🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

10 Contoh Barang Bebas, Barang Ekonomi dan Perbedaannya

Contoh barang bebas banyak sekali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, ada apa saja? Bagaimana karakteristiknya? Simak artikel berikut ini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 8 March 2024

Dalam keseharian kita, terdapat berbagai macam barang yang dapat diakses dengan bebas tanpa adanya batasan atau pembatasan tertentu. Contoh barang bebas ini mencakup benda-benda umum yang seriki kali kita temukan di kehidupan sehari-hari, ada apa saja?

Simak selengkapnya pada pembahasan artikel kali ini:

Apa yang Dimaksud dengan Barang Bebas?

Contoh Pemanfaatkan Barang Bebas, Sinar Matahari Oleh Plts Cirata

Contoh Pemanfaatan Barang Bebas, Sinar Matahari Oleh Plts Cirata (Credit: Detik.com)

Apa itu barang bebas? Menurut Sudarno, dkk (2016) pengertian barang bebas adalah barang atau alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya tidak terbatas, sehingga manusia bebas untuk mendapatkannya tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Dengan jumlah yang tak terbatas ini manusia dapat dengan bebas mengambilnya langsung dari alam, seperti air udara dan sejenisnya. Meskipun barang bebas diantara dari mereka juga bisa termasuk dalam barang ekonomi dalam kondisi tertentu.

Contohnya air, bagi masyarakat yang tinggal di dekat sumber mata air, air bisa diambil kapan saja tanpa perlu mengeluarkan biaya karena termasuk dalam barang bebas.

Namun, air akan menjadi barang ekonomi bagi orang yang berasal dari daerah yang sulit air, dimana mereka harus membeli air untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak perlu jauh di daerah yang sulit air, kita saja cukup sering membeli air kemasan untuk memenuhi kebutuhan minum kita.

Karakteristik Barang Bebas

Berikut ini beberapa karakteristik barang bebas:

  • Barang bebas dapat diakses dengan mudah oleh individu tanpa batasan tertentu.
  • Jika dijual akan memiliki kecenderungan untuk memiliki harga yang terjangkau atau bahkan dapat diperoleh secara gratis.
  • Penggunaan atau kepemilikan oleh satu individu tidak mengurangi ketersediaan barang bagi individu lain (non-eksklusif)
  • Tidak bersifat rivalrous, artinya penggunaan oleh satu individu tidak mengurangi manfaat yang dapat dinikmati oleh individu lain.
  • Tidak ada persyaratan izin khusus atau pembatasan formal, mencerminkan kebebasan individu untuk mengakses dan memanfaatkannya tanpa hambatan formal.

Pakai Beeaccounting Kelola Bisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Perbedaan Barang Bebas dan Barang Ekonomi

Barang bebas dan barang ekonomi memiliki perbedaan mendasar yang mencakup sifat, distribusi, dan peran dalam ekonomi. Berikut adalah beberapa perbedaannya:

1. Sifat dan Ketersediaan

Sifat barang bebas cenderung dapat  diakses dengan mudah oleh individu tanpa batasan khusus, seringkali dengan harga terjangkau atau bahkan gratis. Oleh sebab itu juga barang bebas memiliki sifat non-rivalius, atau penggunaannya tidak mempengaruhi pengguna lain.

Sedangkan barang ekonomi adalah barang yang langka dan memiliki nilai ekonomi. Ketersediaannya terbatas dan sering kali memerlukan pembayaran atau pertukaran untuk memperolehnya. Sehingga barang ekonomi bersifat rivalius, penggunaannya mempengaruhi pengguna lainnya.

2. Harga

Kemudian dari segi harga, barang bebas cenderung memiliki harga yang terjangkau atau dapat diperoleh tanpa biaya finansial yang signifikan.

Sedangkan barang ekonomi biasanya memiliki nilai pasar yang tercermin dalam harga, dan umumnya memerlukan pembayaran atau pertukaran untuk diperoleh.

Dari segi ekonomi, barang bebas biasanya tidak memiliki peran signifikan dalam sistem ekonomi karena cenderung tersedia secara melimpah.

Berbeda dengan barang ekonomi yang memiliki peran cukup penting dalam sistem ekonomi karena menjadi objek pertukaran, menciptakan pasar dan menggerakkan aktivitas ekonomi.

Baca Jug: Kegiatan Ekonomi: Jenis, Pelaku, Contoh, dan Tips Optimasi

3. Kebebasan Akses

Selanjutnya dari segi aksesibilitas, barang bebas dapat diakses tanpa adanya pembatasan khusus atau izin tertentu. Disisi lain barang ekonomi kadang-kadang memiliki batasan akses berdasarkan faktor harga atau peraturan ekonomi.

10 Contoh Barang Bebas

Berikut ini yang termasuk contoh barang bebas adalah

Barang Bebas (1)

Air tanah adalah salah satu contoh barang bebas (Credit: pexels.com)

1. Udara

Pertama ada udara, udara adalah salah satu contoh paling jelas dari barang bebas. Semua individu secara alami memiliki akses bebas untuk mengambil udara tanpa pembatasan khusus atau biaya.

2. Cahaya Matahari

Berikutnya adalah caraha matahari yang merupakan sumber cahaya utama, matahari juga termasuk dalam kategori barang bebas. Tidak ada batasan akses dan tidak dikenakan biaya untuk menikmati sinar matahari.

3. Air Tanah

Contoh barang bebas selanjutnya ada air tanah, yakni sumber air alami yang disimpan dalam pori-pori tanah. Air ini termasuk dalam barang bebas yang bisa diakses oleh siapa saja.

3. Air Hujan

Selain air tanah, air hujan yang turun dari langit adalah contoh lain dari barang bebas. Semua orang dapat mengumpulkan air hujan tanpa biaya atau izin khusus.

4. Energi Angin

Selanjutnya adalah energi yang dihasilkan oleh angin, seperti yang digunakan dalam pembangkit listrik tenaga angin, bisa dianggap sebagai contoh barang bebas. Angin secara alami tersedia dan dapat dimanfaatkan tanpa biaya untuk produksi energi.

5. Panas Bumi

Berikutnya ada energi panas bumi yang dapat digunakan untuk pembangkit listrik atau pemanasan adalah contoh barang bebas yang dapat dimanfaatkan tanpa batasan akses.

6. Suara Alam

Kemudian ada suara-suara alam seperti ombak, hutan, atau sungai juga termasuk dalam kategori barang bebas yang dapat dinikmati tanpa batasan khusus. Suara alam ini bisa menjadi barang komersil jika dikelola untuk bahan sample lagu dan sejenisnya.

8. Radiasi Matahari

Selain cahaya, radiasi matahari juga termasuk barang bebas. Sinar matahari yang mencapai Bumi dapat dimanfaatkan tanpa biaya untuk penerangan atau pembangkit listrik tenaga surya.

9. Mikroorganisme Tanah

Contoh barang bebas berikutnya adalah miskor organisme, banyak mikroorganisme yang hidup di tanah, seperti bakteri yang bermanfaat dan dapat diakses dengan hebat oleh tanaman dan organisme lainnya tanpa pembayaran atau batasan khusus.

10. Gravitasi

Gravitasi, gaya tarik bumi terhadap objek, adalah contoh barang bebas yang mempengaruhi semua benda di Bumi tanpa memerlukan pembayaran atau izin khusus.

Meskipun barang bebas ini dapat diakses dengan mudah, Anda masih perlu memperhatikan penggunaannya untuk perlindungan terhadap lingkungan agar tetap berkelanjutan dan tidak mengalami degradasi.

Baca Juga: Pengertian Sustainable Business, Contoh dan Konsepnya

10 Contoh Barang Ekonomi

Ilustrasi barang ekonomi (Credit: Freepik.com)

Ada banyak sekali contoh barang ekonomi yang bisa kita temui, berikut diantaranya:

  • Uang: Medium pertukaran yang diterima secara umum dalam kegiatan ekonomi. Dengan nilai tukar yang diterima, uang memfasilitasi pertukaran barang dan jasa.
  • Mobil: Contoh barang ekonomi yang memenuhi kebutuhan transportasi individu. Diperdagangkan dalam pasar, mobil memiliki nilai ekonomi yang tercermin dalam harganya.
  • Pakaian: Termasuk dalam kategori barang ekonomi karena memiliki nilai dan diperdagangkan di pasar. Pakaian memenuhi kebutuhan dasar manusia dan memiliki variasi harga tergantung pada merek, kualitas, dan desain.
  • Pangan: Semua jenis makanan termasuk dalam barang ekonomi karena diperdagangkan di pasar. Harga pangan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk permintaan, pasokan, dan faktor ekonomi global.
  • Handphone: Contoh barang ekonomi yang sangat umum dan diperdagangkan secara luas di pasar. Nilainya tercermin dalam berbagai fitur, merek, dan teknologi yang disediakan.
  • Komputer: Barang ekonomi yang mendukung banyak aspek kehidupan modern. Diperdagangkan di pasar, komputer memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan spesifikasinya.
  • Listrik: Sebagai sumber energi, juga dapat dianggap sebagai barang ekonomi. Biaya listrik yang dibayar konsumen mencerminkan nilai ekonominya.
  • Bahan Bakar: Seperti bensin dan minyak, adalah contoh barang ekonomi yang sangat penting dalam mobilitas dan keberlanjutan. Harganya dipengaruhi oleh faktor pasar global.
  • Rumah: barang ekonomi yang nilainya dapat mencerminkan lokasi, ukuran, dan kondisi properti tersebut. Properti diperdagangkan di pasar real estat.
  • Obat-obatan: Produk kesehatan adalah barang ekonomi yang memenuhi kebutuhan kesehatan dan diperdagangkan di sektor farmasi. Harganya dapat bervariasi berdasarkan merek dan jenis obat.

Semua contoh di atas baik barang ekonomi maupun contoh barang bebas adalah barang yang dapat membantu manusia memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Sistem Ekonomi Komando: Pengertian, Ciri Khasnya, Lengkap!
Masing-masing negara memiliki sistem perekonomian yang berbeda-beda. Pemilihan sistem ekonomi ditentukan oleh beberapa faktor seperti perbedaan demografis, budaya, sistem pemerintahan
Baca Juga
Apa itu Sustainability dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis?
Bisnis berkelanjutan telah menjadi sorotan utama di era modern ini. Dalam upaya mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, kerusakan lingkungan,
Baca Juga
Pareto adalah Aturan 80/20, Apa itu dan Bagaimana Contohnya?
Pareto juga dikenal sebagai prinsip 80/20, secara pengertian prinsip pareto adalah rangkuman esensi bahwa sebagian kecil dari upaya atau faktor
Baca Juga
4 Pelaku Ekonomi, Jenis, Peran dan Contohnya
Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah pelaku ekonomi. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pelaku ekonomi? Bagaimana peran dan
Baca Juga
4 Contoh Ekonomi Deskriptif yang Nyata
Jika sebelumnya Anda pernah mempelajari tentang ilmu ini, sepertinya pembahasan mengenai ekonomi deskriptif tidak akan begitu asing untuk Anda. Namun
Baca Juga
Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif
Kebanyakan bisnis kecil dan menengah atau startup memiliki biaya operasional yang terbatas. Maka dari itu, tentunya selalu diperlukan cara yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu