🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Biaya Peluang: Cara Menghitung, dan Manfaat

contoh biaya peluang usaha dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, Apalagi bagi orang yang menggeluti bisnis pasti tau
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 21 February 2023

Contoh biaya peluang saat ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi orang yang bekerja di bidang entrepreneur maupun ekonomi pasti sudah kenal dengan istilah biaya bisnis atau modal ini.

Dalam ilmu ekonomi, biaya peluang dikenal juga dengan istilah opportunity cost. Biaya peluang merupakan sebuah biaya yang mengharuskan manusia untuk menghadapi sejumlah pilihan.

Apa itu Biaya Peluang?

Apa Itu Biaya Peluang

ilustrasi biaya peluang usaha (sumber: Unsplash)

Biaya peluang merupakan suatu biaya yang muncul karena hilangnya kesempatan dalam memenuhi kebutuhan. Ada beberapa pengertian biaya peluang menurut para ahli seperti berikut:

1. Menurut Robert D. Tollison dan Robert B. Ekelund Jr

Menurut Tollison dan Ekelund, biaya peluang merupakan biaya ekonomi yang bertujuan untuk mengukur keuntungan karena tidak ada alternatif lain sebagai gantinya.

2. Menurut Cep Jandi Anwar dan Vadilla Mutia Zahara

Menurut Anwar dan Zahara, opportunity cost merupakan biaya yang didapatkan saat seseorang memutuskan sebuah pilihan.

3. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Menurut OJK biaya peluang, merupakan suatu pendapatan yang diperoleh dari penentuan pilihan atas dana perusahaan.
Contoh Biaya Peluang dalam Bisnis

Agar bisa memudahkan Anda untuk menggunakan konsep opportunity cost, maka harus tahu contoh biaya peluang dalam bisnis. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait biaya peluang dalam dunia Bisnis, antara lain:

Pak Anam sudah memutuskan untuk membuka usaha minuman franchise dan resign dari pekerjaan yang gajinya sebesar Rp5.000.000,00 jadi dapat dikatakan bahwa biaya peluangnya adalah Rp5.000.000,00 dilihat dari gaji yang sebelumnya.

Dengan patokan gaji tersebut, Pak Anam akan berusaha untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dari Rp5.000.000,00. Hal ini dilakukan sebagai pengganti peluang yang ditinggalkannya.

Ciri-Ciri Biaya Peluang

Dikutip dari cermati.com ada sejumlah ciri-ciri yang terdapat pada biaya peluang, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Cara menghitung biaya peluang tidak selalu dihubungkan dengan uang. Perhitungan ini bisa saja dihubungkan dengan berbagai hal lainnya, seperti: keuntungan di masa depan, kebahagiaan, waktu, dan yang lainnya.
  • Terkait dengan manfaatnya, biaya peluang memiliki banyak kemungkinan.
  • Penetapan biaya peluang adalah tergantung pada tujuan dan kondisi masing-masing orang/ perusahaan.
  • Pada umumnya, biaya peluang ekonomi bisa saja menjadi kebutuhan sekunder atau tersier.

Contoh Biaya Peluang dalam Kehidupan Sehari-hari

biaya peluang kehidupan sehari-hari

ilustrasi biaya peluang dalam kehidupan sehari-hari (sumber: Unsplash)

Selain di bidang bisnis, contoh biaya peluang ini sudah ada di dalam kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasan terkait contoh biaya peluang dalam kehidupan sehari-hari.

Ayu sudah lulus dari sekolah menengah, ia saat ini sedang mempertimbangkan dua pilihan antara fokus terhadap pendidikan di perguruan tinggi atau bekerja. Diantara dua pilihan tersebut, ada biaya yang dijadikan sebagai peluang.

Pilihan pertama, Ayu harus meninggalkan rumah untuk melanjutkan perguruan tinggi. Hal ini tentunya akan menyebabkan orang tua dari Ayu harus membayar uang kos.

Untung saja, dia tidak perlu kendaraan pribadi karena akan naik bus antar jemput dari perguruan tinggi tersebut. Jadi setiap tahunnya dia harus mengeluarkan uang sebesar Rp5.000.000,-.

Namun, saat lulus, Ayu telah memperkirakan pendapatannya ketika bekerja sebesar Rp6.000.000,-. Sementara itu, untuk pilihan kedua, Ayu bisa memperoleh pekerjaan dengan menyewa kendaraan sebesar Rp500.000,- per bulan.

Namun, dia tetap tinggal di rumah dan tidak perlu mengeluarkan biaya sewa kos. Akan tetapi, dia tetap harus membayar utilitas sebesar Rp800.000,- dengan menggunakan pendapatannya Rp3.000.000,- per bulan.

Untuk bisa mengetahui, biaya peluang dari kedua pilihan tersebut, maka harus diambil sebuah keputusan. Apabila Ayu memilih opsi yang pertama, maka harus bisa membayar uang kuliah, bus, dan kos selama empat tahun.

Sedangkan, jika Ayu memilih opsi kedua maka akan menghabiskan uang biaya sewa kendaraan sebesar Rp500.000. Untuk biaya utilitas sebesar Rp800.000,- dengan pendapatan sebanyak Rp3.000.000,-.

Jadi diperlukan konsep biaya peluang untuk mendapatkan alternatif yang lain. Dengan begini, Ayu bisa menentukan opsi yang tepat untuk hidupnya.

Cara Menghitung Biaya Peluang

menghitung biaya peluang

ilustrasi menghitung biaya peluang (sumber: Freepik)

Pada dasarnya, biaya usaha dapat dikatakan sebagai biaya hilang dari kesempatan yang telah dilepas sebelumnya. Adapun cara menghitung biaya peluang bisa menggunakan rumus yang ada di bawah ini:

Biaya peluang = FO – CO

FO = (nilai peluang yang tidak bisa dipilih/Return on best foregone option)

CO = (nilai peluang yang bisa dipilih/Return on chosen option)

Sebagai contoh biaya peluang, Rani dihadapkan pada dua opsi karena memiliki uang banyak. Opsi pertama digunakan untuk modal bisnis, opsi kedua untuk melakukan investasi.

Dapat dibayangkan jika Rani memilih opsi pertama maka akan menghasilkan keuntungan sekitar 13% per tahun. Sedangkan, apabila memilih opsi kedua maka akan mendapatkan penghasilan sebesar 17% per tahun.

Akhirnya, Rani harus memilih menggunakan uang untuk modal usaha karena tidak memiliki keberanian untuk berinvestasi. Berikut ini sudah ada contoh penjumlahannya.

Biaya peluang = FO – CO = 17% - 13% = 4%. Jadi, bisa disimpulkan Rani akan kehilangan keuntungan sekitar 4% jika tidak menggunakan uang untuk berinvestasi.

Manfaat Melakukan Perhitungan Biaya Peluang Pada Bisnis

Ada beberapa hal yang bisa didapatkan jika Anda melakukan contoh biaya usaha pada bisnis. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait manfaat perhitungan biaya peluang.

1. Memudahkan Menghitung Modal

Salah satu faktor dasar yang mempengaruhi suatu bisnis adalah modal. Pada masa sekarang banyak sekali pihak yang berniat untuk meminjamkan modal dengan mudah, namun menggunakan syarat dan ketentuan berlaku.

Modal usaha ini digunakan agar bisa membangun suatu bisnis yang tentunya membutuhkan biaya banyak. Apalagi suatu bisnis pasti akan membutuhkan biaya usaha tambahan yang tidak terduga.

Biaya peluang atau opportunity cost sebenarnya berguna untuk membantu para pebisnis dalam memprediksi kisaran modal yang harus dikeluarkan. Hal ini harus dipikirkan sebelum Anda membangun bisnis dengan serius.

2. Dapat Meminimalkan Risiko

Hanya dengan menerapkan biaya peluang, maka sebagai pebisnis sudah memiliki perbandingan untuk menentukan keputusan yang akan dipilih. Jadi akan mengurangi resiko terjadinya kerugian di masa mendatang.

Memang dalam setiap menjalankan suatu usaha akan ada risiko yang menghampiri. Namun, adanya perhitungan dari biaya peluang tentunya akan meminimalisir terjadinya resiko.

Jadi Anda sebagai pebisnis juga akan lebih terjaga dan tidak akan kehilangan peluang bisnis secara keseluruhan. Dengan begini, untuk mendapatkan keuntungan akan jauh lebih besar dari kerugian.

3. Menentukan Prioritas Lebih Mudah

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentunya pasti sudah mempunyai banyak ide terkait peluang bisnis yang nantinya akan dijalani. Namun, dalam menjalankan semua bisnis perlu yang namanya energi dan biaya.

Jika hal ini terjadi secara bersamaan akan terkesan tidak mudah dan rumit. Oleh karena itu, agar Anda dapat menjalankan suatu bisnis dengan baik.

Maka harus ada yang namanya biaya peluang, agar bisnis terlihat lebih ekonomis, dan berpotensi untuk mendapatkan keuntungan banyak. Adanya biaya peluang ini juga bisa dijadikan sebagai perbandingan dengan cara lainnya.

4. Menghemat Pengeluaran Bisnis

Setiap perusahaan tentunya memiliki sebuah prioritas apalagi dalam hal memperhitungkan biaya peluang. Hal ini diartikan bahwa perusahaan tidak perlu dana tambahan.

Apalagi untuk pembiayaan yang tidak terlalu berfokus terhadap prioritas usahanya. Jadi nantinya akan menimbulkan dampak negatif dari penghematan pengeluaran secara tidak langsung.

Kesimpulan

Biaya peluang dapat dikatakan sebagai biaya yang muncul akibat adanya sebuah kesempatan yang dilepas begitu saja. Namun, biaya peluang ini memiliki banyak manfaat dalam dunia bisnis.

Misalnya saja, untuk memudahkan perhitungan modal dan meminimalisir terjadinya resiko. Dengan adanya biaya peluang ini akan memberikan kemudahan untuk pebisnis dalam menghindari resiko yang terjadi.

Oleh karena itu, sebelum Anda membuat keputusan dengan dua pilihan maka harus bisa menerapkan contoh biaya peluang. Anda harus bisa memperhitungkan dengan baik dampak apa yang akan didapat jika memilih satu pilihan dari dua opsi tersebut.

Dan jangan lupa biaya tidak langsung yang perlu dicatat dalam pengeluaran. Hal apapun mulai dari modal, operasional, listrik, transportasi, dll. Libatkan juga segala hal yang turut menunjang berjalannya bisnis.

Jika hal tersebut sering kali Anda lewatkan, ada baiknya Anda mulai menggunakan Software Akuntansi untuk pencatatan biaya produksi. Selain itu menggunakan Software Akuntansi Beecloud juga memudahkan dalam membuat laporan biaya dan laporan keuangan.

Coba gratis dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Contoh Neraca Lajur untuk Memudahkan Penyusunan Laporan Keuangan
Membahas dunia akuntansi tentu tidak akan habisnya. Bahkan jenis neraca saja banyak ada neraca pembayaran, neraca saldo bahkan ada neraca
Baca Juga
Piutang Adalah Utang yang Seperti Apa? Ini Penjelasannya
Piutang adalah uang milik perusahaan yang harus dibayarkan oleh konsumen/ pelanggan setelah proses pembelian produk barang/ jasa. Artinya, Piutang usaha
Baca Juga
Memahami Cashflow Quadrant dan 4 Kuadrannya
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa beberapa orang tampaknya memiliki bakat menghasilkan uang, sementara yang lain terus berjuang untuk mencapai kestabilan finansial?
Baca Juga
Apa Itu Opportunity Cost dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Opportunity cost, atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai biaya peluang, yakni konsep penting dalam ekonomi dan pengambilan keputusan. Dalam
Baca Juga
Biaya Tetap Adalah Biaya Pasti Dalam Bisnis Minimarket
Bahasan tentang biaya variabel dan biaya tetap adalah hal yang selalu ada dalam berbagai bisnis. Bagi Anda yang ingin buka
Baca Juga
Mengenal Fungsi Pajak bagi Negara, Masyarakat dan Pengusaha
Individu atau bisnis yang memenuhi syarat diwajibkan untuk membayar pajak. Pernahkah berpikir ke mana uang tersebut akan dialokasikan? Apa fungsi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu