📅 Sisa 2 Hari Lagi, Diskon 15% Berakhir!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

5 Contoh Iklan Permintaan, Tujuan dan Tipsnya

Butuh referensi contoh iklan permintaan? Baca selengkapnya artikel berikut ini dan pahali bagaimana strategi dan tips membuatnya, lengkap!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 1 May 2024

Iklan permintaan merupakan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai beberapa contoh iklan permintaan, pengertian, tujuan hingga tipsnya.

Berbeda dengan iklan penawaran yang fokus pada produk atau jasa, iklan permintaan berfokus pada kebutuhan atau keinginan konsumen. Iklan ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mencari pelanggan baru, meningkatkan brand awareness, atau meluncurkan produk baru.

Dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan menarik, iklan permintaan dapat mendorong konsumen untuk mengambil tindakan, seperti mengunjungi toko, menghubungi perusahaan, atau membeli produk.

Apa itu Iklan Permintaan?

Iklan adalah bentuk yang komunikasi yang ditujukan untuk mempromosikan kepada calon konsumen (Credit: Freepik.com)

Menurut S. William Pattis (1993), seorang ahli perikanan asal Amerika menjelaskan, jika iklan adalah bentuk komunikasi yang ditujukan untuk memotivasi atau mempromosikan produk kepada seorang calon pembeli potensial.

Sedangkan iklan permintaan adalah jenis iklan yang digunakan untuk mengajak atau meminta masyarakat melakukan suatu hal yang diinginkan oleh pembuat iklan.

Iklan ini berbeda dengan iklan penawaran yang fokus pada produk atau jasa yang ditawarkan. Dimana, tujuan utama dari iklan permintaan adalah untuk menarik perhatian pihak, membangun awareness dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness

Tujuan Adanya Iklan Permintaan

Adapun tujuan utama iklan permintaan adalah untuk mendorong aksi dari target audiens, seperti:

  • Meningkatkan kesadaran merek (brand awareness)
  • Mempromosikan produk atau layanan baru kepada calon pembeli
  • Menarik pelanggan baru untuk melakukan pembelian produk.
  • Meningkatkan penjualan produk barang atau jasa.
  • Mendapatkan partisipasi, jika organisasi atau bisnis sedang mengadakan sebuah kegiatan.
  • Mengubah perilaku, biasa berupa ajakan. Seperti, ajakan mengubah perilaku boros menjadi hemat dan sejenisnya.

Contoh Iklan Permintaan

Berikut ini beberapa contoh iklan permintaan beserta gambarnya:

1. Contoh Iklan Permintaan Lamaran Kerja

Contoh Iklan Permintaan Lowongan Kerja

Ilustrasi Contoh Iklan Permintaan Lowongan Kerja di Media Sosial (Credit: Freepik.com)

Contoh iklan permintaan lamaran kerja ini bisa berisi mengenai informasi kualifikasi kerja, jobdesk hingga contact person yang bisa dihubungi pelamar untuk melakukan registrasi.

Tujuan utama dari iklan ini adalah untuk meminta calon pelamar dengan keahlian spesifik (Web Developer) untuk melamar ke perusahaan.

2. Contoh Iklan Permintaan Peluncuran Produk Baru

Contoh iklan di atas adalah menggambarkan bagaimana perusahaan Apple memperkenalkan kepada khalayak umum, mengenai perilisan produk baru mereka.

3. Contoh Iklan Permintaan Diskon Spesial

Contoh Iklan Diskon

Contoh iklan diskon Tokopedia (Credit: Tokopedia.com)

Selanjutnya ada contoh iklan permintaan diskon spesial, iklan bertujuan untuk menarik minat konsumen dengan menawarkan diskon besar, dengan menjelaskan secara singkat tentang besaran diskon, periode promo, dan lokasi yang berlaku.

4. Contoh Iklan Layanan

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Dari Unicef

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Unicef (Sumber: Detik.com)

Selanjutkan ada iklan layanan, sama seperti iklan permintaan pada umumnya, Iklan ini bertujuan untuk menarik calon pelanggan untuk menggunakan jasa atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Iklan ini biasanya berisi informasi tentang jenis layanan yang ditawarkan, manfaat layanan, dan informasi kontak untuk mendapatkan layanan tersebut.

5. Contoh Iklan Undangan Acara

Webinar Beerkah Ramadhan 01 Web

Contoh iklan permintaan/ ajakan untuk menghadiri acara (Credit: Freepik.com)

Media Iklan Permintan yang Cocok

Membuat sebuah iklan tentu saja membutuhkan media, agar iklan yang dibuat dapat dilihat dan dijangkau banyak kalangan. Selain itu, pemilihan media juga sangat mempengaruhi keberhasilan dari iklan yang Anda untuk menjangkau audience.

Berikut adalah beberapa media yang umum digunakan dalam mempromosikan iklan, yakni:

1. Media Cetak

Media pertama yang cocok untuk dijadikan platform iklan permintaan adalah media cetak. Meskipun media cetak tidak sepopuler dahulu, media ini masih menjadi pilihan yang menarik untuk menjangkau audience.

Media cetak ini memiliki beberapa jenis, berikut diantaranya:

  • Koran, target audience yang luas dan gemar membaca berita.
  • Majalah, target audience yang spesifik berdasarkan minat, seperti otomotif, fashion, atau teknologi.
  • Brosur dan Leaflet, menjangkau target audience di area lokal, seperti iklan lowongan kerja di toko sekitar.

2. Media Elektronik

Media selanjutnya ada media elektronik, media ini juga memiliki beberapa platform yang bisa digunakan, yakni:

  • Televisi, menjangkau target audience yang luas dan ingin mendapatkan informasi secara visual.
  • Radio, menjangkau target audience yang sering mendengarkan radio, seperti di mobil atau tempat kerja.
  • Internet, menjangkau target audience yang aktif menggunakan internet, seperti melalui website, media sosial, dan email marketing.

3. Media Luar Ruang

Berikutnya ada media luar ruang, yakni media iklan yang biasanya diletakkan di ruang terbuka agar bisa dilihat oleh masyarakat secara luas, tanpa klasifikasi tertentu seperti papan reklame, spanduk, poster dan sejenisnya.

4. Media Sosial

Berikutnya ada media sosial, menjangkau target audience yang luas dan aktif, media sosial ini bisa menjadi opsi yang cukup menarik. Selain itu, media sosial ini juga bisa membagikan berbagai opsi media, baik teks saja, foto, video atau memadukan ketiganya.

Ada beberapa platform yang media sosial yang bisa digunakan untuk iklan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok dan sejenisnya.

5. Website dan Blog

Selanjutnya adalah website dan blog, media ini cocok untuk menjangkau target audience yang mencari informasi secara spesifik tentang produk atau layanan Anda.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien

Tips Membuat Iklan Permintaan yang Efektif

Membuat iklan permintaan yang efektif membutuhkan strategi dan perencanaan yang matang. Berikut 7 tips yang dapat membantu Anda:

1. Kenali Target Audience

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat iklan adalah menentukan siapa target audience yang akan dituju, target ini meliputi siapa saja yang ingin Anda jangkau, kemudian apa saja kebutuhan, keinginan dan kebiasaan mereka.

Semakin Anda memahami target audience, semakin baik Anda dapat membuat iklan yang menarik bagi mereka. Karena, mereka merasa relevan dengan apa yang Anda informasikan.

2. Tentukan Tujuan Iklan

Berikutnya tentukan apa tujuan dari iklan, apakah Anda ingin meningkatkan awareness, menarik pelanggan baru, atau meningkatkan penjualan.

Sebab tujuan ini akan mempraktekkan bagaimana tujuan yang Anda buat dan bagaimana ekspektasi yang ingin Anda bangun dari iklan tersebut.

3. Gunakan Bahasa yang Persuasif

Hal yang tidak kalah penting berikutnya adalah penggunaan bahasa, mulai dari judul. Dimana judul ini menjadi hal pertama yang dilihat orang, jadi pastikan itu menarik dan informatif.

Tidak hanya pada bagian judulnya saja, pada bagian isi juga pastikan untuk menggunakan bahasa yang jelas, ringkas dan mudah dimengerti.

Tambahkan juga kata-kata yang mengandung ajakan seperti "hubungi kami sekarang", "kunjungi website kami" dan lain sebagainya.

4. Tambahkan Visualisasi yang Menarik

Tips selanjutnya agar iklan permintaan kalian semakin menarik adalah dengan menambahkan visual yang menarik. Visualisasi ini bisa berupa warna, animasi, dan sejenisnya. Pastikan juga visual pendukung tersebut sesuai dengan tema iklan Anda.

5. Pilih Media Iklan yang Tepat

Kemudian, pilih media iklan yang tepat. Media iklan sendiri cukup beragam, seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, dan masing-masing media memiliki target audience yang berbeda.

Oleh karena itu, pemilihan media ini penting diakukan agar iklan semakin efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis yang sudah ditentukan sebelumnya.

6. Pantau dan Ukur Hasil Iklan

Setelah iklan Anda ditayangkan, penting untuk memantau dan mengukur hasilnya. Pemantauan ini akan membantu Anda mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat melakukan penyesuaian di masa depan.

7. Gunakan Aplikasi Pembukuan Beecloud

Terakhir adalah memiliki manajemen keuangan yang baik, caranya bagaimana? Yakni dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud. Dengan Beecloud, bisnis dapat mengoptimalkan iklan mereka dengan mencatat dan memantau arus kas keuangan secara efisien.

Beecloud memberikan kemudahan dalam merekam setiap transaksi iklan yang dilakukan, memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak pengeluaran iklan dengan lebih terperinci dan akurat.

Dengan informasi yang terekam dengan baik, bisnis dapat mengevaluasi efektivitas setiap kampanye iklan. Tertarik? Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Promosi Iklan Pemasaran Dan Mengetahui Laba Rugi

Artikel Terkait

Memahami Manfaat Influencer Marketing, Contoh dan Tipsnya
Influencer marketing telah menjadi strategi yang semakin populer dalam industri bisnis saat ini. Dengan semakin berkembangnya media sosial dan kekuatan
Baca Juga
Bundle Adalah Strategi Pemasaran, Ini Dia Penjelasannya
Pernah melihat produk yang jual dalam bentuk satu paket? Jika pernah Teknik tersebut bisa disebut dengan bundle atau bundling, yang
Baca Juga
8 Contoh Iklan Komersial Berdasarkan Medianya
Contoh iklan komersial merupakan hal yang tidak asing bagi kita semua. Iklan ini seringkali muncul di berbagai media, baik cetak,
Baca Juga
Rencana Pemasaran: Pengertian, Komponen, Cara dan Contohnya
Rencana pemasaran yang efektif tidak hanya mengidentifikasi target pasar dan menyusun strategi penjualan, tetapi juga merangkum langkah-langkah kreatif untuk membangun
Baca Juga
Dalam Bisnis Sponsor Artinya Apa? Begini Penjelasannya
Istilah sponsor dalam bisnis bukanlah hal baru lagi, istilah ini biasanya dikaitkan dengan proses pemasaran, mengingat dari segi makna sponsor
Baca Juga
Ciri Ciri Iklan hingga Jenisnya untuk Promosi
Sebelum membuatnya, pastikan Anda mengenali berbagai macam ciri ciri iklan secara baik. Tujuannya agar ketika membuatnya menghasilkan iklan yang tepat.
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu