Logo Bee Web

Merchandise Adalah Strategi Promosi Bagi Bisnis, Ini Penjelasannya

Merchandise adalah salah satu media yang digunakan untuk kegiatan promosi maupun beriklan, berikut rekomendasi merchandise terbaik untuk Anda
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Merchandise adalah salah satu bentuk media yang dapat digunakan untuk kegiatan promosi maupun beriklan. Cara melakukan promosinya hanya perlu menempatkan nama brand atau logo pada merchandise tersebut.

Kemudian, bisa langsung memberikannya kepada customer secara cuma-cuma, atau bisa dijadikan sebagai hadiah. Menjadikan merchandise sebagai media untuk beriklan  sekaligus membangun brand awareness dan dapat dikatakan tidak perlu biaya yang terlalu besar.

Baca Juga: Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya

Mengenal Apa Itu Merchandise adalah

Merchandise

Contoh Ilustrasi Mockup Merchandise (Sumber: Freepik.com)

Merchandise merupakan bentuk pernak-pernik yang seringkali dijumpai di lingkungan masyarakat. Hadiah ini biasanya digunakan oleh sebagian besar orang ketika sedang mengadakan event maupun acara untuk menarik perhatian pengunjung.

Tidak hanya itu saja, hadiah ini juga sering digunakan oleh perusahaan sebagai pengingat untuk konsumen terhadap bisnisnya. Hal ini tentunya karena merchandise adalah brand media promosi yang dapat dibuat dengan mudah.

Melalui logo yang ada di merchandise, sebenarnya dapat dijadikan sebagai media promosi perusahaan terhadap produknya. Di lain sisi, sebagian besar merchandise dibuat berbentuk seperti barang sehari-hari yang rutin digunakan oleh masyarakat.

Rekomendasi Merchandise Cocok Untuk Cindera Mata Costumer

Ada beberapa rekomendasi merchandise yang perlu diketahui. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait jenis merchandise adalah.

Rekomendasi Merchandise

Rekomendasi Merchandise Berupa Kaos (Sumber: Freepik.com)

1. Kaos atau T-Shirt

Rekomendasi merchandise pertama adalah kaos merupakan jenis pakaian yang dapat digunakan oleh sebagian besar orang dan tidak terbatas. Biasanya setiap kalangan masyarakat, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa, juga bisa menggunakan jenis pakaian seperti ini.

Apalagi saat sedang menjalani berbagai macam aktivitas sehari-hari baik di dalam maupun luar rumah. Bahkan, kaos juga dapat dijelaskan sebagai bentuk merchandise sempurna yang dipilih oleh perusahaan.

Selain itu, kaos juga dapat dijadikan sebagai media promosi yang simpel. Caranya hanya perlu menambahkan tulisan atau gambar di bagian depan dan belakang kaos. Jenis kaos yang dapat dipilih berupa oblong, dan polo berukuran all size.

Jika ingin menggunakan kaos sebagai Merchandise adalah dengan mengusahakan membuat desain yang unik pada logo maupun tulisan. Hal ini tentunya agar bisa menarik perhatian orang sehingga penggunaanya tidak malu ketika digunakan saat beraktivitas.

2. Tas

Sama seperti kaos, tas merupakan barang yang dapat digunakan di kehidupan masyarakat. Misalnya saja seperti, tote bag yang banyak sekali dijadikan sebagai salah satu produk fashion cukup populer di kalangan anak muda saat ini.

Hal ini karena potensi digunakannya terbilang tinggi. Jenis produk ini juga dapat dijadikan sebagai bentuk merchandise dan media promosi.

Sementara itu, jenis tas lainnya juga dapat dijadikan sebagai bentuk hadiah kepada pelanggan. Misalnya saja digunakan sebagai media periklanan seperti paper bag, goodie bag, atau tas belanja.

3. Jam Dinding

Fungsi jam dinding ini sebenarnya sebagai penunjuk waktu yang dapat dilihat oleh banyak orang. Jam dinding ini juga bisa menjadi merchandise yang dapat mengenalkan brand dari perusahaan.

4. Stiker

Rekomendasi Merchandise

Contoh Merchandise Tempat Wisata (Sumber: Freepik.com)

Rekomendasi merchandise berikutnya stiker ini juga dapat dijadikan sebagai jenis merchandise dan sering dipilih oleh perusahaan maupun instansi. Hal ini karena sticker hanya perlu ditempel dan lebih mudah didesain.

Melalui stiker tentunya akan membuat produk Anda jauh lebih sempurna dan dapat dijadikan sebagai ajang untuk membangun brand. Apalagi sticker dapat digunakan oleh bisnis di bidang apa saja.

Terlebih lagi, saat ini banyak orang yang mempunyai hobi menempelkan stiker di berbagai barang maupun di ruangan. Jadi, secara tidak langsung, sticker ini bisa saja memperkenalkan setiap orang untuk mengingat brand Anda.

5. Mug atau Gelas

Gelas atau mug juga sangat populer untuk dijadikan sebagai merchandise karena bermanfaat untuk alat minum . Bahkan yang digunakan sebagai mug mulai dari dari keramik dan stainless steel. Gelas ini tentunya juga bisa menjadi barang yang dapat digunakan setiap hari.

6. Flashdisk

Zaman sekarang, sebenarnya hampir semua orang memerlukan sebuah flashdisk. Hal ini tentunya agar untuk menyimpan file atau data yang bisa dibawa kemana saja.

Selain itu flashdisk banyak digunakan karena memang cocok dijadikan sebagai salah satu pilihan merchandise. Hal ini tentunya dapat diberikan kepada seluruh para pelanggan dari sebuah perusahaan.

7. Helm atau Jaket

Rekomendasi Jaket Sebagai Produk Merchandise (Sumber: Freepik.com)

Meskipun barang ini tidak umum dijadikan sebagai merchandise, namun helm dan jaket dapat menjadi salah satu opsi yang menarik. Bahkan, barang ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produknya.

Selain itu, juga dapat digunakan oleh orang ketika beraktivitas di luar ruang. Barang ini lebih mudah dilihat untuk dijadikan sebagai media promosi yang lebih efektif.

8. Payung

Berikutnya adalah payung dapat digunakan di luar ruang dan bisa menjadi opsi pembuatan merchandise dari sebuah brand. Payung bisa dibuat dengan nama atau logo brand bakal yang akan dikenali oleh Masyarakat.

9. Power Bank

Power bank juga menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki oleh Masyarakat. Hal ini karena berguna untuk mengisi daya baterai smartphone di mana saja. Barang ini dapat dijadikan sebagai hadiah atau merchandise dari sebuah brand perusahaan. Dikarenakan pasti semua orang tertarik untuk mendapatkannya.

Barang ini tidak harus mahal, Karena ada banyak power bank yang dibanderol dengan harga murah. Bahkan, ada juga powerbank yang berkapasitas kecil. Selain ukuran mini budgetnya juga tidak terlalu mahal.

10. Botol Minuman

Ilustrasi Botol Minuman Jadi Produk Merchandise (Sumber: Freepik.com)

Terakhir, barang yang dapat dijadikan sebagai merchandise yaitu botol minuman/ tumbler. Jenis barang ini sebenarnya akan lebih cocok dipilih untuk bisnis minuman.

Hal ini tentunya agar dapat mengenalkan brand ke seluruh masyarakat. Misalnya saja seperti, bisnis minuman energi dengan cara membagikan botol minuman ketika mengikuti event olahraga atau lainnya.

11. Gantungan Kunci

Gantungan kunci juga dapat dijadikan sebagai merchandise gratis yang diberikan oleh sebuah brand di acara atau event tertentu. Hal ini karena harganya murah dan dapat dipesan dalam jumlah banyak.

Ini bisa dijadikan sebagai pilihan ketika perusahaan bingung memilih merchandise. Biasanya, gantungan kunci bisa diletakkan pada tas maupun kunci kendaraan.

12. Pin

Pin juga seringkali dijadikan sebagai salah satu pilihan aksesoris. Meskipun bentuknya tampak kecil, namun pin dapat dipasang di baju maupun tas.

Hal ini tentunya sebagai tanda bahwa pemiliknya sudah mengikuti kegiatan atau acara tertentu. Pin ini dapat dibuat dalam bentuk gantungan kunci agar tampak lebih praktis ketika digunakan oleh penerimanya.

13. Kipas Tangan atau Lipat

Rekomendasi merchandise selanjutnya, kipas tangan sebenarnya lebih identik dijadikan sebagai salah satu hadiah di acara pernikahan. Akan tetapi, jenis hadiah ini juga dapat ditiru oleh brand dan dijadikan sebagai merchandise untuk para pelanggannya.

Hal ini karena kipas lebih mudah dibawa ke mana saja, dan bisa dibuat dengan berbagai macam model dan ukuran. Bahkan, desain kipas jugs dapat menggambarkan identitas sebuah brand.

Fungsi dari Merchandise bagi Perusahaan

  • Fungsi dari merchandise ini sangat banyak apalagi jika Anda mengunjungi stand sebuah brand di event tertentu. Berikut ini sudah ada beberapa fungsi dari merchandise adalah.
  • Sebagai media branding oleh perusahaan untuk mempromosikan produk dari konsumen ke konsumen lain. Sebagai pembeda antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya.

Baca Juga: Brand Adalah dan Cara Membangun Brand Yang Kuat

Kesimpulan

Pada dasarnya, banyak sekali orang yang sudah tahu jika merchandise sebagai hadiah untuk diberikan gratis di acara tertentu. Barang yang biasanya dapat dijadikan sebagai hadiah ini memang banyak sekali jenisnya.

Bahkan juga disesuaikan agar strategi promosi sebuah brand jauh lebih maksimal. Selain itu, dengan cara ini pebisnis juga bisa mudah menyesuaikan jenis barang untuk dijadikan sebagai merchandise adalah cindera mata yang bisa digunakan sehari-hari.

Untuk itu, sudah saatnya oebisnis fokus juga pada scale up dan pengembangan bisnis lainnya. Sebab, bisnis tidak hanya tentang penjualan, pencatatan transaksi, laporan keuangan, pengelolaha stok dan sejenisnya yang bikin pusing dan menghambat proses pengembangan bisnis.

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Solusinya, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting, untuk membantu Anda dalam mengelola laporan keuangan dan stok barang di gudang atau di toko. Laporan keuangan lengkap dan akurat hanya tinggal melakukan transaksi jual, beli dan bayar semuanya beres secara otomatis.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Tips Optimasi Facebook Business Manager pada Pemasaran Online
Facebook business manager saat ini banyak digemari oleh Masyarakat. Seperti yang diketahui bersama, Facebook sendiri dikenal sebagai salah satu perusahaan
Baca Juga
5 Cara Promosi Produk yang Mudah dan Murah
Promosi produk merupakan strategi penting dalam bisnis untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan brand awareness. Dalam era digital seperti saat ini,
Baca Juga
13 Ide Konten Instagram Tingkatkan Engagement Rate
Ide Konten Instagram Menarik - Di era digital yang berkembang pesat saat ini, platform media sosial telah menjadi salah satu
Baca Juga
Email Marketing Adalah: Jenis, dan Tips Optimasinya
Apa itu email marketing? Yakni sebuah cara promosi yang dilakukan sebuah bisnis dengan memanfaatkan platform email seperti namanya. Secara garis
Baca Juga
Cara Membuat Iklan Advertorial, Jenis, dan Konsepnya (Lengkap)
Iklan advertorial atau jurnalistik saat ini dapat digunakan untuk menarik pasar dengan mudah. Oleh karena itu, ada banyak sekali periklanan
Baca Juga
Telemarketing adalah Sentral Bisnis untuk Meningkatkan Penjualan
Berbicara tentang telemarketing adalah hal yang sangat sentral dalam menjalankan sebuah bisnis. Tugas pentingnya adalah melakukan penjualan dan menarik pelanggan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu