🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Tujuan Riset Pasar Adalah: Pengertian dan Tipsnya

Tujuan riset pasar adalah salah satu hal penting yang wajib Anda pahami, terkhusus dalam rangka pengembangan usaha.
Penulis: Dhea Forekha
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 1 July 2022

Tujuan riset pasar adalah salah satu hal penting yang wajib Anda pahami, terkhusus dalam rangka pengembangan usaha. Riset pasar sangat mempengaruhi bagus tidaknya strategi pemasaran produk atau jasa. Jika Anda ingin produk atau jasa bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, pastikan Anda menyimak ulasan yang kami rangkum berikut ini!

Mengetahui Apa Itu Riset Pasar

Riset pasar atau market research ialah kegiatan penelitian bidang pemasaran yang harus dilakukan setiap orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena berkaitan langsung dengan keberlangsungan pemasaran produk. 

Riset Pasar

Tujuan Riset Pasar (Sumber: Freepik.com)

Bukan sembarang riset, Anda harus melakukan penelitian secara sistematis untuk menemukan strategi terbaik. Mulai dari perumusan masalah, tujuan, pengolahan data, evaluasi hingga menyajikannya dalam sebuah laporan analisis pemasaran.

Adapun tujuan riset pasar adalah untuk mengetahui kondisi pemasaran dan melihat peluang usaha di lapangan. Dengan begini, Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam pengembangan usaha. Berikut ini beberapa ruang lingkup riset pasar yang kerap masuk dalam evaluasi pebisnis, antara lain:

  • Harga jual, riset ini diperlukan untuk  mengukur peluang serta daya beli para konsumen
  • Produk, penelitian dari kegunaan, nilai hingga tingkat kegunaan produk
  • Alat pemasaran, untuk mendapatkan efektivitas alat pemasaran bisa mencapai target 
  • Distribusi, untuk meneliti efektivitas produk pendistribusian barang ke konsumen
  • Konsumen, untuk mengetahui kebutuhan dan perilaku konsumen di suatu waktu

Baca juga:  Mengenal Segmentasi Pasar (Pengertian, Tujuan, dan Contohnya)

Tips Riset Pasar yang Tepat

Perlu Anda ketahui, proses riset pasar merupakan hal yang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada banyak objek penelitian yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan data informasi yang tepat. Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa tips melakukan riset pasar.

  • Rumusan Penelitian

Tentu saja hal pertama ialah merumuskan masalah penelitian, mulai dari tujuan, inti masalah dan sebagainya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan riset pasar yang terstruktur.

  • Target Pelanggan

Perempuan Belanja Groceries Ke Minimarket

Penting Ketahui Target Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Sangat penting mengenali target pelanggan karena hal ini membuat Anda bisa mempelajari karakter pelanggan. Pelanggan adalah indikator utama yang menentukan strategi pemasaran suatu perusahaan. Pada tahapan ini, Anda bisa menggunakan metode riset primer atau observasi untuk mendapatkan data informasi paling tepat.

  • Belajar dari Kompetitor

Tips selanjutnya ialah belajar dari kompetitor. Dengan begini Anda berkesempatan membuka perspektif baru dan bisa mengetahui lebih banyak hal untuk mengembangkan perusahaan. Dari kompetitor yang handal, Anda bisa mengetahui evaluasi dan perbaikan yang seharusnya dijadikan strategi pengembangan bisnis kedepannya.

  • Kenali Target Pasar

Selain mengenali target pelanggan, Anda juga harus mengenali target pasar. Dengan begini, Anda bisa menemukan target konsumen paling potensial sehingga proses pemasaran bisa berfokus pada sasaran tertentu saja. Perlu diingat kembali, tujuan riset pasar adalah untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.

  • Membuat Konsumen Terbuka dan Puas

Sesuai penjelasan sebelumnya, kepuasan konsumen merupakan hal paling berharga yang harus Anda prioritaskan dalam riset pasar. Untuk itu, cobalah membuat konsumen Anda terbuka dan tidak ragu memberikan feedback bagi perusahaan. Apakah itu kritikan, saran atau opini pelanggan mengenai produk atau jasa, semua sangat penting untuk evaluasi pengembangan bisnis di masa depan. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan sejumlah kupon bagi konsumen yang bersedia mengisi survey dan memberikan feedback. 

Dari sekian banyak keluhan pelanggan, salah satu yang paling sering dialami pebisnis ialah komplain karena ketidaksesuaian harga. Tidak bisa dipungkiri, pebisnis kerap mendapatkan komplain dari customer karena harga barang yang berbeda antara stroke dan label harga di rak atau data keuangan yang tidak tepat. Jika seperti ini, jelas Anda akan kesulitan mencapai target penjualan. 

Beepos Desktop + Device

Namun tidak perlu khawatir, kini semakin mudah mengembangkan bisnis Anda dengan mengandalkan software akuntansi dan kasir. Dijamin Anda bisa menganalisa keuangan dengan cepat dan tepat. Dan untuk toko ritel harga di label rak dan nota pasti cocok. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, segera kunjungi laman resmi software akuntansi dan kasir Beepos, karena salah satu tujuan riset pasar adalah untuk memastikan kepuasan konsumen.

Artikel Terkait

Target Audience: Pengertian dan Tips Sukses Marketing
Berbagai aspek harus dipertimbangkan dalam mengembangkan bisnis yang sukses. Salah satu faktor terpenting adalah menentukan target audience atau target pasar
Baca Juga
7+ Fungsi Promosi dan Tentukan Strategi Agar Bisnis Tidak Rugi
Sebagian besar pebisnis pasti sudah memahami fungsi promosi secara dasarnya, yakni untuk kepentingan marketing dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya dengan berbagai
Baca Juga
Brand Image Adalah: Strategi Bangun Citra Merek yang Kuat
Dalam dunia bisnis yang kompetitif, citra merek atau brand image adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam menarik minat
Baca Juga
7+ Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk dan Manfaatnya
Segmentasi pasar adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil dan terdefinisi dengan ciri-ciri, kebutuhan, preferensi, atau karakteristik yang
Baca Juga
Cashback Adalah Kembalian? Penjelasan Lengkapnya Disini
Tahukah Anda bahwa program promo cashback adalah sistem semacam diskon yang bisa menjadi solusi untuk membuat bisnis Anda semakin menguntungkan?
Baca Juga
Apa Itu SWOT? Simak Juga Tujuan dan Strateginya
Dewasa ini banyak jenis analisis yang digunakan untuk membuat strategi bisnis, salah satunya adalah SWOT.  SWOT singkatan dari Strength, Weaknesses,
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu