⌛️ Besok Terakhir, Diskon 15% untuk Distributor!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Bill of Lading, Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Bill of lading adalah kunci kepemilikan barang, simak contoh, jenis dan penjelasan lainnya secara lebih mendalam berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 2 October 2023

Dalam dunia transportasi, bill of lading adalah kunci kepemilikan barang. Dokumen ini menjadi kunci dalam mengkonfirmasi kepemilikan barang yang dikirim dari satu tempat ke tempat lainnya, yang juga disebut dengan B/L.

Bukan hanya sekedar tanda terima saja, tetapi juga merupakan dokumen hukum yang dikeluarkan oleh perusahaan transportasi kepada pengirim barang. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis Bill of Lading serta memberikan contoh, pengertian, jenis dan fungsinya.

Pengertian Bill of Lading

Bill of Lading umumnya disingkat menjadi B/L, yakni sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan transportasi, seperti perusahaan pelayaran atau perusahaan angkutan darat, kepada pengirim barang.

Dokumen ini berfungsi sebagai bukti kepemilikan, tanda terima, serta kontrak pengiriman barang dari pengirim ke penerima. Dalam Bill of Lading, terdapat berbagai informasi penting, yaitu:

  • Rincian Pengirim dan Penerima: berisi nama dan alamat lengkap pengirim (shipper) dan penerima (consignee).
  • Deskripsi Barang Informasi: tentang jenis, jumlah, berat, dan dimensi barang yang dikirim.
  • Rute dan Tujuan: Rute perjalanan yang akan diikuti oleh barang tersebut dan tujuan akhir pengiriman.
  • Tanggal dan Tanda Tangan: Tanggal penerbitan B/L dan tanda tangan dari pihak yang menerima barang (sering kali adalah kapten kapal atau supir truk).
  • Nomor Kontainer atau Identifikasi Kendaraan: Jika barang dikirim dalam kontainer atau kendaraan tertentu, nomor identifikasi tersebut akan dicantumkan.
  • Syarat dan Ketentuan Pengiriman: B/L dapat mencakup syarat-syarat pengiriman, seperti batas waktu, biaya, dan tanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan barang selama pengiriman.

Bill of Lading memiliki peran penting dalam perdagangan internasional dan logistik karena merupakan bukti kepemilikan dan konfirmasi bahwa barang tersebut telah diterima oleh perusahaan transportasi untuk pengiriman.

Selain itu, B/L juga digunakan dalam proses pembayaran, khususnya dalam transaksi berbasis dokumen seperti Letter of Credit (LC), di mana B/L merupakan salah satu dokumen yang harus diajukan untuk mendapatkan pembayaran dari bank.

Jenis-Jenis Bill of Lading

Dokumen bill of lading dibedakan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya:

1. Through Bill of Lading

Through Bill of Lading adalah jenis B/L yang digunakan dalam pengiriman barang melalui berbagai moda transportasi yang berbeda, seperti laut, darat, dan udara.

Dokumen ini mencatat seluruh perjalanan barang dari titik awal hingga tujuan akhir.Biasanya, B/L ini dikeluarkan oleh perusahaan logistik atau agen pengiriman yang mengkoordinasikan seluruh perjalanan.

2. Shipped Bill of Lading

Jenis kedua, Shipped Bill of Lading juga dikenal sebagai Ocean Bill of Lading, dikeluarkan setelah barang-barang tersebut telah dimuat kedalam kapal atau alat angkutan laut lainnya.

Dokumen ini mencatat bahwa barang telah secara fisik diangkut dan dikirimkan kepada penerima di pelabuhan tujuan. Shipped B/L adalah dokumen yang sah untuk klaim dan pembayaran dalam perdagangan internasional

3. Received for Shipment Bill of Lading

Jenis Bill of Lading ini dikeluarkan sebelum barang-barang dimuat ke dalam kapal atau kendaraan pengangkut. Dokumen ini menyatakan bahwa barang-barang tersebut sudah diterima oleh perusahaan transportasi untuk diangkut.

Tetapi mereka belum secara fisik dimuat. Hal ini biasanya terjadi ketika kapal atau kendaraan pengangkut belum tiba di pelabuhan atau tempat pengiriman.

4. Groupage Bill of Lading

Groupage Bill of Lading, juga dikenal sebagai Consolidated Bill of Lading, digunakan dalam pengiriman barang dari berbagai pengirim yang dikumpulkan dalam satu kontainer atau pengiriman yang sama.

Ini umumnya digunakan dalam situasi di mana beberapa pengirim memiliki kargo kecil yang dikumpulkan dan dikirim dalam satu pengiriman bersama. Dokumen ini mencatat rincian setiap pengirim dan jumlah barang yang dikumpulkan

5. Combined Transport Bill of Lading

Combined Transport B/L digunakan dalam pengiriman yang melibatkan berbagai moda transportasi, seperti kapal, truk, dan kereta api. Dokumen ini mencatat perjalanan barang melalui berbagai fase transportasi hingga mencapai tujuan akhir. Ini memungkinkan pengiriman yang lebih fleksibel dan efisien melalui penggunaan beberapa moda transportasi

Fungsi Bill of Lading dalam Bisnis Ekspor dan Impor

Bill of Lading (B/L) memiliki peran sentral dalam bisnis ekspor dan impor sebagai dokumen kunci dalam proses perdagangan internasional. Berikut diantaranya:

1. Bukti Kepemilikan dan Penerimaan Barang

Fungsi yang pertama adalah sebagai bukti kepemilikan, dimana B/L ini menjadi bukti resmi tertulis yang menunjukkan bahwa pengirim barang telah menyerahkan barang kepada perusahaan transportasi untuk pengiriman.

Pada saat yang sama, B/L juga mencatat penerimaan barang oleh perusahaan transportasi, yang dapat digunakan sebagai bukti bahwa barang tersebut dalam kondisi baik ketika diterima.

2.Dokumen Pembayaran (Letter of Credit)

Berikutnya, dalam bisnis internasional, Letter of Credit (LC) sering digunakan untuk memastikan pembayaran yang aman bagi penjual dan pengirim. B/L adalah salah satu dari beberapa dokumen yang harus diserahkan kepada bank penerbit LC.

Ini digunakan untuk mendapatkan pembayaran. Bank akan memeriksa B/L untuk memastikan bahwa pengiriman telah dilakukan sesuai dengan persyaratan LC sebelum melakukan pembayaran kepada penjual.

3. Dokumen Pengendalian dan Pelacakan

B/L mencantumkan rincian pengiriman, termasuk rute dan tanggal pengiriman. Hal ini memungkinkan pemantauan dan pelacakan yang efisien terhadap perjalanan barang. Pihak yang terlibat dalam perdagangan internasional, baik penjual maupun pembeli, dapat menggunakan informasi ini untuk memastikan pengiriman barang sesuai jadwal.

4. Dokumen Hukum dan Kepemilikan

Fungsi selanjutnya adalah sebagai hukum kepemilikan, dokumen hukum yang mengatur hak dan kewajiban antara pihak-pihak yang terlibat dalam pengiriman barang, termasuk pengirim, perusahaan transportasi, dan penerima.

Ini mencakup syarat-syarat pengiriman, tanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan barang, serta hak pihak-pihak yang terlibat jika terjadi masalah dalam pengiriman.

5. Pencegahan Pencurian atau Penipuan

Fungsi kelima adalah mencegah pencurian dan penipuan, dimana dokumen ini mencatat secara detail isi dan kondisi barang yang dikirim. Ini membantu mencegah pencurian atau penipuan selama proses pengiriman. Jika ada perbedaan antara isi B/L dengan barang yang diterima oleh penerima, hal tersebut dapat menjadi dasar untuk klaim dan penyelesaian sengketa.

Kumpulan Contoh Bill of Lading

Berikut beberapa kumpulan contoh B/L:

1. Contoh Bill of Lading Umum

Contoh Bill Of Lading

Bentuk B/L (Credit: Wikipedia.id)

2. Contoh Bill of Lading Kosongan

Apa Itu Bill Of Lading

Ilustrasi B/L (Credit: rajabeli.com)

3. Contoh Bill of Lading POS Logistic

Contoh Bill Of Lading (2)

Contoh B/L POS Logistic (Credit: scribd.com)

4. Contoh Ekspor dan Impor Bill of Lading

Contoh Bill Of Lading 3

Dengan demikian, Bill of Lading adalah elemen penting dalam memastikan kelancaran dan keamanan dalam perdagangan internasional. Ini membantu mengamankan hak dan kewajiban para pihak, memfasilitasi pembayaran, dan memberikan transparansi dalam pengiriman barang, yang semuanya sangat penting dalam bisnis ekspor dan impor.

Selain itu, jika Anda membutuhkan nota pembelian dan penjualan untuk bisnis, Anda bisa menggunakan sotware akuntansi Beeaccounting, mudah buat nota secara otomatis dan langsung tercatat dalam laporan transaksi. Anda sudah juga tidak perlu lagi pusing di akhir bulan karena laporan akuntansi karena sudah terintegrasi.

Sat-Set, masalah keuangan Anda beres dengan cepat dan mudah. Butuh laporan apa semuanya ada, dari kas bank, stok barang, pembelian, laba rugi, cash flow mitra bisnis dan masih banyak lagi.

Segera daftarkan diri dan jadi pebisnis keren dengan menggunakan Beeaccounting. Informasi selengkapnya simak klik banner di bawah ini!

Ba 04 April

Artikel Terkait

Apa itu Distribusi? ini Pengertian, Jenis, Contoh Informasi Lainnya
Secara pengertian distribusi adalah rangkaian kegiatan bisnis, melibatkan penyimpanan, pengangkutan, penyaluran barang, manajemen inventaris, dan koordinasi untuk memastikan produk sampai
Baca Juga
Contoh Surat Penawaran Barang, Format, serta Fungsinya
Surat yang digunakan untuk menawarkan suatu barang adalah surat penawaran pada barang dan contoh surat penawaran barang ini bisa Anda
Baca Juga
Kemitraan Adalah: Jenis, Prinsip dan Cara Kerjanya
Sebagai seorang pebisnis, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah "kemitraan" atau kerja sama dalam dunia bisnis. Dalam kemitraan,
Baca Juga
5 Contoh Bisnis Model Canvas serta Elemen Penting Didalamnya
Bisnis model canvas menjadi alat untuk menentukan arah bisnis perusahaan kedepannya, yang sudah tidak menjadi hal asing di kalangan pebisnis.
Baca Juga
Toko Penjualan Ritel, Bisnis Praktis di Masa Pandemi
Toko penjualan ritel menjadi peminat banyak orang untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan. Alasannya, barang yang dijual di toko ritel umumnya
Baca Juga
Apa itu Kasir Cafe? Tugas dan Program Kasir Terbaik 2023
Kasir cafe merupakan sebuah pekerjaan yang banyak orang minati. Jika diperhatikan mungkin ada yang mengira bahwa ini pekerjaan yang mudah
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu