Logo Bee Web

10 Contoh BUMS di Indonesia dan Informasi Lainnya, Lengkap!

Ada banyak sekali contoh bums di Indonesia, mulai dari badan usaha nasional, asing, hingga campuran. Berikut 10 list dan informasinya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 28 March 2024

Indonesia memiliki beragam contoh BUMS (Badan Usaha Milik Swasta) yang berperan penting dalam perekonomian.

Dimana badan usaha ini ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai dari yang berskala kecil seperti toko kelontong hingga perusahaan raksasa yang namanya sudah mendunia.

Ada apa saja? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Sekilas Tentang Apa itu BUMS?

Contoh Perusahaan Bums Di Indonesia

BUMS adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Swasta (Credit: Pexels.com)

BUMS adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Swasta, yang merupakan badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh pihak swasta, baik perorangan maupun kelompok.

Sedangkan jika dikutip dari Wikipedia, Badan usaha milik swasta (BUMS) adalah badan usaha yang seluruh modal pada sektor swasta baik dari perseorangan maupun kelompok.

Berbeda dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang modalnya berasal dari pemerintah, BUMS mendapatkan modal dari investor swasta dengan tujuan utama untuk memperoleh keuntungan.

BUMS memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, berikut diantaranya:

  • Menyediakan lapangan kerja: BUMS menjadi sumber lapangan kerja terbesar di Indonesia, dengan lebih dari 100 juta orang bekerja di sektor swasta.
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi: Berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan, serta membayar pajak yang digunakan untuk pembangunan negara.

Bisa disimpulkan jika BUMS adalah salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Dengan berbagai bentuk dan jenisnya, BUMS telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan negara.

Baca Juga: BUMS Adalah: Jenis, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan

Jenis-Jenis BUMS

BUMS dibedakan menjadi 3 jenis, yakni perusahaan nasional, asing dan campuran. Berikut penjelasannya:

1. BUMS Nasional

Jenis BUMS pertama adalah BUMS Nasional, yakni badan usaha yang modalnya sebagian besar atau seluruhnya dimiliki oleh masyarakat atau pengusaha dalam negeri.

Artinya, pemerintah memiliki kontrol penuh atas manajemen dan kebijakan perusahaan tersebut. BUMS Nasional biasanya memiliki peran penting dalam industri kunci atau sektor ekonomi strategis di negara tersebut, seperti energi, transportasi, atau telekomunikasi.

2. BUMS Asing

Berikutnya adalah BUMS Asing, yakni badan usaha yang modalnya sebagian besar atau seluruhnya dimiliki oleh investor atau perusahaan luar negeri.

Dimana kepemilikan perusahaan mayoritas atau seluruhnya dimiliki oleh pemerintah dari negara asing. BUMS Asing sering kali terlibat dalam investasi lintas-batas dan dapat menjadi pemain penting dalam ekonomi global.

3. BUMS Campuran

Terakhir adalah BUMS Campuran, yakni badan usaha yang modalnya dimiliki bersama oleh pihak dalam negeri dan luar negeri. Sederhananya, kepemilikan perusahaan yang dimiliki bersama oleh pemerintah dan sektor swasta atau masyarakat umum.

Dalam jenis ini, kepemilikan bisa terbagi antara pemerintah dan investor swasta, dengan pemerintah biasanya memiliki mayoritas saham atau kontrol.

Ciri-Ciri BUMS

Berikut beberapa ciri dan karakteristik BUMS secara umum:

  • Dari segi kepemilikan BUMS dimiliki dan dikendalikan oleh individu, kelompok, atau entitas swasta. Dan pemerintah biasanya tidak memiliki kepemilikan mayoritas maupun kendali langsung.
  • Berikutnya dari segi tujuan, BUMS berorientasi pada keuntungan dan mencari laba untuk pemilik atau pemegang saham.
  • BUMS dikelola secara mandiri oleh pihak swasta dan pemerintah tidak terlibat dalam pengelolaan sehari-hari.
  • Asal modal BUMS berasal dari pihak swasta, seperti investasi pribadi, pinjaman bank, hingga penjualan saham.
  • Dari segi resiko, semua ditanggung secara penuh oleh pemilik usaha, termasuk resiko kerugian.

Baca Juga: Mengenal Resiko Usaha Adalah dan Cara Mengatasinya

Contoh BUMS di Indonesia

Berikut beberapa contoh BUMS berdasarkan jenisnya

# Contoh BUMS Nasional

1. PT Astra International

Logo Astra Indonesia

PT Astra Insternasional adalah Contoh Bums Nasional (Credit: Tempo.co)

Contoh BUMS nasional pertama ada PT Astra Internasional, didirikan pada tahun 1957 dan telah menjadi salah satu BUMS terbesar di Indonesia.

Perusahaan ini memiliki keberagaman bisnis yang mencakup berbagai bidang, seperti otomotif, alat berat, jasa keuangan, dan agrikultur.

Dengan banyak anak perusahaan seperti PT Toyota Astra Motor, PT Honda Prospect Motor, dan PT Astra Agro Lestari, Astra telah menjadi pilar ekonomi yang kuat di Indonesia.

2. PT Bank Central Asia (BCA)

Selanjutnya ada PT Bank Central Asia (BCA). perusahaan ini didirikan pada tahun 1957, dan merupakan bank swasta terbesar di Indonesia dengan aset lebih dari Rp1.000 triliun.

BCA menawarkan berbagai produk dan layanan keuangan, termasuk tabungan, deposito, kredit, dan layanan remitansi. Dengan jaringan yang luas di seluruh Indonesia, BCA telah menjadi tulang punggung dalam sektor perbankan nasional.

3. PT Unilever Indonesia Tbk

Kemudian ada PT Unilever Indonesia Tbk, didirikan pada tahun 1933, merupakan salah satu perusahaan produk konsumen terbesar di Indonesia.

Perusahaan ini menghasilkan berbagai produk seperti sabun, deterjen, makanan, dan minuman, dengan merek-merek terkenal seperti Dove, Lux, Rexona, dan Sunsilk. Unilever telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

4. PT Indosat Tbk

Contoh BUMS berikutnya adalah PT Indosat Tbk, didirikan pada tahun 1967, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Menawarkan layanan telekomunikasi seperti telepon seluler, internet, dan TV kabel, Indosat memiliki jaringan yang luas di seluruh negeri.

# Contoh BUMS Asing

5. PT Samsung Electronics Indonesia

Samsung Contoh Bums Asing Di Indonesia

Contoh Bums Asing yang Beroperasi di Indonesia (Credit: Samsung)

Selanjutnya, contoh BUMS Asing yang berada di Indonesia, pertama ada PT Samsung Electronics Indonesia atau Samsung Electronics Co., Ltd, perusahaan teknologi multinasional asal Korea Selatan yang terkenal dengan berbagai produk elektronik konsumen dan perangkat telekomunikasi.

PT Samsung Electronics Indonesia adalah anak perusahaan dari Samsung yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1995. Perusahaan ini memproduksi dan mendistribusikan berbagai produk elektronik seperti televisi, ponsel pintar, peralatan rumah tangga, dan lainnya untuk pasar Indonesia dan regional.

6. PT ExxonMobil Oil Indonesia

Kemudian ada PT ExxonMobil Oil Indonesia, didirikan pada tahun 1899, perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia. Dengan operasi yang meluas di berbagai negara termasuk Indonesia, perusahaan ini memiliki saham mayoritas yang dimiliki oleh Exxon Mobil Corporation.

Sebuah perusahaan Amerika Serikat. Kehadiran PT ExxonMobil Oil Indonesia telah membawa teknologi dan pengetahuan dalam industri minyak dan gas Indonesia, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi negara.

7. PT Coca-Cola Indonesia

PT Coca-Cola Indonesia, didirikan pada tahun 1922, merupakan salah satu perusahaan minuman ringan terbesar di dunia. Dengan operasi yang tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Perusahaan ini memiliki saham mayoritas yang dimiliki oleh The Coca-Cola Company, perusahaan Amerika Serikat. PT Coca-Cola Indonesia telah memberikan kontribusi besar terhadap industri minuman di Indonesia, serta membawa teknologi dan praktik manajemen yang modern.

# Contoh BUMS Campuran

8. PT Kaltim Prima Coal (KPC)

Logo PT Kaltim Prima Coal

Contoh Perusahaan BUMS

Kemudian untuk contoh BUMS Campuran ada PT Kaltim Prima Coal (KPC) didirikan pada tahun 1991 dan telah menjadi salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia. Berlokasi di Kalimantan Timur, perusahaan ini memiliki sejarah panjang dalam industri tambang Indonesia.

Sahamnya dimiliki oleh PT Bumi Resources Tbk (Indonesia), Mittal Coal Mining Indonesia (India), dan PT Bakrie & Brothers Tbk (Indonesia), mencerminkan karakteristik sebagai perusahaan dengan kepemilikan yang tersebar dan lintas batas.

9. PT Newmont Nusa Tenggara

Berikutnya, PT Newmont Nusa Tenggara, yang didirikan pada tahun 1986, adalah perusahaan tambang emas dan tembaga yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat.

Sebagai salah satu produsen logam mulia terkemuka di Indonesia, Newmont Nusa Tenggara memiliki sejarah panjang dalam mengoperasikan tambang yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Sahamnya dimiliki oleh Newmont Corporation (Amerika Serikat) dan PT Pukuafu Indah (Indonesia), menunjukkan kerjasama antara perusahaan asing dan lokal dalam pengelolaan sumber daya alam.

10. PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI)

Terakhir Panasonic Manufacturing Indonesia, adalah perusahaan campuran yang berdiri atas kerjasama antara PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) dan PT Astra International Tbk (AI). Didirikan pada tahun 1970 dan berlokasi di Jakarta, Indonesia, perusahaan ini bergerak dalam industri elektronik, fokus pada produksi baterai, peralatan elektronik, dan komponen otomotif.

Dengan PGI memegang 51% saham dan AI 49%, PMI telah menjadi salah satu contoh sukses dari kemitraan perusahaan campuran di Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, PMI telah tumbuh menjadi salah satu produsen baterai dan peralatan elektronik terkemuka di Indonesia, mencerminkan kesuksesan strategi dan kerjasama di antara para pemegang saham dan manajemennya.

Rahasia Sukses Bisnis Swasta

Beecloud Bisa Kelola Manajemen Bisnis Tidak Asal Asalan Berdasarkan Laporan Keuangan

Salah satu rahasia sukses bisnis swasta yang telah terbukti adalah memiliki manajemen keuangan yang efektif, terutama melalui penggunaan aplikasi pembukuan keuangan seperti Beecloud.

Manajemen keuangan yang baik dapat membantu mengelola arus kas dengan lebih efisien, memantau pendapatan dan pengeluaran secara teratur, serta membuat keputusan finansial yang tepat waktu.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan, pemilik bisnis dapat dengan mudah mengatur dan merekam transaksi, membuat laporan keuangan yang akurat, serta melakukan analisis keuangan yang mendalam.

Hal ini memungkinkan pemilik bisnis untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan finansial perusahaan mereka, sehingga dapat mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki.

Dengan demikian, manajemen keuangan yang terorganisir dengan baik melalui aplikasi pembukuan keuangan menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai kesuksesan bisnis swasta.

Prosedur Mendirikan BUMS

Prosedur mendirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMS) membutuhkan beberapa persiapan dan tahapan yang harus diikuti. Berikut adalah ringkasan syarat-syarat dan tahapan yang harus dipenuhi:

# Persyaratan Pendirian BUMS

  • Pendiri: BUMS harus didirikan oleh sedikitnya dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Lokasi: BUMS dapat didirikan di wilayah Indonesia.
  • Akta Perizinan: Akta perizinan pembangunan harus dibuat dan disahkan oleh notaris. Dokumen ini menetapkan struktur dan ketentuan pendirian perusahaan serta tujuan bisnisnya yang harus sesuai dengan hukum yang berlaku.

# Tahapan Pendirian BUMS

  • Langkah awal adalah membuat akta pendirian yang mencakup informasi tentang nama perusahaan, jenis usaha, produk atau layanan yang akan ditawarkan, lokasi, tujuan perusahaan, struktur organisasi, dan izin kuasa.
  • Setelah memiliki akta pendirian, perusahaan harus mengurus surat keterangan domisili perusahaan. Dokumen ini menyatakan secara resmi lokasi usaha perusahaan dan harus disahkan oleh RT/RW setempat dan kelurahan atau kecamatan sesuai dengan domisili perusahaan.
  • Mendaftar wajib pajak untuk memenuhi kewajiban pajaknya. Ini juga memperoleh hak-haknya dalam hal perpajakan dan memperoleh bantuan pinjaman modal.
  • Kemudian mengurus Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang merupakan dokumen resmi dari dinas perdagangan. Untuk mengurus SIUP, perusahaan harus menyediakan akta pendirian, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan, dan persyaratan lainnya.
  • Langkah terakhir adalah mengurus Tanda Daftar Perusahaan (TDP) di tingkat Kota/Kabupaten setempat. Ini memerlukan dokumen seperti akta pendirian perusahaan, KTP pendiri, NPWP, SIUP, dan dokumen lainnya.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai contoh BUMS baik nasional, asing, maupun campuran lengkap dengan informasi penting lainnya.

Biaya Operasional: Pengertian, Jenis dan Tips Mengelola
Biaya operasional adalah salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis. Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan operasional bisnis,
Baca Juga
Cara Berbisnis Pemula dan Rekomendasi Usaha
Ingin tahu cara berbisnis pemula dan memulai bisnis dengan sukses? Bagi para pemula yang ingin memulai bisnis, tidak perlu khawatir.
Baca Juga
Fungsi Pengawasan, Pengertian dan Jenis dalam Lingkup Bisnis
Pengawasan dalam bisnis adalah elemen kunci yang memainkan peran penting dalam memastikan bahwa semua aspek bisnis berjalan sesuai rencana dan
Baca Juga
Working Capital: Komponen, Cara Menghitung dan Strateginya
Keberhasilan suatu bisnis tidak hanya ditentukan oleh seberapa baik produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga seberapa kuat fondasi keuangannya.
Baca Juga
Produsen Adalah: Peran, Tantangan hingga Strategi Sukses
Dalam perekonomian modern, produsen adalah perusahaan yang memiliki peran sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan nasional, dan menyediakan
Baca Juga
BUMS Adalah: Jenis, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan
BUMS adalah singkatan dari badan usaha milik swasta, salah satu jenis perusahaan yang ada di Indonesia dan menjadi bagian salah
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu