Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Bagaimana Cara Menerapkan Akuntansi Toko Sederhana?

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 8 April 2022

Apakah saat ini Anda sedang mencari cara untuk menerapkan akuntansi toko bagi usaha Anda? Yap, setiap bisnis, terlepas dari ukuran besar atau kecilnya, harus bertanggung jawab atas akuntansinya sendiri.

Akuntansi merupakan proses pencatatan transaksi keuangan yang berkaitan dengan bisnis atau usaha. Prosesnya mencakup ringkasan, analisis, pelaporan, regulator, dan pajak. Dengan menerapkan akuntansi ke dalam usaha Anda, maka Anda bisa mendapatkan informasi keuangan secara tepat dan bisa mengawasi pertumbuhannya.

Bagi pemilik toko kecil, Anda memiliki tantangan tersendiri dalam hal akuntansi, baik dalam bentuk bisnis maupun sumber daya yang terbatas untuk proses akuntansi. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini untuk mengelola sistem akuntansi toko yang baik untuk usaha Anda.

Baca Juga: Toko Kelontong: Pengertian dan Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia

Langkah-langkah Menerapkan Akuntansi Toko Sederhana

  • Lakukan Pencatatan

Langkah Pertama Menerapakan Akuntansi Toko Sederhana dengan Melakukan Pencatatan

Langkah Pertama Menerapakan Akuntansi Toko Sederhana dengan Melakukan Pencatatan (Sumber: Freepik.com)

Melakukan pencatatan transaksi keuangan penting untuk dilakukan, seperti catatan penjualan, laporan pinjaman, menyimpan tanda terima, informasi bank, dan data pajak.

Anda bisa melakukannya secara manual menggunakan buku catatan harian atau sistem komputer berbasis Excel. Selain itu, untuk mempermudah Anda dalam mengelola akuntansi toko, ada perangkat lunak atau software kasir online yang bisa Anda gunakan secara aman, cepat, dan hemat seperti Beepos.

  • Metode Inventaris

Selain melakukan pencatatan uang masuk dan keluar, serta stok barang atau produk toko, Anda juga perlu mencatat inventaris toko. Hal ini karena akuntansi membutuhkan data yang akurat untuk nilai persediaan, yang selanjutnya akan diklasifikasikan sebagai aset.

Mencatat inventaris penting bagi Anda supaya mengetahui apa saja aset yang Anda miliki. Selain itu, metode ini juga bisa Anda gunakan untuk mencatat adanya hibah, sumbangan, dan belanja toko.

  • Laporan Laba Rugi

Membuat Laporan Laba Rugi dengan Software Akuntansi Online Beecloud

Membuat Laporan Laba Rugi dengan Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Siapa bilang laporan laba rugi hanya untuk bisnis besar? Pemilik toko kecil juga penting melakukan laporan laba rugi untuk mengevaluasi pertumbuhan toko, khususnya dalam hal keuangan.

Hitung dan analisis total pendapatan, beban toko, keuntungan, dan kerugian selama satu periode. Setelah itu, hitung laba ruginya.

  • Keahlian Akuntansi

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, bisnis kecil memiliki tantangan tersendiri dalam hal sumber daya, termasuk akuntan. Mengelola akuntansi dibutuhkan seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidangnya. Hal ini akan membantu Anda dalam mengatur pembukuan dan menangani pajak. Tapi, Anda juga perlu memikirkan pengeluaran untuk menggaji akuntan.

Kini ada solusinya! Anda tidak perlu khawatir jika tidak ingin merekrut seorang akuntan. Anda tetap bisa mengelola akuntansi toko secara aman, mudah, dan tentunya hemat. Daripada harus menggaji akuntan yang masih rentan dari adanya manipulasi dan kebocoran data, lebih baik Anda menggunakan software kasir online Beepos hanya dengan 1x klik, mudah dan cepat!

Hindari-Selisih-Stok-dan-Catat-Penjualan-Toko-Kelontong

Anda tetap bisa jualan tanpa internet dari mana saja. Coba Anda bandingkan, lebih mahal mana antara harus menggaji tenaga akuntan tiap bulan dan melakukan akuntansi toko sendiri secara efektif dan efisien?

Jika Anda tertarik untuk menggunakan software kasir untuk menyusun laporan akuntansi toko Anda, langsung saja klik di sini untuk mencobanya

Cara Membuat Laporan Penjualan Harian Sederhana dan Contohnya
Buat Anda pelaku bisnis tentu sudah tidak asing lagi dengan laporan penjualan harian. Laporan penjualan ini memiliki peranan penting untuk […]
Baca Juga
Contoh Cash Flow Sederhana Excel dan Cara Membuatnya
Contoh cash flow sederhana excel merupakan suatu hal yang paling dicari para pengusaha pemula saat ingin memulai membuat laporan keuangan […]
Baca Juga
Software Akuntansi untuk Segala Kebutuhan Bisnis
Software akuntansi merupakan sebuah jawaban dari segala kebutuhan dari bisnis Anda. Jika sebelumnya saya sudah sempat membahas tentang software akuntansi […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu