🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Brand Ambassador: Peran dan Manfaat Bagi Bisnis

Brand ambassador atau dikenal duta merek merupakan salah satu orang yang bertugas untuk mempromosikan sebuah produk.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 23 March 2023

Brand ambassador atau dikenal duta merek merupakan salah satu orang yang bertugas untuk mempromosikan sebuah produk. Kehadiran duta merek ini menjadi hal yang penting karena dapat menaikkan citra suatu produk di hadapan konsumen.

Seseorang yang berperan sebagai duta merek akan membantu brand untuk membuat konten dan menjadi juru bicara mewakili produk tersebut. Selain itu, juga akan mempromosikan produk dari perusahaan.

Peran Brand Ambassador dalam Mempromosikan Produk

Pada dasarnya, ada banyak sekali peran duta merek yang perlu diketahui. Berikut ini sudah ada beberapa peran dari duta merek, antara lain:

  • Mampu merepresentasikan brand secara positif terhadap khalayak umum;
  • Mampu membuat konten untuk dapat mempromosikan suatu brand, misalnya saja seperti newsletter, review produk, tulisan blog, dan lain sebagainya.
  • Mampu berpartisipasi dalam berbagai macam event marketing dan meningkatkan brand awareness produk hanya melalui promosi dari mulut ke mulut dan testimoni.
  • Berperan penting sebagai opinion leader dalam komunitasnya dan mampu memberikan feedback serta masukan terkait layanan atau produk yang akan diwakilinya.
  • Mampu mempromosikan brand hanya melalui akun media sosial pribadinya.

Manfaat Menggunakan Brand Ambassador bagi Bisnis

Brand ambassador juga memiliki berbagai macam manfaat. Berikut ini sudah ada beberapa manfaat dari duta merek, antara lain:

1. Mampu Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness lebih dikenal sebagai salah satu tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh para audiens pada sebuah brand. Jadi semakin banyak orang yang kenal dengan produk tersebut, maka awareness akan semakin tinggi.

Baca Juga: Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya

2. Brand Ambassador Mampu Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Ambassador juga dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen terhadap sebuah produk. Apalagi jika Duta merek tersebut termasuk satu dari pengguna setia dari produk yang diiklankan.

3. Mampu Menjangkau Audiens Baru

Selanjutnya, Ambassador juga mampu menjangkau audiens yang baru. Bahkan, dapat membuat para konsumen sadar akan kehadiran dari suatu produk.

4. Mampu Membangun Reputasi yang Baik

Duta merek juga termasuk salah publik figur yang terkenal. Bahkan, kuga mampu membangun reputasi yang baik bagi suatu brand.

5. Dapat Langsung Menambah Konversi Melalui User-Generated Content

Konversi merupakan salah satu rasio angka pengunjung website yang hadir akibat pengaruh dari kreator konten, pengiklan, maupun brand. Sementara itu, user-generated content termasuk sebuah konten yang dibuat oleh para user maupun audiensi dari brand.

Kehadiran Duta merek ini diharapkan bisa menambah konversi hanya melalui user-generated content tersebut. Hal ini karena semakin banyak audiens maka akan membuat konten juga banyak dilihat.

6. Mampu Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Multichannel

Perusahaan harus bisa menggunakan berbagai macam channel untuk dapat berkomunikasi dengan para audiens agar bisa mempromosikan produknya. Jadi Ambassador juga dapat meningkatkan efektivitas komunikasi hanya melalui beberapa channel.

7. Brand Ambassador Mampu meningkatkan Penjualan

Salah satu tujuan perusahaan menggunakan Ambassador yaitu untuk memperoleh keuntungan. Melalui adanya Duta merek, nantinya penjualan juga dapat meningkat. Hal ini karena semakin banyak orang tertarik menggunakan produk yang diiklankan.

Skill yang diperlukan Brand Ambassador

Contoh Duta Merek Produk Kecantikan

Duta Merek Mempromosikan Produk Kecantikan (Credit: Freepik.com)

Agar bisa menjadi brand ambassador, tentunya seseorang harus mempunyai skill tertentu. Berikut ini sudah ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh Duta merek, antara lain:

1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Kemampuan berkomunikasi yang baik harus  dimiliki oleh Duta merek karena tugasnya memang mengkomunikasikan suatu produk kepada audiens. Jadi cara komunikasinya harus lebih otentik agar bisa meningkatkan kepercayaan para audiens.

2. Mampu Percaya Diri dan Mampu Membaur

Sebagai 'wajah' dari suatu brand, tentunya Ambassador harus lebih percaya diri saat menyampaikan informasi terkait produk tersebut. Duta merek juga harus bisa mempunyai kemampuan untuk berbaur dengan siapa saja.

3. Brand Ambassador Harus Cepat Memahami Informasi

Duta merek harus bisa memahami mengenai produk yang akan diwakilinya. Oleh karena itu, Duta merek harus dapat memahami seluruh informasi yang mungkin sama sekali baru diterima.

4. Marketing Dasar dan Strategi Planning

Ambassador setidaknya harus bisa memahami dasar dari marketing agar mampu mempromosikan produk lebih tepat. Selain marketing dasar, Ambassador juga harus mempunyai kemampuan seperti strategic planning.

Dalam hal tersebut, Anda harus bisa memahami para audiens seperti apa yang nantinya dituju. Sebenernya berkaitan dengan pesan seperti apa yang akan disampaikan dan harus bisa disesuaikan dengan para audiensnya.

5. Kehadiran di Media Sosial

Brand Ambassador seringkali menampilkan produk di media sosial. Oleh karena itu, Duta merek harus memiliki kekuatan di media sosial agar lebih mudah dikenali.

Setidaknya harus dapat menampilkan promosi yang berkualitas tinggi di media sosial, jadi tidak boleh asal-asalan. Selain itu, duta merek juga harus bisa menghasilkan konten kreatif. Hal ini tentunya agar dapat meningkatkan brand awareness serta citra baik suatu produk.

6. Dapat Memegang Otoritas di Kalangan Tertentu

Biasanya, Brand Ambassador adalah orang yang mempunyai posisi penting atau pemegang otoritas di kalangan tertentu. Dengan begitu, artinya Duta merek juga harus memiliki channel atau koneksi yang kuat.

Misalnya saja seperti atlet lari yang berprestasi sebagai Ambassador produk sepatu lari. Atau bisa juga dermatologis sebagai Duta merek kosmetik.

7. Mampu Berkomitmen dan Profesional

Duta merek juga harus bisa berkomitmen agar mampu mempromosikan produk tersebut dalam jangka waktu yang telah disepakati dan bersikap profesional. Jadi harus bisa menjadi Duta merek yang berkompeten dan berkomitmen.

Indikator Keberhasilan dari Brand Ambassador

Seorang brand ambassador sebenarnya dapat berhasil jika memenuhi indikator. Berikut ini sudah ada beberapa indikator keberhasilan dari Duta merek.

1. Mampu Jangkauan Brand Selama Campaign

Brand Ambassador Menjangkau Orang Banyak

Brand Ambassador Mampu Menjangkau Orang Banyak (Credit: Freepik.com)

Selama masa campaign dan promosi terkait produk, lihatlah berapa banyak orang yang telah menjangkau ambassador tersebut. Kemudian, lihat juga seberapa ramai traffic di situs brand saat event berlangsung dengan adanya ambassador.

2. Revenue dan Kampanye

Lihat juga berapa pendapatan yang sudah diraih karena adanya pengaruh dari ambassador. Kemudian, lihat berapa banyak aktivitas kampanye produk yang telah tercatat di media sosial.

3. Jumlah unduhan dan tanggapan audiens

Indikator selanjutnya, lihat berapa banyak unduhan yang berhubungan dengan produk Ambassador . Lalu cari tahu bagaimana reaksi para audiens terhadap unduhan produk tersebut, apakah sudah memenuhi harapan perusahaan atau belum.

Tips Memilih Brand Ambassador Paling Terbaik

Pada dasarnya, tidak semua orang mampu menjadi duta merek. Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus bisa memilih Ambassador dengan hati-hati, berikut tipsnya.

1. Citra Duta merek

Pertama, temukanlah duta merek yang sesuai dengan brand image produk Anda. Contohnya saja, jika Anda ingin mempromosikan makanan sehat, maka harus mencari Ambassador yang memiliki gaya hidup sehat.

2. Kepercayaan Audiens

Kedua, perhatikan seberapa besar pengaruh duta merek dan seberapa besar kepercayaan audiens. Apabila banyak yang percaya, maka orang tersebut bisa menjadi brand ambassador.

3. Profesional

Pada dasarnya, memilih Ambassador percaya saja tidak cukup. Ambassador harus bertindak secara profesional dan sesuai dengan produk Anda.

Ambassador harus profesional ketika bekerja sama dengan pemilik brand. Jado jangan biarkan ada masalah yang menyebabkan Duta merek terlihat tidak profesional.

Baca Juga: 13 Tips Membangun Personal Branding Penting untuk Bisnis

4. Keterampilan dalam pemasaran

Pada intinya, seorang Duta merek juga harus memahami dasar-dasar pemasaran. Apabila orang tersebut tidak mampu mempromosikan serta menjual sesuatu, maka harus mempertimbangkan kembali menjadikan mereka sebagai Ambassador.

Kesimpulan 

Pada dasarnya, memilih Ambassador sangatlah mudah jika paham indikatornya. Oleh karena itu, sebagai pemilik brand Anda harus menerapkan tips memilih brand ambassador agar tidak salah memilih.

Namun, tidak hanya dalam promosi merek, pengelolaan keuangan juga merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Oleh karena itu, Beecloud sebagai software pembukuan hadir sebagai solusi untuk membantu memudahkan proses pembukuan bisnis. Dengan menggunakan Beecloud, pemilik bisnis dapat mengelola keuangan dengan lebih efisien dan akurat.

Beecloud Bisnis Lebih Profesional, Pembukuan Rapi

Hal ini dapat membantu meningkatkan produktivitas bisnis dan membuat keputusan yang lebih bijaksana dalam pengelolaan keuangan. Sehingga, Beecloud dapat menjadi investasi yang sangat berharga bagi bisnis dalam jangka panjang.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Pemasaran Adalah: Jenis, Fungsi dan Tujuannya
Pemasaran adalah salah satu aspek penting dalam bisnis yang memainkan peran kunci dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Tanpa marketing yang efektif,
Baca Juga
Marketing Eksekutif Adalah: Tugas, Skill dan Gajinya
Seiring dengan perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat, peran marketing eksekutif menjadi semakin penting dalam mengarahkan dan membentuk strategi pemasaran
Baca Juga
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Positioning adalah strategi pemasaran yang penting untuk membedakan produk dari pesaingnya di pasar sekaligus memudahkan proses pemasaran. Selain memudahkan melakukan
Baca Juga
Customer Retention Adalah: Faktor dan Cara Meningkatkannya
Customer retention adalah aspek krusial dalam strategi pemasaran modern yang tidak bisa diabaikan. Sejauh mana suatu bisnis mampu mempertahankan pelanggan
Baca Juga
Testi Adalah: Manfaat dan Cara Mendapatkan Testimoni Positif
Apakah Anda seorang pebisnis yang ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperluas jangkauan pasar? Jika iya, maka testimoni atau disingkat testi
Baca Juga
Apa Itu SWOT? Simak Juga Tujuan dan Strateginya
Dewasa ini banyak jenis analisis yang digunakan untuk membuat strategi bisnis, salah satunya adalah SWOT.  SWOT singkatan dari Strength, Weaknesses,
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu