Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Software Penjualan Minimarket Bantu Scale Up Bisnis Para Owner

Dipublish Tgl: Tuesday, 31 May 2022

Memakai software penjualan minimarket merupakan keputusan yang tidak mudah bagi pemilik bisnis minimarket. Bagaimana tidak? Pemilik bisnis ini pasti tidak ingin gonta-ganti software hanya karena merasa tidak cocok dengan satu software. Selain itu, hal ini juga memakan waktu jika harus hijrah ke software baru.

Namun apa jadinya jika minimarket dibiarkan hanya menggunakan sistem perhitungan manual hanya karena owner takut tidak cocok dengan software minimarket? Berdiri sebagai bisnis ritel, minimarket menjadi bentuk usaha yang selalu dan perlu untuk melakukan inovasi atau terobosan baru yang mengikuti zaman. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya perubahan tren pola konsumsi masyarakat dan juga cara orang berbelanja.

Agar tetap terlihat eksis dengan budaya baru inilah sebuah gerai harus mulai mengadopsi banyak hal, salah satunya adalah memanfaatkan teknologi yang telah ada. Misalnya saja dengan memasang software penjualan minimarket di gerainya.

Jika anda adalah seorang pemilik bisnis minimarket, memanfaatkan teknologi yang satu ini tentu memberikan banyak keuntungan yang membantu meningkatkan pemasukan atau profit dari usaha Anda tersebut. Apa sajakah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pemakaian software penjualan di minimarket Anda?

Keuntungan Saat Memakai Software Penjualan Minimarket

manfaat nota penjualan

Ilustrasi Software Penjualan Minimarket 

Software penjualan atau orang sebut dengan nama aplikasi POS atau Point of Sale merupakan sebuah teknologi yang memberikan banyak kemudahan bagi para pemilik bisnis ritel seperti minimarket dalam urusan transaksi dan hal-hal lainnya. Aplikasi ini biasanya terpasang di mesin kasir atau perangkat seperti komputer dan juga bisa di perangkat tablet bahkan gadget yang digunakan oleh para petugas kasir.

Aplikasi POS atau software penjualan minimarket yang terpasang di perangkat memiliki sejumlah kelebihan yang memberikan keuntungan kepada Anda pebisnis yang memakainya dengan baik. Berikut ini perlu Anda simak keuntungan-keuntungan tersebut.

  • Lebih Aman dengan Software Penjualan Minimarket

Melakukan pengawasan secara langsung pada setiap transaksi yang terjadi di minimarket tentu saja merupakan keinginan Anda. Namun, hal ini bisa banyak menyita waktu yang Anda miliki. Terutama jika saat itu juga usaha sedang berkembang dan banyak cabang tengah Anda jalankan. Otomatis Anda tidak bisa mengurusi usaha tersebut sendiri dan alhasil perlu ada karyawan yang Anda percayai mengurus transaksi  jual beli di minimarket.

Kalau karyawan  yang ada percayai tersebut melakukan kecurangan maka akan merepotkan terutama keuangan bisa bocor. Untuk itulah software penjualan ini hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi ini bisa memperkecil resiko terjadinya tindak kecurangan. Ini karena Anda bisa langsung menyambungkan gadget atau smartphone dengan perangkat di meja kasir sehingga data-data bisa terpantau secara real time saat jaringan internet terkoneksi.

  • Mengurangi Terjadinya Human Error

Ilustrasi Human Error Software Penjualan

Mengurangi Human Error dengan Software Penjualan Minimarket (Sumber: Freepik.com)

Saat Anda menggunakan software penjualan minimarket versi manual dalam melakukan perhitungan transaksi jual beli di minimarket, maka human error bisa saja terjadi. Meskipun Anda berusaha untuk menghindarinya, cara manual tetap mempunyai potensi kesalahan yang besar.

Yang menjadi masalah adalah ketika kesalahan tersebut adalah ketika Anda atau karyawan menghitung jumlah penjualan. Hal itu bisa membuat kepercayaan para pelanggan ke pelayanan minimarket Anda menurun. Karena itulah ada software POS yang bisa membantu Anda mengurangi resiko human error karena perhitungan total belanjaan dilakukan dengan cara yang terkomputerisasi.

  • Analisis Perkembangan Usaha Jadi Lebih Mudah

Tentu saja sebuah software penjualan minimarket yang terpasang di mesin kasir tidak hanya akan membantu Anda untuk urusan transaksi jual beli saat di tempat. Kehadirannya bisa menjangkau tugas-tugas lain yang anda perlukan seperti misalnya menghitung jumlah stok, jumlah laba, dan menyajikan data-data lain yang anda perlukan.

Tersajinya data tersebut hingga bisa Anda baca dengan lebih mudah dan akurat bisa membantu untuk melakukan analisa terhadap perkembangan dari usaha tersebut. Anda bisa menentukan apakah minimarket mengalami kemajuan atau sebaliknya. hasil analisis tersebut bisa menjadi patokan seorang pengusaha untuk menentukan langkah selanjutnya. Misalnya minimarket mengalami stagnasi maka Anda sebagai pemiliknya bisa melakukan langkah seperti promosi harga-harga barang di dalam gerai.

  • Menghemat Waktu atau Efisien

Ilustrasi Menghemat Waktu Software Penjualan

Ilustrasi Karyawan Minimarket Membawa Jam (Sumber: Freepik.com)

Dengan menggunakan software penjualan minimarket yang Anda miliki, otomatis transaksi jual beli dengan pelanggan di meja kasir menjadi lebih cepat dan mudah. Ini akan membuat waktu yang Anda perlukan menjadi lebih sedikit begitu juga untuk para pembeli. Apalagi sekarang ini beberapa software penjualan memberikan dukungan untuk para pembeli dan pemilik usaha melakukan metode transaksi pembayaran yang lebih beragam.

Anda bisa melayani para pembeli dengan niat melakukan pembayaran menggunakan metode yang tunai maupun non tunai seperti penggunaan kartu debit, kartu kredit ataupun uang digital.  Selain itu otomasi yang aplikasi ini tawarkan akan menghemat waktu anda untuk melakukan pembuatan laporan keuangan dan analisa bisnis.

  • Menghemat Pengeluaran

Apalagi keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memakai software penjualan minimarket? Tentu saja adalah menghemat pengeluaran. Pasalnya harga mesin kasir manual ternyata lumayan mahal. Tentu saja biaya untuk pengadaan tersebut bisa menjadi hambatan saat melakukan bisnis di bidang ritel ini. Sedangkan pengadaan aplikasi penjualan ternyata lebih murah ketimbang mesin kasir manual bahkan ada yang tersedia dengan gratis.

Otomatis hal ini bisa menjadi untungan paling anda harapkan. Tidak hanya masalah pengadaan, dengan memakainya Anda tidak perlu mempekerjakan banyak karyawan untuk melakukan tugas perhitungan belanja. Cukup memilih karyawan yang kompeten mengoperasikannya. Dengan begitu biaya menggaji karyawan bisa lebih terpangkas dan hemat.

Memilih Software Penjualan Minimarket

Memilih software penjualan minimarket adalah sesuatu yang tidak sepele. Paling penting Anda harus memilihnya sesuai dengan kategori: mudah dipakai, sesuai budget, dan terpercaya. Tiga hal itu paten harus Anda penuhi agar usaha bisa terus berjalan sebagaimana mestinya dan berkembang menjadi lebih maju. Pastikan software tersebut benar-benar Anda butuhkan dan bisa menjadi solusi dari permasalahan manajemen keuangan yang ada di minimarket.

Software penjualan minimarket juga tidak lepas dengan adanya integrasi dengan laporan penjuan. Laporan penjualan merupakan instrumen yang akan memberikan gambaran umum tentang keadaan aktivitas penjualan dalam usaha.

Kini laporan tersebut bisa disajikan dalam berbagai caranya mulai dari manual sampai dengan menggunakan teknologi yang lebih cepat. Jika membuat laporan keuangan secara manual akan banyak kemungkinan terjadi kesalahan manual (human error) ketika membuat maupun menghitungnya.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot karena dengan software penjualan minimarket yang terintegrasi dengan akuntansi Anda sudah dibantu cara membuat laporan penjualan secara cepat dan praktis. Beepos memudahkan Anda dalam mengelola dan membuat laporan yang terperinci dan akurat.

Coba gratis selama 14 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Kontrol Bisnis Retail Realtime Beepos

Toko Sembako Adalah: Pengertian dan Tips Sukses Bisnis Sembako
Toko sembako adalah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Sembilan bahan pokok atau yang lebih dikenal dengan sembako, adalah kebutuhan yang […]
Baca Juga
Inilah 3 Tools dan Cara Membuat Invoice
Membuat Invoice dalam dunia perdagangan memang sangat familiar. Invoice biasa disebut dengan faktur penjualan yang biasanya digunakan sebagai surat penagihan […]
Baca Juga
Cara Memilih Aplikasi untuk Kasir Minimarket Gratis yang Terbaik
Aplikasi untuk kasir minimarket atau lebih dikenal dengan istilah¬†Point of Sale (POS) merupakan salah satu inovasi dari teknologi yang dapat […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial.
Chat via WA
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu