consumer Goods adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk yang dijual dengan cepat dan sering dikonsumsi
Baca Juga
Mengenal FOB (Free On Board) dalam Bisnis Pengiriman Barang
Anda mungkin pernah mendengar istilah "FOB" ketika berurusan dengan bisnis pengiriman barang internasional. FOB adalah singkatan dari "Free On Board",
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu