Logo Bee Web

5 Kriteria Konsep Diferensiasi Produk dan Contohnya

konsep diferensiasi produk merupakan sebuah strategi yang digunakan perusahaan atau bisnis dalam bertahan dan bersaing.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 7 October 2023

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diferensiasi adalah proses pembagian atau pembedaan hak dan kewajiban warga negara berdasarkan perbedaan usia, jenis kelamin, dan pekerjaan. Sedangkan konsep diferensiasi produk merupakan sebuah strategi yang digunakan perusahaan atau bisnis dalam bertahan dan bersaing dengan berinovasi dalam produknya.

Seberapa penting perannya dalam bisnis dan bagaimana kriteria yang tepat agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan bertahan di tengah sengitnya persaingan bisnis.

Sekilas Tentang Konsep Diferensiasi

Diferensiasi produk

Keunggulan persaingan produsen salah satunya adalah dengan memiliki perbedaan (Credit: Freepik.com)

Menurut Kartajaya, diferensiasi adalah bentuk usaha yang dilakukan produsen dalam menciptakan perbedaan produknya dengan pada pesaing, dengan harapan memberi nilai unggul dan terbaik untuk konsumennya.

Hal selaras juga di jelaskan oleh Kotler (2009) dimana ia menjelaskan jika keunggulan persaingan produsen salah satunya adalah dengan memiliki perbedaan tawaran, yang akan memberikan nilai tambah kepada konsumen yang tidak diberikan pesaing.

Tujuan utama dari diferensiasi adalah untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang akan membuat pelanggan lebih cenderung memilih produk atau layanan Anda daripada yang ditawarkan oleh pesaing. Dengan demikian, konsep diferensiasi adalah strategi yang penting dalam menjalankan bisnis yang sukses dan memenangkan persaingan di pasar.

Baca Juga: Brand Adalah dan Cara Membangun Brand Yang Kuat

Fungsi Penting Diferensiasi Produk dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa alasan mengapa diferensiasi produk menjadi strategi penting dalam bisnis:

1. Produk Lebih Unggul dan Kompetitif

Dengan membedakan produk Anda dari pesaing, Anda dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang kuat. Ini membuat produk Anda menjadi pilihan yang lebih menarik bagi pelanggan dibandingkan dengan produk serupa dari pesaing.

2. Membangun Identitas Merek

Kedua, dengan konsep diferensiasi produk yang matang dapat membantu Anda dalam membangun identitas merek yang kuat. Ketika produk Anda memiliki fitur atau karakteristik unik, merek Anda menjadi lebih mudah dikenali dan dapat membangun kesetiaan pelanggan yang lebih kuat.

3. Mengurangi Tingkat Persaingan Berbasis Harga

Dalam pasar yang sangat kompetitif, persaingan berbasis harga dapat menjadi berbahaya karena dapat mengurangi profitabilitas. Diferensiasi memungkinkan Anda untuk keluar dari perang harga dengan pesaing dan fokus pada penawaran produk yang lebih bernilai.

4. Daya Tarik Pelanggan

Selanjutnya dengan menerapkan konsep diferensiasi produk yang berbeda maka produk Anda akan memiliki daya tarik yang lebih besar bagi pelanggan. Pelanggan sering mencari pengalaman atau manfaat tambahan yang hanya dapat diberikan oleh produk yang diferensiasi.

Selain itu, Anda dapat mengurangi risiko bergantung pada satu produk atau segmen pasar tertentu. Dengan memiliki berbagai produk yang diferensiasi, perusahaan dapat lebih tahan terhadap fluktuasi pasar.

5. Peningkatan Loyalitas Pelanggan

Ketiga adalah peningkatan loyalitas, yang mana produk yang memberikan nilai tambah atau kualitas yang lebih tinggi dapat menciptakan pelanggan yang lebih setia. Pelanggan yang puas dengan produk Anda lebih cenderung tetap memilihnya dan bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.

5 Kriteria Diferensiasi Produk

Diferensiasi adalah

Karakteristik unik jadi strategi diferensiasi produk (Credit: Freepik.com/ @Funtab)

Ada beberapa kriteria yang dapat membantu Anda menentukan sejauh mana produk Anda telah berhasil dalam hal diferensiasi. Berikut adalah lima kriteria diferensiasi produk yang penting untuk diterapkan dalam bisnis:

1. USP (Unique Point Selling)

Pertama, produk Anda harus memiliki fitur atau karakteristik yang unik atau tidak dimiliki oleh produk pesaing. Ini bisa berupa teknologi inovatif, desain yang menonjol, atau manfaat khusus yang tidak dapat ditemukan pada produk lain. Keunikan ini harus menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.

Contohnya, produk Apple dengan produk-produknya seperti iPhone dan iPad telah berhasil membedakan diri dengan teknologi inovatif seperti Face ID, Siri, dan ekosistem iOS yang eksklusif

Baca Juga: Cara Menentukan Unique Selling Point (USP) Pada Produk

2. Kualitas dan Keunggulan Produk

Kriteria selanjutnya adalah keunggulan yang dimiliki oleh produk Anda, termasuk bagaimana kualitas produknya. Ini mencakup ketahanan produk, keandalan, daya tahan, atau bahan baku yang lebih baik. Produk yang berkualitas tinggi akan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan dan membedakan dirinya dari produk sejenis.

3. Memiliki Branding yang Kuat

Selanjutnya, identitas merek yang kuat dapat menjadi salah satu bentuk diferensiasi yang efektif. Merek yang dikenal dengan reputasi yang baik atau citra yang positif dapat menarik pelanggan karena mereka merasa yakin dengan produk Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa temukan pada brand Coca-Cola telah membangun merek yang sangat kuat dengan citra yang positif dan rekam jejak yang panjang. Konsumen sering memilih Coca-Cola karena mereka merasa terhubung dengan merek tersebut.

4. Pelayanan Pelanggan yang Unggul

Keempat adalah pelayanan pelanggan yang luar biasa dapat menjadi cara diferensiasi yang kuat. Responsif, ramah, dan bantuan pelanggan yang efisien dapat menciptakan pengalaman yang positif dan membuat pelanggan merasa dihargai. Seperti Toko yang menggunakan software kasir online Beepos, dengan sistem cepat jadikan pelayanan kepada customer jadi lebih unggul dan memudahkan.

5. Kesesuaian Produk dengan Kepentingan Konsumen

Terakhir adalah kemampuan untuk menyesuaikan produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan adalah bentuk diferensiasi yang penting. Ini bisa berarti memberikan berbagai pilihan, menyesuaikan produk untuk pelanggan tertentu, atau menyediakan layanan khusus yang memenuhi kebutuhan individu.

Dalam menerapkan strategi diferensiasi produk, penting untuk memahami pasar Anda, pelanggan target, dan apa yang mereka nilai. Dengan memenuhi atau melampaui kriteria-kriteria ini, Anda dapat menciptakan produk yang membedakan diri dari pesaing dan menarik perhatian pelanggan.

Solusi Pelayanan Unggul dengan BeeposPakai Beepos Resto Bisa Bikin Pelayanan 2x Lebih Cepat Bahkan Saat Ramai

Hal yang sering dibahas dalam menerapkan strategi diferensiasi produk adalah tentang pelayanan yang unggul, bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software kasir online Beepos. Dimana dengan Beepos Anda bisa memberikan pelayanan yang cepat kepada customer Anda.

Terintegrasi dengan akuntansi bisa jadikan bisnis jauh lebih mudah dan menguntungkan. Yuk dapatkan gratis trial sekarang juga khusus untuk Anda pengguna pertama, dengan klik banner di atas!

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana Usaha Kecil
Pembukuan keuangan sederhana dibutuhkan oleh pengusaha untuk melihat progres bisnisnya melalui rekapan aktivitas keuangan di dalam perusahaan. Apakah keuntungan meningkat
Baca Juga
9 Tips Jualan Online untuk Pemula Tersukses
Perkembangan dunia digital menjadikan bisnis jualan online semakin banyak diminati karena dianggap lebih praktis dan mudah dilakukan. Karena semakin banyak
Baca Juga
11+ Rekomendasi Usaha Jangka Panjang di Desa
Hidup di desa tidak menjadikan Anda terbatas dalam membuka usaha, ada banyak sekali peluang usaha jangka panjang di Desa yang
Baca Juga
9 Ide Bisnis Menjanjikan di Era Digital 2023
Di era digital seperti saat ini, jika Anda ingin memiliki bisnis menjanjikan yang sukses, Anda harus melakukannya berbasis digital juga.
Baca Juga
10 Contoh Iklan Produk dan Tips Membuatnya
Iklan produk menjadi salah satu aspek penting dalam pemasaran yang tidak dapat diabaikan. Ada banyak sekali contoh iklan produk yang
Baca Juga
7+ Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Membuatnya
Contoh surat perjanjian kerjasama dalam artikel ini bisa dijadikan referensi para pengusaha dalam penyusunanya. Mengingat memiliki surat kerjasama sangat penting
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu