🎂🎉 PROMO ANNIVERSARY BEE KE-15TH, DISKON HINGGA 20%
Logo Bee Web

Deadline Adalah Batas Waktu, Begini Tipsnya dalam Dunia Kerja

Deadline atau batas waktu sering kali dianggap sebagai momok yang menakutkan. Berikut tips menghadapi deadline dalam dunia kerja.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 16 December 2023

Deadline berasal dari bahasa Inggris yang artinya batas waktu, dalam dunia profesional kerja deadline adalah batas waktu untuk menyelesaikan suatu tugas atau proyek, telah menjadi pemandangan umum dalam dunia kerja.

Bagi sebagian, deadline dapat menjadi cambuk yang mendorong produktivitas, sementara bagi yang lain, itu bisa menjadi sumber stres yang tak terhindarkan. Namun pada saat yang sama, keberadaannya memberikan struktur yang sangat diperlukan dalam mengelola waktu dan sumber daya.

Artikel ini akan membahas peran penting deadline dalam dunia kerja, tantangan yang mungkin muncul, serta strategi efektif untuk mengatasi tekanan yang terkait.

Apa itu Deadline? Deadline Adalah

Mengutip dari laman Detik.com, pengertian deadline adalah batas waktu yang ditetapkan untuk menyelesaikan sebuah tugas atau proyek. Selain itu, deadline juga bisa diartikan sebagai alat prioritas yang mengingatkan kita akan pentingnya hal yang harus segera diselesaikan.

Menurut Wikipedia, deadline adalah istilah yang digunakan untuk menentukan batas akhir melakukan sesuatu. Deadline dapat berupa tanggal, waktu, atau kombinasi keduanya. Deadline dapat ditetapkan oleh individu, tim, atau organisasi.

Istilah deadline cukup populer di kalangan bisnis, dimana istilah ini dijadikan sebagai instrumen yang digunakan untuk menetapkan target dalam menyelesaikan tugas atau proyek tertentu.

Selain itu, deadline adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk memberikan pandangan secara jelas mengenai bagaimana cara memprioritaskan sebuah tanggung jawab.

Maka tidak heran, dengan deadline bisa menjadi momok menakutkan bahkan menjadikan orang merasa stress ketika menghadapinya. Sedati demikian, deadline memiliki manfaat positif, salah satunya membantu kita fokus ke hal-hal penting yang sudah menjadi prioritas.

Kenapa Deadline Penting dalam Dunia Kerja?

Pada dasarnya, deadline tidak hanya penting dalam dunia kerja saja, namun dalam segala aspek kehidupan yang membutuhkan target pencapaian. Karena kali ini kita fokus dalam dunia bisnis, ini alasan kenapa deadline adalah salah satu hal penting dalam dunia kerja:

1. Mengatur Prioritas

Alasan pertama kenapa deadline penting bagi bisnis adalah membantu mengatur prioritas dalam pekerjaan. Mana yang harus didahulukan dan sebaliknya. Dengan demikian akan sangat membantu mencegah prokrastinasi dan memastikan fokus pada tugas yang paling mendesak.

2. Meningkatkan Produktivitas

Selanjutnya fungsi deadline adalah memberikan dorongan tambahan untuk meningkatkan produktivitas. Tekanan waktu seringkali dapat memotivasi orang untuk bekerja lebih efisien dan efektif. Tanpa deadline, ada risiko pekerjaan menjadi terlalu longgar dan kemungkinan tidak akan selesai tepat waktu.

Tingkatkan Produktivitas & Kendalikan Keuangan Bisnis Anda Lebih Efisien Dengan Beecloud

3. Menilai Kemajuan

Selanjutnya, memberikan parameter waktu yang jelas untuk menilai kemajuan suatu proyek atau tugas. Hal ini dapat secara teratur mengevaluasi sejauh mana pekerjaan telah dilakukan dan apakah ada perluasan waktu atau perubahan strategi yang diperlukan.

Selain itu, penilaian rutin terhadap kemajuan juga membantu mencegah kejutan atau perubahan mendadak yang dapat mempengaruhi kualitas atau tepat waktu penyelesaian proyek.

4. Koordinasi Tim

Dalam lingkungan kerja tim, batas waktu membantu mengkoordinasikan upaya bersama. Semua anggota tim memiliki pemahaman tentang batas waktu yang harus diikuti, memastikan bahwa setiap kontribusi individu dapat disatukan secara tepat waktu untuk mencapai tujuan bersama.

5. Meningkatkan Keteraturan dan Efisiensi

Kelima adalah menciptakan keteraturan dalam alur kerja. Mereka membantu menghindari situasi di mana tugas atau proyek mengalami penundaan yang tidak perlu.

Dengan mengikuti jadwal yang ditetapkan oleh deadline, perusahaan atau individu dapat menjaga efisiensi dan menghindari konsekuensi negatif dari keterlambatan.

Bisa disimpulkan jika arti deadline bukan hanya sekedar batas waktu, melainkan instrumen manajemen waktu yang memainkan peran penting dalam membentuk kinerja, produktivitas, dan hasil akhir dalam dunia kerja yang serba cepat dan dinamis.

Tips Menghadapi Deadline Yang Diberikan Perusahaan

Tips Menghadapi Deadline (Credit: Freepik.com)

7+ Tips Menghadapi Deadline dalam Dunia Kerja

Berikut beberapa tips menghadapi deadline dalam dunia kerja:

1. Komunikasikan Deadline dengan Jelas

Mengutip dari artikel Harvard Business Review, jika salah satu cara awal dalam menghadapi deadline adalah dengan mengkomunikasikannya. Sebab, deadline yang masih tidak jelas akan menghambat kinerja dan fokus kerja.

Sebagai contoh, ketika deadline untuk proyek A tidak dikomunikasikan dengan jelas, anggota tim mungkin menghadapi kesulitan dalam mengorganisir waktu mereka secara efisien. Proses kerja bisa menjadi tidak terstruktur, dan rencana yang seharusnya dapat membimbing aktivitas harian menjadi kabur.

2. Bagi Tugas

Berikutnya adalah dengan membagi tugas khususnya jika Anda bekerja dalam kelompok. Dimana dengan membagi tugas tim dapat mengidentifikasi pekerjaan yang perlu diselesaikan dan menetapkan tanggung jawab masing-masing.

Selain itu, pembagian tugas juga membantu menghindari tumpang tindih pekerjaan dan memastikan bahwa setiap bagian mendapatkan perhatian yang diperlukan untuk diselesaikan tepat waktu.

3. Buat Timeline

Buat Timeline Yang Rapi Salah Satu Tips Hadapi Deadline

Membuat Timeline Kerja (Credit: Freepik.com)

Langkah berikutnya dalam menghadapi deadline adalah dengan membuat timeline. Timeline memberikan pandangan visual tentang kapan setiap tahap pekerjaan atau proyek harus diselesaikan.

Dengan memiliki timeline yang terperinci, seseorang atau tim dapat mengelola waktu dengan lebih efisien, mengetahui tenggat waktu yang harus diperhatikan, dan memastikan bahwa proyek tetap berada dalam jalurnya.

4. Kerjakan Satu per Satu Sesuai Prioritas

Tips berikutnya, fokus pada satu tugas atau langkah pada satu waktu sesuai dengan prioritas dapat membantu mencegah rasa kewalahan. Dengan menyelesaikan satu pekerjaan sebelum beralih ke yang berikutnya.

Tidak hanya itu saja, dapat memberikan perhatian penuh terhadap setiap tugas dan memastikan kualitas hasil kerja. Prioritaskan tugas berdasarkan urgensi dan dampak terhadap keseluruhan proyek.

5. Komunikasikan Progress

Hal yang tidak boleh dilewatkan ketika menghadapi deadline adalah komunikasi yang efektif sangat penting dalam menghadapi deadline. Tim harus tetap terhubung dan terinformasi tentang kemajuan masing-masing.

Dengan berbagi informasi tentang kendala yang mungkin muncul atau pencapaian yang telah dicapai, tim dapat mengidentifikasi solusi bersama dan menjaga keseluruhan proyek tetap berjalan sesuai rencana.

Baca Juga: Kepuasan Kerja: Indikator, Pengertian, dan Manfaatnya bagi Bisnis

6. Buat Buffer Time

Berikutnya adalah menentukan waktu buffer atau cadangan merupakan langkah bijak untuk mengantisipasi kemungkinan kendala atau perubahan tak terduga.

Buffer time memberikan ruang untuk menangani situasi darurat, menyelesaikan pekerjaan yang mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari perkiraan, atau melakukan revisi akhir sebelum penyerahan.

Ini juga dapat membantu mengurangi tekanan dan memberikan fleksibilitas yang diperlukan dalam menghadapi deadline.

7. Tetap Jaga Keseimbangan dan Kesehatan Mental

Menghadapi deadline yang ketat seringkali membawa tekanan ekstra. Penting untuk tetap menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Jangan ragu untuk mengambil istirahat yang sesuai agar tetap segar secara mental dan fisik.

Keseimbangan ini dapat meningkatkan produktivitas jangka panjang dan mencegah kelelahan yang dapat merugikan kesehatan. Work life balance juga penting dalam dunia kerja.

8. Evaluasi dan Pelajari dari Pengalaman

Setelah deadline tercapai, sangat penting untuk melakukan evaluasi. Tinjau hasil akhir, identifikasi apa yang berjalan dengan baik.

Kemudian pelajari dari kendala atau hambatan yang dihadapi. Pengalaman ini dapat digunakan untuk meningkatkan strategi manajemen waktu dan pendekatan terhadap pekerjaan mendatang.

Dari semua tips di atas, manajemen waktu adalah kunci utama dalam menghadapi deadline. Selain itu, efisiensi cara kerja juga menjadi salah satu faktor pendukung bagaimana bisnis bisa menghadapi deadline yang ‘mengerikan’.

Untuk itu, perusahaan harus sadar dan segera memberikan solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi kerja, contohnya untuk manajemen keuangan bisa menggunakan software akuntansi Beecloud dan sejenisnya.

Artikel Terkait

4 Faktor Produksi Modal, Karakteristik dan Fungsinya
Dalam proses produksi, ada berbagai elemen penting yang berperan untuk menghasilkan barang dan jasa. Salah satu elemen yang tak kalah
Baca Juga
Komponen Sistem Pembayaran: Tujuan, Jenis dan Contohnya
Dalam dunia modern ini, kita sering mendengar istilah komponen sistem pembayaran ketika berbicara tentang transaksi keuangan. Tetapi, pernahkah Anda pernah
Baca Juga
Rumus Modal Usaha Lengkap dengan Cara Menghitungnya
Sudah menjadi rahasia umum jika ingin menjalankan usaha membutuhkan modal usaha, mulai dari untuk modal produksi hingga modal promosi. Agar
Baca Juga
VUCA Adalah: Jenis, Langkah dan Dampaknya bagi Bisnis
VUCA adalah singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity, mencerminkan sebuah kondisi lingkungan bisnis yang tengah mengalami ‘kesulitan’. Terutama pasca pandemi
Baca Juga
Kompensasi: Jenis, Bentuk & Tujuannya dalam Bisnis
Bagi para pelaku bisnis asti tidak asing lagi dengan istilah imbalan bahkan ganti rugi yang kerap disebut dengan kompensasi,  arti
Baca Juga
COA Adalah: Mengenal Kode Akun Akuntansi dalam Keuangan
COA adalah salah satu aspek penting dalam manajemen keuangan perusahaan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu Chart of
Baca Juga

Artikel Populer

Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu