Disc. 11% khusus Ritel & Distributor
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Web Logo Bee
Penulis: Dhea Forekha

Tujuan Riset Pasar Adalah: Pengertian dan Tipsnya

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 1 July 2022

Tujuan riset pasar adalah salah satu hal penting yang wajib Anda pahami, terkhusus dalam rangka pengembangan usaha. Riset pasar sangat mempengaruhi bagus tidaknya strategi pemasaran produk atau jasa. Jika Anda ingin produk atau jasa bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, pastikan Anda menyimak ulasan yang kami rangkum berikut ini!

Mengetahui Apa Itu Riset Pasar

Riset pasar atau market research ialah kegiatan penelitian bidang pemasaran yang harus dilakukan setiap orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena berkaitan langsung dengan keberlangsungan pemasaran produk. 

Riset Pasar

Tujuan Riset Pasar (Sumber: Freepik.com)

Bukan sembarang riset, Anda harus melakukan penelitian secara sistematis untuk menemukan strategi terbaik. Mulai dari perumusan masalah, tujuan, pengolahan data, evaluasi hingga menyajikannya dalam sebuah laporan analisis pemasaran.

Adapun tujuan riset pasar adalah untuk mengetahui kondisi pemasaran dan melihat peluang usaha di lapangan. Dengan begini, Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam pengembangan usaha. Berikut ini beberapa ruang lingkup riset pasar yang kerap masuk dalam evaluasi pebisnis, antara lain:

  • Harga jual, riset ini diperlukan untuk  mengukur peluang serta daya beli para konsumen
  • Produk, penelitian dari kegunaan, nilai hingga tingkat kegunaan produk
  • Alat pemasaran, untuk mendapatkan efektivitas alat pemasaran bisa mencapai target 
  • Distribusi, untuk meneliti efektivitas produk pendistribusian barang ke konsumen
  • Konsumen, untuk mengetahui kebutuhan dan perilaku konsumen di suatu waktu

Baca juga:  Mengenal Segmentasi Pasar (Pengertian, Tujuan, dan Contohnya)

Tips Riset Pasar yang Tepat

Perlu Anda ketahui, proses riset pasar merupakan hal yang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada banyak objek penelitian yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan data informasi yang tepat. Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa tips melakukan riset pasar.

  • Rumusan Penelitian

Tentu saja hal pertama ialah merumuskan masalah penelitian, mulai dari tujuan, inti masalah dan sebagainya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan riset pasar yang terstruktur.

  • Target Pelanggan

Perempuan Belanja Groceries Ke Minimarket

Penting Ketahui Target Pelanggan (Sumber: Freepik.com)

Sangat penting mengenali target pelanggan karena hal ini membuat Anda bisa mempelajari karakter pelanggan. Pelanggan adalah indikator utama yang menentukan strategi pemasaran suatu perusahaan. Pada tahapan ini, Anda bisa menggunakan metode riset primer atau observasi untuk mendapatkan data informasi paling tepat.

  • Belajar dari Kompetitor

Tips selanjutnya ialah belajar dari kompetitor. Dengan begini Anda berkesempatan membuka perspektif baru dan bisa mengetahui lebih banyak hal untuk mengembangkan perusahaan. Dari kompetitor yang handal, Anda bisa mengetahui evaluasi dan perbaikan yang seharusnya dijadikan strategi pengembangan bisnis kedepannya.

  • Kenali Target Pasar

Selain mengenali target pelanggan, Anda juga harus mengenali target pasar. Dengan begini, Anda bisa menemukan target konsumen paling potensial sehingga proses pemasaran bisa berfokus pada sasaran tertentu saja. Perlu diingat kembali, tujuan riset pasar adalah untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.

  • Membuat Konsumen Terbuka dan Puas

Sesuai penjelasan sebelumnya, kepuasan konsumen merupakan hal paling berharga yang harus Anda prioritaskan dalam riset pasar. Untuk itu, cobalah membuat konsumen Anda terbuka dan tidak ragu memberikan feedback bagi perusahaan. Apakah itu kritikan, saran atau opini pelanggan mengenai produk atau jasa, semua sangat penting untuk evaluasi pengembangan bisnis di masa depan. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan sejumlah kupon bagi konsumen yang bersedia mengisi survey dan memberikan feedback. 

Dari sekian banyak keluhan pelanggan, salah satu yang paling sering dialami pebisnis ialah komplain karena ketidaksesuaian harga. Tidak bisa dipungkiri, pebisnis kerap mendapatkan komplain dari customer karena harga barang yang berbeda antara stroke dan label harga di rak atau data keuangan yang tidak tepat. Jika seperti ini, jelas Anda akan kesulitan mencapai target penjualan. 

Beepos Desktop + Device

Namun tidak perlu khawatir, kini semakin mudah mengembangkan bisnis Anda dengan mengandalkan software akuntansi dan kasir. Dijamin Anda bisa menganalisa keuangan dengan cepat dan tepat. Dan untuk toko ritel harga di label rak dan nota pasti cocok. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, segera kunjungi laman resmi software akuntansi dan kasir Beepos, karena salah satu tujuan riset pasar adalah untuk memastikan kepuasan konsumen.

7+ Inspirasi Desain Meja Kasir Bikin Pelanggan Makin Betah Mampir
Desain meja kasir adalah kesan pertama saat seseorang memasuki cafe. Sehingga kita harus berusaha menciptakan kesan pertama yang baik dengan […]
Baca Juga
Laporan Keuangan Terdiri Dari: Penjelasan dan Jenisnya
Laporan keuangan terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki peran yang sangat penting. Laporan keuangan membantu Anda dalam menjalankan operasional […]
Baca Juga
6 Strategi Pemasaran Digital Paling Efektif
Strategi pemasaran saat ini tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Kecanggihan teknologi yang kini terus berkembang […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu