🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Mengenal Convenience Store: Konsep, Keunikan, dan Contohnya

Apakah Anda pernah mendengar tentang convenience store atau minimarket? Di artikel ini, akan dijelaskan konsep dan keunikan dari bisnis ini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 28 May 2023

Convenience store atau minimarket telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi anak muda yang mencari tempat berkumpul dengan anggaran lebih hemat dibandingkan dengan kafe atau restoran lainnya.

Beberapa minimarket telah memperkenalkan konsep baru dan menawarkan beragam produk serta fasilitas yang menarik bagi para pelanggan.

Di artikel ini, kita akan mempelajari ciri-ciri, keunikan, kelebihan dan contoh bisnis convenience store.

Apa itu Convenience Store?

Convenience store adalah jenis toko ritel yang menyediakan berbagai produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen. Toko ini biasanya beroperasi dalam waktu yang panjang, bahkan 24 jam, dan menawarkan kenyamanan dan kemudahan berbelanja.

Di sini, Anda dapat menemukan berbagai produk mulai dari makanan ringan, minuman, produk kebersihan, hingga kebutuhan sehari-hari lainnya.

Ciri-ciri Bisnis Convenience Store

Bisnis convenience store memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari jenis toko lainnya. Berikut adalah ciri-ciri tersebut:

1. Lokasi Strategis

Convenience store biasanya berlokasi di area yang mudah dijangkau, seperti di pinggir jalan, pusat perkotaan, atau area perumahan. Hal ini memudahkan konsumen untuk mengakses toko tersebut dengan cepat.

2. Waktu Operasional yang Fleksibel

Salah satu keunggulan utama convenience store adalah waktu operasional yang panjang, bahkan 24 jam. Ini memungkinkan konsumen untuk berbelanja kapan pun mereka membutuhkan, termasuk di malam hari atau saat situasi mendesak.

3. Varian Produk yang Lengkap

Meskipun memiliki ukuran toko yang relatif kecil, convenience store menyediakan berbagai macam produk, seperti makanan ringan, minuman, produk kebersihan, alat tulis, dan banyak lagi. Konsumen dapat menemukan hampir semua kebutuhan sehari-hari mereka di toko ini.

4. Pelayanan yang Cepat dan Efisien

Dalam convenience store, konsumen dapat menyelesaikan pembelian dengan cepat. Kasir siap melayani konsumen dengan ramah, dan proses transaksi biasanya dilakukan dengan sistem yang efisien.

5. Fokus pada Kemudahan

Seperti namanya, convenience store menempatkan kenyamanan konsumen sebagai prioritas utama. Produk disusun dengan rapi, dan penempatan barang yang strategis memudahkan konsumen untuk menemukan apa yang mereka cari dengan cepat.

Perbedaan Bisnis Convenience Store dengan Grocery

Meskipun convenience store dan grocery store seringkali memiliki produk yang serupa, ada perbedaan yang signifikan antara keduanya.

- Convenience store lebih fokus pada memberikan kenyamanan dan aksesibilitas kepada konsumen. Toko ini menawarkan pilihan produk yang lengkap namun dalam jumlah yang lebih terbatas. Di sisi lain, grocery store biasanya lebih besar dan menawarkan berbagai produk dalam jumlah yang lebih banyak.

- Grocery store umumnya menargetkan pembelian dalam jumlah besar, seperti untuk kebutuhan bulanan atau mingguan. Sementara itu, convenience store lebih cocok untuk pembelian sehari-hari atau situasi mendesak, di mana konsumen ingin membeli produk dengan cepat dan praktis.

- Convenience store juga menawarkan layanan yang lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan grocery store. Konsumen dapat langsung mengambil produk yang mereka butuhkan tanpa harus menghabiskan waktu mencari dan membandingkan banyak pilihan.

Contoh Bisnis Convenience Store di Indonesia

Terdapat beberapa contoh convenience store di Indonesia yang populer di kalangan anak muda. Berikut adalah beberapa contoh minimarket tersebut:

1. Lawson

Minimarket Lawson

Foto Minimarket Lawson (Foto: Dok. Wikimedia Commons)

Lawson awalnya didirikan sebagai toko susu di Amerika Serikat. Namun, kemudian berkembang menjadi convenience store dengan banyak cabang di Amerika dan Jepang.

Di Indonesia, Lawson menyajikan camilan khas Jepang seperti Oden dan Onigiri, serta produk eksklusif yang hanya tersedia di toko mereka.

2. Indomaret Point

Indomaret Point merupakan konsep baru dari Indomaret yang menawarkan beragam makanan dan minuman cepat saji. Selain berbelanja, pelanggan juga dapat menikmati fasilitas seperti kursi, meja, dan WiFi di dalam toko.

3. Family Mart

Family Mart adalah convenience store asal Jepang yang telah memiliki banyak gerai di Indonesia. Mereka mengandalkan sistem digital untuk mempercepat transaksi, terutama untuk pelanggan yang memiliki waktu terbatas. Family Mart juga menjalin kemitraan dengan UMKM lokal untuk memperluas produk yang ditawarkan.

4. Circle K

Circle K Convenience Store

Tampak Depan Circle K (Foto: Dok. insideretail.hk)

Circle K menawarkan beragam kebutuhan sehari-hari, namun beberapa lokasinya juga menyediakan minuman kopi dan sarapan praktis. Toko ini juga dilengkapi dengan meja dan kursi, menciptakan suasana yang nyaman bagi para pelanggan, terutama anak muda.

5. Ministop

Ministop merupakan convenience store yang terkenal dengan minuman blended bernama Chillz. Meskipun tidak menyediakan fasilitas meja dan kursi di depan toko, mereka menawarkan pilihan minuman yang unik dan beragam.

6. Seven Eleven

Seven Eleven sebelumnya sangat populer di kalangan generasi muda. Toko ini menjadi tempat favorit untuk mengerjakan tugas, membeli camilan, atau bahkan menonton film. Sayangnya, Seven Eleven telah menutup semua toko mereka di Indonesia.

Jadi, itu adalah beberapa contoh minimarket di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen dengan cara yang praktis dan nyaman.

Kelebihan dan Keunikan Bisnis Convenience Store

Bisnis minimarket memiliki beberapa kelebihan dan keunikan yang membuatnya tetap diminati oleh konsumen. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Aksesibilitas dan Kemudahan Berbelanja

Convenience store ditempatkan dengan strategis di berbagai lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen. Keberadaan toko ini di dekat tempat tinggal atau tempat kerja memudahkan konsumen untuk berbelanja dengan cepat tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

2. Penawaran Produk Siap Saji dan Minuman Segar

Salah satu keunggulan convenience store adalah menyediakan produk siap saji dan minuman segar. Konsumen dapat menemukan makanan ringan, roti, sandwich, minuman kemasan, dan berbagai produk lainnya yang siap untuk dikonsumsi tanpa perlu memasak atau menyiapkan sendiri.

3. Kecepatan Transaksi dan Layanan Pelanggan yang Ramah

Dalam minimarket, konsumen dapat menyelesaikan pembelian dengan cepat. Proses transaksi yang efisien dan ramah dari kasir membantu menghemat waktu dan memastikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi konsumen.

Baca Juga: Mengapa Bisnis Ritel Anda Harus Memiliki Aplikasi Penjualan?

Mengapa Bisnis Convenience Store Terus Bertahan?

Bisnis convenience store terus bertahan dan berkembang dalam era modern ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis ini tetap diminati oleh konsumen:

1. Menyesuaikan dengan Gaya Hidup Modern yang Sibuk

Gaya hidup modern yang serba cepat dan sibuk membuat konsumen mencari solusi yang praktis dan efisien. Minimarket hadir sebagai alternatif yang memungkinkan konsumen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dengan mudah dan cepat, tanpa harus menghabiskan waktu yang lama.

2. Kebutuhan Mendesak dan Permintaan Konsumen yang Tinggi

Convenience store juga dapat memenuhi kebutuhan mendesak konsumen. Ketika ada situasi darurat atau kebutuhan mendadak, seperti membeli obat, air minum, atau makanan saat larut malam, minimarket menjadi pilihan utama yang dapat dipercaya oleh konsumen.

3. Inovasi dan Adaptasi dengan Perkembangan Teknologi

Bisnis minimarket terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Mereka memanfaatkan teknologi dalam mengoptimalkan operasional, seperti sistem pembayaran nirkontak, self-checkout, dan penggunaan aplikasi mobile untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja dan mendapatkan penawaran khusus.

Manfaat Software Kasir untuk Convenience Store

Salah satu solusi yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan kecepatan operasional bisnis convenience store adalah penggunaan software kasir modern seperti Beepos. Software kasir ini menawarkan sejumlah manfaat yang signifikan bagi pemilik minimarket.

Aplikasi Kasir Minimarket Untuk Customer Yang Nuntut Serba Instan Dan Cepat

Pertama, Beepos memungkinkan pemilik toko untuk mengelola persediaan dengan lebih baik. Melalui fitur inventarisasi yang terintegrasi, pemilik toko dapat secara real-time memantau stok produk, melakukan pemesanan otomatis saat persediaan menipis, dan menghindari kehabisan produk yang populer.

Selain itu, software kasir ini juga menyediakan laporan penjualan yang rinci dan analisis data, membantu pemilik minimarket dalam mengidentifikasi tren penjualan dan membuat keputusan yang lebih cerdas dalam perencanaan bisnis.

Dengan segala manfaat yang ditawarkannya, penggunaan software kasir seperti Beepos dapat membantu memperbaiki efisiensi operasional, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan profitabilitas bisnis minimarket.

Kesimpulan

Dalam dunia ritel, convenience store memegang peran penting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari konsumen dengan mudah dan cepat.

Dengan lokasi strategis, waktu operasional yang fleksibel, varian produk yang lengkap, serta pelayanan yang ramah dan cepat, minimarket terus bertahan dan menjadi pilihan utama bagi konsumen dalam mengatasi gaya hidup modern yang sibuk.

Dengan inovasi dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi, bisnis convenience store terus berkembang dan memberikan pengalaman belanja yang praktis dan menyenangkan bagi konsumen.

Artikel Terkait

Stock Taking Adalah Metode Pelacakan Stok, Begini Caranya
Apa itu stock taking? Secara sederhana, stock taking adalah proses penghitungan fisik persediaan barang yang dilakukan secara berkala untuk memastikan
Baca Juga
Pengertian ROA (Return on Assets) dan Cara Menghitungnya
Apakah Anda seorang pelaku bisnis yang ingin memantau kinerja perusahaan Anda? Salah satu indikator penting yang perlu Anda perhatikan adalah
Baca Juga
Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
5 Jenis Usaha Kelompok dan Contohnya di Indonesia
Membangun usaha bersama menawarkan banyak keuntungan dibandingkan usaha individu. Kolaborasi dalam usaha kelompok dapat menggabungkan ide, modal, dan keahlian yang
Baca Juga
Hidroponik Adalah Menanam Tanpa Tanah, Ini Peluang Bisnisnya!
Hidroponik adalah salah satu teknik dalam menanam, yakni tanpa menggunakan media tanah. Seperti namanya media yang digunakan untuk pertumbuhan tanaman
Baca Juga
Mengenal CSR Perusahaan, Jenis, Tujuan, Hukum & Contohnya
CSR adalah singkatan dari corporate social responsibility atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan tanggung jawab sosial, biasanya dilakukan oleh organisasi
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu