Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Aplikasi Toko Terbaik Harus Memiliki Hal Berikut!

Dipublish Tgl: Tuesday, 31 May 2022

Selera manusia di zaman sekarang dalam memilih sesuatu harus serba terbaik. Sifat ini juga harus dimiliki owner saat memilih aplikasi toko. Saat ini, banyak sekali aktivitas yang sangat bergantung pada teknologi. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari saja, teknologi juga sangat orang perlukan untuk melakukan usaha atau bisnisnya. Anda pastinya juga setuju untuk hal ini.

Bisnis toko atau ritel sekarang ini banyak yang memanfaatkan aplikasi berbasis online untuk menunjang dan memudahkan segala urusan yang ada di tokonya. Terutama transaksi-transaksi yang ada di meja kasir. Para pengembang yang memahami kebutuhan perangkat lunak untuk membantu para pengusaha sudah mulai bermunculan.

Namun, memasang software toko tidaklah asal-asalan. Anda perlu sekali memperhitungkan mana yang cocok dan bisa Anda pakai di toko. Untuk itulah tulisan ini hadir memberikan tips apa-apa saja yang perlu Anda perhitungkan ketika memilih sebuah software toko online yang tepat untuk memajukan toko Anda.

Memilih Aplikasi Toko Sesuai Kebutuhan

Aplikasi Kasir Toko Baju

Ilustrasi Aplikasi Toko Memudahkan Cek Stok

Di dalam sebuah aplikasi toko, akan ada fitur-fitur yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah transaksi penjualan. Akan tetapi, tidak semua fitur di dalamnya Anda perlukan. Oleh karena itulah Anda harus memperhitungkan dulu aplikasi mana yang fiturnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengetahui kebutuhan fitur macam apa yang Anda inginkan, barulah Anda bisa memilih dari sekian banyak aplikasi yang para pengembang yang dibuat dan tawarkan. Ingat, jangan pernah memilih aplikasi hanya karena fitur yang ada di dalamnya banyak. Karena yang banyak belum tentu Anda butuhkan!

  • Harus Memiliki Keamanan yang Terjamin

Hal penting lainnya yang perlu Anda perhitungkan dalam memilih sebuah aplikasi adalah keamanannya. Anda pastinya akan menyimpan banyak data mengenai barang-barang yang ada di toko atau data transaksi di tiap harinya di toko dan semua itu adalah data penting yang tidak semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah.

Oleh sebab itu, Anda harus memilih sebuah aplikasi untuk toko dengan tingkat keamanan terjamin. Anda tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan lagi nantinya mengenai rekapan data yang ada tersebut. Tentu saja Anda harus paham kalau data toko yang tidak aman bisa mengacaukan bisnis yang tengah Anda jalankan.

  • Gampang Pengoperasiannya

Apakah sebuah perangkat lunak di meja kasir harus canggih? Tentu saja, iya. Namun ada hal yang lebih penting dari pada kecanggihan dari aplikasi tersebut. Yaitu aplikasi toko harus mudah untuk Anda atau karyawan Anda gunakan. Atau bahasa kerennya haruslah memenuhi standar user friendly.

Kalau bisa, carilah aplikasi dengan tingkat responsibilitas tinggi. Anda dan karyawan pun bisa memahami cara pakainya dengan cepat. Jika memenuhi standar tersebut maka software itulah yang Anda butuhkan.

  • Aplikasi Toko Terhubung dengan Cloud

Aplikasi Toko Terhubung Dengan Cloud

Ilustrasi Aplikasi Toko yang Terhubung dengan Cloud (Sumber: Freepik.com)

Selain syarat-syarat di atas, penting juga Anda mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut memang memiliki fitur yang memungkinkan data-data tersimpan di cloud. Mengapa harus terhubung dengan cloud?

Data-data pada mesin kasir yang terhubung dengan cloud nantinya bisa Anda akses saat keadaan apapun. Tidak harus berkunjung ke toko-toko yang Anda miliki untuk melihat total transaksi penjualan yang ada di toko pada perangkat di sana. Anda cukup melihatnya melalui dan melakukan kontrol dengan bermodalkan smartphone. Cukup berdiam diri di rumah laporan penjualan pada hari itu bisa Anda pantau secara real time asalkan perangkat memiliki akses ke cloud dengan jaringan internet.

  • Bisa Terhubung dengan Marketplace

Apalagi yang perlu Anda perhatikan ketika memilih? Hal ini juga tidak kalah penting, yaitu memilih aplikasi yang mampu tersinkronisasi atau terintegrasi dengan marketplace. Menggunakannya memungkinkan Anda untuk bisa menebar jaring untuk berjualan. Artinya Anda bisa melakukan aktivitas bisnis jual beli dengan dua metode, yaitu offline di toko dan online di marketplace tersebut. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan omset saat berjualan barang atau produk-produk yang ada di toko.

Aplikasi Toko yang Didukung Penuh oleh Pengembang

Seorang pekerja kantor membawa laptop (Sumber: Freepik.com)

Yang namanya software akan ada momen tidak terduga misalnya terjadi kerusakan error atau data-datanya tiba-tiba hilang. Hal-hal semacam ini mungkin bisa terjadi pada Anda. Karena itulah, mengetahui apakah ada customer service atau support dari pengembang saat terjadi hal-hal demikian sangatlah penting.

Anda perlu memilih aplikasi toko untuk pertokoan yang memiliki kejelasan dukungan dari pengembangnya. Salah satu cirinya adalah pihaknya memberikan kontak yang mudah Anda hubungi sekaligus mampu merespon segala kendala dengan cepat dan tepat. Jika slow respon, maka Anda perlu mengganti penggunaan ke aplikasi yang lainnya. Cermat dan bijaklah saat memilihnya karena hal ini akan mempengaruhi keberjalanan dari bisnis yang Anda miliki.

Memadai Untuk Menggunakan Berbagai Metode Transaksi Pembayaran

Metode pembayaran di era seperti sekarang ini sangatlah beragam. Anda akan menemui orang yang tidak pernah membawa uang kertas di dalam dompetnya. Hanya ada kartu-kartu berisi saldo uang di dalam dompet mereka.

Memiliki aplikasi toko yang mendukung metode pembayaran non tunai menjadi nilai plus yang bisa membantu Anda memberikan pelayanan terbaik. Pasalnya banyak pelanggan yang tidak mau ribet mengantongi uang kertas dan kini beralih ke metode pembayaran yang non tunai seperti menggunakan kartu debit, kartu atm,  hingga pembayaran menggunakan saldo uang digital.

Anda harus mengakomodasi jenis-jenis pembayaran yang beragam itu dengan bantuan aplikasi tersebut.

Aplikasi Toko Beepos Support Berbagai Metode Transaksi Pembayaran

Aplikasi toko Beepos bisa menerima berbagai metode pembayaran dan tersedia juga rekap penjualan per payment. Customer bayar pakai Cash, GoPay, OVO, Debit dan Credit semua ada rekapannya. Anda tidak perlu khawatir uang hilang, karena semua metode pembayaran tercatat dan terbukukan.

Dengan Beepos, rekap penjualan vs setoran vs stok semuanya klop. Ini yang bikin owner ritel tidur nyenyak setelah pakai Beepos. Penjualan 10pcs pasti potong stok ya 10pcs, uang setoran juga dijamin klop 10pcs. Tidak perlu lagi cek 3 buku penjualan, stok dan setoran. Lebih asyik cek rekening bank aja.
Coba gratis Beepos dan coba sendiri untuk usaha Anda~ klik gambar di bawah ini untuk info selengkapnya

Hindari Selisih Stok dan Catat Penjualan Toko Kelontong

Aplikasi Kwitansi Digital untuk Usaha Online Shop
Aplikasi kwitansi digital digunakan untuk membuat kwitansi yang merupakan salah satu tanda bukti dari melakukan pembayaran jual-beli yang sah menurut […]
Baca Juga
Pengertian Bukti Transaksi Hingga Macamnya Lengkap
Dalam setiap transaksi yang terjadi di sebuah perusahaan atau organisasi, pasti ada buktinya. Bukti transaksi tersebut bisa diberikan untuk penjual […]
Baca Juga
Aplikasi Kasir Toko Baju Wajib Punya 5 Fitur Ini!
Aplikasi kasir toko baju saat ini mulai diminati oleh banyak pemilik bisnis, termasuk bisnis yang bergerak di bidang fashion. Ada […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu