Logo Bee Web

10 Rekomendasi Media Promosi Paling Efektif dan Efisien

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk yaitu dengan memasarkan melalui media promosi
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 8 March 2023

Mengetahui berbagai macam jenis media promosi termasuk kegiatan yang wajib dilakukan oleh para pemula ketika ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Hal itu dikarenakan saat ini jenis media pemasaran tersedia dengan pilihan yang mempunyai kelebihan masing-masing.

Dengan demikian di proses pemilihannya tidak boleh dilakukan asal-asalan. Pasalnya jika dilakukan secara sembarangan bisa mengakibatkan penurunan image perusahaan yang dimiliki. Tentunya ketika imagenya menurun keuntungan yang didapat akan sedikit.

Apa Itu Media Promosi?

Media Promosi

Potret Seorang Melakukan Promosi di Depan Kamera (Sumber: Pixels.com)

Media promosi adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memperkenalkan bisnis kepada para calon pelanggan. Diharapkan dengan menggunakan media itu para konsumen bisa mengenali produk secara baik dan tertarik untuk mengetahui informasinya lebih lanjut .

Tentunya ketika konsumen mengetahui informasi produk itu dengan detail, maka kemungkinan barang tersebut untuk laku di pasaran sangatlah besar. Bukan hanya itu, media ini juga terbukti bisa mendukung aktivitas marketing menjadi efektif jika strateginya tepat.

10 Media Promosi Paling Efektif

Contoh media promosi yang ada di tanah air sendiri tersedia dengan berbagai pilihan. Di mana semuanya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan bisa disesuaikan sendiri dengan strategi pemasaran saat ini. Adapun beberapa contohnya seperti berikut ini.

1. Baliho

Promosi Iklan Baliho

Potret Promosi Menggunakan Media Baliho (Sumber: Freepik.com)

Baliho merupakan salah satu contoh media pemasaran yang saat ini masih banyak digunakan oleh para pebisnis. Karakteristik dari baliho ini yaitu memiliki ukuran besar yang diletakkan di pinggir jalan raya. Biasanya para pebisnis akan meletakkan baliho itu di tempat yang strategis.

Dengan tujuan agar nantinya media promosi itu bisa dibaca oleh banyak orang yang sedang melewati jalanan strategis tersebut.Ukurannya yang besar membuat baliho ini sangat cocok untuk menarik konsumen baru dan menjaga awareness produk dari pelanggan lama.

Perlu diketahui di dalam pembuatan baliho ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan di mana pesan di dalamnya harus disampaikan secara singkat, jelas dan padat. Selain itu juga perlu untuk menghindari pemakaian kalimat yang sulit dimengerti oleh orang-orang.

2. Spanduk

Ada yang tau apa itu media promosi spanduk?, Spanduk merupakan media pemasaran yang dipasang di luar ruangan. Meskipun spanduk ini dipasang di luar ruangan namun mempunyai perbedaan dengan baliho yang mana ukurannya jauh lebih kecil.

Bagi para pelaku bisnis sendiri spanduk ini biasanya akan dipasang di atas jalan raya atau di depan toko. Untuk pemasangan dari media pemasaran ini juga terbilang sangatlah mudah yakin hanya perlu mengikatnya di tiang listrik, pohon atau bambu menggunakan tali saja.

Namun sayangnya media pemasaran ini mempunyai kekurangan itu tidak bisa menampilkan informasi secara lengkap dikarenakan ukurannya hanya kecil. Bukan hanya itu saja namun jika spanduk itu dipasang dalam jumlah banyak juga bisa membuat pembacanya jenuh.

3. Media Promosi Menggunakan Email

Di era digital seperti saat ini membuat kegiatan promosi menggunakan email sangatlah efektif. Pasalnya banyak sekali email yang bisa dikirimkan kepada konsumen lama maupun baru untuk melakukan pendekatan secara lebih personal.

Kegiatan promosi melalui email marketing juga terbukti bisa menarik perhatian para konsumen dalam mengenali produk. Kemudian bisa membuat konsumen itu juga tertarik untuk menggunakan produk dan layanan yang ditawarkan pada Email tersebut.

4. Media Sosial

Contoh Promosi

Ilustrasi Promosi Menggunakan Media Sosial Instagram (Sumber: Bee.id)

Di antara sekian sarana pemasaran yang ada, media sosial yang paling efektif mempromosikan produk. Hal itu terjadi dikarenakan jangkauan sosial media jauh lebih luas. Bahkan hebatnya bisa menjangkau orang-orang yang ada di daerah pelosok dan terpencil.

Di samping itu biaya yang dikeluarkan untuk memasarkan produk melalui sosial media ini juga jauh lebih murah. Dengan begitu sangat cocok dijadikan pilihan bagi Anda yang ingin mendirikan bisnis namun hanya memiliki modal dalam jumlah terbatas saja.

Baca Juga: Mengenal Media Sosial Sebagai Pasar Pemasaran Baru Era Digital

5. Video

Video juga bisa digunakan sebagai media promosi suatu produk. Untuk mempromosikan produk melalui media ini Anda hanya perlu mengupload video yang sudah dibuat di berbagai sosial media seperti Tik tok, Instagram maupun YouTube.

6. Majalah

Selain bisa digunakan sebagai hiburan, majalah juga bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk terbaru. Di dalam majalah umumnya terdapat beberapa halaman berupa iklan dari produk tertentu sehingga pebisnis bisa membidik kaget pasarnya sendiri.

7. Merchandise

Rekomendasi media promosi produk paling efektif yang bisa Anda pilih yaitu Merchandise. Umumnya media pemasaran ini akan diberikan oleh pemiliknya ketika sedang menggelar acara-acara tertentu seperti Grand opening atau pengenalan produk baru kepada pelanggan.

Untuk jumlah produksi dari Merchandise ini juga terbatas. Hal itu dikarenakan jumlahnya disesuaikan dengan kisaran pengunjung yang mendatangi acara tersebut. Kesan eksklusif yang ada di Merchandise ini mampu membuat pelanggan senang ketika menerimanya.

8. Iklan di Search Engine

Media Google

Promosi Menggunakan Media Engine (Sumber: Bee.id)

Pengguna internet yang dari hari ke hari terus mengalami peningkatan menyebabkan mesin pencarian Search Engine bisa dijadikan media untuk memasarkan produk yang cukup efektif. Di sini nantinya Anda bisa memasang iklan pada pencarian Google.

Potensi yang besar bisa Anda dapat jika iklan produk Anda yang ditampilkan di internet tersebut sudah diklik oleh pengguna lain.

Dalam hal ini para pebisnis harus mempersiapkan sumber daya manusia yang ahli dalam menindaklanjuti calon customer yang datang melalui klik iklan tersebut,

9. Brosur

Brosur merupakan media pemasaran yang paling sering dimanfaatkan untuk memberikan edukasi kepada para pembacanya. Di dalam brosur itu nantinya para pebisnis bisa menginput lebih banyak teks terkait keunggulan produk, harga, cara pakai hingga cara pembeliannya.

10. Banner

Banner juga termasuk ke dalam media promosi yang cukup efektif untuk memperkenalkan produk kepada para konsumen baru. Umumnya media pemasaran produk itu akan dipasang di dalam sebuah tempat perbelanjaan seperti mall dan pasar.

Baca Juga: 13 Contoh & Cara Promosi Produk Paling Efektif Dijamin Laris

Fungsi Media Bagi Bisnis

Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

Meraih dan Menjangkau Target Market yang Tepat (Sumber: Freepik.com)

Setelah mengetahui beberapa contoh dari media pemasaran yang ada di Indonesia, alangkah baiknya Anda juga mengetahui fungsinya. Adapun beberapa fungsi dari media bagi para pebisnis pemula atau profesional seperti berikut ini.

1. Berfungsi Untuk Meraih Target Konsumen

Fungsi pertama yaitu untuk meraih target konsumen. Hal itu bisa terjadi dikarenakan sarana promosi ini umumnya mempunyai spesifikasi tersendiri dengan pasar tertentu berdasarkan jenisnya, sehingga calon konsumen dapat dengan mudah untuk mengenalinya.

2. Untuk Mengenalkan Produk Secara Detail dan Rinci

Tujuan berikutnya yaitu untuk memperkenalkan produknya secara detail dan rinci kepada calon pelanggan. Oleh karena itu pastikan Anda menulis iklan di media tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami dan lengkap.

3. Sebagai Media Untuk Memperbaiki Kesalahan

Apabila ditemukan kesalahan pada produk maupun jasa yang ditawarkan, maka nantinya media pemasaran itu akan menjadi alternatif terbaik untuk memperbaikinya. Pasalnya dengan adanya informasi yang jelas dan rinci kesalahan bisa diperbaiki secara efektif.

Jika dalam hal ini Anda baru pertama kali terjun ke dalam dunia bisnis dan ingin memperkenalkan produk itu kepada konsumen, alangkah baiknya memilih media pemasaran berupa sosmed. Pasalnya media promosi sosmed bisa menjangkau konsumen sangat luas.

Kesimpulan :

Berdasarkan artikel diatas bisa disimpulkan bahwa cara paling efektif untuk meningkatkan awareness sebuah perusahaan yaitu dengan memaksimalkan penggunaan media promosi. Namun tetap saja di dalam pemilihannya harus dilakukan dengan benar dan tepat.

Selain itu, Anda juga perlu fokus konsisten dalam bisnis, seperti melakukan perbaikan pelayanan dan perbaikan jika ada kesalahan. Cara ini bisa Anda mulai dari memperbaiki internal sistem operasional bisnis Anda dengan memperbaiki manajemen dan pengelolahan keuangan.

Beecloud Bisa Kelola Manajemen Bisnis Tidak Asal Asalan Berdasarkan Laporan Keuangan

Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk merancang bisnis berdasarkan angka tidak hanya rekaan yang sangat berpotensi mendapatkan kesalahan.

Mengenal Konsep Win-Win Solution dan Penerapannya
Dunia bisnis terbilang cukup kompetitif oleh sebab itu perlu mencari solusi yang menguntungkan semua pihak adalah kunci keberhasilan jangka panjang.
Baca Juga
Entrepreneur Adalah? Ini Perbedaannya dengan Pengusaha
Banyak yang mengira entrepreneur sama saja dengan pengusaha, padahal pernyataan tersebut masih keliru dan keduanya memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk Makanan Secara Online
Ketika kebanyakan orang berpikir tentang bagaimana memasarkan produk makanan ke pelanggan baru, mereka akan menjurus pada cara membuat iklan. Kenyataannya
Baca Juga
Definisi SEM Adalah, Simak Ulasan Lengkapnya di Bawah Ini
Membahas SEM adalah hal menarik karena terkait dengan strategi pemasaran. Untuk optimalisasi marketing daring, Anda harus memakai bantuan tools. SEM
Baca Juga
9+ Rekomendasi Usaha Modal Kecil dan Tips Mengelolanya
Apakah Anda sedang berencana untuk menjalankan usaha modal kecil? Jika iya, maka anda berada di tempat yang tepat. Karena dalam
Baca Juga
4 Tahap dan Cara Menghitung Harga Pokok Produksi
Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana toko ritel favorit Anda bisa mendapatkan harga yang mereka tetapkan untuk produk mereka? Dalam bahasa
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu